Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Kepoin jalan2 saya di USA... Follow IG @travelawan yuk!

Hong Kong! Pagi ini saya mendarat kembali di kota yang tersohor dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang akrab berhimpitan dipadu dengan suasana kotanya yang selalui ramai dan hidup. Crowded, tapi sangat menggairahkan untuk menjelajahinya, serasa selalu ada saja hal baru untuk dilihat dan selalu ada ‘sale’ yang menggoda kita untuk shopping!

Masih sekitar jam 7 pagi ketika saya selesai juga menaklukkan semangkuk besar curry udon sebagai menu sarapan. Saya baru ingat kalau selama ini bolak-balik menjejakkan kaki di kota ini, sedikit sekali saya menulis tentangnya. Mungkin karena kemarin-kemarin setiap datang saya selalu sudah disambut oleh beberapa teman yang memang menetap di Hong Kong. Jadi begitu ketemuan, langsung sibuk berbagi cerita dan menyusun rencana untuk jalan-jalan atau belanja. Tapi hari ini karena mereka sedang sibuk dengan pekerjaan masing-masing, maka saya siap untuk memulai petualangan sendiri dimulai dari bandara ini, Hong Kong International Airport.

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Bandara Hong Kong sangat mudah dijelajahi. Semua terlihat simple dan praktis! Setelah mendarat, kita akan segera berjalan mengarah ke bagian imigrasi. Kadang antrian panjangnya suka membuat tak sabar juga, karena sudah ingin cepat-cepat keluar dan menjelajah kota. Tapi pagi ini sama sekalu tidak ramai, saya hanya memerlukan waktu kurang dari sepuluh menit untuk mendapatkan cap dari petugas imigrasinya yang selalu sigap dan biasanya tidak banyak bertanya.

Hall Terminal 1 Hong Kong International Airport (HKIA)

Begitu keluar dari counter pengecapan paspor atau Visa On Arrival kita tersebut, melalui sebuah pintu kaca otomatis kita akan memasuki ruang pengambilan bagasi. Ruang ini terbilang besar dan terdapat belasan belt pengambilan bagasi. Jangan lupa untuk melihat ke monitor yang tersedia begitu kita memasuki ruang tersebut, untuk mencari tahu barang-barang dari penerbangan kita akan keluar di belt nomor berapa.

Setelah mengambil bagasi, jika kita tidak membawa barang yang perlu di-claim maka bisa langsung mengikuti jalur Green Line (garis hijau) untuk langsung keluar. Biasanya petugas di HKIA tidak akan melakukan lagi pengecekan koper, tapi bersiap-siap saja. Sebaiknya memang tidak membawa barang-barang yang memang dilarang untuk memasuki Hong Kong.

Brosur HKIA, jangan lupa ada fasilitas free wifi di bandara ini!

Dari ruang pengambilan bagasi, kita akan berjalan ke ruang berikutnya dimana terdapat counter Hong Kong Tourism Board. Ambillah peta dan juga beberapa brosur yang mungkin Anda perlukan selama berkunjung kesini. Ada satu brosur yang menurut saya menarik dan bisa Anda explore sendiri, yaitu Hong Kong Walks – Exploring The City’s Living Culture. Di brosur ini tersedia peta dan informasi mengenai tempat-tempat menarik dan bersejarah di Hong Kong yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki. Wisata gratis, lumayan! 🙂

Oh ya, di sebelah kirinya juga ada counter kereta untuk ke kota atau Airport Express. Bisa membeli tiket disini atau pada counter di Arrival Hall dan di stasiunnya. Karena sibuk memilih-milih brosur, akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket kereta untuk ke kota di luar saja.

Arrival Hall HKIA, disini terdapat counter Airport Express

Begitu memasuki Arrival Hall, terdapat berbagai counter untuk taxi dan limousine, counter Airport Express dan juga berbagai restoran, toko, bakery dan mini market. Bisa Anda temui 7-Eleven dan Relay untuk mini market dan toko majalah atau buku, sementara restoran seperti Crystal Jade, Ajisen Ramen atau Burger King bisa jadi salah satu pilihan kalau mau makan berat.

Peta untuk navigasi HKIA

Starbucks selain ada di Arrival Hall (L5) juga ada di lantai atasnya, yaitu di Departure Hall (L7). Nah, di lantai ini adalah tempat check-in counter untuk semua maskapai penerbangan yang akan pergi meninggalkan Hong Kong. Ada berbagai restoran juga disini, diantaranya jika ingin fastfood bisa di Fairwood atau Popeye’s Fried Chicken. Beli oleh-oleh kue kering juga bisa di Kee Wah Bakery. (Nanti akan saya ceritakan juga di bagian lain mengenai kebetangkatan atau kepulangan dari HKIA).

Untuk menuju ke tengah kota, bisa menggunakan bus atau yang paling mudah adalah dengan naik Airport Express. Saya akhirnya membeli tiket kereta Airport Express di counter yang ada di tengah Arrival Hall. Jika traveling sendiri, bisa membeli tiket sekali jalan seharga HKD 100, atau tiket sekali jalan dan pass untuk naik MTR (unlimited) selama 3 hari, seharga HKD 220. Untuk tiket Airport Express pergi-pulang dan pass MTR (unlimited) selama 3 hari, harganya HKD 300. Oh ya, di Hong Kong memang tidak disebut MRT, tapi MTR (Mass Transit Railway).

Akses dari Arrival Hall menuju ke kereta Airport Express

Kalau datang dalam group, ada paket yang lebih murah untuk pembelian tiket sekali jalan, yaitu paket untuk 3 orang (3 tiket) seharga HKD 210 dan untuk 4 orang (4 tiket) seharga HKD 250, lebih murah memang. Setelah tiket ada di tangan, Anda tinggal menuju ke tempat pemberhentian kereta Airport Express yang terhubung dengan Arrival Hall ini.

Tarif Airport Express dan MTR Hong Kong

Kereta akan berangkat setiap 10 menit sekali antara jam 05.54 – 00.48. Perjalanan langsung menuju ke pusat kota Hong Kong, akan berhenti di Kowloon Station dan Hong Kong Station. Tinggal memilih mana yang lebih dekat untuk melanjutkan perjalanan dengan MTR ke tempat Anda menginap. Praktis! Setelah lepas dari bandara, mari kita siap-siap menjelajahi Hong Kong!

PS: Airport ini juga dilengkapi fasilitas free wifi, lho! Lumayan 🙂

Website HKIA: http://www.hongkongairport.com/eng/index.html
Website MTR: http://www.mtr.com.hk/eng/homepage/cust_index.html

Petualangan Dimulai di Hong Kong International Airport

Download artikel ini!

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

21 comments

  1. Selamat sore mas…
    Sy berencana kehk tgl 26april ini. Cm mendaratnya lewat macau. Sy sdh membeli iventure card untuk 5hr. Dipaketan iventure ada free simcard dan potongan harga untuk disneyland. Cuma harus ambil diterminal bandara a13. Menurut mas, worthed ga y? Dari hotel kebandara pagi2 ambil tiket, trus kedisneyland?? Mengingat jaraknya jau. Thanx

    1. Halo mbak Lina,

      Tergantung potongannya berapa. Karena kalo dari airport HK mau ke Disneyland mau ngga mau harus naik taxi supaya praktis. Itu bisa keluarin uang sekitar HKD 150. Kalo potongannya lebih kecil dari itu, berarti ya ngga worthed.

      Salam,
      Awan

  2. Siang mas awan…sy rencana ke hongkong tgl 22 mei….kl penginapan daerah mangkok dgn MRT apa ya? Barangkali ada rekoment gt

    Terima kasih

  3. Hi Mas Awan,

    Saya akan ke hongkong 31 december 2017 sore hari.. Saya pergi group 5 dewasa 1 infant (<2thn) dan sudah booked apartment di daerah kowloon.. Menurut pengalaman mas awan, better saya ambil moda transportasi apa ya utk ke daerah kowloon? Trus apakah ada rekomendasi city tour (hanya mbl dan supir) utk selama saya disana?

    Terima kasih sblmnya

    1. Halo mas Marshael,

      Wah, anggota rombongannya jumlahnya tanggung ya 🙂 Kalo ber-5 ada taxi yang untuk 5 orang. tapi kalo ber-6, walau yang satunya anak kecil, tetap harus naik 2 taxi. Pilihan lainnya bisa naik bus no. A21 dari terminal bus bandara. Coba email hotelnya tanya kalo naik bus A21 nanti berentinya dimana yang paling dekat dengan penginapannya.

