Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Kepoin jalan2 saya di USA... Follow IG @travelawan yuk!

Naik AirAsia ke Bangkok? Seperti yang pernah di bahas pada artikel sebelumnya mengenai Air Asia Pindah Rumah ke Don Muang, semua penerbangan AirAsia ke kota Bangkok bakal mendarat di Don Mueang International Airport, beroperasi di Terminal 1 bandara ini.

Walaupun Bandara Don Mueang telah melakukan berbagai renovasi, namun untuk fasilitas transportasi umum tentunya tidak sepraktis kalo kita mendarat di Bandara Suvarnabhumi, dimana terdapat Airport Rail Link, kereta yang menghubungkan Bandara Suvarnabhumi ke tengah kota Bangkok hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Tapi kalo kita tahu cara untuk bisa dapatin transportasi umum yang lebih murah dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok, tentu juga menyenangkan. Berikut pilihan-pilihan untuk transportasi umumnya.

Pada pertengahan bulan Oktober 2012 kemarin saya sempat mengunjungi Bangkok kemb

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Kalo datang dalam rombongan kecil, atau bawa barang bawaan/kopor yang cukup besar, naik taxi adalah pilihan yang paling tepat. Karena selain tarif yang tidak terlalu mahal untuk menuju pusat kota Bangkok, kalo kita naik bus umum biasanya penuh dan susah kalo bawa kopor besar. Jadi memang lebih baik mengambil taxi resmi dari dalam bandara, daripada dari jalan di luar bandara, dimana kemungkinan taxi tersebut tidak mau pakai argo dan kamu harus tawar menawar. Untuk naik taxi resmi bandara, melalui Exit 8.

Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Perkiraan tarif taxi dari Bandara Don Mueang menuju ke beberapa tempat di kota Bangkok:
– Mo Chit (stasiun BTS/Skytrain): sekitar 150-200 Baht
– Hua Lamphong (stasiun kereta): sekitar 250 Baht
– Silom: sekitar 300-350 Baht
– Sanam Luang (The Grand Palace): sekitar 250 Baht
– Daerah Siam (Central Bangkok): sekitar 250-300 Baht
– Bandara Suvarnabhumi: sekitar 350-400 Baht

Kalo naik taxi resmi bandara, jangan lupa kamu juga harus bayar biaya tambahan dari bandara (surcharge) sebesar 50 Baht dan biaya tol kepada pengemudi.

Tapi bila ingin naik bus umum, dari ruang Ketibaan (Arrival Hall) langsung menuju pintu keluar dan jalan kaki ke arah kanan, keluar gerbang bandara. Begitu kamu tiba di pinggir jalan raya, jalan ke arah tempat pemberhentian bus (jangan menyeberang jalan). Disini kamu tinggal menunggu bus yang akan membawa ke tengah kota. Bus umum yang lewat ada yang non-AC dan bus AC. Pertama kali memang kadang agak membingungkan, misalnya begitu kamu lihat ada dua macam bus bernomor 29. Sebenarnya kamu bisa naik kedua bus dengan nomer yang sama tersebut, tinggal pilih mau yang ber-AC atau ngga. Untuk bus biasa tarifnya non-AC di bawah 10 baht per-orang, sementara bus AC tarif sekitar 16-23 baht (bisa berubah sewaktu-waktu).

Kalo mau praktis naik bus dan sambung naik BTS, bisa naik Shuttle Bus A1/A2 dari Exit 5 – Arrival Hall bandara Don Mueang, atau yang mau naik bus umum bisa naik No. 29 dari pinggir jalan raya. Turun di stasiun BTS/Skytrain Mo Chit (sekitar 25-30 menit perjalanan dari Bandara Don Mueang). Dari Mo Chit BTS Station ini bisa lanjutkan perjalanan dengan BTS – kereta yang juga terkenal dengan julukan SkyTrain ini. Sangat mudah!

BUS UMUM
Bagi para budget traveler tentu pilihan naik bus bisa sangat menghemat biaya transportasi. Berikut adalah beberapa rute-rute bus yang akan membawa kamu ke berbagai tujuan di kota Bangkok.

Bus No. 29: Don Muang – Stasiun kereta Hua Lamphong
Beroperasi 24 jam, bus AC dan non-AC

Bus No. 59: Don Muang – Bang Khae (Ada juga yang lanjut ke Sanam Luang dekat The Emerald Buddha Temple/Khao San Road)
Beroperasi 24 jam

Bus No. 95: Don Muang – Ram Intra Road – Ram Khamhang Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus No. 187: Don Muang – Si Phraya Road
Beroperasi pukul 04.00-22.00.

Bus AC No. 538: Don Muang – Phaya Thai
Beroperasi pukul 04.00-22.00

Bus AC No. 555: Don Muang – Suvarnabhumi Airport
Beroperasi pukul 04.00-23.00

SHUTTLE BUS A1 dan A2
Shuttle bus No. A1 dan A2 dari bandara Don Mueang ini sangat praktis untuk digunakan kalo kamu mau sambung dengan BTS – Turun di stasiun BTS Mo Chit. Harga tiket 30 baht, beroperasi pukul 09.00-24.00. Bisa juga lanjut ke tujuan akhir bus ini:

Bus A1: Don Muang – BTS Mo Chit – Mo Chit 2 (Northeastern Bus Terminal)

Bus A2: Don Muang – BTS Mo Chit – BTS Saphan Kwai – BTS Ari – BTS Sanam Pao – Victory Monument

Selamat wisata hemat ke Bangkok!

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

17 comments

  1. Hallo Mas Awan, saya sudah baca2 petunjuknya sudah lumayan lengkap, tapi saya belum nemu petunjuk kalo dari DMK mau ke rajamangala stadium. Bisakan naik shuttle bus A1 turun di stasiun BTS Mo Chit? Trus dr Mo Chit selanjutnya gimana? Mohon infonya ya, terima kasih.

    1. Halo mbak Icha,

      Untuk ke Rajamangala maaf saya juga belum pernah dan tidak punya infonya, apakah ada shuttle bus dari stasiun BTS yang kesana atau ngga? Apalagi pas konser Coldplay. Pasti bakalan rame sekali mbak. Saran saya naik taxi atau Grab untuk lanjut menuju kesana.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Dyky,

      Paling gampang naik taxi dari Don Mueang.
      Tapi kalo mau naik transportasi umum lain: Naik shuttle bus A1 dari DMK dan turun di stasiun BTS Mo Chit. Tanya info ke petugas di sini, katanya ada shuttle bus yang ke Impact Arena dari sini. Saya sendiri belum pernah naik shuttle bus dari Mo Chit ini, jadi ngga bisa cerita pengalamannya gimana/perjalanan berapa lama.

      Salam,
      Awan

  2. Halo mas, mau tanya cara menuju hua hin dari bandara don muang? Ohya saya mau infokan juga buat teman2 yg mau travelling ke bangkok dengan jumlah 4 org bgsan kemana2 pake uber tau grab, praktis bgt terutama bagi yang bawa orang tua dan dihitung2 jg gak terlalu mahal.
    Thx

    1. Halo, terima kasih banyak untuk info Grab dan Uber di Bangkok ya.
      Kalo dari Suvarnabhumi Airport sih ada bus yang ke Hua Hin ya, tapi dari Don Mueang emang paling gampang ke Victory Monument, terus tanya disana lokasi terminal/tempat beli tiket minibus ke Hua Hin. Dari pinggir jalan ngga keliatan minibus ini bertebaran atau mangkal, karena terorganisir di dalam area seperti terminal tertutup. Terakhir yang saya tau tiketnya 180 baht ya.

      Salam,
      Awan

    2. Tapi katanya terminal van yang di victory monumen sudah pindah ke southern bus terminal untuk tujuan hua hin. Apakah informasi ini benar?

      1. Halo mbak,
        Oh iya, maaf saya juga baru cek2 lagi ternyata sejak Oktober 2016 untuk van ke Hua Hin udah dipindah ke Southern Bus Terminal (Sai Tai Mai Bus station) ya.

        Salam,
        Awan

    1. Hi, dari DMK airport naik Shuttle Bus A1, nanti turun di stasiun BTS Mo Chit.
      Di Mo Chit beli tiket untuk ke stasiun BTS Wutthakat.
      Tapi nanti di stasiun Siam harus ganti jalur/kereta, jadi turun di Siam dan cari jalur kereta BTS yang menuju ke Bang Wa. Wutthakat itu satu stasiun bebelum Bang Wa.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Tetty,

      Setau saya ngga ada yang langsung. Jadi harus beberapa kali ganti transportasi:
      – Naik shuttel bus A1 dari Don Mueang ke stasiun BTS Mo Chit
      – Dari Mo Chit station naik BTS turun di Ratchathewi Station
      – Dari Ratchathewi jalan kaki ke pasar Pratunam sekitar 20 menit, atau lanjut naik tuk tuk (tawar, jangan mau lebih dari 100 baht).

      Paling praktis dari DMK naik taxi ke Pratunam, sekitar 350-400 baht.

      Salam,
      Awan

  3. iya mas ,kurang lebih begitu yg saya baca.untung orangnya lagi tidak terburu buru ,jadi agak santai (meski tetap kebingungan).hal seperti ini yang buat saya agak malas ke bangkok,karena info yg saya cari di internet biasanya hanya ada nomor bus ditambah lagi fakta mereka “pelit” sama huruf latin,hehe.
    salam
    Jeff

    1. Ok mas Jeff, iya di Bangkok kebanyakan bus hanya pake bahasa Thai, masing jarang yang ada tulisan Inggris-nya. Tapi selain bus bisa naik MRT, BTS atau boat di Chao Phraya.

      Salam,
      Awan

  4. kabarnya untuk naik bus di bangkok tidak bisa bergantung hanya pada nomor tetapi juga warna dan tipe (saya baca pengalaman orang di salah satu web),dia dapat nomornya sama tapi ternyata salah ambil bus karena warna yang seharusnya diambil berbeda,jadi nomor boleh sama tapi kalau warnanya beda,bisa jadi rutenya beda juga.waduhh

    1. Halo mas Jeff,
      Saya baru denger tuh… Yang ada nomer sama, tapi beda tipe bus – ada yang bus non-AC dan bus AC. Tapi rute tetap sama.
      Ada juga beda warna karena ada yang warna tertentu itu bus gratis dari pemerintah kota, jadi kalo kita naik ngga usah bayar.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply