Naik Kereta Api Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

6 comment(s)

Don Mueang kini menjadi bandara yang sibuk kembali, sejak AirAsia memindahkan operasionalnya dari Suvarnabhumi International Airport sejak awal Oktober 2012. Di website ini sebelumnya saya pernah menulis tentang pilihan transportasi Naik Bus Atau Taxi Dari Bandara Don Mueang ke Bangkok, Anda juga bisa memilih untuk naik kereta api, yang stasiunnya berada persis di seberang bandara ini.

Untuk menuju ke stasiun kereta api Don Mueang, dari area dalam bandara (<em>arri

Naik Kereta Api Dari Bandara Don Mueang Ke Bangkok

Jika tujuan Anda di Bangkok adalah di daerah sekitar Hua Lamphong Railway Station, seperti Chinatown atau Khao San Road, kereta api bisa menjadi pilihan transportasi murah selain taxi. Interval keberangkatan kereta adalah antara 30 - 60 menit sekali, dengan harga tiket 54 Baht sekali jalan. Pada hari kerja, kereta api bisa menjadi pilihan yang cukup efektif, walau pada jam sibuk tentunya akan penuh karena juga merupakan kereta komuter. Tapi pada akhir minggu jadwal keberangkatan kereta bisa jadi lebih lama, yaitu setiap 75 - 90 menit sekali. Lama perjalanan ke Hua Lamphong akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Don Mueang kini menjadi bandara yang menggeliat kembali, sejak AirAsia memindahk

Untuk menuju ke stasiun kereta api Don Mueang, dari area dalam bandara (arrivals), Anda tinggal mencari pintu yang menuju ke jembatan (footbridge) ke Amari Airport Hotel dan railway station.
Pada hari biasa (weekdays) kereta dari stasiun Don Mueang beroperasi dari pagi hingga pukul 8 malam. Harap diperhatikan di siang hari ada break, dimana tidak ada kereta antara pukul 14.10 - 17.00, jadi jika tiba antara jam tersebut lebih baik memilih transportasi lain.

Kereta dari Don Mueang Railway Station yang siap menuju Hua lamphong, Bangkok

Jadwal Kereta Dari Hua Lamphong Station ke Bandara Don Mueang
Sementara jika Anda bermaksud untuk naik kereta api dari Bangkok (Hua Lamphong Railway Station) menuju ke Bandara Don Mueang, pada hari kerja kereta beroperasi dari pukul 04.20 pagi sampai 22.25 malam.

Pada akhir pekan (weekend), kereta beroperasi mulai pukul 06.40 pagi. Harap diperhatikan pada sore hari ada break, dimana tidak ada kereta antara pukul 15.20 - 19.50. Pastikan untuk memilih transportasi lain antara jam tersebut.
Juga jika memilih untuk naik kereta api dari Bangkok menuju Don Mueang, pastikan untuk berangkat lebih awal karena kadang terjadi keterlambatan kereta.

Alternatif transportasi lainnya jika harus berangkat dari Hua Lamphong Station ke Bandara Don Mueang, adalah dengan naik MRT dan disambung dengan taxi. Dari stasiun MRT Hua Lamphong naik menuju stasiun MRT Chatuchak Park. Keluar dari Exit 3 (arah ke Mo Chit BTS Station), setelah keluar dari exit ini, naik taxi dan menuju Bandara Don Mueang (tarif maksimum 150 Baht).

Tinggal pilih kira-kira transportasi mana yang lebih sesuai dengan budget Anda. Selamat merencanakan perjalanan ke Bangkok!

Comments

Hi mas..jadi Sabtu Minggu KA nya berangkat agak siangan ya...kalau di weekend ngejar pesawat yang di jam 08.00 am dari hotel dekat Hualamphong sarannya naik apa ya Mas yang murah dan bisa rame-rame? Tks.

Halo mbak Nida,

Apa kabar? Kalau saran saya sih yang paling aman naik taxi aja ke Don Mueang, apalagi kalo rame2... kan biaya jadi bisa lebih murah.

Saya termasuk orang yang paling takut ketinggalan pesawat :) Jadi kalau penerbangan pagi, pasti saya pilih taxi. Semoga lancar semuanya ya mbak.

Salam,
Awan

Halo mas, tq buat infonya di blog ini, sangat bermanfaat.
Saya mau tanya, kalau ke dari Bangkok menuju ke Don Muang, naik Bus / Kereta, paling pagi adanya jam berapa ya?
saya ada flight jam 07.45 pagi, kira2 bisa ga kalo berangkat pagi2 ke Don Muangnya naik Bus / Kereta? (bukan taksi), biar bisa ngirit, soalnya cuma jalan sendirian, hehehe...

Makasih sebelumnya utk jawabannya mas.

Halo, apa kabar?

Kalau saran saya jangan naik kereta. Untuk naik bus, biasanya mulai jam 5 pagi. Nanti coba aja tanya ke hotel tempat menginap, kira2 ada bus yang lewat DMK ngga dari situ dan apakah pagi2 sudah ada?

Sebaiknya sih memang naik taxi kalau flight pagi, selain jalanan masih belum macet, juga lebih aman soal pengaturan waktu sampai di bandaranya.

Salam,
Awan

Mas Awan, mau tanya tentang bahasa di bangkok

apakah semua petunjuk yang ada di bangkok tidak ada bahssa inggris?jika mau tanya ke sopir atau orang mereka bisa jawab bhs inggris gak??

beda BTS dan MRT apa?? kok keliatannya dari penjelasan mas awan saya bingung soal BTS dan MRt. tujuannya juga beda2. sebaiknya pakai apa setelah sampai disana??terutama ke tempat wisatanya. trus pakai kartu sama kaya di Singapore gak??beli di stasiun juga?? trims

Halo mas Tody,

Maaf saya baru bisa balas. Di Bangkok atau Thailand memang mungkin akan menemukan kendala bahasa. Tidak semua pengemudi taxi bisa komunikasi dalam bahasa Inggris, jadi sebaiknya jangan lupa bawa alamat yang jelas, misalnya kalau pesan hotel disana, nanti coba email dulu ke hotelnya sebelum datang untuk mengirimkan petunjuk dalam bahasa Thai untuk diberikan kedriver-nya, supaya dia bisa baca tujuannya akan kemana.

Untuk naik bus, sebagian besar tidak ada petunjuk bahasa Inggris, jadi hafalkan nomer dan kasih tulisan mau kemana. Kalau tempat yang populer, seperti Khao San Road, DonMueang Airport, Mo Chit BTS, kalau disebutkan biasanya mereka tau.

BTS ada 2 jalur, yaitu Silom Line dan Sukhumvit Line. BTS adalah kereta di jalur atas, sementara MRT beda lagi jalurnya, cuma satu jalur. Untuk BTS dan MRT petunjuk ada dalam bahasa Inggris.

Untuk jalan2, rata2 tempat belanja dan wisata utama bisa naik BTS / MRT atau Chao Phraya Boat. Info lengkap bisa baca disini: http://goo.gl/GW4NB5

Untuk tiket beda dengan Singapura. Tidak ada kartu EZ Card, tapi bisa beli tiket one day pass (harian), dengan harga 140 baht untuk BTS.

Salam,
Awan

Add new comment