Dim Sum Halal Hong Kong di Islamic Centre, Wan Chai

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Wisata ke Hong Kong, Cicipi Dim Sum Halal Islamic Centre Canteen

Mungkin kamu juga sudah pernah dengar tentang Dim Sum Halal yang terkenal di Hong Kong. Kabarnya ini adalah Dim Sum Halal satu-satunya di kota ini. Mumpung lagi wisata ke Hong Kong, jangan lupa ya untuk mencicipinya! Lokasinya ada di daerah Wan Chai, di Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Islamic Centre Canteen ini ada di lantai 5 gedung yang juga merupakan salah satu masjid di Hong Kong. Khusus untuk Dim Sum-nya hanya disajikan dari jam 10 pagi sampai 3 sore (Minggu dan Hari Libur buka dari jam 9 pagi). Kalau malam, mereka juga buka tapi menyajikan menu masakan Cantonese. Nah, katanya juga merupakan satu-satunya Cantonese food yang halal di Hong Kong. Untuk makan malam buka dari jam 6 sore sampai 9 malam.

Dim Sum yang disajikan sangat variatif dan enak semua! Kata teman saya yang non-Muslim, rasa Dim Sum di sini bahkan lebih enak dari Dim Sum lainnya di Hong Kong yang non-halal. Begitu kita masuk ke kantin ini, di sebelah kanan sudah nampak satu box kaca dengan pemanas, yang memajang Dim Sum yang digoreng. Di sampingnya kita bisa langsung memilih dari tumpukan wadah Dim Sum yang menggunung. Sambil menelan air liur, kami langsung kalap memilih sekitar 6 wadah, yang seporsinya seperti biasa, berisi 3 buah Dim Sum.

Osman Ramju Sadick Islamic Centre, tempat Dim Sum halal berada
(Osman Ramju Sadick Islamic Centre, tempat Dim Sum halal berada)

Rata-rata harganya sekitar HK$11-17. Yang paling murah adalah yang berbentuk seperti bakpau, diantaranya Chicken and Black Musroom Buns, Red Bean Paste Buns dan Butter Egg Cake. Untuk dumplings-nya harga mulai dari HK$15 per porsi. Kami pun langsung melahap Steamed Siu Mai with Chicken, Steamed Beef Balls, Steamed Soybean Sheet with Chicken and Vegetable, dan beberapa jenis Dim sum lainnya. Tidak lupa kami juga pesan dua macam nasi goreng, Fried Rice with XO Sauce yang agak pedas, dan Chicken and Salty Fish Fried Rice yang super yummy! Masing-masing seporsinya HK$35. Cukup murah untuk ukuran makanan di Hong Kong.

Sementara menu-menu Cantonese lainnya juga bisa kamu pesan mulai jam 11 siang, selain untuk makan malam. Mulai dari masakan mie, seafood, berbagai jenis masakan sayuran, telur, ayam dan daging, bisa jadi pilihan. Jangan lupa coba Deep Fried Squids with Pepper and Salt, alias cumi lada dan garam, atau bisa coba Deep Fried Crispy Tofu with Spicy Salt. Harga untuk menu-menu utama ini sekitar HK$31-66. Dengan tambahan minum Milk Tea dan Milo dingin, acara nge-Dim Sum ini makin nikmat!

Suasana di Islamic Centre Canteen, yang selalu ramai pengunjung
(Suasana di Islamic Centre Canteen, yang selalu ramai pengunjung)

Pengunjung pun selalu ramai, walau sudah lewat dari waktu makan siang. Umumnya adalah warga Hong Kong yang Muslim dan juga para wisatawan dari mancanegara yang sudah mendengar tentang kelezatan Dim Sum Islamic Centre Canteen ini. Tempat ini sendiri dibuka oleh seorang China-India Muslim, Jaman Markar sejak tahun 2005. Dia memang bertekad ingin mendirikan kantin halal, dengan menu utama Dim Sum yang memang sangat populer di Hong Kong. Jangan lupa untuk mencicipi Dim Sum halal ini saat kamu wisata ke Hong Kong ya!

Peta di stasiun MTR Causeway Bay, No. 71 adalah lokasi Islamic Centre
(Peta di stasiun MTR Causeway Bay, No. 71 adalah lokasi Islamic Centre)

Islamic Centre Canteen
5/F., Osman Ramju Sadick Islamic Centre
40 Oi Kwan Road, Wan Chai
Tel: +852 2834 8211

Cara Menuju ke Osman Ramju Sadick Islamic Centre
Walau ada di sekitar Wan Chai Road, tapi stasiun MTR paling dekat adalah Causeway Bay Station. Ambil Exit A, dimana akan membawa kita ke bagian bawah mal Times Square. Di sini jalur keluar akan terpecah lagi, bisa pilih Exit B2, atau jalan keluar lainnya yang menuju ke pelataran utama Times Square.

Di kiri jalan ada Volkswagen Centre, dan di kanan plang Apartemen 238
(Di kiri jalan ada Volkswagen Centre, dan di kanan plang Apartemen 238)

Dari pelataran ini, belok kiri ke arah Russell Street sampai ketemu flyover. Jalan melalui bagian bawah flyover tersebut, lurus menuju ke Bowrington Road Market, sampai ketemu perempatan Tin Lok Lane dan Wan Chai Road, jalan menuju Wan Chai Road. Sebagai patokannya di bagian kiri jalan ada showroom Volkswagen Hong Kong Centre dan di kanan ada plang 238 Apartment. Jalan sampai ketemu Charterhouse Hotel di sebelah kiri jalan, masuk melalui parkiran mobilnya, yang bisa tembus ke Oi Kwan Road tempat Osman Ramju Sadick Islamic Centre berada.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

2 comments

  1. Hallo Pak Awan dan rekan-rekan lainnya,

    Adakah yang bisa membantu saya memberikan rekomendasi kuliner lainnya untuk dinner dan breakfast di wilayah Wan Chai?
    Saya berencana akan menginap di Novotel Century, Wan Chai…
    Inginnya sih menikmati makanan-makanan khas hong kong yang gak pake mahal hehehehhehe…

    terima kasih

    1. Semoga kawan2 lain bisa kasih referensi juga ya 🙂

      Mbak, di Wan Chai kalo mau cek2 nanti jalan ke Star Street deh, lokasinya persi di samping pintu keluar mall Pacific Place 3. Di situ banyak restoran dan tempat ngopi yang hits. Bisa dicoba.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar