Pengalaman ke Khao Yai, Thailand Naik Kendaraan Umum

Pengalaman Wisata ke Khao Yai, Thailand Naik Kendaraan Umum

Halo Kawan,
Kali ini TravelAwan dapat sumbangan informasi lagi dari kawan kita Dian Rahma Darwis yang beberapa waktu lalu sempat wisata ke Khao Yai, Thailand naik kendaraan umum (tanpa tour). Mungkin bisa jadi masukan atau panduan untuk kawan-kawan yang punya rencana sekalian jalan-jalan ke Khao Yai, saat berkunjung ke Bangkok. Ini dia infonya!

Penasaran dengan Khao Yai, satu tempat wisata yang boleh dibilang sedang ‘booming‘ belakangan ini di Thailand, maka pada saat jalan-jalan ke Bangkok, saya bersama beberapa kawan memutuskan untuk sekalian berkunjung ke tempat ini yang populer dengan perkebunan anggurnya dan memang merupakan daerah produsen anggur yang paling terkenal di Thailand.

(Perkebunan anggur Grand Monte di Khao Yai, Thailand)

Karena memang masih susah untuk mencari agent perjalanan yang mengadakan program tour khusus ke Khao Yai, dan kalau sewa mobil untuk pergi-pulang dari Bangkok terlalu mahal, akhirnya kami memutuskan untuk jalan sendiri ke Khao Yai tanpa tour.

Jika berangkat dari Bangkok, bisa naik minivan dari Victory Monument. Kamu bisa naik BTS dan turun di stasiun Victory Monument. Dari stasiun BTS ini nanti menuju ke Phahonyothin Road, minivan mangkal dibawah jembatan expressway, sekitar 100 meter dari bundaran Victory Monument. Pilih minivan yang tujuan Pak Chong, sebaiknya tanyakan dulu mana minivan yang ke tujuan tersebut. Minivan berangkat setiap 2 jam sekali, tarifnya 160 baht per orang.

Kebanyakan kalau dari Terminal Pak Chong, kendaraan umum/angkot yang ada adalah yang untuk tujuan Khao Yai National Park. Memang sih, sebagian besar wisatawan yang datang ke Khao Yai tujuan utamanya adalah untuk ke taman nasional ini.

Oleh karena itu saran saya adalah coba browsing dulu untuk cari penginapan di Khao Yai yang bisa menyediakan fasilitas penjemputan. Itulah yang kami lakukan, pilihannya adalah Baan Saranya Lodge. Hotel ini bisa dihubungi melalui email dan bisa cek website-nya: baansaranya.com

(Bersama teman-teman di depan bungalow kami di Baan Saranya, Khao Yai)

Di resor ini ada 20 bungalow yang berbentuk rumah tradisional Thailand. Bangunan-bangunan kayu ini ada yang untuk 2 orang (Standard Bungalow), sampai yang bisa menampung untuk 8 orang (Family Double Cottage). Harga bungalow tergantung apakah low atau high season, semalam antara 1.000-3.500 baht pada low season, dan 1.400-5.000 baht pada high season.

Balik lagi ke soal penjemputan dari terminal minivan Pak Chong, kami pesan dari hotel dengan charge 200 baht per mobil. Untuk keliling di Khao Yai, kami sewa taxi langganan orang hotel Baan Saranya ini. Tarifnya untuk keliling hanya 700 baht dan ditunggu oleh pengemudi. Kami puas sekali bisa jalan-jalan ke Perkebunan Anggur GranMonte dan tempat shopping Palio Khao Yai tanpa ikut tour.

(Baan Saranya, tempat kami menginap di Khao Yai)

Buat para pencinta wine, jalan-jalan ke GranMonte merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Disana kita bisa coba wine lokal Thailand. Menurut saya dan teman yang mencobanya, rasa wine Thailand lebih enak dibanding wine Perancis atau Spanyol yg pernah kita coba. Buat mereka penyuka dan pencinta wine, pasti bakal penasaran sama rasa wine Thailand 🙂

Oh ya, untuk sewa taxi biasanya tergantung dari berapa lama dan jarak tempat yang ingin kamu kunjungi. Kalau untuk seharian, biasanya 1.500-2.000 baht.

Nah, buat kawan-kawan yang ada rencana singgah wisata ke Khao Yai saat jalan-jalan ke Bangkok, bisa coba cara kami lho! Happy traveling!

Leave a Reply