Wisata ke Ha Long Bay, Vietnam dan Menginap di Kapal Junk Boat

0 comment(s)

Ha Long Bay atau bagi masyarakat Vietnam dikenal dengan nama Vinh Ha Long, bagaikan magnet yang menarik jutaan wisatawan mancanegara setiap tahunnya untuk datang bertandang. Keindahan teluk ini menjadi kisah yang mungkin sering kita dengar dari teman dan kerabat, namun untuk menikmati keelokannya secara langsung, menjadi impian yang patut Anda wujudkan.

Perjalanan dari Hanoi menuju teluk ini memakan waktu sekitar 3,5 jam. Kelelahan menempuh jarak sekitar 170 km, tersapu seketika dengan keindahan pemandangan yang disajikan hamparan teluk yang terdiri dari hampir 2.000 pulau batu kapur ini.

Ha Long Bay atau bagi masyarakat Vietnam dikenal dengan nama Vinh Ha Long, bagai
Ha Long Bay, bagaikan magnet yang menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya

Keindahan teluk ini menjadi kisah yang mungkin sering kita dengar dari teman dan

Teluk Ha Long, yang sebenarnya memiliki arti naga yang sedang turun (bukit-bukit kapur yang tersebar berjajar ini memang menyerupai bentuk punggung naga yang sedang merambat turun ke bumi), dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs World Heritage sejak 1994. Tidak salah jika Anda masukkan Ha Long Bay ke dalam daftar salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.

Teluk Ha Long, yang sebenarnya memiliki arti naga yang sedang turun (bukit-bukit
Bukit-bukit kapur ini memang menyerupai naga yang merambat turun ke bumi

Ha Long Bay memberikan guratan pengalaman tak terlupakan. Berlayar diantara leku
Pengalaman tak terlupakan di Ha Long Bay, terjun ke air untuk berenang

Anda bisa mengambil tour satu hari penuh (pergi-pulang, tanpa menginap) atau juga bisa memilih untuk merasakan pengalaman unik menginap di junk boat, mulai dari satu malam sampai beberapa malam.

Menginap Semalam di Junk Boat Phoenix Cruiser di Ha Long Bay

Menginap Semalam di Junk Boat Phoenix Cruiser di Ha Long Bay

Kebetulan pada saat memesan hotel di Hanoi, saya ditawarkan juga paket tour untuk ke Ha Long Bay dan menginap semalam di atas junk boat yang berlayar di teluk tersebut. Untuk paket ini, per orang dikenakan biaya US$100. Kebetulan pada saat itu saya pergi berdua, kami mendapatkan sebuah kamar yang bagai hotel berbintang di atas junk boat bernama Phoenix Cruiser.

Untuk paket ini, per orang dikenakan biaya US00. Kebetulan pada saat itu saya

Paket wisata ini sudah termasuk transportasi pergi-pulang dari Hanoi ke Ha Long Bay, kamar, makan, tour guide berbahasa Inggris, peralatan snorkling dan kayak, serta sudah termasuk pajak dan service charge. Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah untuk minuman selama di kapal (selain air putih) dan juga tips.

Hari 1: hanoi – Ha Long Bay
Penjemputan di hotel dilakukan antara pukul 7.30 – 8.30 pagi, dan seperti tadi sudah saya ceritakan di muka, perjalanan ke Ha Long Bay memakan waktu sekitar 3,5 jam. Siang hari, sekitar pukul 12.00 kami tiba di dermaga di Ha Long City. Dari situ selanjutnya dibawa menaiki kapal motor kecil menuju ke junk boat tujuan. Satu kapal biasanya berisi sekitar 20-30 orang, tergantung jumlah kamar yang tersedia. Sementara untuk tour lebih dari satu malam biasanya menggunakan kapal besar yang bisa memuat lebih banyak lagi penumpang.

Penjaja makanan dan minuman yang siap mendatangi kapal para wisatawan di seputar
Menjajakan makanan dan minuman dengan sampan di seputar Ha Long Bay

Sambil makan siang kami berlayar melewati beberapa bukit kapur yang menarik, seperti Dog Rock, Incense Burner Rock, Fighting Cock Rock, dan kemudian menuju ke Sung Sot Cave. Setelah itu mengunjungi rumah-rumah terapung yang ditinggali para nelayan setempat, dan juga bermain kayak di daerah sekitar Luon Cave yang tenang. Pemandu wisata membawa kami berkayak melewati tebing-tebing indah di seputar teluk ini, sungguh suatu pengalaman yang mengesankan.

Salah satu bukit kapur yang berbentuk unik di Ha Long Bay
Salah satu bukit kapur yang berbentuk unik di sekitar Ha Long Bay

Junk boat kemudian akan bersauh di bagian yang tenang, dan kemudian para penumpang bisa menikmati sore sambil berenang menikmati segarnya air teluk ini. Tentu ini dapat dilakukan jika Anda berkunjung bukan pada musim dingin. Setelah makan malam, hal paling mengasyikkan adalah berbincang dan berbagi cerita dengan para traveler lain sambil memandangi bintang-bintang di atas deck kapal.

Hari 2: Ha Long Bay – Hanoi
Setelah sarapan, kapal kembali berlayar ke bagian lain dari teluk ini, melihat pemandangan yang spektakuler di sekitar teluk dan juga mengunjungi pulau kecil dan gua-gua indah yang berisi stalaktit dan stalagmit, seperti di Drum Cave, Man's Head Islet, Turtle Islet and Fairman's Cave. Kemudian kami juga mengunjungi perkampungan nelayan Van Gia, yang merupakan pemukiman nelayan terapung yang terbesar di Ha Long Bay. Oh ya, kami juga sempat mendapatkan kursus kilat untuk membuat lumpia khas Vietnam, dimana kemudian lumpia tersebut di sajikan untuk dinikmati bersama. Sebelum balik ke Hanoi, kami sempat berenang lagi di sebuah pantai kecil yang indah di teluk ini.

Pelajaran membuat lumpia Vietnam di atas junk boat tempat menginap
Pelajaran membuat lumpia Vietnam di atas junk boat tempat menginap

Ha Long Bay memberikan guratan pengalaman tak terlupakan. Berlayar diantara lekuk-lekuk bukit kapur, terjun ke air untuk berenang atau sambil bermain kayak. Sementara bila malam tiba, menikmati hamparan jutaan bintang yang menggantung di langit dari atas deck kapal adalah suatu pemandangan yang tidak setiap hari bisa Anda dapatkan.

Sementara bila malam tiba, Anda bisa menikmati hamparan jutaan bintang yang meng
Menikmati langit senja dari atas deck kapal, sambil menyusuri Ha Long Bay

Wisata ke Ha Long Bay, Vietnam dan Menginap di Kapal Junk Boat

No comments yet

Add new comment