Menginap Murah Di Hong Kong, Pilih Hostel Atau Apartemen

Awan Yulianto's picture
2 comment(s)

Jika Anda merencanakan untuk berlibur ke Hong Kong dan ingin menghemat biaya penginapan, di artikel ini saya akan membahas tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan. Hong Kong memang termasuk salah satu kota yang memiliki tarif hotel cukup mahal. Untuk hotel berbintang, harga kamar minimal Rp. 1,5 juta semalam adalah hal yang lumrah. Tapi jika Anda ingin melakukan budget traveling, tentu kita berharap bahwa tarif semalam di hotel berbintang itu, bisa kita pakai untuk menginap selama 3 malam. Apakah mungkin? Jawabannya, tentu saja memungkinkan untuk menginap murah di Hong Kong, pilih hostel atau apartemen di kota ini.

Tapi dengan harga kamar sekitar Rp. 500 ribuan semalam, tentu kita juga jangan berharap untuk mendapatkan kamar yang luas. Gedung-gedung apartemen di Hong Kong terkenal dengan ukuran kamarnya yang mungil. Bisa memasukkan dua kopor besar saja dan Anda masih bisa bergerak leluasa di dalam kamar tersebut, itu sudah untung. Saya masih ingat waktu pertama kali melakukan wisata hemat ke Hong kong bersama teman-teman di tahun 2007. Biasanya, kalau saya ke Hong Kong adalah untuk urusan pekerjaan, dimana akan mendapatkan fasilitas di hotel berbintang. Tapi saat itu, saya dan teman-teman memesan kamar di salah satu hostel di daerah Tsim Sha Tsui, terletak di Mirador Mansion, di Nathan Road. Sebuah gedung yang di bagian bawahnya merupakan pertokoan, yang mengingatkan akan pertokoan Metro Pasar Baru di Jakarta.

Jika Anda merencanakan untuk berlibur ke Hong Kong dan ingin menghemat biaya pen

Untuk menuju hostel, kita harus naik melalui lift yang berukuran tidak terlalu besar, yang berada di lantai dasar pertokoan tersebut. Setelah naik ke lantai dimana front office hostel tersebut berada dan mengurus administrasi, kami diantar ke tempat kamar hostel berada, yaitu di satu unit apartemen yang berbeda lantai dari front office. Rupanya mereka memiliki beberapa unit apartemen yang telah dirombak menjadi hostel. Umumnya setiap kamar adalah untuk 2 orang, berisi double bed atau twin bed dan memiliki kamar mandi pribadi di masing-masing kamarnya.

Seperti telah saya ceritakan di atas, ukuran kamarnya memang sangat mungil, seperti berada di dalam kamar yang ada di kapal laut. Tapi yang saya suka dari hostel-hostel di Hong Kong, walaupun kamar kecil, namun bersih. Dan yang menjadi favorit saya di hostel tempat saya menginap ini adalah shower-nya! Walau kamar mandi super mini, namun memiliki shower modern, dimana ada shower massage-nya. Semprotan di shower yang bentuknya memanjang ke bawah ini ada banyak, jika kita nyalakan akan mengarah ke punggung dengan tekanan air yang cukup keras, serasa dipijat, sungguh pas untuk membuat otot-otot yang lelah untuk rileks kembali setelah seharian jalan-jalan menjelajahi Hong Kong.

Ya, mungkin yang paling penting untuk saya tekankan disini selain soal ukuran kamar, juga lingkungan tempat hostel-hostel ini berada umumnya di gedung-gedung tua, dimana unit-unit yang lainnya belum tentu sebagus unit di hostel yang kita tempati. Saya ingat di Mirador Mansion ini, selain sebagai tempat tinggal, ada beberapa unit yang memang digunakan sebagai tempat usaha oleh penghuninya. Mirip beberapa rumah susun di Jakarta, dimana ada unit-unit yang memang dipakai untuk tempat usaha juga.

Tapi tidak semua hostel berada di gedung atau apartemen tua. Beberapa tahun terakhir, jika berkunjung ke Hong Kong, ada hostel favorit yang berada di daerah Causeway Bay. Lokasinya sangat strategis, begitu keluar langsung berada di tengah pusat perbelanjaan modern Causeway Bay, dekat dengan stasiun MTR dan tentunya dekat juga dengan toko dan restoran Indonesia. Berikut adalah beberapa hostel atau apartemen yang bisa menjadi pilihan untuk tempat menginap murah di Hong Kong.

Menginap Murah Di Hong Kong, Pilih Hostel Atau Apartemen

MARLBORO HOSTEL

Hostel yang memiliki nama sama dengan merek rokok ini, telah menjadi hostel favorit saya selama beberapa tahun terakhir. Saya selalu merekomendasikan temen yang berencana ke Hong Kong dan mencari penginapan murah, untuk mencoba tinggal di Marlboro. Terakhir, beberapa teman saya sempat menginap disini pada bulan Oktober 2012 lalu. Pada saat itu karena grup kami terdiri dari 8 orang, maka pihak hostel memberikan satu unit apartemen yang terpisah dari lokasi hostel utamanya yang terletak di Paterson Street. Unit apartemen ini terdiri dari 3 kamar dan memiliki ruang tamu sendiri, 2 kamar mandi, dapur, dan sangat nyaman karena satu unit ini diperuntukkan khusus bagi kami.

Alamat: 2/F, C2, Block C, 37 Paterson Street, Paterson Building, Causeway Bay
Telpon: +852 2882 6161
Email: [email protected]
Website: www.marlborohostel.com

YESINN @ CAUSEWAY BAY

Pilihan hostel lainnya di Causeway Bay adalah Yesinn @ Causeway Bay. Lokasinya juga sangat dekat dengan MTR Causeway Bay Station, dibuka pada tahun 2012 lalu. Kelebihan dari hostel ini, selain lokasinya yang strategis di salah satu daerah shopping utama kota Hong Kong dan fasilitas wi-fi gratis, juga menyediakan fasilitas dapur, dimana mungkin bagi Anda yang agak susah mencari makanan halal, bisa memasak sendiri atau memanaskan makanan Anda. Juga disediakan kopi dan teh gratis, peminjaman iPad, serta memiliki massage chair, lumayan untuk menghilangkan kepenatan setelah seharian jalan menjelajahi kota ini. Smoking area disediakan di ruang terbuka di lantai 4 hostel ini.

Yesinn @ Causeway Bay. Lokasinya juga sangat dekat dengan MTR Causeway Bay Stati

Alamat: 2/F, Nan Yip Building, 472 Hennessy Road, Causeway Bay, Hong Kong (Pintu masuk gedung di Tang Lung Street, dekat pemberhentian Stanley Mini Bus)
Website: www.yesinn.com

Cara ke hostel ini dari Hong Kong International Airport:
• Naik kereta Airport Express menuju ke Hong Kong Station, sambung naik MTR Island Line tujuan Chai Wan. Turun di stasiun MTR Causeway Bay, ambil Exit C. Jalan menuju Hennessy Road, setelah ketemu Tang Lung Street, cari NCB Bank, hostel ini berada di atas bank tersebut.
Tiket Airport Express: HK$100

• Naik Airport Shuttle Bus No. A11. Turun di Wan Chai Fire Station (di Hennessy Road), cari NCB Bank, yang berada di seberang jalan.
Tiket Airport Shuttle Bus: HK$40 (sekitar 60 menit perjalanan)

YESINN @ FORTRESS HILL

Satu lagi hostel Yesinn di Hong Kong terletak di daerah Fortress Hill. Di tahun 2011, sempat menjadi hostel favorit di Hong Kong. Dari hostel ini dengan mudah Anda bisa mendapatkan transportasi umum untuk menjelajahi kota ini, dekat dengan MTR dan juga tram. Toko-toko dan restoran bertebaran di daerah sekitar hostel, dengan suasana hostel yang cozy dan bersih. Fasilitas wi-fi gratis tentu tersedia, dapur dengan microwave, kulkas dan panci untuk merebus.

Satu lagi hostel Yesinn di Hong Kong terletak di daerah Fortress Hill. Di tahun

Kamar di hostel ini sedikit lebih luas dibandingkan hostel-hostel lain di Hong Kong, dan staf hotel membersihkan kamar tidur kita setiap hari. Dengan total 50 kamar, tersedia kamar single (untuk 1 orang), atau 2 orang sampai 6 orang, yang cocok bagi Anda yang traveling bersama keluarga. Di masing-masing kamar terdapat kamar mandi pribadi. Ada juga kamar dorm yang bisa memuat sampai 8 orang, bisa pilih yang khusus wanita atau dorm campuran.

Jangan lupa untuk membawa handuk sendiri, atau jika Anda tidak mau repot bisa menyewa seharga HK$10.
Jika membayar dengan kartu kredit (Visa / Mastercard), akan dikenakan biaya tambahan 4%.

Alamat: Flat B, 15/F, Front Block, 294 King’s Road, Fortress Hill, Hong Kong (pintu masuk gedung dekat dengan 7-11)
Website: www.yesinn.com

Cara ke hostel ini dari Hong Kong International Airport:
• Naik kereta Airport Express menuju ke Hong Kong Station, sambung naik MTR Island Line tujuan Chai Wan. Turun di stasiun MTR Fortress Hill, ambil Exit B, jalan kaki sekitar 3 menit menuju hostel.
Tiket Airport Express: HK$100

• Naik Airport Shuttle Bus No. A11. Turun di Electricity Road, dekat City Garden Hotel, menyeberang jalan, menyusuri Tin Chong Street menuju King’s Road. Continental Mansion ada di sisi kanan seberang King’s Road, di ujung Tin Chong Street.
Tiket Airport Shuttle Bus: HK$40 (sekitar 60 menit perjalanan)

HOMY INN

Untuk Anda yang memilih untuk menginap di daerah Tsim Sha Tsui / Kowloon, hostel ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Memiliki lokasi strategis dekat East Tsim Sha Tsui MTR Station dan Nathan Road. Berbagai tempat belanja dan mal ada di sekitar hostel ini, mulai dari The One, Miramar Shopping Centre, iSquare, K11 Art Mall dan banyak lagi. Anda juga bisa jalan kaki ke Avenue of Stars dan Hong Kong Cultural Centre.

Kamar yang tersedia mulai dari single room, jika Anda traveling sendiri, kamar untuk 2 orang dan juga Family Bedroom untuk 3 orang serta kamar dengan 2 double bed yang cocok untuk 4 orang, dilengkapi kamar mandi dalam. Interior kamarnya membuat Anda merasa nyaman, dengan fasilitas pelengkap seperti safe deposit box, hair dryer dan Wi-fi gratis tentunya tersedia.

Alamat: Flat F, 6th Floor & Flat B, 7th Floor, Union Mansion, 33-35 Chatham Road South, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong
Tel: +852 8100 0189
Email: [email protected] atau [email protected]
Website: www.homyinn.com.hk

CHECK INN HK

Merupakan hostel yang baru buka di tahun 2012 kemarin, tapi sudah mendapat tanggapan yang positif dari para traveler. Terletak di daerah Wan Chai, yang dekat dengan jalan yang terkenal dengan klub-klub malamnya, yaitu Lockhart Road. Tidak jauh dengan Wan Chai MTR Station serta beberapa pusat perbelanjaan. Hostel yang nyaman ini juga menyediakan wi-fi gratis, setrika, hair dryer, adaptor dan juga gratis untuk telpon ke nomor lokal.

- Waktu Check In: 14.00
- Waktu Check Out: 11.30
Reception tutup dari pukul 00.00–08.00
Untuk jadwal ketibaan diatas pukul 00.00, harap memberi tahu melalui email sebelumnya untuk pengaturan check in.

Merupakan hostel yang baru buka di tahun 2012 kemarin, tapi sudah mendapat tangg

Cara ke hostel ini dari Hong Kong International Airport:
• Naik kereta Airport Express menuju ke Hong Kong Station, sambung naik Shuttle Bus H1, gratis (jangan lupa untuk simpan tiket Airport Express untuk ditunjukkan agar dapat naik Shuttle Bus tersebut), turun di hotel Novotel Century Hong Kong, jalan kaki ke arah kanan ke Steward Road, kemudian belok kiri ke Hennessy Road. Kwong Wah Mansion ada di sebelah toko “Mannings”, hostel ini ada di lantai 3. Tiket Airport Express: HK$100

• Naik Airport Shuttle Bus No. A11 - tujuan North Point Ferry Pier (HK$40), atau Bus No. F11 - tujuan Tin Hau Station (HK$21). Turun di Steward Road - Hennessy Road. Jalan menyusuri Hennessy Road, setelah melewati Steward Road, Anda akan melihat “Mannings”, dan Kwong Wah Mansion ada di sampingnya.

• Dari Wan Chai MTR Station, ambil Exit A2, belok kiri dan jalan menyusuri Hennessy Road, lewati Fleming Road dan Steward Road. Setelah melewati Steward Road, Anda akan melihat “Mannings”, dan Kwong Wah Mansion ada di sampingnya.

Alamat: 3/F, Kwong Wah Mansion, 269-273 Hennessy Road, Wan Chai, Hong Kong
Telpon: +852 2955 0175
Website: https://sites.google.com/site/checkinnhk/
Facebook: http://www.facebook.com/pages/Check-Inn-HK/278638855528467
Twitter: @CheckInnHK

Demikianlah sedikit informasi mengenai menginap murah di Hong Kong, pilih hostel atau apartemen. Semoga informasi di artikel ini bisa membantu, selamat merencanakan liburan Anda.

Comments

Add new comment