Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

0 comment(s)

Berwisata ke Hong Kong tanpa menyeberang ke Macau serasa kurang lengkap! Jika memang Anda punya waktu, jangan lupa untuk sempatkan singgah ke 'Las Vegas'-nya Asia ini. Caranya mudah, berbeda dengan kalau kita masuk ke Shenzhen, perbatasan negara China yang bersebelahan dengan Hong Kong, untuk masuk ke Macau kita tidak perlu mengajukan visa terlebih dahulu. Hanya membeli tiket untuk menyeberang dengan gunakan kapal Turbojet dan begitu sampai, kita akan mendapatkan cap visa on arrival yang berlaku selama 30 hari. Sangat mudah bukan? Mari siap-siap untuk traveling ke Macau.

Macau Ferry Terminal dengan latar belakang jembatan indah

Perjalanan dengan Turbojet dari Hong Kong ke Macau hanya memerlukan waktu sekitar satu jam saja. Saat di Hong Kong, Anda tinggal naik MTR (Mass Transit Railway) ke Hong Kong - Macau Ferry Terminal, yang berada di atas Sheung Wan MTR Station. Begitu sampai di stasiun tersebut, langsung menuju ke lantai 3 mal Shun Tak Centre tersebut, tempat loket Turbojet berada. Alamat Hong Kong - Macau Ferry Terminal: Shun Tak Centre, 200 Connaught Road Central, Sheung Wan, Hong Kong.

Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

Loket pembelian tiket Turbojet di lantai 3, Shun Tak Centre

Di Shun Tak Centre ini tersedia berbagai toko, restoran dan kafe dimana Anda bisa menunggu dengan nyaman. Namun pastikan Anda masuk ke dalam terminal Turbojet sekitar 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, karena Anda harus antri di imigrasi untuk pengecapan paspor keluar dari Hong Kong. Oh ya, yang paling penting jangan sampai lupa membawa paspor Anda untuk perjalanan ke Macau ini.

Turbojet beroperasi hampir 24 jam. Tiket kelas Ekonomi di hari biasa (siang) dari Hong Kong ke Macau adalah HK$ 151, sementara dari macau ke Hong Kong HK$ 140. Untuk traveling pada akhir pekan atau hari libur nasional (siang), tiket Hong Kong ke Macau HK$ 163 dan Macau ke Hong Kong HK$ 152.
Sementara untuk perjalanan malam, harga tiket semua sama, yaitu Hong Kong ke Macau HK$ 185 dan Macau ke Hong Kong HK$ 174. Penumpang boleh membawa bagasi maksimal 20 kg, tanpa dikenai biaya tambahan.
Harga tiket untuk kelas lainnya bisa lihat di website Turbojet:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/prd.html

Tiket Turbojet

Jika ternyata tempat menginap Anda lebih dekat ke daerah Kowloon, Turbojet juga beroperasi dari Hong Kong - China Ferry Terminal yang berlokasi di 33 Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong. Mal tempat terminal Turbojet yang di Kowloon ini juga merupakan outlet mall, yang menjual barang-barang branded dengan harga diskon.

Harga tiket hari biasa (siang) dari Kowloon ke Macau HK$ 151 dan Macau ke Kowloon HK$ 139. Di akhir pekan dan hari libur nasional (siang), harga tiket Kowloon ke Macau HK$ 166 dan Macau ke Kowloon HK$ 154.
Untuk malam hari, dari Kowloon ke Macau HK$ 186 dan Macau ke Hong Kong HK$ 174. Semua harga diatas adalah untuk kelas Ekonomi, sementara untuk harga Super Class, VIP dan jadwal keberangkatan dari Kowloon, bisa langsung lihat di website-nya:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/prd6.asp

Tempat pengisian kartu imigrasi, jangan lupa bawa paspor Anda!

Rute Hong Kong International Airport – Macau
Dari Bandara Hong Kong (HKIA) juga tersedia keberangkatan ke Macau dengan Turbojet. Jadwal dan harga tiket bisa Anda cek disini:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/airport.asp

Penumpang Standby
Kalau Anda membeli tiket melalui website dan ternyata ingin balik atau pergi lebih cepat dari jadwal yang tertera di tiket, maka nanti di ferry terminal Anda bisa masuk ke antrian penumpang Standby. Umumnya kalau di hari biasa, Anda bisa mendapatkan tempat duduk kosong dan ikut di jadwal keberangkatan yang lebih awal. Tapi jika pada saat liburan atau akhir pekan, antrian standby ini panjang sekali.

Ruang tunggu di Macau Ferry Terminal

Pada saat kemarin saya ke Macau, kebetulan adalah hari Minggu dan kondisi Turbojet sangat penuh. Saya tiba di Macau Ferry Terminal (Macau) sebelum pukul 19.00, tapi Turbojet berikutnya yang masih tersedia tempat duduk baru pukul 23.00. Tentu saja sedikit panik, karena pasti membosankan jika harus menunggu selama empat jam sebelum terangkut kembali ke Hong Kong. Akhirnya saya iseng melihat ke loket yang ada di bagian kiri gedung terminal ferry ini, ternyata dijual tiket untuk menuju ke Kowloon (bukan ke Shun Tak Centre / Hong Kong Island). Dan masih tersedia tiket untuk keberangkatan pukul 20.00. Maka saya langsung antri untuk mendapatkan tiketnya!

Tips: Jika keberangkatan ke Hong Kong Island (Shun Tak Centre) penuh, jangan lupa coba cek tiket untuk tujuan ke Kowloon. Dari Kowloon nanti Anda bisa menuju ke bagian lain Hong Kong dengan MTR.

Jadi jangan sampai Anda lewatkan, jika berwisata ke Hong Kong, sempatkan juga untuk mejelajahi Macau, kota yang menjadi ‘taman bermain’-nya Asia, dimana hotel-hotel mewah yang dilengkapi casino menjulang megah, diantara kota tua Macau yang indah dan kulinernya yang menggoyang lidah!

Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

No comments yet

Add new comment