AirAsia Pindah Rumah ke Bandara Don Mueang

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

Bagi yang pernah berkunjung ke Bangkok sebelum September 2006 atau dalam beberapa tahun belakangan pernah menggunakan maskapai domestik Thailand, Nok Air dan One-Two-Go, tentu pernah menjajaki bandara Don Muang yang telah melayani penerbangan komersil di Bangkok sejak tahun 1924.

Bandara ini sempat ditutup dan direnovasi setelah beroperasinya bandara Suvarnabhumi, Don Muang (Don Mueang) dibuka kembali sejak Maret 2007. Tidak pernah terpikir harus menggunakan bandara ini lagi setelah ada Suvarnabhumi yang modern dan dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat traveling ke Bangkok jadi mudah dan nyaman.

AirAsia memindahkan semua penerbangannya kembali ke bandara ini dikarenakan renc

Tapi mulai 1 Oktober 2012 jika ke Bangkok menggunakan maskapai AirAsia, kita harus kembali menyapa “Apa kabar?” kepada Don Muang. Kembali ke fasilitas lama, tanpa adanya kereta ekspres Airport Rail Link yang bisa membawa kita ke tengah kota Bangkok hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

AirAsia memindahkan semua penerbangannya kembali ke bandara ini dikarenakan rencana penambahan armada pesawat dan kemacetan lalulintas udara yang dialami di bandara Suvarnabhumi, terutama pada jam-jam sibuk. Jadi jika terbang menggunakan maskapai ini dari kota-kota di Indonesia maupun melalui Kuala Lumpur, kita akan mendarat di Terminal 1 Don Muang.

Jika terbang menggunakan maskapai ini dari kota-kota di Indonesia maupun melalui

Lalu bagaimanakah transportasi dari Bandara Don Muang Menuju ke pusat kota Bangkok? Berikut adalah beberapa alternatifnya.

Jika harus berpindah antara bandara Don Muang dan bandara Suvarnabhumi terdapat layanan bus gratis yang dioperasikan oleh Airports of Thailand (AoT).
Di Don Mueang bisa naik dari bagian luar Arrival Hall. Sementara di Suvarnabhumi bisa naik dari terminal Transport Center.

Taxi

Di luar gedung Kedatangan (Arrivals) tersedia counter taxi resmi yang melayani menuju ke pusat kota. Untuk tujuan ke Bangkok argo taxi sekitar 200 – 250 baht, ditambah dengan airport surcharge 50 baht (yang kita bayarkan kepada pengemudi taksi) dan biaya tol 30 – 40 baht.

Kereta Api

Inilah transportasi murah dan bebas hambatan yang bisa Anda naiki dari Don Muang. Stasiunnya terletak di seberang Amari Airport Hotel. Kereta beroperasi dari jam 06.00 – 20.00, berangkat setiap 30 – 60 menit sekali, tapi jadwal keberangkatan akan lebih jarang lagi di akhir minggu. Untuk menuju stasiun Hua Lamphong di dekat daerah Chinatown diperlukan waktu sekitar 50 menit. Harga tiket kereta komuter 5 baht.

Bus Umum dan Bus AC

Mungkin bisa dijadikan alternatif terakhir saja untuk menuju ke pusat kota dari Don Muang karena bus kurang praktis, terutama jika kita membawa kopor besar atau barang bawaan yang banyak. Pada jam-jam sibuk bus bisa menjadi sangat penuh. Selain harus berdesakan, juga tidak ada tempat khusus untuk menaruh bagasi.

Untuk naik bus umum dari bandara Don Muang, ikuti petunjuk arah ke tempat pemberhentiannya. Bus ke pusat kota Bangkok berada di sisi jalan bandara, sehingga tidak perlu menyeberangi jalan raya. Berikut adalah rute-rutenya:

Bus No. 29: Don Muang – Hua Lamphong Train Station.
Beroperasi 24 jam, bus AC dan non-AC.

Bus No. 59: Don Muang – Bang Khae (Ada juga yang lanjut ke Sanam Luang dekat The Emerald Buddha Temple/Khao San Road).
Beroperasi 24 jam.

Bus No. 95: Don Muang – Ram Intra Road – Ram Khamhang Road.
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus No. 187: Don Muang – Si Phraya Road.
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 538: Don Muang – Phaya Thai.
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 555: Don Muang – Suvarnabhumi Airport.
Beroperasi pukul 04.00-23.00.

Well, selamat tinggal Suvarnabhumi… Apa kabar Don Muang?

AirAsia Pindah Rumah ke Don Muang

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Leave a Reply