Cara dan Transportasi ke Malacca, Dari Kuala Lumpur, KLIA dan KLIA2

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Cara dan Transportasi ke Malacca, Dari Kuala Lumpur, KLIA dan KLIA2

Cari destinasi untuk lakukan short trip ke luar negeri yang murah dan seru? Jika tujuan kamu ke Malaysia, selain ke Kuala Lumpur, kamu juga bisa sekalian wisata ke Malacca. Kota ini terletak sekitar 148 kilometer dari Kuala Lumpur, bisa dicapai dengan mudah lewat darat, sekitar 2 jam perjalanan. Untuk dari KLIA dan KLIA2 akan memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Cari destinasi untuk lakukan short trip ke luar negeri yang murah dan seru? Jika

Berikut adalah cara dan transportasi untuk ke Malacca, dari Kuala Lumpur, KLIA dan KLIA2 (Sepang).

Dari Kuala Lumpur
Pilihan yang paling murah adalah naik kereta KTM Line (Komuter) dari KL Sentral ke arah Seremban dan turun di stasiun Bandar Tasik Selatan. Jalan kaki lewat jembatan (connecting bridge) menuju Terminal Bersepadu Selatan (TBS).
Tiket: RM 1
Lama Perjalanan: 18 menit

Pada jam sibuk, dimana antrean untuk naik KTM bisa sangat panjang (terutama pada perjalanan balik dari Bandar Tasik selatan ke KL Sentral), kamu juga bisa naik kereta bandara, yaitu KLIA Transit. Kereta ini juga akan melewati stasiun Bandar Tasik Selatan. Jalan kaki lewat jembatan (connecting bridge) menuju Terminal Bersepadu Selatan (TBS).
Tiket: RM 4.20
Lama Perjalanan: 6 menit

Jalan kaki lewat jembatan (connecting bridge) menuju Terminal Bersepadu
Jembatan dari stasiun KLIA Ekspres menuju ke terminal bus (TBS)

Dari Bandara Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2)
Perusahaan bus Transnasional mengoperasikan rute KLIA2-Malacca, dengan jadwal keberangkatan 11 kali per hari: 00.15 / 07.45 / 09.15 / 10.45 / 11.45 / 13.15 / 14.15 / 16.15 / 18.15 / 20.15 / 21.15
* Khusus keberangkatan jam 16.15 tujuan KLIA2 ke Mahkota Medical Center

Harga tiket: RM 21.90 (dewasa) dan RM 16.50 (anak-anak)

*) Jadwal Bus Malacca-KLIA2 ada 10 jadwal, antara jam 00.15-22.00
*) Website: transnasional.com.my

Jika tujuan kamu ke Malaysia, selain ke Kuala Lumpur, kamu juga bisa sekalian wi
Loket pembelian tiket bus di Terminal Bersepadu Selatan (TBS)

Transportasi lainnya adalah naik shuttle bus – JetBus ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS), yang beroperasi dari jam 04.30-00.00 (berangkat setiap jam). Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit.
*) Bus dari TBS ke KLIA2 beroperasi dari jam 03.00-22.30
*) Website: jetbus.com.my

Dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) bisa memilih berbagai operator bus untuk menuju ke Malacca. Rekomendasi: Transnasional, KKKL dan Konsortium Bus.

Dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) bisa memilih berbagai operator bus untuk m

Dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA)
Perusahaan bus Transnasional mengoperasikan rute KLIA-Malacca, dengan jadwal keberangkatan 8 kali per hari:
* Ke Melaka Sentral: 07.45 / 14.15 / 18.45 / 22.15
* Ke Mahkota Medical Center, Malacca: 09.15 / 11.45 / 16.15 / 21.15

Harga tiket: RM 21.90 (dewasa) dan RM 16.50 (anak-anak)
*) Jadwal keberangkatan Malacca-KLIA antara jam 00.15-18.00
*) Website: transnasional.com.my

Cara dan Transportasi ke Malacca, Dari Kuala Lumpur, LCCT dan KLIA
Kereta KLIA Ekspres sedang memasuki stasiun Bandar Tasik Selatan

Transportasi lainnya adalah Kereta KLIA Transit (Perhatian: bukan kereta KLIA Ekspres) ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS), turun di stasiun Bandar Tasik Selatan. Kereta KLIA Transit beroperasi dari jam 05.00-01.00 (berangkat 15-30 menit sekali). Perjalanan memakan waktu sekitar 20 menitan.
*) Kereta dari Bandar Tasik Selatan ke KLIA beroperasi 05.00-00.30
*) Website: kliaekspres.com

Dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) bisa memilih berbagai operator bus untuk menuju ke Malacca. Rekomendasi: Transnasional, KKKL dan Konsortium Bus.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

61 comments

  1. Artikelnya sangat membantu 🙂
    Saya rencana mau ke Melaka lewat Singapur. Apa ada bus ke Melaka langsung dari Singapura di atas jam 10 malam? Supaya nanti sampai Melaka subuh/ pagi. Terima kasih Mas awan.

    1. Halo mbak,

      Bus terakhir dari Singapura ke Melaka terakhir jam 11 malam, untuk info lengkap dan pesan tiketnya bisa masuk ke situs: easybook.com ya. Semua jadwal bus dan harga lengkap ada disana.

      Salam,
      Awan

  2. Hai Mas, mau tanya kalau dari KL ke Singapore apa masih bisa naik sleeper train senandung sutera untuk Agustus 2107 ?

    1. Halo mbak Rika,

      Kereta Senandung Sutera sudah berhenti operasi dari tahun 2016 kemarin.
      Sekarang emang jadi harus ganti2 kereta kalo dari KL mau ke Singapur. Yaitu:
      * KL Sentral – Gemas
      * Gemas – JB Sentral (Johor Bahru)
      * JB Sentral – Woodlands (Singapur)

      Kalo mau pesan tiket keretanya gampang lewat easybook.com. Supaya ada gambaran pindah2 jalur keretanya, sbb: http://www.easybook.com/id-id/train/booking/singapore-to-jbsentral

      Salam,
      Awan

  3. halo mas awan, klo jalan2 ke malacca, dr kl sentral itu pagi mulai jam brp? jam 7 dah ada KTM ke arah BTS? terus kira2 perjalanan dr kl sentral samapai Bangunan merah brp jam? kira2 explore bangunan merah brp jam? makasi..

    1. Halo mas Farid, iya kereta ke BTS mulai pagi2, jam orang mulai kerja. Dari BTS kita harus naik bus dulu ke Melaka dari TBS – Terminal Bersepadu Selatan ke terminal bus Melaka Sentral (perjalanan 2 jam). Dari Melaka Sentral baru naik bus ke Bangunan Merah dan Jonker Street. Lama perjalanan tergantung macet atau ngga, paling lama 1 jam.
      Explore Melaka kalo mau PP sih setengah hari cukup, plus PP dari KL udah sekitar 4 jam sendiri.

      Salam,
      Awan

  4. Hallo Mas,

    mau Tanya, saya nginap di Bukit Bintang, kalau mau ke Melaka berarti jalur, atau caranya gmn ya? thanks

    1. Halo mbak Esther,
      Intinya harus ke KL Sentral dulu. Bisa naik monorail dari Bukit Bintang.
      Dari KL Sentral naik kereta komuter atau kereta KLIA Transit ke stasiun Bandar Tasik Selatan, dari sini jalan kaki ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) – bus ke Melaka naiknya dari terminal ini.

      Salam,
      Awan

  5. Assalamualaikum…
    Kalo saya trip 4D 3N ke KL dan start dari KL dengan tujuan Genting, Malaka, Johor dan KL sendiri kira-kira rute yg terbaik darimana dulu ya?
    Thx infonya

    wassalam

    1. Walaikumsalam.
      Apa kabar mbak Endah? Pertama2 saya mau jelasin dulu, trip 4D3N itu singkat. Untuk ke Genting akan makan waktu seharian dan Melaka juga seharian. Jadi mbak bisa tentuin aja, begitu sampai hari pertama explore KL, besoknya tinggal pilih mau ke Melaka dulu atau Genting dulu. Karena 2 tempat ini ngga bisa dirangkum dalam satu hari. Dan besoknya udah masuk hari ke-4… hari mbak akan balik.

      Kalau mau ke Johor Bahru, berarti mbak harus pilih, skip ke Genting atau Melaka. Karena kalau cek di peta, JB itu jaraknya jauh dari KL, dia bersebelahan dengan Singapura. Naik bus sekali jalan sekitar 5 jam. Jadi ngga mungkin juga dalam sehari PP.

      Dari penjelasan saya ini, tinggal dipilih aja mau kemana? Yang pasti ngga mungkin semua dapat dalam 4D3N. Saran saya sih ngga usah ke JB, maksimalin waktu ke Genting, Melaka dan explore KL.

      Salam,
      Awan

  6. Salam kenal mas..

    Boleh tanya yaa..

    1.kalau dr KLIA2 ke melacca menggunakan bus transnasional.. nanti turunnya dimana? Apa langsung ke pusat kota melaka ( tempat wisata yg bangunan merah itu) atau ke stasiun di kota melacca saja

    2.apa bisa tiket ke melacca PP (rute klia2-melacca) di beli 1 hari sebelumnya?

    Trims mas infonya

    1. Halo mbak Vemi,

      Kalau di Melaka turunnya di stasiun bus Melaka Sentral, dan dari situ baru naik bus umum yang menuju ke Bangunan Merah dan Jonker Street.

      Tiket bus pulangnya bisa beli di loket yang ada di Melaka Sentral itu. Saya kurang tau kalau untuk hari berikutnya apa sudah bisa dibeli? Nanti tanyakan langsung aja ya, mbak. Biasanya saya beli cuma untuk pulang malamnya, pada hari yang sama.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, kalo ada yang tau one day trip Melaka – KL bisa bantu info ke mbak Hana ya. Terima kasih.

      Salam,
      Awan

  7. Mas kalo dari melaka sentral ke bangunan merah naek bus apa n di sebelah mana nya melaka sentral naek bus itu ?? Dan kalo dari bangunan merah balik lagi ke sentral melaka naek apa juga ?? . Saya plan kesana sehari aja.. pagi berangkat.. siang sore balik ke kl

    1. Halo mas Raga,
      Cari bus umum Panorama Melaka rute/nomer 17 tujuannya ke Ujong Pasir. Nanti bilang mau turun di Bangunan Merah. Pulangnya naik bus yang sama, sebelum turun tanya ke driver/kondekturnya untu bus balik ke Melaka Sentral nanti tunggu dimana, di bagian seberangnya.

      Salam,
      Awan

  8. Halo mas mau nanya
    Kalau mau ke malaka dari damansara damai, apa naik bus di damansara menuju KTM lalu di KTM naik kreta api beli tiket ke bandar tasik selatan, tapi turun di KL sentral, pindah kereta yg menju bandar tasik selatan dan sampai di bandar tasik selatan naik bus ke malaka?

    1. Halo, kalau dari Damansara Damai saya kurang tau juga karena belum pernah kesana. Tapi sepertinya ada MRT yang ke KL Sentral.
      Intinya kalau mau ke Melaka naik bus-nya dari Terminal Bersepadu Setatan (TBS) – turun di stasiun Bandar Tasik Selatan. Kalau misalnya ada KTM yang langsung ke Bandar Tasik Selatan, berarti tidak perlu lagi ke KL Sentral dulu ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo, betul. Kalau sampai naik taxi ke TBS langsung. Karena memang bus ke Melaka dari sana.
          Kecuali kalau mau lebih hemat bisa ke stasiun komuter/LRT terdekat dan ikutin jalurnya menuju ke TBS (bisa jadi harus transit dulu di KL Sentral, dan lanjut naik jalur lain ke TBS).

          Salam,
          Awan

        1. Kalau mau ngga terlalu lama nunggu naik yang sebelum jam 9 malam. Tapi kalau weekend suka penuh, bisa jadi ngga kebagian jadi harus naik jadwal berikutnya. lebih cepat lebih baik sih 🙂

          Salam,
          Awan

          1. Mas
            Says lagi d train dari KL sentral ke bandar tasik selatan, kira2 masih ada lah bus ke malaka pada malam ini?

          2. Halo, saya baru lihat message-nya lagi…
            Udah dapat bus ke Melaka kan? Karena yang terakhir itu sekitar jam 11 malam.
            Ok, met jalan2 🙂

            Salam,
            Awan

  9. Assalamualaikum kak awan..
    Sy hani, kalau dr htl citin masjed jamek sy naik taxi ke TBS berapa rm ya, selanjut nya sy naik bus tujuan melaka kah.. Thx

    1. Walaikumsalam mbak Hani,
      Kalau mau murah naik kereta dari stasiun Masjid Jamek ke KL Sentral terus sambung naik Komuter atau kereta KLIA Transit/Ekspres ke Bandar Tasik Selatan – tempat terminal TBS berada. Dari TBS naik bus antar kota ke Melaka ya. Kalo naik taxi saya ngga update berapa RM. Jarang sekali naik taxi di KL, kecuali kalau terpaksa.

      Salam,
      Awan

  10. Halo kak awan,

    Salam kenal.. Saya sally .klo 1 day di Malacca tempat apa yang bisa di explore disana? Wisata belanja dan wisata sejarahnya?

    Dari malacca sentral transportnya apa?

    Thanks buat infonya kak….

    1. Halo Sally,
      Salam kenal juga. Melaka lebih ke wisata sejarah dan semua di satu lokasi kok. Tinggal pergi ke kawasan Bangunan Merah, dan ke area Jonker Street. Ada bus umum dari Melaka Sentral, tanya aja yang menuju Bangunan Merah ya.

      Salam,
      Awan

  11. Halo mas, Saya masih belum nemuin poinnya nih… Dari KL Sentral kita naik KTM menuju TBS, lalu dari TBS itu transportasi apa ya yg kita naikkin ke Malakanya? Dan brp biayanya lalu seberapa jauh dari TBSnya? Terima kasih mas sebelumnya… 🙂

    1. Halo mas Rivaldo,
      Benar. Dari TBS naik bus antar kota ke Melaka, perjalanan 2 jam ya. Biayanya yang update bisa coba cek di web easybook.com. Di situ bisa cek harga bus Singapur & Malaysia.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Sriani,

      Caranya gampang kok, nanti di Melaka Sentral tinggal tanya dan beli tiket bus untuk ke tujuan yang mbak inginkan. Ke JB atau Singapura bisa. Sebaiknya datang siang/sebelum sore.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, apa kabar?
      Ada bus ya dari terminal Melaka Sentral ke Negeri Sembilan (Terminal Seremban). Cek ke counter bus Transnasional, Express Kesatuan, dan SE Super Ekspres. Tiket sekitar RM 7,5 – 10.

      Salam,
      Awan

  12. Hallo, mau tny dong, klo dr malaka balik ke indonesia langsung naik pesawat apa y?mau perjalanan singkat nih krn bawa ortu yg sedang sakit, trims y utk info nya

    1. Halo mbak Natalia,
      Dari Melaka tidak ada bandara, jadi tetap harus ke Kuala Lumpur (KLIA/KLIA2) dulu ya.

      Salam,
      Awan

      1. Kaenya dr Melaka ada kok pesawat yg ke Indonesia (Pekanbaru). Bandaranya “Batu Berendam Intn’l” namanya. Ada 2 maskapai. Malindo dan Xpress.
        -minda-

        1. Halo mbak Minda,

          Iya betul, airport-nya Batu Berendam. Thanks infonya, tapi ya penerbangan memang masih terbatas.

