Berburu Makanan Indonesia di Hong Kong

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Jika berwisata ke suatu negara baru, tentu ada keinginan untuk mencicipi juga kuliner khasnya. Karena makanan dan jajanan negara tersebut yang pernah kita santap di Indonesia, belum tentu rasanya akan sama jika kita nikmati di negara asalnya. Sama seperti saat traveling ke Hong Kong, saya akan selalu coba untuk mengeksplorasi makanan-makanan yang jarang ditemui di Indonesia.

Tapi saat Anda pergi bersama keluarga atau juga serombongan teman tentu memang harus bisa adakan penyesuaian lagi dengan keinginan bersama. Dan kebetulan sebagian besar dari teman-teman saya yang pergi bersama saya kemarin tetap ingin menikmati makanan Indonesia selama kita di Hong Kong, karena selain pas dengan lidah, juga agar lebih aman untuk mendapatkan makanan halal. Jadilah akhirnya kami berburu informasi, yang lengkapnya kami dapatkan dari website ini: Hong Kong Ternyata Memiliki Banyak Restoran Halal. Berikut adalah tempat-tempat yang menyajikan menu masakan Indonesia di Hong Kong:

Chandra Mart & Chandra Food Restaurant
Boleh dibilang inilah supermarket dan restoran Indonesia yang paling populer di Hong Kong. Kebetulan lokasinya memang sangat strategis, di daerah Causeway Bay, dekat dengan Victoria Park yang merupakan tempat berkumpul para Tenaga Kerja Indonesia di akhir pekan.

Di Chandra Mart sendiri Anda bisa membeli nasi bungkus yang harganya sekitar belasan hingga sekitar 20 dolar Hong Kong. Jika ingin menikmati hidangan lainnya, persis di samping Chandra Mart yang terletak di Sugar Street ini, terdapat restoran yang menyajikan berbagai masakan Indonesia. Saat itu kami datang hampir pukul 10 malam, dimana restoran ini sudah siap-siap untuk tutup. Akhirnya saya mengajak teman-teman untuk ke restoran Indonesia di seberangnya.

Alamat: G/F, 1-3 Sugar Street, Causeway Bay
Tel: +852 2890 4732
Jam buka: 10.00-22.00

Bakwan Jagung yang menggugah selera

Rumah Makan Sedap Gurih
Inilah restoran yang tadi saya maksud terletak di seberang Chandra Mart, di Sugar Street juga. Mereka buka sampai sekitar pukul 11 malam. Pada saat kami tiba, masih ada banyak tamu lain yang rata-rata bukan orang Indonesia. Suasana seperti di Tanah Air langsung terasa, pelayan yang memang juga orang Indonesia langsung diajak berbincang Bahasa Jawa oleh teman saya. Kami pun tidak perlu berpikir panjang lagi untuk memilih menu mana yang mau di santap. Semua terlihat menggiurkan, mulai dari Nasi Ayam Penyet, Mie Cap Cay, Tahu Telor sampai Nasi Gulai Kambing. Saya sendiri memilih untuk memesan Laksa Singapura seharga 56 dolar Hong Kong. Menu termurah disini sepertinya Nasi Goreng, seharga HK$44 dan yang termasuk mahal adalah Cap Cay Goreng yang seporsinya HK$70.

Keesokan harinya, karena sekalian akan Sholat Jumat maka kami menyempatkan diri untuk pergi ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di 127-129 Leighton Street. Persis di seberangnya, terdapat Warung Chandra (New Indonesian Restaurant) yang beralamat di Keswick Street, Causeway Bay, Hong Kong.
Berbagai produk dari Indonesia dapat Anda temukan disini. Rasanya senang sekali bisa menikmati Nasi Rawon sambil minum Teh Kotak dingin. Harga seporsi hidangan utama di restoran ini mulai sekitar 35 dolar Hong Kong.

Berburu Makanan Indonesia di Hong Kong

Suasana di salah satu restoran Indonesia di Hong Kong

Restoran Indonesia lainnya yang patut Anda coba juga selama berada di Hong Kong adalah Warung Malang. Letaknya di Dragon Rise Building, Pennington Street. Alamat lengkapnya Flat B2, Block B, 2/F, 9-11 Pennington Street, Causeway Bay, Hong Kong.

Dari MTR Causeway Bay, Anda keluar di Exit F dan belok ke arah kiri, tidak jauh begitu ada belokan ambil arah kanan menyusuri jalan ini dan nanti di perempatan berikutnya juga belok ke kanan, sampai Anda menemukan papan jalan Pennington Street. Gedung Dragon Rise berada tidak jauh dari perempatan tersebut, di sebelah kanan. Gado-gado, Nasi Rames, Sop Buntut, semua bisa Anda dapatkan disini dengan harga mulai 30 dolaran.

Menikmati hidangan Indonesia di Hong Kong, membuat kita merasa bangga dan bersyukur akan kekayaan kuliner yang negara kita miliki.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar