Wisata ke Hong Kong, Nikmatin Keindahan Taman Kotanya

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

Hong Kong, begitu kita mendengar nama tersebut mungkin yang langsung terbayang adalah sebuah kota yang sesak dengan gedung-gedung beton yang menjulang menggapai gumpalan awan. Sebuah kota belanja yang dihiasi lautan manusia, penuh dan padat!

Memang benar sih kalau sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Hong Kong memiliki tujuan utama menjelajahi pusat kotanya dan berbelanja. Kegiatan belanja memang menjadi daya tarik utama salah satu kota administrasi khusus negara Republik Rakyat China ini. Tapi disela-sela jajaran bangunan beton Hong Kong, terdapat banyak taman-taman kota yang tertata cantik dan bisa buat kamu terpesona.

Hong Kong, begitu kita mendengar nama tersebut mungkin yang langsung terbayang a

Fakta menarik dari kota ini yang mungkin belum kita ketahui adalah ternyata 75 % bagian dari Hong Kong merupakan kawasan hijau. Hampir 40% di antaranya atau sekitar 1.100 kilometer persegi merupakan daerah kawasan hijau yang dilindungi untuk konservasi dan rekreasi. Belum lagi di tambah daerah pedesaan dan perbukitannya.

Daerah rekreasi hijau bisa kamu temuin di berbagai penjuru Hong Kong. Mulai dari daerah perbukitan yang dilengkapi dengan track atau jalanan setapak untuk jogging dan hiking, daerah pantai di sekeliling Hong Kong, dan yang paling mudah kamu lihat di tengah kota adalah taman-taman kotanya yang indah dan terawat.

Suasana taman yang bersih terawat

Boleh dibilang taman kota merupakan tempat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Hong Kong untuk beraktivitas, olahraga, dan menghirup udara segar. Rasanya, senang sekali melihat taman-taman kota nan cantik ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga dan tanaman-tanaman yang tertata indah. Aroma alami dan pemandangan hijau di tengah kota ini sangat membantu menyegarkan kembali pikiran setelah berkutat di rimba beton kota ini.

Dilengkapi CCTV, siap memantau sudut-sudut taman

Ada satu nama taman di kota ini yang sangat terkenal, yaitu Victoria Park di daerah Causeway Bay. Padahal Causeway Bay sendiri merupakan pusat perbelanjaan utama yang padat di Kota Hong Kong, lho.

Victoria Park merupakan taman utama yang sering digunakan sebagai tempat berkumpul bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Banyak konser-konser musik dari artis-artis Indonesia yang digelar di taman ini sehingga membuat taman ini sangat tersohor. Ternyata, selain Victoria Park, di Hong Kong ada lebih dari 40 taman kota, besar, dan kecil yang menyebar di seluruh bagian kota ini. Umumnya, taman-taman ini dikelola oleh Leisure and Cultural Services Department (LCSD).

Taman-taman lainnya yang menarik untuk dikunjungi kalau kamu berkunjung ke Hong Kong adalah Kowloon Park yang berada di dekat distrik perbelanjaan Tsim Sha Tsui. Peresmian taman ini sudah sudah dilakukan sejak pertengahan 1970. Dan di tahun 1989 atas sumbangan dari Royal Hong Kong Jockey Club, taman ini berkembang menjadi salah satu taman terbaik di Hong Kong.

Pemandangan yang menyejukkan diantara belantara beton Hong Kong
(Kowloon Park yang ada burung Flamingo-nya juga)

Hewan-hewan penghuni taman

Selain fasilitas-fasilitas yang umumnya ada di taman-taman lain, Kowloon Park juga dilengkapi taman burung dengan koleksi unggas yang menawan. Satu area kolam besar yang berisi puluhan ekor burung flamingo, menjadi atraksi utama di taman ini. Selain itu, Kowloon Park juga dilengkapi fasilitas kolam renang dan sports centre.

Kawanan Flamingo penghuni Kowloon Park

Bila berkunjung ke daerah Sha Tin, kamu juga akan menemukan Sha Tin Park. Unsur tradisional China masih terasa kental di taman ini. Hal ini bisa dilihat dari bentuk bangunan dan jembatan yang berada di tengah tamannya. Terdapat sedikit sentuhan Jepang, dimana ada satu bagian taman yang juga memajang beragam jenis tanaman bonsai sehingga memberikan ciri tersendiri untuk taman ini.

Keluar dari Sha Tin Park, kamu bisa menuju ke pusat perbelanjaan terdekat, yaitu New Town Plaza. Dan, ada satu taman lagi di bagian luar mall ini yang menawan, yaitu City Art Square. Taman ini merupakan bagian dari proyek promosi Olimpiade Beijing 2008 yang dipadukan dengan karya seni. Patung-patung kontemporer dan juga instalasi karya seni dari 19 seniman lokal dan mancanegara menghiasi keindahan taman kota ini.

Wirl, karya Zaha Hadid Architects dari Inggris di City Art Square, Sha Tin
(Salah satu bangku dan instalasi seni di City Art Square, Sha Tin)

Jangan lupa untuk memperhatikan tata tertib taman

Jangan lupa bila pada kesempatan lain kamu berkunjung ke Hong Kong, selain berbelanja dan jalan-jalan ke Hong Kong Disneyland, sempatkan juga untuk nikmati suasana segar di taman-taman kotanya.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

5 comments

    1. Halo mbak Feny,
      Maaf saya kurang tau kalo khusus Xiaomi belinya dimana. Tapi kalo untuk urusan elektronik dan HP bisa cari di Mongkok ya. Saya juga ngga tau bisa unlock apa ngga. Tanya aja nanti langsung ke penjualnya ya.

      Salam,
      Awan

        1. Halo mas Gustaf,
          Ke Hong Kong dan Macau ngga pake visa ya. Tinggal bawa paspor dan cap masuk, berlaku 30 hari 🙂

          Salam,
          Awan

Tinggalkan Komentar