          Salam,
          Awan

  13. siang mas salam kenal, sy theo mo tanya jadi termurah itu transport dr KL ke Melaca naik KTM yah 1RM setelah turun di TBS lalu kemana yah hehehe trus kalo balik nya ke KL lagi gimana apakah dgn jalur sama hanya kebalikannya? Oya di melaca apakah cukup mengexplore 1hari? Terima kasih

    1. Halo Theo, apa kabar?
      Nanti bisa dibaca lagi ya artikelnya. Ke Melaka ngga ada KTM, harus naik bus antar kota dan perjalanan 2 jam.
      Kalo naik KTM yang hanya RM 1 itu dari KL Sentral ke TBS – terminal tempat naik bus untuk ke Melaka.

      Baliknya sama, dari Melaka ke TBS dulu naik bus, baru balik KL Sentral naik KTM atau kereta KLIA Transit.
      Melaka bisa kok jalan2 sehari tanpa nginap.

      Salam,
      Awan

  14. Salam kenal Mas,
    Mau tanya donk mas kalo dr KLIA2 ke Mahkota medical centre naik bus bisa langsung sampai ditempat atau nyambung bus lg di Malaka sentral ?

    1. Halo mbak Lita,

      Ada bus Transnasional yang dari KLIA2 langsung ke Mahkota (MMC), tapi cuma 4 kali sehari, jam 09.15 / 11.15 / 16.15 / 21.15.
      Kalo sampenya diluar jam2 tersebut, ambil bus yang ke Melaka Sentral dulu dan sambung naik taxi/bus.

      Salam,
      Awan

  15. Halo mas Awan salam kenal. mau tanya, klo dari melaka sentral ke KL naik kereta turun di KL sentral gmn caranya? Saya bingung dengan terminal berswpadu selatan dan bandar tasik selatan. Terimakasih.

    1. Halo mbak Astri,

      Salam kenal ya.
      Jadi jalurnya dari stasiun bus Melaka Sentral naik bus ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan).

      Dari TBS jalan kaki keluar ke stasiun ‘Bandar Tasik Selatan’ untuk naik kereta komuter atau KLIA Ekspres (beda loket pembelian tiket) dengan tujuan ke KL Sentral – terminal/stasiun pusat untuk semua transportasi umum di Kuala Lumpur. Semoga sudah jelas ya sekarang, mbak 🙂

      Salam,
      Awan

      1. salam kenal mas Awan, mo tanya nih berapa lama naik kreta KLIA express dr Bandar Tasik Selatan ke KL Sentral dan harganya. makasih ya mas

        1. Halo mbak Linda,

          Salam kenal juga ya.
          Dari Bandar Tasik Selatan ke KL Sentral naik KLIA Transit/Ekspres cuma sekitar 7 menit dan tiketnya 6.50 ringgit.

          Salam,
          Awan

  16. Mas awan, kl dari melaka ke klia2 naik apa ya ?? Naik nya dari melaka dari mana dan kira2 berapa lama? Tolong bantuan nya ya… thanks before

    1. Halo mbak Mira,

      Dari stasiun bus Melaka Sentral ada yang langsung ke KLIA/KLIA2 tapi ngga tiap jam. Jadi harus perhatiin / tanya dulu jam berangkatnya ke loket begitu sampai di Melaka.

      Kalo mau yang tiap 30 menit berangkat, cari yang ke TBS (Terminal Bersepadu Selatan) atau KL Sentral, dari dari situ lanjut naik kereta KLIA Ekspres.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, apa kabar?

      Bus pergi hampir setiap 30 menit, bus terakhir sekitar jam 9 malam. Tapi kalo weekend sering bus penuh. Kalo emang cuma pergi-pulang aja, sebaiknya begitu sampai di Melaka langsung ke counter bus untuk beli tiket pulangnya dulu, supaya ngga kehabisan.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar