Wisata Singapura, Jalan Hemat Pakai Singapore Tourist Pass Plus

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking agoda tanpa kartu kredit? Klik disini

Kali ini ada seorang #KAwan kita yang menyumbangkan tulisan dari hasil jalan-jalannya ke blog TravelAwan. Tietie Utie beberapa waktu lalu sempat berwisata ke Singapura dan coba memakai kartu Singapore Tourist Pass Plus. Apa aja sih keuntungannya kalau kita beli kartu ini? Apa bedanya dengan kartu EZ-Link yang juga lazim digunakan di Negeri Singa ini? Yuk, langsung kita baca infonya!

* * * * * * *

Wisata Singapura, Jalan-Jalan Hemat Dengan Singapore Tourist Pass Plus

Oleh: Tietie Utie

Halo, saya sudah balik nih dari Singapore dan mau berbagi cerita tentang pakai Singapore Tourist Pass Plus (STP+) kemarin. Jadi saya beli STP+ seharga SGD 30 yang dapat bonus naik FunVee Bus sama naik Bubble Jet Boat. Ini saya ceritain satu per satu ya…

Wisata Singapura, Jalan-Jalan Hemat Dengan Singapore Tourist Pass Plus

FunVee Open Top Bus
Sebenarnya untuk FunVee Bus ini ada 3 rute (Green, Red dan Orange). Khusus bonus dari STP+ ini kita cuma bisa nikmatin yang Orange Route aja, ngga bisa milih. Tapi lumayan lah, gratis!

Jalurnya via Marina Bay Sands > Gardens by the Bay > Marina Barrage > Chinatown > Little India > Kampong Glam > Arab Street. Starting point-nya dari Singapore Flyer, jangan lupa untuk naik bus ini tunjukin STP+ kita. Saat naik FunVee Bus, nanti kita bisa turun di bus stop mana saja yang sesuai rute, trus nanti kita juga bisa naik dari bus stop mana saja sesuai rute, untuk melanjutkan perjalanan kita, istilah kerennya ‘hop on hop off‘.

Rute Orange (EA) ini namanya FunVee Marina & Heritage Hopper, berangkat setiap 1 jam sekali, antara jam 10.45-16.45 setiap harinya.

Bubble Jet Boat
Jika naik Bubble Jet Boat ini, kita akan diajak menyusuri Singapore River. Waktu itu saya naik dari Clarke Quay. Untuk kesana, kita bisa naik MRT menuju Clarke Quay Station, cari Exit E, terus keluar stasiun dan belok ke arah kiri. Nanti sebelum jembatan di jalan raya yang menyeberangi sungai, kita belok ke arah kiri menyusuri pinggiran sungai. Disitu nanti banyak orang yang duduk-duduk buat nikmatin suasana di Clarke Quay. Stand Bubble Jet Boat ada di sekitar situ. Untuk naik, kita tinggal nunjukin STP+ saja. Karena waktu itu saya dan teman-teman mau foto-foto di Merlion Park, jadi kita turun di Clifford Piers yang terdekat dengan Merlion Park.

Bubble Jet Boat beroperasi setiap hari dari jam 9 pagi sampai 11 malam (pemberangkatan terakhir jam 10 malam). Durasi keberangkatan setiap 15-20 menit sekali.

Ini cerita saya tentang ‘bonus’ kalau kita pakai Singapore Tourist Pass Plus ya. Sementara tentang kartu STP sendiri, ini adalah kartu EZ-Link versi spesial, dimana bisa kasih kemudahan buat turis untuk nikmatin jalan-jalan naik transportasi bus umum, MRT dan LRT tanpa batas, selama masa berlaku kartu. Sekarang ke Singapore ngga harus mikirin biaya transportasi lagi, beli kartu Singapore Tourist Pass Plus bakalan memudahkan acara jalan-jalan kita!

Follow Line@ @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

4 comments

    1. Halo mbak Felisia,

      Bisa beli di petugas di stasiun2 MRT besar, seperti Changi Airport, HarbourFront, Esplanade, City Hall, Chinatown, Bugis dan banyak lagi. Lengkapnya bisa cek di link ini: thesingaporetouristpass.com.sg/get-singapore-tourist-pass/

      Salam,
      Awan

Leave a Reply