Pilihan Transportasi Untuk ke Pattaya, Naik Taxi, Bus Atau Kereta

Pilihan Transportasi Untuk ke Pattaya, Naik Taxi, Bus Atau Kereta

Pattaya, satu nama yang mungkin sering kita dengar dan merupakan salah satu kota tujuan wisata paling populer di Thailand. Kota ini terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sejak lama, pantai dan hiburannya memang menjadi daya tarik utama. Dimulai sebagai tempat liburan di tepi pantai, kini Pattaya telah berkembang dengan sangat pesat.

Letaknya yang hanya sekitar 140 km dari ibukota Bangkok, membuat kita sangat mudah untuk menjangkaunya. Kota pantai dan pusat hiburan ini bisa dicapai dengan waktu tempuh sekitar dua jam dengan berbagai transportasi umum, mulai dari taxi, bus atau kereta.

Senja di Pattaya Beach

TAXI DAN LIMOUSINE

Dari Bandara Suvarnabhumi, dapat memesan taxi di counter yang ada di luar area Kedatangan (Level 1). Tarif untuk menuju Pattaya biasanya antara 1,300 – 1,500 Baht. Sementara jika ingin menyewa limousine dengan pilihan mobil yang lebih eksklusif, ada beberapa perusahaan penyedia jasanya di bandara ini. Mobil yang mereka sediakan beragam dengan harga variatif antara 2,200 sampai 5,000 Baht sekali jalan. Untuk pemesanan pergi-pulang biasanya akan diberikan tarif lebih murah.
Sementara untuk taxi dari Pattaya menuju balik ke Bangkok, tarifnya sekitar 1,000 Baht.

Bus Bangkok - Pattaya dari Eastern Bus Terminal (Ekkamai)

BUS UMUM

Untuk seorang budget traveler seperti saya, pilihan transportasi termurah untuk menuju Pattaya adalah dengan menggunakan bus umum atau kereta. Berikut alternatif pilihan kendaraannya.

Dari Bandara Suvarnabhumi

Jika ingin langsung menuju Pattaya begitu sampai di Bandara Suvarnabhumi, setelah keluar dari imigrasi dan pintu kedatangan (masih di dalam gedung bandara) turun satu lantai ke Level 1, kemudian belok ke arah kiri dan jalan menuju pintu Exit 8. Disana terdapat loket pembelian tiket bus ‘Bell Travel Service’. Tarif: 134 Baht/orang dan untuk diantar sampai hotel tarif 200 Baht/orang. Dapat juga melakukan pemesanan tiket secara online.
Website: www.belltravelservice.com

Bagi Anda yang merencanakan untuk langsung balik ke Suvarnabhumi dari dari Pattaya, bisa menghubungi Bell Travel Service (Tel: +66 08 370-055). Mereka akan melakukan penjemputan ke hotel dengan minivan, untuk kemudian berkumpul di terminal dan naik bus menuju bandara.

Dari Terminal Bus Dalam Kota Bangkok

Dari Bangkok, bisa berangkat melalui Eastern Bus Terminal. Terminal ini adalah yang paling umum digunakan. Cara termudah menuju terminal ini, tinggal naik BTS Sukhumvit Line dan turun di Ekkamai Station yang berada di daerah Sukhumvit (Soi 63 / Soi Ekkamai).
Begitu sampai di depan stasiun bus, langsung menuju ke loket terdepan di sisi kanan. Harga tiket 124 Baht.
Bus AC akan berangkat setiap 30 menit antara jam 05:20 sampai 23:20 setiap harinya.

Tiket bus Bangkok - Pattaya

Ayo, Wisata ke Pattaya!

Bisa juga naik dari Northern Bus Terminal (Mo Chit), bus tersedia antara jam 05:30 sampai 20:00. Untuk menuju kesini tinggal naik MRT ke Chatuchak Park Station atau BTS Sukhumvit Line, menuju ke Mo Chit Station. Dilanjutkan dengan naik ojek, tuk tuk atau jalan kaki sekitar 20 menit.

BUS DARI PATTAYA – BANGKOK

Bus AC dari Pattaya menuju balik ke Bangkok tersedia mulai jam 04:30 sampai 23:00 dari Pattaya Bus Terminal. Jadwal keberangkatan setiap 30 menit sekali menuju Ekkamai (Eastern Bus Terminal) dan Mochit (Northern Bus Terminal).

Pattaya Bus Station

TRAVEL SERVICE

Jika ingin lebih mudah dan nyaman, dari hotel/hostel biasanya bisa memesan jasa penjemputan travel untuk menuju Pattaya. Tarif sekitar 600 Baht/orang atau dengan mobil yang tarifnya tidak jauh berbeda dari taxi umum, sekitar 1,600 Baht.

KERETA API

Jadwal kereta dari Bangkok ke Pattaya (dan sebaliknya) hanya tersedia satu kali sehari, pada hari kerja (Senin – Jumat). Waktu tempuh sekitar 3 jam, lebih lama dari bus.

Untuk kereta, dari Bangkok tersedia di Hua Lamphong Railway Station di Rama IV Road, dekat Chinatown. Jadwal keberangkatan jam 06:55 dan tiba di Pattaya 10:35 pagi.

Dari Pattaya ke Bangkok kereta berangkat melalui Pattaya Train Station (Tel: +66 38 429-285). Jadwal keberangkatan hari Senin – Jumat, jam 14:20 dan tiba di Bangkok 17:40.

Apapun jenis transportasi yang Anda pilih, jika memang mempunyai waktu luang saat ke Bangkok, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi kota hiburan paling seru di Thailand ini!

Leave a Reply