Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Berwisata ke Hong Kong tanpa menyeberang ke Macau serasa kurang lengkap! Jika memang Anda punya waktu, jangan lupa untuk sempatkan singgah ke ‘Las Vegas’-nya Asia ini. Caranya mudah, berbeda dengan kalau kita masuk ke Shenzhen, perbatasan negara China yang bersebelahan dengan Hong Kong, untuk masuk ke Macau kita tidak perlu mengajukan visa terlebih dahulu. Hanya membeli tiket untuk menyeberang dengan gunakan kapal Turbojet dan begitu sampai, kita akan mendapatkan cap visa on arrival yang berlaku selama 30 hari. Sangat mudah bukan? Mari siap-siap untuk traveling ke Macau.

Macau Ferry Terminal dengan latar belakang jembatan indah

Perjalanan dengan Turbojet dari Hong Kong ke Macau hanya memerlukan waktu sekitar satu jam saja. Saat di Hong Kong, Anda tinggal naik MTR (Mass Transit Railway) ke Hong Kong – Macau Ferry Terminal, yang berada di atas Sheung Wan MTR Station. Begitu sampai di stasiun tersebut, langsung menuju ke lantai 3 mal Shun Tak Centre tersebut, tempat loket Turbojet berada. Alamat Hong Kong – Macau Ferry Terminal: Shun Tak Centre, 200 Connaught Road Central, Sheung Wan, Hong Kong.

Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

Loket pembelian tiket Turbojet di lantai 3, Shun Tak Centre

Di Shun Tak Centre ini tersedia berbagai toko, restoran dan kafe dimana Anda bisa menunggu dengan nyaman. Namun pastikan Anda masuk ke dalam terminal Turbojet sekitar 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, karena Anda harus antri di imigrasi untuk pengecapan paspor keluar dari Hong Kong. Oh ya, yang paling penting jangan sampai lupa membawa paspor Anda untuk perjalanan ke Macau ini.

Turbojet beroperasi hampir 24 jam. Tiket kelas Ekonomi di hari biasa (siang) dari Hong Kong ke Macau adalah HK$ 151, sementara dari macau ke Hong Kong HK$ 140. Untuk traveling pada akhir pekan atau hari libur nasional (siang), tiket Hong Kong ke Macau HK$ 163 dan Macau ke Hong Kong HK$ 152.
Sementara untuk perjalanan malam, harga tiket semua sama, yaitu Hong Kong ke Macau HK$ 185 dan Macau ke Hong Kong HK$ 174. Penumpang boleh membawa bagasi maksimal 20 kg, tanpa dikenai biaya tambahan.
Harga tiket untuk kelas lainnya bisa lihat di website Turbojet:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/prd.html

Tiket Turbojet

Jika ternyata tempat menginap Anda lebih dekat ke daerah Kowloon, Turbojet juga beroperasi dari Hong Kong – China Ferry Terminal yang berlokasi di 33 Canton Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong. Mal tempat terminal Turbojet yang di Kowloon ini juga merupakan outlet mall, yang menjual barang-barang branded dengan harga diskon.

Harga tiket hari biasa (siang) dari Kowloon ke Macau HK$ 151 dan Macau ke Kowloon HK$ 139. Di akhir pekan dan hari libur nasional (siang), harga tiket Kowloon ke Macau HK$ 166 dan Macau ke Kowloon HK$ 154.
Untuk malam hari, dari Kowloon ke Macau HK$ 186 dan Macau ke Hong Kong HK$ 174. Semua harga diatas adalah untuk kelas Ekonomi, sementara untuk harga Super Class, VIP dan jadwal keberangkatan dari Kowloon, bisa langsung lihat di website-nya:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/prd6.asp

Tempat pengisian kartu imigrasi, jangan lupa bawa paspor Anda!

Rute Hong Kong International Airport – Macau
Dari Bandara Hong Kong (HKIA) juga tersedia keberangkatan ke Macau dengan Turbojet. Jadwal dan harga tiket bisa Anda cek disini:
http://www.turbojet.com.hk/eng/schedule/airport.asp

Penumpang Standby
Kalau Anda membeli tiket melalui website dan ternyata ingin balik atau pergi lebih cepat dari jadwal yang tertera di tiket, maka nanti di ferry terminal Anda bisa masuk ke antrian penumpang Standby. Umumnya kalau di hari biasa, Anda bisa mendapatkan tempat duduk kosong dan ikut di jadwal keberangkatan yang lebih awal. Tapi jika pada saat liburan atau akhir pekan, antrian standby ini panjang sekali.

Ruang tunggu di Macau Ferry Terminal

Pada saat kemarin saya ke Macau, kebetulan adalah hari Minggu dan kondisi Turbojet sangat penuh. Saya tiba di Macau Ferry Terminal (Macau) sebelum pukul 19.00, tapi Turbojet berikutnya yang masih tersedia tempat duduk baru pukul 23.00. Tentu saja sedikit panik, karena pasti membosankan jika harus menunggu selama empat jam sebelum terangkut kembali ke Hong Kong. Akhirnya saya iseng melihat ke loket yang ada di bagian kiri gedung terminal ferry ini, ternyata dijual tiket untuk menuju ke Kowloon (bukan ke Shun Tak Centre / Hong Kong Island). Dan masih tersedia tiket untuk keberangkatan pukul 20.00. Maka saya langsung antri untuk mendapatkan tiketnya!

Tips: Jika keberangkatan ke Hong Kong Island (Shun Tak Centre) penuh, jangan lupa coba cek tiket untuk tujuan ke Kowloon. Dari Kowloon nanti Anda bisa menuju ke bagian lain Hong Kong dengan MTR.

Jadi jangan sampai Anda lewatkan, jika berwisata ke Hong Kong, sempatkan juga untuk mejelajahi Macau, kota yang menjadi ‘taman bermain’-nya Asia, dimana hotel-hotel mewah yang dilengkapi casino menjulang megah, diantara kota tua Macau yang indah dan kulinernya yang menggoyang lidah!

Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

42 comments

  1. Halo mas mau tanya,
    Saya kan beli tiket return CGK-MFM , nah smp Macau kira2 pkl 6 pagi. Apakah pukul segitu ferry sudah beroperasi menuju Hongkong? Apakah sistemnya seperti naik pesawat, harus sesuai dgn gate dan nomor penerbangan? Atau bebas memilih nomor ferry selama tujuannya sama karena sy dengar2 ada setiap 15 menit sekali. Maaf kepanjangan

    1. Halo mbak Tia,
      Nanti menuju ke Macau Ferry Terminal dari bandara ya. Dari sini ferry beroperasi 24 jam untuk yang ke Shun Tak Centre. Sampe di terminal ferry langsung ke loket dan beli tiketnya, bisa menuju Sheung Wan (Shun Tak Centre) atau Kowloon (tidak 24 jam). Tinggal pilih aja mbak, nanti HK-nya mau kemana. Cuma yang di Kowloon ngga terkoneksi langsung dengan MTR. Jadi harus jalan kaki lagi sekitar 15-20 menit ke stasiun MTR Taim Sha Tsui.

      Salam,
      Awan

  2. Hallo Mas Awan,
    Sy rencana mau ke Hong Kong tp pesawat pp nya dari Macau (biasa, cari yg termurah, hehehe) & ini perjalanan pertama sy ke Hong Kong.
    Karena penerbangan pulang sy pagi2 banget & sy ga nginep di Macau, jadi rencananya sy mau nyebrang ke Macau jam 01.30 (dini hari). Tiket ferry di jam tsb akan sy beli online via aplikasi TurboJET.
    Pertanyaan sy adalah :
    1. Dengan jadwal penyeberangan jam 01.30, sebaiknya sy berangkat ke pelabuhan jam berapa? Penginapan sy di daerah Tsim Sha Tsui
    2. Pada saat tiba di pelabuhan Macau, apakah di jam tsb masih ada taksi menuju bandara?
    Mohon infonya ya mas ?
    Terimakasih ??

    1. Halo mbak Tiara,
      Kalo yang terminal di Kowloon itu cuma sampe jam 11 malam kayanya. Yang operasi 24 jam di Shun Tak Centre (naik MTR ke stasiun Sheung Wan). MTR terakhir sekitar jam 12 malam, berarti sebelum itu mbak sudah harus jalan ke Sheung Wan kalo mau naik MTR, kecuali kalo mau naik taxi.

      Di terminal ferry Macau taxi 24 jam kok untuk menuju ke bandaranya.

      Salam,
      Awan

  3. Pagi pak , apa benar dr hkg ke macau tanpa visa ya ? Trs kalau ke shenzen visanya gak bisa diurus pas di hkg ? Terima kasih infonya

    1. Halo mas Steven,

      Betul sekali, masuk Macau seperti kita masuk Hong Kong, tinggal bawa paspor dan nanti di-cap aja.

      Untuk Shenzhen sekarang emang lagi agak susah, kadang untung2an dikasih masuk dengan Visa on Arrival atau ngga. Dan untuk Visa on Arrival ini hanya bisa masuk dari Lo Wu, urus VOA itu setelah paspor kita di-cap keluar dari Hong Kong di stasiun ini.
      Kalau penting sekali harus masuk Shenzhen, amannya sudah buat visa China dari Indonesia.

      Salam,
      Awan

  4. Haii…. mau tanya dong Jika saya dari Makau mau ke Shenzhen langsung apakah ada Ferry yang langsung dan turunnya di Louhu Shenzhen sehubungan saya menginap di Century Plaza Hotel ?
    Mohon informasinya ya Mas…. Terimakasih banyak

    1. Halo mbak Frida,
      Kalo naik ferry dari Macau ke Shenzhen masuknya lewat terminal ferry Shekou. Dan mbak sudah harus buat visa China dari Indonesia kalau mau masuk lewat Shekou ya.
      Untuk Louhu cuma ada jalur kereta aja dari Hong Kong. Tidak ada ferry.

      Salam,
      Awan

  5. Pak, mau tanya klo dr tsim sha shui ke terminal fery utk berangkat ke macau berpaa lama perjalanan. Dan terminal terdekat nya dimana pak. Mohon dibantu. Terimakasih

    1. Halo mbak Yunita,
      Maaf saya baru bisa balas ya. Di Tsim Sha Tsui bisa ke China-Hong Kong Ferry Terminal yang ada di dalam mall di Canton Road. Bisa mbak Google lokasinya atau bisa tanya nanti ke tourist information begitu sampai di bandara Hong Kong. Yang pasti perjalanan ferry dari Hong Kong ke Macau itu 1 jam ya.

      Salam,
      Awan

  6. Hallo Mas,

    Saya sudah booking tiket return Jakarta – Macau. Nah, yang mau saya tanya karena saya mendarat pertama di airport Macau, kalau saya mau masuk ke Hongkong kan via Ferry Terminal dari Macau gak masalah ya Mas? Jadi nanti dapet cap masuk hongkongnya di Imigrasi pelabuhan di Hongkong ya?

    Lalu kalau saya mau ke Shenzhen via Macau itu masih bebas visa gak ya? karena saya ada baca dibeberapa forum katanya sudah gak bebas visa dan harus apply visa China di sini.

    Terima Kasih.

    1. Halo mbak Nofi,
      Maaf ya saya baru bisa balas… semoga belum pergi. Dari Macau naik ferry masuk Hong Kong ngga masalah kok. Cap-nya sama aja berlaku 30 hari.

      Masuk Shenzhen benar sekali, sekarang suka ditolak Visa On Arrival kalo masuk dari Lo Wu (dan cuma bisa proses VOA di sini). Jadi kalo emang harus banget masuk Shenzhen sebaiknya sudah buat visa China dari Indonesia.

      Salam,
      Awan

      1. Okay noted Mas Awan. Saya kan mendarat di airport Macau Mas jam 10 pagi, nah dari Macau mau ke terminal ferry yang di Taipa. Kalo saya baca di website jarak antara Airport ke Terminal Ferry Taipa kurang lebih 10 minutes drive. Nah, Mas tau gak kalo dari Airport ke Terminal Ferry apakah ada free transport atau naik taxi atau bisa jalan kaki?

        Thank You Mas.

        1. Halo mbak Nofi,
          Tidak ada free transport antara airport ke ferry terminal. Paling gampang naik taxi, atau bus AP 1 ke Terminal Maritimo (yang biasa untuk nyebrang ke Hong Kong).

          Salam,
          Awan

  7. Halo pak Awan. Mau tanya,dr HKIA ke Macau cm bs pakai Turbojet y? Cotai ferry apa bisa? Klo kita mau k Venetian Hotel,turun ferry di Macau Taipa terus bagaimana? Klo dr Macau nantinya balik k HK kita naiknya yg tujuan Hongkong (Sheung Wan) atau Hongkong (Kowloon) kalau nginap d Novotel? Maaf byk pertanyaan.. Terima kasih sebelumnya.

    1. Halo mbak Vina,

      Naik ferry apa aja bisa. Tapi saran saya jangan yang tujuannya ke Taipa, yang ke Macau Ferry Terminal aja, dari stasiun bus di terminal ferry ada bus gratis ke Venetian kok.

      Untuk baliknya, tergantung Novotel mana nih… kalo yang di sisi Kowloon ya bisa naik yang ke China-Hong Kong Terminal. Tapi kalo di daerah Hong Kong Island atau mau terkoneksi dgn MTR, naik yang ke Sheung Wan (tujuan Shun Tak Centre).

      Salam,
      Awan

    1. Halo apa kabar?
      Maaf saya kurang paham sama singkatan/pertanyaannya. Tapi yang pasti kalo ke Macau dari KL harus terbang/naik pesawat.

      Salam,
      Awan

  8. Hai Pak Awan, Kalau sy nyampe di Airport Hongkong pukul 05.00 kira2 kalau saya langsung naik Ferry ke Macau bisa ya ?
    Jika Bisa lalu untuk Bagasi nya siapa yang pindahkan dari Pesawat (GARUDA) ke Ferry. Saya hanya takut Bagasinya ketinggalan secara Bagasinya saya tidak melihat kalau mereka yang membawanya ke Ferry? Mohon Infonya

    Makasih Pak.

    1. Halo mbak Frida,

      Kalo mendaratnya jam 5 pagi sangat ngga efektif nunggu/naik ferry ke macau dari HKIA. Karena ferry pertama dari HKIA ke Macau baru ada jam 11 siang. Untuk jadwal lengkapnya bisa Google: Turbojet HKIA Macau. Kalau naik ferry memang bagasi kita dipindahkan langsung ke ferry. Cuma kalo jam segitu counter ferry pun belum buka 🙂

      Alternatifnya bisa naik taxi atau bus tingkat A11 ke Shun Tak Centre / Sheung Wan MTR, dan naik ferry ke Macau, loketnya ada di lantai 3 gedung yang ada di daerah Central – Hong Kong ini.

      Salam,
      Awan

  9. Halo Mass Awan
    mohon info apakah ada ferry dari Shenzen ke Macau? kalau ada kira2 harganya brp? Rencananya dari Shenzen mau nyebrang langsung ke Macau . atau apakah sebaiknya kembali ke HK dulu baru dari HK ke Macau?
    mohon advise ya
    tks a lot
    rgds
    leny

    1. Halo mbak Leny,
      Ferry dari Shenzhen (Shekou Port) ke Macau ada dari jam 8.30 – 19.30, sebanyak 12 kali sehari. Jadwal lengkap dan harga bisa lihat di website turbojet.com.hk

      Kalo mau nyebrang langsung dari Shenzhen ke Macau ngga ada masalah kok, kalo ngga mau balik ke Hong Kong dulu.

      Salam,
      Awan

  10. Kalo perginya weekend dan penuh sekali, untuk tiket pulangnya boleh juga pesan online. Tapi jangan sampe telat sampai di ferry terminal nantinya, karena kalo ngga harus antre panjang untuk nunggu jadwal ferry kosong/tempat duduk kosong supaya bisa keangkut

    Emang kalo telat tibanya di terminal ferry , tiketnya hangus ya ?

    1. Halo mbak Unie,
      Kayanya bisa dipakai tapi standby sampe ada seat kosong. Kalo weekend biasanya panjang sekali antreannya. Jadi lebih baik jangan sampai telat ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Irma,
      Ferry kalo siang kemarin saya HKD 164. Pulangnya kalo ke ShunTak Centre/Sheung Wan kayanya HKD 177, cuma karena jam-nya kebagian malam, jadi saya naik ke Kowloon dan harga tiket HKD 189, lebih mahal.

      Salam,
      Awan

  11. Mas.. Mau tanya donk.. Kalo di macau lokasi wisatanya yg wajib di kunjungi apa saja ya?
    Dan jauh2 tidak?
    Disana transportasinya pakai apa?
    Adakah hotel yang rekomended utk disana?
    Thanks

    1. Halo, apa kabar?
      Pusat wisata utama di Macau adalah Ruins of St. Paul’s yang lokasinya ngga jauh dari Macau Museum dan Senado Square.
      Tempat lain di Macau bisa ke Parisien dan The Venetian Macau.

      Transportasi bisa taxi atau bus. Untuk hotel bisa cek Hotel Metropole ya.

      Salam,
      Awan

  12. Halo mau tanya..sy rencana 25Mei’17 mau ke macau. Jadi dr Indo-HK pake airasia (T2 HK). Apakah ada loket ferry di T2 ? Caranya gimana ya ke T1 ? perlu bawa koper dan keluar imigrasi dr t2 ?? Msh bingung banget baca..thank you

    1. Halo mbak Feny,

      Maksudnya mau ke Macau langsung dari bandara Hong Kong (HKIA)? Jangan keluar imigrasi. Karena tempat naik ferry ada di dalam area bandara. Jadi liat petunjuk atau tanya dimana loket untuk beli ferry ke Macau. Tinggal beli tiketnya dan infoin penerbangannya apa, nanti dari pihak ferry yg akan urus koper mbak dari penerbangan untuk dibawa sama ferry juga. Koper nanti diambil setelah sampai di Macau.

      Salam,
      Awan

    1. Halo, apa kabar?
      Maaf ya baru bisa balas. Untuk naik ferry ke Macau beli tiket langsung di ferry terminal-nya aja, karena berangkat tiap 15 – 30 menit sekali (di jam sibuk). Selama ini saya selalu dapat sih.

      Kalo perginya weekend dan penuh sekali, untuk tiket pulangnya boleh juga pesan online. Tapi jangan sampe telat sampai di ferry terminal nantinya, karena kalo ngga harus antre panjang untuk nunggu jadwal ferry kosong/tempat duduk kosong supaya bisa keangkut, atau beli tiket baru. Tapi kalo pergi weekdays sih aman2 aja mustinya.

      Salam,
      Awan

      1. Kalo perginya weekend dan penuh sekali, untuk tiket pulangnya boleh juga pesan online. Tapi jangan sampe telat sampai di ferry terminal nantinya, karena kalo ngga harus antre panjang untuk nunggu jadwal ferry kosong/tempat duduk kosong supaya bisa keangkut

        Kalo telat sampai ke ferry terminalnya tiketnya hangus ya Mas ?

        1. Halo mbak Unie,
          Kayanya bisa dipakai tapi standby sampe ada seat kosong. Kalo weekend biasanya panjang sekali antreannya. Jadi lebih baik jangan sampai telat ya.

          Salam,
          Awan

      2. haii mau tanya lebih baik k macau dlu atau HK dlu ya ??? karna pesawat sampai HK mlm jam 12mlm, jika k macau nya pas mau balik , takut mepet k bandara balik nya ,,,

        1. Halo mbak Lenny,
          Kalo mendarat di Hong Kong mending di Hong Kong dulu, lusanya baru ke Macau. Macau itu bisa cuma 1-2 hari aja. Jadi pas di tengah2 aja perginya, koper titip di hotel di Hong Kong jadi ngga perlu bawa2. Nanti dari Macau bisa balik nginap di hotel itu lagi dan besoknya pulang ke Indonesia dari Hong Kong, jadi santai. Saya ngga saranin dari Macau langsung ke bandara Hong Kong. Jadwal ferry ke bandara Hong Kong dari Macau sedikit sekali.

          Salam,
          Awan

          1. Mas awan saya mau tanya.. saya tiket nya ke macaw pp.. trus rncana mo ke disneyland dr macaw itu harus gmn yah?? Nyebrang dulu ke hongkong trus gmn tolong ptunjuk nya trims.

          2. Halo, apa kabar?
            Iya betul harus nyebrang ke Hong Kong naik Turbojet. Pilih yang ke Shun Tak Centre. Dari situ turun ke bagian bawah gedungnya, ada stasiun MTR Sheung Wan. Terus lanjut naik MTR pilih yg Tung Chung Line (tujuan akhir Tung Chung). Turun di stasiun Sunny Bay, ganti kereta khusus yang ke Disneyland.

            Salam,
            Awan

          3. Mas harga fery dr macaw ke hongkong kira2 berapa klo di rupiah kan… Untuk mkn apakah ada mknan halal yg bs dimkn???

            Mas wawan sndiri skrang stay dmn skrg? Hongkong or macaw??

          4. Halo mas Idar,

            Tiket ferry sekitar HKD 165 – 180 sekali jalan. Bisa mas kalikan dengan 1 HKD = sekitar Rp. 1.725 ya.

            Makanan dengan logo halal di Hong Kong banyak. Untuk lokasi2nya bisa mas Google aja: Hong Kong Halal Food. Kalo di Macau saya kurang tau, biasanya kalo ngga makan seafood ya ayam aja. Saya tinggal di Jakarta, suka jalan ke Hong Kong aja.

            Salam,
            Awan

Tinggalkan Komentar