Wisata Murah ke Bangkok!

2 comment(s)

Wisata murah ke Bangkok? Siapa yang tidak mau?! Sejak kembali lagi mengunjungi Bangkok di tahun 2005 (sebelumnya, terakhir kali saya ke Bangkok adalah waktu masih berusia belasan tahun bersama keluarga), kota ini menjadi salah satu tujuan liburan favorit saya! Ada saat dimana saya bisa berkunjung ke Bangkok tiga kali dalam setahun. Semua ini berkat tiket promosi dari budget airlines dan tentunya biaya hidup yang sangat terjangkau selama di Bangkok.

Wajar kalau Bangkok termasuk salah satu tempat tujuan wisata paling favorit di dunia. Selain harga tiket yang terjangkau untuk terbang kesini, kenyamanan transportasi, keramahtamahan masyarakat Thailand dan segala sesuatu yang cenderung murah mulai dari harga makanan sampai urusan belanja, menarik wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

Wisata murah ke Bangkok? Siapa yang tidak mau?!  Wat Phra Kaew (Temple of Emeral

Bagi saya, yang membuat kunjungan ke Bangkok nyaman adalah transportasi umumnya. Kota ini dulu juga mengalami masalah kemacetan seperti Jakarta. Sekarang pun kemacetan masih menghiasi sisi-sisi kota, tapi yang membedakan adalah Bangkok kini sudah memiliki kereta bawah tanah (MRT) dan juga BTS (Bangkok Mass Transit System) atau biasa disebut SkyTrain... melayang di atas kemacetan Bangkok, menghubungkan tempat-tempat wisata dan belanja. Disamping juga transportasi sungai, kapal-kapal Chao Phraya River Express yang siap membawa kita ke berbagai tujuan di sepanjang Chao Phraya.

BTS / SkyTrain yang siap menembus Bangkok

Wisata Murah ke Bangkok!

Walau sering 'bolak-balik' ke kota ini, saya belum juga sempat menulis tentang Bangkok. Mungkin karena terpikir sudah banyak yang menjelajahi Bangkok, jadi sepertinya tidak perlu lagi memberikan review. Tapi kemudian saya teringat, salah satu kenikmatan dari traveling adalah kalau kita bisa berbagi cerita dan pengalaman perjalanan kita tersebut. Bisa jadi kita mengunjungi tempat yang sama, tapi masing-masing memiliki pengalaman dan melihat dari sudut pandang yang berbeda. Bicara tentang Bangkok... pasti banyak sekali yang bisa dituangkan! Tapi di kesempatan ini saya akan cerita sedikit tentang transportasi dan tempat menginap di kota yang menjadi rumah bagi lebih dari 400 kuil ini, sedikit tips untuk para budget traveler seperti saya.

TRANSPORTASI UMUM

Kini sangat mudah untuk menjelajahi Bangkok dengan transportasi umum, seperti sudah saya ungkap di atas. Dari saat mendarat di airport Suvarnabhumi, transportasi untuk menuju ke pusat kota bisa dipilih sesuai budget. Paling mudah memang langsung naik taxi, dimana kita tinggal mengantri di counter khusus di luar pintu kedatangan (Exit 4 dan Exit 7). Ada surcharge sebesar 50 Baht, yang nantinya biaya tersebut kita bayarakan ke pengemudi taxi, ditambah dengan biaya argo dan tiket tol.

Naik taxi sangat efektif jika bepergian dalam group (3-4 orang). Namun jika hanya traveling sendiri atau berdua dan ingin transportasi yang lebih murah, paling enak naik kereta bandara, Airport Rail Link yang mulai beroperasi sejak Agustus 2010. Info lengkapnya tinggal klik: www.bangkokairporttrain.com

Ada dua pilihan kereta yang akan membawa kita ke tengah kota:

Express Service (non-stop)
Dari bandara kereta akan menuju ke Makassan Station, dimana kita bisa menyambung dengan MRT (kereta bawah tanah) di Phetchaburi Station. Atau ke stasiun terakhir, Phaya Thai, untuk koneksi dengan BTS / SkyTrain. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit. Harga tiket 90 Baht sekali jalan atau 150 Baht (PP).

City Line
Kereta ini akan berhenti di setiap stasiun sepanjang bandara menuju Phaya Thai Station. Tiket sekali jalan 45 Baht, perjalanan akan memakan waktu sekitar 25-30 menit. Kereta berangkat setiap 15 menit.

Catatan:
Jika memilih naik kereta City Line bisa jadi pada jam-jam sibuk (saat pergi/pulang kantor) kereta ini menjadi sangat penuh karena juga merupakan kereta commuter.

Sejak 1 Oktober 2012 AirAsia memindahkan operasinya ke Bandara Don Muang. Untuk informasi transportasi dari Don Muang bisa lihat di tulisan saya "AirAsia Pindah Rumah ke Don Muang".

PENGINAPAN

Alasan lain saya sangat menyukai Bangkok adalah karena kita bisa menemukan akomodasi yang terjangkau. Dari hotel bintang lima hingga hostel, antara fasilitas yang ditawarkan dan harga sangat sebanding. Kadang sebagai budget traveler kita juga menyediakan dana ekstra untuk menginap di hotel yang lebih nyaman, jadi tergantung dari budget yang kamu persiapkan. Berikut adalah beberapa hotel tempat saya pernah menginap, yang mungkin bisa dijadikan pilihan pada saat mengunjungi Bangkok nanti.

Dusit Thani Bangkok Hotel
Website: www.dusit.com/dusit-thani/dusit-thani-bangkok.html
Kategori: Bintang Lima ( ***** )
Salah satu hotel favorit saya di Bangkok, karena lokasinya yang sangat strategis. Terletak di seberang Lumpini Park, di daerah Silom (pusat hiburan malam - Patpong). Strategis karena di depan hotel ini juga terdapat stasiun MRT (Silom Station) dan BTS (Sala Daeng Station), yang siap membawa kita berkeliling Bangkok.
Harga termurah sekitar USD 185 / malam (Agoda.com - Agustus 2012)

Kamar di Holiday Inn Express Siam

Holiday Inn Express Siam
Website: www.hiexpress.com
Walaupun menyandang nama express, tapi fasilitasnya cukup lengkap. Merupakan salah satu hotel baru di Bangkok dengan desain modern dan elegan. Lokasinya tidak jauh dari MBK Shopping Center dan daerah Siam. BTS National Stadium cuma berjarak sekitar 5 menit jalan kaki.
Harga sekitar USD 75 / malam (Agoda.com - Agustus 2012)

Glow Trinity Silom Hotel
Website: http://silom.glowbyzinc.com
Kategori: Bintang Empat ( **** )
Hotel ini menjadi favorit saya karena terletak di bagian daerah Silom yang tidak terlalu ramai. Di dekat hotel ini dapat temukan pasar tradisional yang menjual beragam jajanan khas Thailand, banyak mini market, dekat dengan McDonald's yang buka 24 jam dan tinggal jalan kaki ke stasiun BTS Chong Nonsi.
Harga termurah sekitar USD 60 / malam (Agoda.com - Agustus 2012)

Salah satu kamar di Take A Nap

Take A Nap
Website: www.takeanaphotel.com
Kategori: Hostel
Hostel dengan konsep yang sangat menarik ini menyenangkan untuk dijadikan tempat menginap. Semua kamar mempunyai tema yang berbeda, ditandai dengan warna dan graffiti yang ada di dinding-dindingnya. Beberapa kamar memang terkesan terlalu ramai, jika tidak suka bisa coba browsing dan pilih tema kamar yang lebih kalem, seperti suasana pantai mungkin? Untuk mengetahui harga dan juga tema dari kamar-kamarnya, silahkan langsung berkunjung ke website mereka. Enaknya disini juga tersedia kamar untuk 1 orang dan juga dormitory. Jadi jika traveling sendiri, bisa mendapatkan harga kamar yang lebih murah.
Harga kamar sekitar USD 30 / malam, Dormitory sekitar USD 12 / orang.

Tinggal pilih, mana yang sesuai dengan anggaran. Untuk pilihan lainnya tentunya bisa browsing melalui situs-situs travel atau hotel untuk membaca review dan rekomendasi, seperti Tripadvisor.com, Agoda.com, Hostelworld.com dan banyak lagi. Selamat merencanakan liburan Anda ke kota yang eksotis ini!

Suvarnabhumi International Airport

Wisata Murah ke Bangkok!

Comments

Add new comment

TravelAwan

Travel Awan on Google
Travel With Awan | Travel Blog | Budget Travel | Travel Photos | Travel Tips