SIM Card dan Internet di Thailand, Pakai AIS Atau DTAC

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

SIM Card dan Internet di Thailand, Pakai AIS Atau DTAC

Saat wisata ke Thailand memang akan lebih murah jika kita menggunakan SIM Card prabayar dari provider lokal, karena provider telpon seluler Indonesia tidak ada yang memiliki kerjasama langsung. Sehingga kalau kita tidak pakai kartu lokal, akan mahal untuk bayar biaya roaming-nya. Pernah suatu kali saya memakai BlackBerry hanya sekitar 5 hari di Thailand, dan tagihan saya lebih dari satu juta Rupiah! Sejak saat itu, saya selalu beli SIM card lokal dan sekalian paket internet service, jatuhnya jauh lebih murah.

Bagi yang akan wisata ke Thailand dalam waktu singkat (sekitar satu minggu atau kurang), kamu bisa beli SIM card prabayar (prepaid) dari AIS atau DTAC.
Starter pack AIS: 50 baht (Pulsa 15 baht dan gratis 30 MB internet)
Starter pack DTAC: 49 baht (Pulsa 15 baht dan gratis 30 MB internet)

Setelah membeli starter pack, kamu bisa top up (isi ulang) untuk paket bicara dan SMS atau paket untuk BlackBerry, tablet dan smartphone lainnya.

Jika kamu mendarat di Suvarnabhumi International Airport, bisa dapatkan di counter AIS dan DTAC, Arrival Hall – Lantai 2, dekat Gate 7. Paket BlackBerry dan internet bisa diaktifkan di tempat.

Untuk di Don Mueang Airport, belum ada counter-nya. Kamu bisa cari di mal Siam Paragon, di Lantai 3. Bisa cari DTAC Center atau counter AIS dekat eskalator.

Untuk top up bisa mengisi di minimart seperti 7-Eleven, Family Mart, atau di gerai telpon seluler di seluruh Thailand.

* * *

AIS – Freedom 3G SIM

BlackBerry (Weekly Unlimited Package)
Paket berlaku 7 hari. Beli starter pack, setelah itu tambahkan:
Paket 65 BahtBlackBerry Social
(BBM, Facebook, Twitter, AppWorld Unlimited, AIS Internet 3MB)
Paket 79 BahtBlackBerry Prepaid Chat and Facebook
(BBM, IM, Facebook dan Twitter Unlimited)
Paket 79 BahtBlackBerry Prepaid Chat and Email
(BBM, IM dan Email Unlimited)

BlackBerry Unlimited 3 Days Package
Paket berlaku 3 hari. Harga 90 baht, sudah termasuk semua: BBM, IM, Facebook, Twitter, Email, AIS Internet (2G) Unlimited.

Paket Internet (Mobile Data Plan)
– AIS One-2-Call
– Paket berlaku selama 7 hari, harga 249 Baht
– 1GB Internet Data
– 2100 MHz 3G network

Catatan:
Ada Paket Internet Data harian, harga 49 Baht (160MB Unlimited)

* * *

DTAC – Happy Tourist SIM

BlackBerry Package
Paket berlaku 7 hari. Beli starter pack, setelah itu tambahkan:
Paket 44 Baht (70 SMS lokal, BBM dan Chat)
Paket 66 Baht (3G/EDGE 5MB, BBM dan Social Network)
Paket 77 Baht
(3G/EDGE 5MB, BBM, WhatsApp, Social Network, Chat, Email, BB Browser)
Paket 99 Baht
(3G/EDGE 99MB, BBM, WhatsApp, Social Network, Chat, Email, BB Browser)

Paket Internet (Mobile Data Plan)
– DTAC Happy Tourist SIM
– Paket lengkap berlaku selama 7 hari, harga 299 Baht
– Termasuk gratis pulsa 100 Baht yang bisa dipakai untuk telpon
– 1GB Internet
– Gratis Unlimited Internet (3G/DTAC Wifi).

Catatan:
Ada Paket Internet harian, harga 49 Baht, 150MB Unlimited.

Dengan memakai kartu SIM lokal, kita akan bebas leluasa menggunakan gadget atau smartphone saat wisata di Thailand, tanpa harus takut tagihan telpon akan membengkak.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

34 comments

  1. Halo om

    Mau nanya, kalau yang kartu AIS atau Dtac 4G selama 7 hari, kuota internetnya berapa ya?…karena akan saya gunakan untuk video call.
    Untuk waktu trip sebenarnya hanya 3 hari. Terima kasih.

    1. Halo mas Cristian,
      Maaf ya baru bisa balas pertanyaan2 yang masuk. Biasanya 2GB ya. Oh ya, sekarang udah bisa beli di Indonesia juga, jadi nanti dikirim ke alamat. Infonya bisa tanya ke JavaMifi / JavaSim: +62 811 105344

      Salam,
      Awan

  2. Halo Mas,

    Terima kasih infonya sangat membantu. Mau tanya, provider disana sudah bisa 4G belum ya kira kira? Drtd browsing rata2 masih 3G. Satu lg, ada paketan utk 3 hari aja gak ya? Kebetulan short trip. Mohon pencerahan. Makasih

    1. Halo mbak Fima,
      Untuk kartu semuanya minimum 7 hari. Yang 4G dan provider AIS bisa didapatin di Indonesia juga sekarang. Bisa kontak ke JavaMifi: +62 811 105344. Harga kartu yang 7 hari Rp. 150 ribu. Jadi enak, sebelum pergi kesana udah punya kartu SIM-nya.

      Salam,
      Awan

  3. hallo,

    Terima kasih utk infonya. Awal Mei nanti saya akan ke Krabi. Apakah di airport Krabi ada counter dari salah satu provider tersebut? Dan mohon infonya apakah disana jaringan 4G? Karna saya lihat tadi hanya 3G saja. Terima kasih

    1. Halo mas Adhi,

      Maaf saya sudah beberapa tahun ngga ke Krabi, jadi ngga update untuk masalah kartu SIM apa ada counter-nya di airport sana atau ngga? Kalo sampai beli di gerai lain yang ada di airport, pastikan jenis kartunya adalah yang khusus Tourist, biar setting-nya lebih mudah.

      Salam,
      Awan

  4. halo

    saya mau tanya nih…
    kebetulan saya besok ke bangkok dan dikasih sim card DTAC yang masih berlaku sama saudara saya…
    untuk cara isi ulangnya bagaimana+paketannya apa aja ya mas?
    lalu apa di bandara suvarnabhumi ada counter untuk pengisiannya & free wifi di suvarnabhumi bagus gak yah?

    terimakasih

    1. Halo mbak Tesya,
      Maaf sekali nih saya baru bisa cek dan balas pertanyaan2nya.
      Sudah di Bangkok ya? Ok, semoga semuanya lancar ya mbak. Maaf telat balas.

      Salam,
      Awan

  5. Mau tanya untuk paket
    Paket Internet (Mobile Data Plan)
    – AIS One-2-Call
    – Paket berlaku selama 7 hari, harga 249 Baht
    – 1GB Internet Data
    – 2100 MHz 3G network

    itu sudah include semua dengan harga 249 Baht? atau hanya bisa memilih salah satu?
    Untuk Paket Data Internet Harian itu harus membeli paket juga?

    1. Halo mbak Miranti,

      Kalau memang perlu untuk yang 7 hari, tinggal beli paket yang untuk turis dan udah dapatin paket data dan juga telpon lokal sesuai ketentuan paket. Dan harganya bukan 249 baht, tapi 299 baht ya. Lengkapnya kalo mau beli paket data yang lain bisa tanya di counternya. Tapi setau saya mereka ngga punya paket harian.

      Salam,
      Awan

  6. Mau tanya saya bulan depan akan ke bangkok selama 1minggu. Paket internetan, bbm, fb dan medsos lainnya bgusnya saya pake Sim card apa. Dan sy perlu byk kapasitas kouta internet lebih cukup buat video line. Dan buat internet. harus beli dimana ketika tiba di bangkok.

    1. Halo mbak Gloria,
      Seperti saya ceritakan di artikel, kalo saya prefer pakai AIS atau DTAC. Cuma kalo mendaratnya di airport Don Mueang ngga ada counternya. Jadi harus beli di counetr mereka di mall Siam Paragon, atau di stasiun2 BTS biasanya ada counter kecil. Kalo mbak mendarat di Suvarnabhumi, counternya ada di bandara ini.

      Kartu untuk turis harga semua operator sama, 299 baht untuk 7 hari. Kalo ternyata perlu paket data lebih besar lagi, ada pilihan paket2 lainnya kok. Jadi bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

      Salam,
      Awan

  7. Halo Mas,

    Saya baru pertama kali akan ke Bangkok pada bulan April ini. Saya ingin bertanya letak dari provider TrueMove di Bandara Don Mueang ada di mana ya mas Awan lebih detailnya?

    Terima kasih juga mas atas info-infonya yang ada di website. Sangat membantu sekali 🙂

    1. Halo, apa kabar?
      Nanti setelah keluar dari pintu setelah ambil bagasi/koper, belok ke kiri dan ada di jajaran counter di sebelah kiri tersebut ya. Gampang kok carinya 🙂

      Salam,
      Awan

  8. Selamat siang, saya Johnatan Adams. Saya ada rencana ke Bangkok selama 1 bulan ( 19 maret – 17 april) dalam rangka penelitian skripsi saya. Saya mau tanya:
    1. Lebih bagus mana yah menggunakan kartu untuk paket internet selama 1 bulan?
    2. Pernahkah menggunakan Rabbit Card? Jika pernah, apakah Rabbit Card ini berguna untuk belanja selain untuk transportasi? Dengar-dengar sih Rabbit Card bisa belanja makanan/minuman di 711?
    3. Apakah setiap hostel memilki kewajiban untuk yang menginap dengan membayar uang deposit? Apakah uang tersebut bisa dikembalikan setelah check out? Membayar deposit per stay itu maksudnya apa yah? Apakah per malam atau per orang?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Halo mas Jonathan,
      Berikut saya coba jawab ya:
      1. Semua operator punya SIM Card masa aktif 1 bulan. Kalo saya pribadi sukanya AIS atau DTAC. Tapi nanti coba dibandingkan aja untuk harga dan keuntungan masing2 operator ya. Kalo di bandara Suvarnabhumi, tempat AIS dan DTAC ini bersebelahan
      2. Saya tidak pernah pakai Rabbit Card. Tapi memang fungsinya untuk pembayaran seperti kartu Octopus di Hong Kong, jadi bisa dipake belanja juga di tempat tertentu
      3. Ya, biasanya ada uang deposit yang kalo emang semua ngga ada masalah/kerusakan, pasti akan dikembalikan. Jadi sekali kita check-in nanti dikasih tau depositnya berapa untuk per-stay, bukan per malam. Deposit berlaku per orang biasanya.

      Salam,
      Awan

  9. Saye lagi di bangkok .. Udah 2 malam .. Pakai sim card ais .. Lancar jaya (voip, video call, dan internetan lain) dengan phone burok / jadul saye yg emang udah 4G dari beli dulu .. Cume masalah nye tak semue sevel (7-11) tersedie top up ais .. Saye stay di khaosan road .. Mesti cari top up .. Karne saye maseh 5 hari lagi di thailand .. Mohon pencerahan nye ..

    1. Halo mas Hardi,

      Untuk top up AIS coba ke counternya yang ada di Siam Paragon mall, atau di stasiun2 BTS biasanya ada kios AIS kecil, bisa top up disana ya.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mbak Cindy,

      Kalo cuma stay disana maksimal 7 hari, beli yang paket untuk turis aja. Semua operator (AIS, DTAC, TRUE MOVE) keluarin kartu khusus turis, 7 hari masa aktif, harga sama yaitu 299 baht. Jadi terserah mau pilih yang mana. Saya juga pake iPhone ngga boros quota.
      Kalo lebih dari seminggu di Thailand juga ada paket data yang lebih besar, dan harga lebih mahal tentunya. Dijual juga di setiap kios masing2 operator.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Jun,

      Untuk yang tourist SIM Card tinggal kasih paspor di counter penjualannya di bandara Suvarnabhumi, atau kalo di Don Mueang adanya cuma TrueMove, dan langsung diaktivasi sama petugasnya. Setelah itu sdh bisa langsung dipake.
      Atau bisa cek ke website masing2 operatornya kalo mau lihat cara aktivasinya: AIS, DTAC dan TRUE.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Boy,

      Saya lupa berapa biaya per-menitnya, tapi pake SIM Card lokal kalo telpon ke Indonesia pastinya akan lebih murah.

      Salam,
      Awan

  10. Artikel yg sangat berguna buat saya .
    Apakah pembelian Sim Card untuk turis d Don Mueang khusus 4g / 3g? Soalny hp saya hnya bs 3g tkutny tdk ad sim card untuk 3g. Terimakasih ^^

    1. Halo mas Iko,

      Apa kabar? Semua tourist SIM Card di Thailand sudah 4G. Kalo di Don Mueang counter SIM Card yang resmi ada dari provider True Move aja. Harga semua tourist SIM Card 299 baht.

      Mustinya kalo HP 3G akan otomatis menyesuaikan ke jaringan 3G juga ya. Coba nanti tanya ke customer service operator telpon yang mas pake di Indonesia.

      Salam,
      Awan

  11. Oh yah, apa di Don Mueang ada free wifinya?

    Tempat yg ada free wifi di kota Bangkok bisa tolong dishare? Seperti MCD, dll?

    Thanks yah.

    1. Halo lagi,
      Di Don Mueang ada free wifi, tapi sinyal ngga merata, cuma di bagian2 tertentu aja. Sepertinya bagusnya di bagian tempat ambil bagasi. Kalau sudah keluar wifi ngga nyambung lagi. Kafe2 biasanya ada free wifi.
      Tapi praktisnya langsung beli SIM Card untuk turis yang 299 Baht aja, berlaku untuk seminggu.

      Salam,
      Awan

  12. Saya akhir bulan ini mau ke Bangkok untuk 2 hari, sampai di Don Mueang, kalau beli di 7 eleven atau Family mart apa ada Starter pack yg AIS atau DTAG seharga 49/50 baht itu?
    Itu lngsung bisa dipakai untuk SMS kan tak usah top up lagi?

    Mohon infonya 🙂

    1. Halo Goku,
      Tergantung keperluannya, apakah cuma untuk SMS aja?
      Kalau saya terus terang ngga pernah beli kartu yang jenis tersebut (harga 49/50 baht) di mini market. Karena pertama adalah kendala bahasa, kita akan susah minta info ke kasir di mini market dan juga starter pack-nya biasanya bahasa Thai. Jadi saya kurang tau juga pulsa yang untuk SMS itu berapa dan apakah harus top up lagi atau ngga?

      Saran saya kalau perlu juga data internetnya, langsung aja beli kartu yang untuk tourist. DTAC, AIS atau True Move semua punya produk tersebut seharga 299 Baht. Jadi bisa langsung pake untuk bbm dan Whatsapp. Cuma di Don Mueang terakhir saya lihat baru ada counternya True Move. Kalo mau praktis, tinggal datang ke counternya dan beli yang paket untuk turis itu.

      Salam,
      Awan

Leave a Reply