Serunya Naik Kereta Cepat High Speed Rail di Taiwan

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Serunya Jalan-Jalan di Taiwan Naik Kereta Cepat, High Speed Rail

Setelah merasakan nikmatnya berwisata menggunakan transportasi umum di kota Kaohsiung, Taiwan yang sebagian besar kotanya dapat dijangkau dengan MRT, hari ini saya melanjutkan perjalanan ke Taipei.

Ada dua jenis kereta yang dapat digunakan untuk menuju Ibukota Taiwan ini, yaitu kereta Tze-Chiang Express, dengan waktu tempuh ke Taipei sekitar 5 jam. Kereta ini berangkat dari Kaohsiung Train Station, dengan harga tiket NT$880 (sekitar Rp. 280 ribuan). Dan bisa juga naik kereta High Speed Rail (THSR), berangkat dari Zouying THSR Station, dengan waktu tempuh hanya 2 jam dan harga tiket NT$1.490 (sekitar Rp. 480 ribuan). Beda Rp. 200 ribu memang, tapi menguntungkan di waktu tempuhnya.

Dan bisa juga naik kereta High Speed Rail (THSR), berangkat dari Zouying THSR St

Saya pun akhirnya memilih untuk naik kereta High Speed ini, ingin tahu saja seperti gimana sih ‘shinkansen‘-nya Taiwan? Walau sudah pernah mencoba kereta high speed saat perjalanan dari Tianjin ke Beijing, maupun di negara asal Shinkansen, Jepang.

Jadwal keberangkatan di hari biasa bisa sampai 70 kali, sementara saat akhir minggu dan Senin, hampir sampai 80 kali seharinya, dari pukul 06.30 sampai 22.12. Jadi tidak perlu takut tidak kebagian kereta.

Setelah membeli tiket di stasiun Zouying THSR yang megah dan modern untuk jadwal perjalanan jam 1 siang, saya pun bersiap menunggu di Platform 2, dimana kereta berada. Penumpang masih dilarang masuk, karena sedang dilakukan proses pembersihan. Nanti sepanjang perjalanan ke Taipei, kereta akan berhenti di beberapa stasiun kota-kota utama seperti di Tainan, Chiayi, Taichung, Hsinchu, Taoyuan – tempat dimana bandar udara internasional Taipei berada, Banciao dan stasiun terakhir, Taipei. Total ada 8 stasiun yang melayani perjalanan dengan kereta THSR.

Interior di dalam kereta sangat nyaman, layaknya pesawat budget airlines, dengan

Kereta THSR yang beroperasi sejak tahun 2007 ini akan sangat memudahkan perjalanan Anda untuk menjelajahi negara pulau ini, saat jalan-jalan ke Taiwan. Dengan panjang jalur sekitar 280 km, kereta melaju rata-2 dengan kecepatan sekitar 290 km per-jam.

Interior di dalam kereta sangat nyaman, layaknya pesawat budget airlines, dengan formasi tempat duduk 2 dan 3. Toilet yang bagus dan bersih, tersedia di kereta ini. Minuman dan snacks juga dijajakan di dalam kereta sepanjang perjalanan. Di depan kursi kita juga tersedia meja lipat untuk bersantap atau membuka laptop. Dan yang terpenting bagi saya adalah, kereta ini dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi gratis yang koneksinya kencang, selaju perjalanan kereta ini!

Sambil melihat pemandangan di luar jendela, melewati kota satu ke kota lainnya, saya pun mengetik artikel ini. Lumayan, satu cerita lagi siap saya posting, di perjalanan antara Kaohsiung dan Taipei.
Jika Anda singgah ke Taiwan, jangan lupa untuk mencoba melaju bersama kereta High Speed Rail.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar