Transportasi Dari Bangkok Ke Phuket, Naik Bus, Kereta Atau Pesawat Udara

Awan Yulianto's picture
2 comment(s)

Phuket, memang merupakan salah satu tujuan wisata pantai terfavorit di Thailand. Propinsi yang berada di kawasan Laut Andaman ini memang memiliki pemandangan yang indah, perpaduan antara hutan tropis dan juga laut birunya yang indah dengan pasir putih halusnya serta lambaian pohon-pohon kelapa, tak heran jika Phuket menjadi destinasi liburan favorit tak hanya di Thailand, tapi juga di Asia. Keramahan masyarakat Thailand, akomodasi yang terjangkau dan kelezatan kulinernya, melengkapi kenyamanan para wisatawan berkunjung ke Phuket.

Phuket, memang merupakan salah satu tujuan wisata pantai terfavorit di Thailand.

Memang dari Jakarta ada penerbangan langsung dengan AirAsia ke Phuket, tapi kadang Bangkok menjadi tujuan utama, baru setelah itu melanjutkan perjalanan ke Phuket. Untuk transportasi dari Bangkok ke Phuket, kamu bisa memilih untuk naik bus, kereta api atau pesawat udara.

BUS DARI BANGKOK KE PHUKET

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan bus, perjalanan dari Bangkok ke Phuket akan memakan waktu sekitar 12 jam atau lebih. Yang paling banyak jadwal keberangkatannya adalah dari Southern Bus Terminal. Lokasinya sudah berpindah dari Sai Tai Mai Terminal, ke lokasi baru yaitu, Sai Tai Taling Chan (สายใต้ตลิ่งชัน).

- Tarif taxi dari daerah kota tua (sekitar Grand Palace atau Khao San Road) ke Sai Tai Taling Chan Bus Terminal, sekitar 150-200 Baht
- Bisa juga naik bus umum no. 511, yang lewat BTS Ratchathewi Station (daerah Phetchaburi) dan Democracy Monument (dekat Khao San Road)
- Atau dari Victory Monument bisa naik bus no. 515.

Southern Bus Terminal - Sai Tai Taling Chan (สายใต้ตลิ่งชัน)
Telpon: +66 2 894 6122

Jadwal Bus AC Ke Phuket Dari Southern Bus Terminal

- Bus AC Kelas VIP - Berangkat: 07.30/17.30/18.00/18.30/19.00
Harga Tiket: Sekitar 974 Baht.

- Bus AC Kelas 1 - Berangkat: 19.45
Harga Tiket: Sekitar 785 Baht.

- Bus AC Kelas 2 - Berangkat: 18.30 dan 19.45
Harga Tiket: Sekitar 625 Baht.

Bus dari Bangkok akan tiba di Phuket Bus Terminal di Thepkasatri Road.

Memang dari Jakarta ada penerbangan langsung dengan AirAsia ke Phuket, tapi kada

KERETA

Jika Anda memilih untuk naik kereta, memang tidak ada jalur kereta yang langsung dari Bangkok ke Phuket. Kereta dari Bangkok akan berangkat dari Hualamphong Station dan berakhir di Phun Phin Railway Station di Surat Thani dan Anda harus meneruskan perjalanan melalui darat dengan bus atau minibus selama kurang lebih 4 jam ke Phuket.

Untuk bus AC dari Surat Thani ke Phuket, bisa melihat jadwal dan pesan melalui The Phantip Company: phantiptravel.com
Harga tiket bus AC atau minibus Surat Thani - Phuket: 220 Baht.

Bisa langsung membeli tiket terusan, kereta dan bus di stasiun kereta Hualamphong, Bangkok. Tiket harus dibeli langsung dan tidak dijual secara online.

Untuk yang membawa kopor atau bagasi banyak atau berat, tentu ini akan sedikit menyulitkan, karena harus berganti transportasi dari kereta ke bus. Tapi keuntungannya adalah mungkin tidak akan selelah jika Anda naik bus langsung dari Bangkok, karena selama kurang lebih 12 jam harus duduk di kursi bus tersebut. Dengan naik kereta, Anda bisa memilih kereta malam yang memiliki tempat tidur (overnight sleeper train) dari Bangkok ke Surat Thani, dan paginya tinggal menyambung naik bus AC ke Phuket.

Tidak semua kereta memiliki fasilitas tempat tidur atau 1st Class. Semua kereta berangkat dari stasiun Hualamphong Berikut adalah nomor kereta dan jadwal perjalanannya:

* Kereta No. 43
Berangkat dari Hua Lamphong (Bangkok): 08.05
Tiba di Surat Thani: 16.30
Merupakan kereta Kelas 2 (2nd Class) - AC, hanya tersedia bangku saja
* Dari Surat Thani bisa sambung dengan bus ke Phuket, berangkat pukul: 17.30, atau bus VIP berangkat pukul: 17.00 (tiba di Phuket pukul 21.00).

* Kereta No. 167
Berangkat dari Bangkok: 18.30
Tiba di Surat Thani: 06.28
Merupakan kereta Kelas 2 dengan sleepers / tempat tidur, tersedia kelas AC dan Non-AC (fan), tempat duduk Kelas 2 dan Kelas 3
* Dari Surat Thani sambung dengan bus ke Phuket, berangkat pukul: 07.00.

* Kereta No. 85 (Express)
Berangkat dari Bangkok: 19.30
Tiba di Surat Thani: 07.16
Merupakan kereta yang paling lengkap. Ada Kelas 1 (sleepers), Kelas 2 dengan sleepers / tempat tidur, tersedia kelas AC dan Non-AC (fan), tempat duduk Kelas 2 dan Kelas 3
* Dari Surat Thani bisa sambung dengan bus ke Phuket, berangkat pukul: 09.00, atau bus VIP berangkap pukul: 08.00 (tiba di Phuket pukul 14.00).

Jadwal Kereta Kembali (Phuket - Bangkok)

Untuk kembali ke Bangkok dari Surat Thani, harap perhitungkan waktu perjalanan dari Phuket ke Surat Thani, yang memakan waktu sekitar 4 jam atau lebih.

Kereta No. 43
Berangkat dari Surat Thani: 10.40
Tiba di Bangkok: 19.45
*Dari Phuket ke Surat Thani paling lambat naik bus pukul 06.00

Kereta No. 168
Berangkat dari Surat Thani: 17.38
Tiba di Bangkok: 05.35
*Dari Phuket ke Surat Thani paling lambat naik bus pukul 12.00

Kereta No. 84
Berangkat dari Surat Thani: 21.04
Tiba di Bangkok: 08.35
*Dari Phuket ke Surat Thani paling lambat naik bus pukul 16.00

Informasi Kereta:
The State Railway of Thailand - 1690, (02) 223-7010, (02) 220-4444 (Reservasi)

PESAWAT UDARA

Ada lebih dari 20 jadwal penerbangan dari Bangkok ke Phuket setiap harinya, dengan AirAsia, Nok Air, Orient Thai, Bangkok Air atau Thai Airways. Semua penerbangan berangkat dari bandara Don Mueang, kecuali Thai Airways yang berangkat dari bandara Suvarnabhumi. Tentu saja jika Anda memilih Thai Airways harga tiketnya bisa tiga kali lipat dari maskapai penerbangan lainnya yang merupakan low cost carrier.
Durasi penerbangan adalah sekitar 1 jam 20 menit.

Pastikan jika memesan tiket, pilih yang non-stop flight, karena ada penerbangan yang harus transit dulu di Koh Samui, dan memakan waktu sekitar 45 menit, sehingga akan lebih lama tiba di Phuket.
Naik pesawat udara memang merupakan pilihan yang lebih mahal untuk harga tiketnya, namun merupakan alternatif yang paling nyaman untuk ke Phuket.

AirAsia: airasia.com
Nok Air: nokair.com
Orient Thai: flyorientthai.com
Bangkok Air: bangkokair.com/eng
Thai Airways: thaiairways.com

Demikianlah informasi transportasi dari Bangkok Ke Phuket, naik bus, kereta Atau pesawat udara, semua tergantung dari budget dan waktu yang Anda miliki. Selamat merencanakan perjalanan kamu ke Phuket.

Comments

Slm kenal, aku udh baca buku shorttrip bangkok, kebetulan aku lw nunggu prmo AA yang rute jkt bangkok, gmana se cara dapetin prmo AA, apa memang harus pake kartu kredit? Kedua, dimana tempat penginapan yang palinggggg murah khususus backapker.? Soale di buku blm terlalu lengkap,
Terimakasih

Halo mbak Afifah,

AirAsia secara reguler adain promo. Baru aja 2 minggu lalu mereka promo lagi. Jadi coba daftar untuk dapetin newsletter-nya via email. Pesan tiket AirAsia ngga cuma pake kartu kredit aja, tapi bisa bayar lewat ATM juga (coba browsing masuk ke situsnya).

Penginapan paling murah, bisa coba browsing sendiri mbak, bandingin harga. Coba cek2 di Agoda.com. Yang semalam Rp. 100 ribuan juga ada, untuk yang kamar dormitory/campur. Bisa baca2 juga untuk penginapan murah di sekitar Khao San Road ini ya: http://goo.gl/diBTeV

Salam,
Awan

Hai traveler! Galau nyari info liburan tujuan wisata idaman?
Tanya-Jawab info seputar traveling di http://travelawan.com/forum
Registrasi? http://travelawan.com/user/register

Add new comment