29 Tempat Wisata Singapura Wajib Dan Gratis Dikunjungi

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

29 Tempat Wisata Singapura Wajib Dan Gratis Dikunjungi

Singapura, negara tetangga kita yang satu ini lokasinya memang yang paling dekat dengan sebagian besar kota-kota besar di Indonesia. Karena kedekatan letak geografis inilah, makanya tiket penerbangan ke Singapura cenderung yang paling murah. Tidak susah rasanya untuk mendapatkan tiket pesawat dibawah satu juta Rupiah untuk pergi-pulang ke Singapura.

(The Buddha Tooth Relic Temple & Museum di Chinatown)

Walau untuk tiket pesawat murah, tapi di Singapura sendiri boleh dibilang untuk penginapan dan makanan jauh lebih mahal dibandingkan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bahkan di tahun 2014 lalu menurut situs theguardian.com, Singapura menduduki peringkat pertama sebagai ‘Kota Termahal di Dunia’ (World’s Most Expensive Cities 2014). Nah, bagaimana menyiasati supaya jalan-jalan di Singapura jadi lebih hemat? Ini dia solusinya… kamu bisa datangi 29 tempat wisata Singapura yang wajib dan gratis dikunjungi.

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, wajib dong untuk berkunjung ke patung

1. Merlion Park
Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, wajib dong untuk berkunjung ke patung setengah singa dan setengah mermaid (putri duyung) setinggi 8,6 meter dengan berat sekitar 70 ton, yang menjadi simbol negara ini.

Untuk mencapai patung yang ada di Merlion Park, seberang Fullerton Hotel ini sangat mudah, tinggal naik MRT jalur hijau atau jalur merah dan turun di Raffles Place MRT Station (EW14/NS26), lanjut jalan kaki ke lokasi.

2. Esplanade
Esplanade, si gedung durian! Wajib juga dong untuk foto-foto disini. Lokasinya di seberang Merlion Park, untuk menuju kesini bisa jalan kaki melewati jembatan yang dihiasi tanaman Bougenville. Esplanade ini merupakan pusat seni dan pertunjukan kebanggan Singapura. Yang gratis disini bukan cuma untuk foto-foto di sekitar gedungnya yang memang memiliki pemandangan indah, tapi sering ada pertunjukan seni dan musik yang bisa kita nikmati secara gratis. Ada perpustakaan yang lengkap juga, lho!

3. Marina Bay Sands
Dari Esplanade kita bisa jalan kaki melewati sebuah jembatan yang spektakuler, yaitu The Helix Bridge menuju ke satu bangunan lagi yang juga jadi ikon Singapura, Marina Bay Sands. Kompleks mal, hotel dan casino yang super megah yang dibuka sejak tahun 2010 ini, juga merupakan tujuan utama wisatawan yang datang ke Singapura.

Di bagian belakang gedung unik dengan atap yang menyatukan ketiga bangunan utama, mirip seperti perahu ini, juga menyajikan show gratis “Wonder Full—Light & Water Spectacular”, pertunjukan efek visual, laser dan atraksi cahaya selama 13 menit, setiap jam 8 dan 9.30 malam. Khusus Jumat dan Sabtu, ada pertunjukan tambahan di jam 11 malam.

4. Gardens by the Bay
Taman seluas 100 hektar yang berada di belakang Marina Bay Sands juga jadi obyek jalan-jalan yang seru untuk kamu singgahi bila bertandang ke Singapura. Taman ini gratis untuk dikunjungi, tapi jika ingin melihat Singapura dari atas Supertree Grove, OCBC Skyway, cuma perlu merogoh kantong sebesar 5 dollar saja per orang. Lengkapnya bisa baca Gardens By The Bay, Satu Lagi Atraksi Wisata Murah Di Singapura.

Taman seluas 100 hektar yang berada di belakang Marina Bay Sands juga jadi obyek

5. Orchard Road
Jalanan paling populer di Singapura? Ya, Orchard Road! Rasanya belum lengkap ke negara ini kalau belum wisata ke Orchard Road, pusat belanja utama di Singapura. Jalan-jalan, foto-foto dan window shopping di sepanjang jalan ini tentu gratis dong! Biasanya yang populer dikunjungi di Orchard adalah Lucky Plaza, area di depan Takashimaya dan mal Ion Orchard. Tinggal naik MRT jalur merah untuk ke Orchard Road, bisa turun di Orchard Station (NS22) atau Somerset Station (NS23).

6. Sentosa Island
Satu ‘taman bermain’ terbesar di Singapura adalah Sentosa Island. Pulau buatan yang memiliki pantai, berbagai fasilitas untuk olahraga, dan tentunya taman hiburan paling populer di Asia Tenggara, Universal Studios Singapore.

Berbagai tempat di Sentosa Island bisa kamu nikmatin secara gratis! Paling hanya tinggal bayar transportasi untuk mencapai tempat ini. Yang paling murah kalau jalan kaki dari belakang mal Vivo City, Sentosa Boardwalk (S$1), Sentosa Express Monorail dari Vivo City lantai 3 (S$4), dan naik bus Sentosa Rider dari tengah kota, bisa dari Orchard Road, Chinatown dan Marina Bay (S$5).

7. Bola Dunia Universal Studios Singapore
Tempat paling populer untuk berfoto di Sentosa Island? Apalagi kalau bukan Bola Dunia Universal Studios, yang jadi lambang utama taman hiburan ini. Serunya lagi, lokasi bola dunia ini di area depan Universal Studios Singapore, jadi tanpa harus membayar tiket masuk ke taman hiburan ini, kamu sudah bisa foto-foto gratis! Tinggal naik monorail Sentosa Express, turun di Waterfront Station.

8. Siloso Beach Sentosa
Satu pantai yang paling populer di Sentosa Island adalah Siloso Beach. Pantai ini memiliki air yang tenang tidak berombak. Ada semacam monumen berupa huruf-huruf yang membentuk kata ‘Siloso’. Pasirnya putih bersih, dan ada beberapa lapangan volley pantai. Untuk menuju ke Siloso Beach, tinggal naik tram dari tempat tunggunya di dekat stasiun monorail Beach Station.

Satu pantai yang paling populer di Sentosa Island adalah Siloso Beach. Pantai in

9. Merlion Walk Sentosa Island
Betul sekali, di Sentosa Island ada satu patung Merlion lagi. Yang ini tingginya 37 meter dan sekelilingnya terdapat taman indah yang ada air terjunnya, juga ada Merlion Walk, dimana di jalur ini dihiasi oleh sculpture berbagai bentuk yang dihiasi mosaik cantik warna-warni. Pas sekali untuk spot foto-foto!

10. Henderson Waves
Henderson Waves adalah nama sebuah jembatan yang ada di kawasan Mount Faber Park. Apa sih spesialnya jembatan yang satu ini? Bentuknya yang bak gelombang membuat jembatan sepanjang 274 meter ini tampil cantik. Dengan tinggi 36 meter, Henderson Waves jadi jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura, yang menghubungkan Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park. Tidak hanya bisa dikunjungi pagi sampai sore, tapi malam pun jembatan ini akan diterangi pencahayaan menarik sampai jam 2 pagi.
Lebih lengkap lagi tentang jembatan ini, bisa baca Henderson Waves, Sebuah Jembatan Cantik Di Singapura.

11. Singapore River dan Raffles Landing Site
Disinilah kamu bisa memahami lebih jauh tentang sejarah Singapura, di sisi Singapore River, dapat kamu nikmati pemandangan yang menarik, bisa berfoto dengan background patung Raffles di Raffles Landing Site, pendiri dan juga gubernur Singapura yang berjasa turut membangun Singapura yang moder. Juga terdapat berbagai patung tembaga lainnya yang berbentuk diorama di tepi sungai, menceritakan perjalanan sejarah negara ini. Bangunan-bangunan historis juga menghiasi area ini, diantaranya ada Cavenagh Bridge dan Fullerton Hotel.
Untuk kesini kamu tinggal naik MRT jalur merah dan hijau, turun di Raffles Place MRT Station (NS26/EW14).

Juga terdapat berbagai patung tembaga lainnya yang berbentuk diorama di tepi sun
(Patung-patung yang ada di sekitar Singapore River)

12. Clarke Quay
Salah satu tempat hangout dan foto-foto yang seru di Singapura! Kawasan Clarke Quay ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse (bangunan rumah toko dengan arsitektur China), yang dicat warna-warni. Banyak restoran, kafe, jazz club dan bar. Memang ini adalah tempat hangout yang happening, selalu penuh pada malam hari.

Kalau mau ‘nongkrong’ murah juga bisa disini. Ngga harus di salah satu kafenya, tapi tinggal beli minuman di 7-Eleven dekat salah satu jembatan disini, dan tinggal nikmati sore atau malam dengan duduk-duduk di tepi Singapore River yang sangat bersih. MRT terdekat, naik jalur ungu dan turun di Clarke Quay MRT Station (NE5).

13. Old Hill Street Police Station
Persis di seberang Clarke Quay, tepatnya di 140 Hill Street, ada satu bangunan yang eye catching, sangat menarik karena deretan 927 buah daun jendelanya yang berwarna-warni bagai pelangi. Pas sekali untuk dijadikan salah satu spot foto kamu selama di Singapura.

Bangunan ini berdiri pada tahun 1934, dan pada tahun 1998 ditetapkan sebagai sal

Bangunan ini berdiri pada tahun 1934, dan pada tahun 1998 ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional. Sekarang masih digunakan sebagai kantor Ministry of Communications and Information (Kementerian Komunikasi dan Informasi). Di bagian tengah gedung ada ARTrium, biasanya digunakan untuk berbagai pameran seni.

14. Civil Defence Heritage Gallery
Berlokasi di Central Fire Station Singapura, museum dan galeri ini menyimpan hal-hal bersejarah dari satuan pemadam kebakaran Singapura dari akhir tahun 1800-an. Tempat ini juga bisa jadi tempat pembelajaran bagi anak-anak tentang bagaimana teknis sebuah kendaraan pemadam kebakaran bekerja, dan juga mengajarkan untuk mengatasi keadaan darurat.
Alamatnya di 62 Hill Street, Singapura. Lokasi dekat dengan Clarke Quay MRT Station. Buka Selasa, jam 10 pagi sampai 5 sore.

15. Armenian Church
Hanya berjarak satu stasiun dari Raffles Place MRT, tepatnya dekat City Hall MRT Station, ada sebuah bangunan historis di Singapura, yaitu Armenian Church. Gereja Kristen yang ada di 60 Hill Street ini, dibangun pada tahun 1835 oleh seorang arsitek Irlandia, George Coleman. Gereja yang merupakan salah satu masterpiece-nya Coleman ini dia dedikasikan ke pendeta Armenia pertama, St. Gregory the Illuminator. Banyak spot menarik untuk berfoto di bagian luar maupun dalam gereja ini.

16. St. Andrew’s Cathedral
Masih di sekitar City Hall MRT Station, tepatnya di atas stasiun MRT ini berdirilah katedral terbesar di Singapura, St. Andrew’s Cathedral. Gereja ini didesain oleh Kolonel Ronald MacPherson di tahun 1856. Bangunan yang sekarang adalah untuk menggantikan bangunan sebelumnya yang hancur terkenal sambaran kilat sebanyak 2 kali di tahun 1852.

Merupakan salah satu bangunan yang terindah di Singapura, merupakan gereja pertama dan terbesar di Singapura. Bangunan ini juga merupakan salah satu monumen nasional di Singapura sejak tahun 1973.

17. Singapore Botanic Gardens
Piknik di taman yang asri dan bersih bisa kamu lakukan di Singapura. Tinggal datang ke taman raksasa yang ada di jantung negara Singapura ini, benar-benar sebuah oase di tengah-tengah kota yang modern ini. Dipenuhi dengan sekitar 60.000 jenis tanaman, kamu bisa berkunjung gratis dari jam 5 pagi sampai 12 malam. Lengkapnya tentang taman ini, bisa baca Singapore Botanic Gardens, Paru-Paru Kota Singapura.

18. Bugis Street
Bugis Street sepertinya kini nge-topnya sama seperti Orchard Road. Semua teman-teman saya yang ke Singapura, pasti menyempatkan diri juga untuk singgah ke Bugis, selain ke Orchard. Kenapa Bugis begitu populer? Karena barang-barang yang dijual harganya lebih ‘miring’ dan banyak pilihan kalau mau beli oleh-oleh. Bugis menjadi salah satu tujuan belanja di Singapura yang seru untuk kamu kunjungi.
Cara ke Bugis Street, tinggal naik MRT jalur hijau atau biru, turun di Bugis MRT Station (EW12/BT3).

Masjid dengan kubah berwarna emas ini berada di jantung kawasan Kampong Glam, da

19. Sultan Mosque
Tinggal jalan kaki beberapa menit dari stasiun MRT Bugis, kamu akan tiba di Masjid Sultan. Masjid ini adalah masjid pertama di Singapura, dibangun pada tahun 1824 untuk Sultan Hussian Shah, sultan pertama di Singapura, oleh British East India Company.

Masjid dengan kubah berwarna emas ini berada di jantung kawasan Kampong Glam, dapat menampung sekitar 5.000 jamaah di dalamnya. Kawasan di sekitar Sultan Mosque kini juga telah dibuat menjadi lebih indah, sehingga menjadi salah satu kawasan untuk wisata gratis di Singapura juga.

20. Kampong Glam & Arab Street
Jika menuju ke Sultan Mosque, di sekitarnya ada kawasan yang juga jadi tujuan wisata di Singapura, yaitu Kampong Glam dan Arab Street. Area ini merupakan daerah perpaduan antara Melayu dan Timur Tengah. Kamu bisa menemukan kafe-kafe kecil yang menjual teh tarik, tapi di sebelahnya menjual martabak atau hidangan Timur Tengah lainnya. Menarik! Untuk mencari makanan, saya juga sering sekali datang ke Kampong Glam Cafe yang menyajikan menu halal.

Jika menuju ke Sultan Mosque, di sekitarnya ada kawasan yang juga jadi tujuan wi
(Kampong Glam Cafe yang menyajikan makanan halal)

Di Arab Street yang merupakan pusat masyarakat Islam di Singapura kamu bisa menemukan berbagai gerai yang menjual busana Muslim, perlengkapan ibadah dan juga barang-barang khas Timur Tengah seperti parfum dan kain. Bagi penggemar Shisha, banyak pilihan resto dan kafe di sekitar Arab Street untuk kamu menikmatinya.

21. Haji Lane
Jalan paling trendy di Singapura, boleh dibilang kata itu yang bisa mendeskripsikan Haji Lane. Di kiri kanannya merupakan bangunan Chinese shophouses yang sudah berusia lebih dari seratus tahun, namun tetap terawat rapih dan di cat warna-warni dan di beberapa bangunan juga terdapat grafiti raksasa yang terlihat cantik. Sepanjang Haji Lane banyak terdapat restoran kecil dan tentunya butik-butik dari perancang lokal Singapura. Selengkapnya bisa baca Haji Lane, Pusatnya Belanja Unik Di Singapura.

Di kiri kanannya merupakan bangunan Chinese shophouses yang sudah berusia lebih
(Chinese Shophouses yang dihiasi grafiti di Haji Lane)

22. Chinatown
Di berbagai kota besar di dunia, pasti terdapat kawasan Chinatown-nya, tidak terkecuali dengan Singapura. Walau shophouses yang ada di kawasan ini tidak jauh berbeda dengan di bagian kota tua lainnya di Singapura, tapi dengan hadirnya berbagai gerai dengan atribut Oriental, membuat kawasan ini tampil berbeda.

Mayoritas penduduk di Chinatown Singapura memang warga keturunan China. Disini kamu juga bisa menemukan berbagai souvenir atau cinderamata yang sangat variatif. Jadi biasanya kalau tidak di Bugis, bisa cari barang untuk oleh-oleh disini. Selain pernak-pernik, banyak tempat makan dan jajan menarik juga di seputar area Chinatown. Tinggal naik MRT jalur ungu dan kuning, turun di Chinatown Station (NE4/ER1).

Di berbagai kota besar di dunia, pasti terdapat kawasan Chinatown-nya, tidak ter
(Suasana di Chinatown yang penuh penjual cenderamata)

23. Sri Mariamman Temple
Jika ada di daerah Chinatown, jangan lupa untuk singgah ke Sri Mariamman Temple, kuil Hindu tertua di Singapura, dibangun pada tahun 1827. Kuil ini juga menjadi satu tempat wisata gratis yang banyak didatangi turis mancanegara di Singapura. Saat yang paling menarik untuk datang kesini adalah saat ada perayaan Theemithi, upacara berjalan diatas api, sekitar bulan Oktober atau November setiap tahunnya.

24. Buddha Tooth Relic Temple & Museum
Kuil dan museum yang terdiri dari beberapa tingkat ini berada di South Brigde Road, kalau kamu makan di pusat jajanan Maxwell Food Centre, Buddha Tooth Relic Temple berada persis di seberangnya.

The Buddha Tooth Relic Temple & Museum menampilkan karya seni yang berhubungan dengan Buddha dan juga perkembangan agama ini di Singapura. Kamu bisa menikmati arsitektur gedungnya, masuk ke Buddhist Culture Museum dan Eminent Sangha Museum, secara gratis dari jam 9 pagi sampai 6 sore. Kadang ada pertunjukan budaya dan juga pemutaran film. Stasiun MRT terdekat adalah Chinatown MRT Station.

The Buddha Tooth Relic Temple & Museum menampilkan karya seni yang berhubungan d

25. Little India
Tidak jauh dari Orchard Road, ada perkampungan warga India di Singapura yang terkenal dengan Little India. Satu lingkungan yang dipenuhi berbagai toko khas India, menjual kain, hasil kerajinan, makanan khas India, bumbu-bumbu, dupa, parfum dan juga banyak terdapat hostel-hostel dengan harga terjangkau.

Warga India Singapura juga sering mengadakan berbagai perayaan budaya dan keagamaannya disini, sehingga jika datang pada saat-saat tersebut, kamu bisa menyaksikan festival yang meriah di kawasan ini. Untuk ke Litte India tinggal naik MRT jalur ungu atau biru dan turun di Little India Station (NE7/BT4), bisa juga di Farrer Park Station (NE8).

26. Mustafa Centre
Satu tempat yang tidak dipisahkan dari Little India adalah Mustafa Centre. Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah shopping centre atau tempat belanja yang sangat besar, terdiri dari beberapa lantai yang menjual berbagai barang dari perhiasan emas hingga berbagai merek snack. Yang serunya Mustafa Centre buka 24 jam. Biasa jadi tempat langganan untuk belanja oleh-oleh.

Stasiun MRT terdekat Farrer Park Station (NE8), ambil Exit G, dan jalan kaki menyusuri Rangoon Road, dan belok kanan ke Serangoon Road.

27. Sakya Muni Buddha Gaya Temple
Tidak jauh dari stasiun MRT Farrer Park, ada Sakya Muni Buddha Gaya Temple. Kuil yang ada di 366 Race Course Road ini di dalamnya terdapat sebuah patung Buddha raksasa setinggi 15 meter, dengan berat sekitar 300 ton. Dibangun oleh seorang biksu dari Thailand, Venerable Vutthisasara pada tahun 1927.

Tidak jauh dari stasiun MRT Farrer Park, ada Sakya Muni Buddha Gaya Temple. Kuil

Masuk ke kuil ini gratis, tapi jangan lupa untuk tetap jaga ketenangan saat berfoto dan hormati yang sedang beribadah ya. Buka jam 8 pagi sampai 4.45 sore.

28. Leong San See Temple
Masih di jalan yang sama, Race Course Road, ada satu lagi kuil Buddha Leong San See atau Long Shan Si, dikenal juga dengan nama Dragon Mountain Temple. Kuil dengan bangunan mirip istana China kuno ini dibangun sekitar tahun 1913 oleh Abbot Chuan Wu, kemudian direnovasi pada tahun 1926. Buka jam 6 pagi sampai 6 sore.

29. East Coast Park
Ini dia taman kota yang sekarang lagi naik daun di Singapura. Jadi favorit warga Singapura karena banyak sekali tempat jajan (hawker Centres), kafe dan restoran seafood. Lokasi taman ini yang ada di tepi pantai juga membuatnya jadi tempat tujuan wisata gratis yang menyenangkan di Singapura.

Berbagai aktivitas luar ruang bisa kamu lakuin disini, naik sepeda, memancing, piknik, main rollerblade, skateboard, makan, atau bersantai dan nikmatin garis pantainya sepanjang 15 km.
Transportasi: Naik MRT ke Bedok Station, jalan ke Bedok Interchange dan naik bus no. 196 atau 197, turun di Marine Parade Road.
Atau naik bus no. 16, 31, 36, 55, 76, 135, 155, 196, 197 dan 853 ke Marine Parade Road.

Itulah 29 tempat wisata di Singapura yang gratis dikunjungi. Semoga info ini bisa jadi masukan untuk jalan-jalan kamu ke Singapura! Happy traveling 🙂

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

7 comments

    1. Halo mbak Entri,

      Nanti bisa coba Google peta MRT Singapura, di artikel ini saya sudah sebutkan semua transportasi dan cara ke tempat2 tersebut (sebagian besar bisa dijangkau dengan MRT), jadi nanti tinggal dilihat aja jalur2nya yang searah ya 🙂 Selamat menyusun itinerary-nya.

      Salam,
      Awan

  1. selamat siang mas,,ini mas yg byk buku travelling nya yg di jual di gramedia ya,,saya ada beli bbrp..tp pgn nanya jg blh kan??mas saya ke singapor bakal naik bus dr malaysia,ntr saya trun di dimana trus naik apa ke merlion park plus biaya??dari merlion kami mau ke garden by the bay naik apa n biayany brp mas??dari garde BTB kami mau lanjut ke sing flyer naik apa n biaya??and then dr sing flyer kami mau ke handerson wave naik apa n biaya juga?? trakhir dr handerson mau ke woodlands nak balik pakai MRT apose??mksh bnyk mas…

  2. Selamat pagi …
    Saya mau tanya kalau mau ke Handerson Waves kan bisa naik bus dari Harbour Front mall, keluar dari exit C. Nah untuk busnya bayar berapa ya? Atau bisa menggunakan kartu tourist pass yang buat MRT? Makasih …

    1. Halo mbak Rahma,

      Untuk tiket bus saya ngga update lagi, tapi mustinya sekitar 2 – 2,5 dollar… Soalnya terakhir ke Henderson Waves udah lebih dari setahun lalu.

      Bisa bayar pake kartu EZ-Link. Kalo kartu tourist pass-nya bisa untuk bus selain MTR berarti bisa dipake juga untuk naik bus kesana.

      Salam,
      Awan

  3. Sy mo tanya apa ke marina bay sands,esplanade,sky park dll bayar ato gratis sebenarnya?karna di groupon bayar tuh.n apakah naik bus hop off itu gratis atau bayar??sy perlu jawabannya segera.thx

    1. Halo, apa kabar?
      Maksudnya apakah untuk masuk ke dome-nya Gardens by the Bay? Kalau itu memang tempat khusus dan harus bayar lagi. Kalau ada penawaran di Groupon mustinya benar.
      Yang gratis hanya kalau jalan2 di taman terbukanya. Naik ke Skyway OCBC juga harus bayar, tapi ini yang paling murah. Bus hop-on hop-off juga harus bayar. Kalo mau cek perbandingan harga bisa langsung ke website-nya:
      * hop-on-hop-off-bus.com/singapore-bus-tours
      * citytours.sg/funvee-city-tour-hop-on-hop-off.html

      Salam,
      Awan

Leave a Reply