Wisata Murah Bangkok, Keliling Naik BTS (SkyTrain)

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

Wisata Murah Keliling Bangkok Dengan Naik BTS / SkyTrain

Bangkok adalah termasuk kota yang menyenangkan untuk dijelajahi bagi para budget traveler. Walau kemacetan juga terjadi setiap hari pada jam-jam sibuk di kota ini, namun Anda tak perlu khawatir berkat adanya BTS (Bangkok Mass Transit System) atau juga dikenal dengan nama SkyTrain, kereta yang memiliki jalur rel di atas. Kereta ini dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak layaknya kereta biasa, berbeda dengan monorail yang ada di Kuala Lumpur yang hanya terdiri dari dua gerbong saja.

Boleh dibilang BTS / SkyTrain ini adalah solusi yang paling tepat untuk mengeksplorasi Bangkok. Tempat-tempat wisata utama dan juga pusat perbelanjaan yang populer. Untuk tempat-tempat yang tidak dilalui BTS, juga bisa tersambung dengan MRT, angkutan sungai (Chao Phraya Express Boat), yang akan saya bahas juga di artikel lain di website ini dan BTS juga terkoneksi dengan Airport Rail Link, kereta yang dapat membawa Anda langsung ke bandara Suvarnabhumi.

Bangkok adalah kota yang menyenangkan untuk dijelajahi bagi para budget traveler

Peta BTS / SkyTrain di Bangkok

BTS / SkyTrain di Bangkok terdiri dari 2 jalur. Jalur pertama adalah Sukhumvit Line, dari Mo Chit ke Bearing dan jalur kedua adalah Silom Line, dari National Stadium ke Bang Wa.

Boleh dibilang BTS / SkyTrain ini adalah solusi yang paling tepat untuk eksplora

* Koneksi dengan MRT ada di stasiun Sala Daeng (jalan ke stasiun MRT Silom), dan di stasiun Asok (jalan ke stasiun MRT Sukhumvit)
* Koneksi dengan Chao Phraya Express Boat ada di stasiun Saphan Taksin
* Koneksi dengan Airport Rail Link ada di stasiun Phaya Thai

Cara Membeli Tiket dan Harga Tiket BTS

Tiket BTS yang biasa digunakan oleh para traveler yang mengunjungi Bangkok adalah Single Journey Ticket dan One Day Pass.

One Day Pass ini akan menguntungkan jika pada hari tersebut memang Anda merencan

Single Journey Ticket
– Berlaku untuk sekali jalan
– Dapat dibeli di mesin tiket yang tersedia di setiap stasiun BTS
– Harga tiket antara 15 – 52 Baht, tergantung jarak tujuan
– Mesin hanya menerima koin Baht
– Jika Anda tidak memiliki koin, bisa tukarkan ke petugas di loket
– Setelah Anda masuk melalui pintu otomatis, simpan tiket
– Untuk keluar di stasiun tujuan, masukkan tiket pada slot yang ada di pintu otomatis

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan mesin tiket ini, caranya sangat mudah. Di samping mesin ada peta stasiun-stasiun BTS berikut harga untuk tiket di sampingnya. Misalnya Anda ingin menuju ke stasiun Mo Chit dan harga di sampingnya tertera 45 Baht, Anda tinggal mencari tombol di mesin yang bertuliskan angka 45, pencet hingga lampu di angka tersebut menyala dan masukkan koin ke slot di mesin sejumlah 45 Baht atau 50 Baht (mesin akan memberikan uang kembali).

BTS / SkyTrain di Bangkok terdiri dari 2 jalur. Jalur pertama adalah Sukhumvit L

One Day Pass
– Tiket dapat dibeli ke petugas di loket stasiun BTS
– Harga tiket 140 Baht
– Berlaku untuk penggunaan BTS tanpa batas pada hari pembelian tiket
– Dapat digunakan sampai pukul 24.00 pada hari pembelian tiket tersebut

One Day Pass ini akan menguntungkan jika pada hari tersebut memang Anda merencanakan untuk keliling Bangkok dengan BTS. Tapi jika Anda berniat untuk berbelanja, misalnya, atau menghabiskan banyak waktu di satu tempat tertentu, lebih baik membeli Single Journey Ticket saja karena bisa jadi jatuhnya akan lebih murah.

Satu lagi jenis tiket yang tersedia adalah 30-Day SmartPass, yang berlaku selama 30 hari dan sepertinya kurang sesuai untuk traveler yang mengunjungi Bangkok hanya dalam waktu singkat. Tapi jika Anda berminat, harga SmartPass ini:

• 15 trips 375 Baht (25 Baht/sekali jalan)
• 25 trips 575 Baht (23 Baht/sekali jalan)
• 40 trips 840 Baht (21 Baht/sekali jalan)
• 50 trips 1,000 Baht (20 Baht/sekali jalan)

Anda akan dikenakan juga harga kartu sebesar 30 Baht, diluar tarif di atas. Kartu berlaku selama 5 tahun. Namun jika Anda mengisi ulang kartu, maka masa berlaku jumlah isi ulang tersebut adalah 30 hari setelah itu.

Selamat berkeliling Bangkok dengan menggunakan BTS / SkyTrain. Transportasi yang nyaman dan aman, serta bebas macet. Selamat menikmati liburan Anda di Bangkok.

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

16 comments

  1. Halo kak mw tnya..kl naik BTS tuker koin dulu trs pilih rute baru dpt tiket utk single journy?? Ato beli tiket dulu baru tuker koin trs pilih tujuan???

    1. Halo mbak Rima,
      Maaf ya baru bisa balas2 pertanyaan lagi… di BTS tukar uang dulu di loket & nanti baru beli tiket single journey di mesin ya.

      Salam,
      Awan

  2. hallo, saya besok mau ke thailand cm berdua sama Mama saya. repot gak si untuk pertama kesana dan pergi tanpa travel manapun?
    terus, untuk BTS daily, kalo 2 org yg naik, harus beli 2 kartu, atau 1 kartu bisa dipakai berdua?

    1. Halo mbak Maria, maaf sekali ya saya baru bisa cek2 email dan balas. Semoga jalan2 ke Thailand-nya kemarin lancar. Mudah2an di lain waktu saya bisa jawab kalo ada pertanyaan2 lagi 😊

      Salam,
      Awan

      1. It’s okay. Kemarin liburannya super lancar dan super mudah ternyata naik BTS nya. Ke pattaya naik bus juga gampang banget. Thankyou ✌

        1. Malam sis mau tnya dong, sy jg bulan dpn rncana mau lburan ksna, n ini prtama x ksna juga
          Klo disana utk komunikasi nya susah gk ya? Kebanyakan pkai bahasa ap? Hehe

          1. Halo mbak Fany,
            Yang pasti komunikasi pakai bahasa Inggris, ngga semua orang Thailand bisa atau lancar bicara Inggris. Tapi ya harus sabar2 dan tanya ke yang bisa 🙂 Ngga susah kok, anggap aja salah satu keseruan dan pengalaman traveling.

            Salam,
            Awan

          2. Disana rata2 pakai bahasa inggris sm mandarin sih kalau saya hehe.
            Ada bbrpa yg inggris ga paham, jd pakai mandarin bisa. Tp kl 2 2 nya gabisa, cuma untuk sekedar beli2 barang sih aman kok. Tenang saja 😎

  3. Halo mas salam kenal. Saya mau tanya, untuk 30-day smart pass itu sebenarnya lebih menguntungkan ketimbang saya harus beli single journey ticket ngga ya? Mengingat harga per trip nya si BTS ini berbeda fare nya (walaupun 30 day smart pass di patok dengan harga @25bath/trip), karena saya kebetulan akan stay 7 hari di Bangkok.

    Selain itu, 30-day smart pass nya itu terhubung dengan MRT ngga ya? saya lupa karena terakhir saya ke Bangkok seinget saya BTS & MRT itu ga connected ya.. atau gimana? Hehe mohon bantuannya 😀

    Oiya, kalau naik uber / grabcar dari Don Mueang boleh ngga sih? kalau di soetta kan dilarang tuh hehe soalnya saya pisah flight sama temen saya dan dia kebetulan di suvarnabhumi.

    1. Halo mbak Annisa,

      Kalo emang bakal naik BTS sering dan cuma di Bangkok 7 hari, mendingan beli daily pass aja. Seharinya cuma 140 baht.

      MRT beda lagi tiket/pass-nya. Mereka jual yang daily, 3 harian dan kayanya ada yang untuk 7 hari.

      Coba aja mbak utk pesan Grab/Uber dari DMK. Saya selama ini selalu naik taxi resmi atau kalo sendiri naik shuttle bus ke stasiun BTS Mo Chit. Kurang tau juga apa mereka mau terima order dari bandara. Semoga bisa ya 😊

      Salam,
      Awan

      1. Halo mas, mau tanya donk.. misal saya dari BTS national stadium mau ke BTS Mo chit.. itu kan beda jalur ya.. itu tiket nya satu kali beli langsng tujuan mo chit, di siam cuma pindah jalur aja.. atau tiket beli sndiri” dri national stadium-siam, siam-mochit..
        Makasih

        1. Halo Arum,
          Betul sekali, beli tiket ke Mo Chit station dan di Siam cuma ganti kereta/jalur aja ya.

          Salam,
          Awan

          1. Siang mas… maaf nanya lagi donk.. klo dari BTS saphan Taksin ke National stadium perlu pindah jalur gak di siam nya?? Kan sama” silom line nya… mohon pencerahan nya..

            Makasih

          2. Halo mbak Arum,

            Ngga perlu ganti kereta di Siam kok, National Stadium itu satu stasiun setelah Siam. Nanti kalo liat petanya akan lebih jelas 🙂

            Salam,
            Awan

Leave a Reply