      Maaf saya ngga ada kenalan untuk sewa mobil/driver saja di Hong Kong.

      Salam,
      Awan

  4. Hi mas awan..
    Salam kenal,, akhir april saya pulg ke indonesia dr osaka dan transit 9 jam di hongkong. Drpd sy nunggu lama dibandara rencananya sy mw explore hongkong wlpun sbntr. Dokumen apa saja yg diperlukan utk keluar imigrasi bandara? Dan adakah biaya administasinya?

    Terima kasih.

    1. Halo mas Gatot,

      Apa kabar? Untuk pemegang paspor Indonesia ngga ada biaya administrasi apa2. Jadi tinggal keluar imigrasi aja dengan paspor, dan langsung masuk Hong Kong. Selamat jalan2.

      Salam,
      Awan

  5. Hi mas awan,
    Salam kenal yaa.. mau tanyaa, ada referensi apartment yg layak utk family saya, suami dan 2 anak ga? Klo bisa yg di sekitar causeway bay..

    Thanks before

    1. Halo mbak Penny,

      Ada lounge yang kita bisa mandi, tapi berbayar. Untuk harga saya ngga punya infonya. Tapi counter-nya ada di Arrival Hall, setelah kita keluar dari ambil koper. Bisa tanya langsung nanti disana.

      Salam,
      Awan

  6. Halo mas awan…Salam kenal..
    Selalu suka baca artikel mas, simple & informatif..

    Mas, Insha Allah bln april nti saya dan tmn2 ke hongkong. Kami tiba di Hongkong sktr jam 10 malam.. Rencana tidur dibandara aja kami mas.. Karena sepertinya sudah larut mlm klo menuju hotel.. Pertnyaan saya, bisa ga kita tidur di kedatangan bandara Hongkong?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Halo mbak Dirra,

      Apa kabar? Salam kenal juga. Terima kasih ya udah mampir ke blog saya 🙂
      Tidur di airport sih ngga pernah ada larangan ya, cuma di Hong Kong ngga seperti di airport Singapura yang disediain area khusus untuk tidur. Jadi kalau mau tidur disana paling cari tempat2 duduk yang agak mojok aja. Kalo menurut saya kurang nyaman sih 🙂 Sebenarnya kalo mendarat jam 10 malam masih bisa menuju ke tengah kota sih, tapi berarti harus sewa hotel. Jadi terserah enaknya gimana.

      Salam,
      Awan

      1. Trima kasih atas jawabanx om. Nanya lg donk om. Jadi misal saya b3 ama istri dan 1 anak saya. Saya beli 1 aja octopus card, bisa gt y ? Jd nnt saya tap istri saya lewat, kmudian saya tap lg 1x utk saya sendiri. Anak saya 3 thn 5 bln, sprtx masih free y om ? Karena kemungkinan saya akan dudukkan d atas stroller aja sih… maaf om banyak nanya nih… trima kasih hehehe…..

        1. Halo mas Riswan,
          Octopus Card hanya berlaku untuk 1 orang aja, ngga bisa dipakai bersama. Jadi mas & istri harus beli masing2 ya.

          Salam,
          Awan

  7. Selamat siang Mas, bulan april saya berencana ke hongkong 3/2 sendirian, rencana nginap di ibis atau metropark kowlon, dari airpot ke tempat menginap saya harus pakai transpotasi apa? saya difable bisa jalan tapi ndak bisa jauh, terima kasih salam

    1. Halo mas Zaenal,

      Rencana menginap di Ibis mana ya? Asal jangan yang Ibis Central & Sheung Wan Hotel, karena jaraknya jauh dari stasiun MTR. Kalau Ibis North Point Hotel masih lebih mending, dekat stasiun MTR North Point dan stasiun bus/ferry. Dari airport bisa naik bus tingkat A11 dan turun di North Point Ferry Terminal (tidak jauh dari hotel).

      Kalau nginap di Metropark Mongkok, saran saya dari bandara naik taxi aja karena sepertinya dari tempat berenti bus ke hotelnya lumayan jauh. Cuma keuntungan nginap di Mongkok pusat keramaian Hong Kong ada disana. Jadi nanti dipertimbangkan aja, mas.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply