7 Tips Liburan Seru dan Berkualitas Bareng Keluarga

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Yang namanya liburan, mau pergi dengan siapa pun pasti asik aja ya. Mau itu bareng teman, pasangan, sahabat, bahkan orang yang baru dikenal saat diperjalanan. Tapi kalau kamu beranggapan bahwa liburan bareng keluarga itu ribet, kayaknya perlu berpikir ulang, deh. Yup! Liburan bareng keluarga gak kalah seru dengan teman-teman, pasangan, atau sahabat lho. Tetap bisa asik dan enjoy the moment. Nah, berikut ini ada 7 tips liburan seru dan berkualitas bareng keluarga. Simak yuk!

1. Persiapkan segala perlengkapan serapi mungkin

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-27-00.jpeg
via mebiso.com

Berbeda dengan liburan teman-teman, pasangan, atau sahabat yang bisa lebih sederhana persiapannya, liburan bareng keluarga justru harus lebih diperhatikan lagi segala detail perlengkapannya. Kalau liburan ke pantai, kamu bisa membawa tikar, bekal yang super lengkap, atau kalau mau barbeque-an kamu bisa juga bawa alat-alatnya. Sebelum berangkat, kamu bisa buat daftar perlengkapan yang akan dibawa nanti. Jadi kelihatan kan apa aja yang kurang atau wajib banget dibawa. Pokoknya jangan sampai ada yang ketinggalan, deh.

2. Tentukan destinasi tujuan liburan

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-29-58.jpeg
via beritagar.id

Penting banget untuk didiskusikan kemana tujuan destinasi liburan dengan anggota keluarga yang lain sebelum berangkat. Supaya gak asal jalan dan kamu bisa mempersiapkan rute mana yang tidak macet dan menentukan hari apa yang tepat. Kalau kamu bekerja, jadi bisa ambil cuti. Atau kalau liburannya ditanggal libur nasional, bisa disesuaikan dengan keperluan yang mungkin datang mendadak. Jadi ketika hari liburan yang sudah disepakati itu datang, kamu aman dan tenang menikmati liburan bareng keluarga.

3. On time

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-33-27.jpeg
via nationalgeographic.co.id

Yup! Tepat waktu juga gak kalah penting saat liburan. Setelah tujuan destinasi liburan sudah ditentukan, kamu jadi tahu jam berapa harus berangkat dari rumah. Selain untuk menghindari macet, juga agar waktu kamu tidak termakan terlalu lama dijalan daripada ditempat tujuan. Sering gak sih kamu merasakan kalau diperjalanan menuju destinasi itu lebih lama dari pada waktu yang dinikmati di sana? Alhasil, sedikit sekali waktu yang bisa kamu nikmati bareng keluarga. Quality time bareng keluarga jadi berkurang banget kan. Oleh karena itu, on time sangat penting.

4. Perhatikan faktor anak kecil

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-35-37.jpeg
via helloyoyo.ca

Yang namanya liburan keluarga pasti ada anak kecilnya ya gak sih? Nah, kamu harus memperhatikan kebutuhan dan keamanan mereka mulai dari berangkat hingga sampai tujuan. Mulai dari perlengkapan, makanan, dan mainan yang sekiranya cukup dibawa dan disimpan pada kendaraan. Supaya liburanmu makin seru dan anak-anak juga menikmati kebersamaan dengan anggota keluarga yang lain.

5. Utamakan komunikasi dan lupakan gadget sejenak

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-37-12.jpeg
via cermati.com

Lupain dulu deh keinginan untuk unggah foto keseruan bareng keluarga kesemua media sosial. Cukup bawa kamera untuk merekam semua kegiatan seru kalian. Biarkan fokusmu tertuju pada kualitas komunikasi dan kebersamaan bareng keluarga. Jarang-jarang kan kamu berkumpul seperti itu? Liburan bisa jadi salah satu cara bersilaturahmi dan meningkatkan kepedulian serta makin sayang sama semua anggota keluarga. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya ya.

6. Siapkan uang kecil

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-38-40.jpeg
via cermati.com

Menyiapkan uang kecil penting ketika kamu akan membeli sesuatu di tempat tujuan wisata. Karena biasanya lebih banyak warung-warung kecil disekitar tempat wisata dibanding restoran yang pastinya tidak menerima atm atau kartu kredit ya. Hehe. Juga berguna kalau kamu liburan menggunakan mobil, bisa untuk bayar uang tol kan? Atau saat anak-anak minta uang jajan. Jadi lebih simple kan?

7. Cek ulang kondisi kendaraan

screenshot-docs.google.com-2017-07-23-16-39-52.jpeg
via pinterest.com

Very important! Liburanmu gak akan jadi seru dan berkualitas kalau kendaraan yang dipakai bermasalah. Jadi sebelum berangkat pastikan kendaraan dalam kondisi prima ya. Mulai dari ban, rem, oli, dan lain sebagainya.

Gimana, udah siap liburan seru dan berkualitas bareng keluarga? Semoga liburanmu menyenangkan ya!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar