Hong Kong

TravelAwan - Budget Travel, Travel Photos, Travel Tips

Buku travel Hong Kong adalah bagian di website TravelAwan yang membahas segala sesuatu tentang Hong Kong, negara yang setelah diserahkan kembali oleh Inggris kepada Cina pada 1 Juli 1997, maka resmi menjadi Daerah Administratif Khusus. Satu lagi Daerah Administratif Khusus yang menjadi bagian dari Cina adalah Macau, yang terletak tidak jauh dari Hong Kong.

Kita mengenal Hong Kong sebagai sebuah kota yang memiliki gedung-gedung pencakar langit yang megah, namun ternyata sebagian besar daerah Hong Kong masih merupakan daerah hijau yang asri, menjadi tempat yang mengasyikkan untuk dijelajahi. Di buku travel Hong Kong ini, Anda akan dapat mengenal lebih banyak seputar tempat-tempat yang wajib dikunjungi selama Anda berada di Hong Kong. Juga travel tips seputar budget travel di Hong Kong dan koleksi foto di travel photos website TravelAwan.

TravelAwan
Hanya Untuk Keperluan Order buku panduan wisata "Shortrip Bangkok - Pattaya" dan "Happy Shopping HONG KONG" Add PIN BB 22075C3A

Instant registration http://travelawan.com/user/register
Kunjungi forum diskusi travelawan di http://travelawan.com/forum

Facebook
http://facebook.com/TravelAwanDotCom

Group Email Addresses
http://groups.yahoo.com/group/TravelAwan

Kaskus ID TravelAwan

Re: Hong Kong

Mas awan gimana caranya mau beli buku happy shopping hongkong ke mas awan ak invite bb ga di approve2.. makasih

Re: Hong Kong

Halo, apa kabar?

Iya, maaf sekali ya, bb-nya emang lagi ngga aktif.
Untuk buku Happy Shopping Hong Kong harganya Rp. 42.800 dan nanti ditambah dengan ongkos kirim.

Kalau mau pesan bisa kirim nama dan data lengkap + nomer telpon ke email: awan@travelawan.com ya. Nanti saya tunggu. Terima kasih banyak.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

hallo mas awan
sekali lagi ingin berterima kasih telah membantu dalam memberikan informasi melalui blog ini, dan juga buku mas awn yg saya beli dari gramedia sangat membantu sekali. kemaren sampai macau saya lgsg menuju terminal ferry macau ke kowloon (Tsim Tsa Tsui) disini sedikit bingung krn taksi tdk menerima penumpang krn jarak yg sangat dekat alhasil saya membuka peta yg saya dapatkan dari buku mas awan, dan dnegan bertanya ke petugas yg pas patroli akhirnya saya sampai di tujuan Hostel city econo, letak hostel sangat strategis lgsg pintu MTR Jordan exit C2. sepanjang perjalanan dan transit pd saat di Kuala Lumpur Buku mas awan lah yg menemani waktu tsb sehingga tidak bosan pd saat transit dan didalam pesawat menuju macau hahahaha....
ditunggu nih mas buku selanjutnya yg explore asia lainnya yah ^^)v

Re: Hong Kong

Halo Apiangz,

Wah, senang deh denger jalan-2nya sukses :)
Iya, di Hong Kong taxi emang jujur. Kalau dekat ya dia ngga mau angkut, bukannya malah diangkut dan diajak muter-2 dulu :) Good lah kalau semuanya lancar! terima kasih banyak juga ya sudah dapetin buku saya. Talk soon.

Cheers,
Awan

Re: Hong Kong

SALAM MAS AWAN

MAU MINTA PENCERAHANYA NIH, SAYA RENCANA BULAN APRIL MAU BACKPAK SENDIRI KE HONGKONG
TAPI SAYANG RENCANA MAU DATENG KE HOSTEL TANPA HARUS BOOKING SEBELOMNYA KIRA2 HARGANYA AKAN LEBIH MAHAL GAK YAH ATAU AKAN KEHABISAN KAMAR. MOHON PENCERAHANYA MAS AWAN

BEST REGARD
ERIK

Re: Hong Kong

Halo Mas Erik,

Bisa aja sih, tapi jangan lupa bawa list beberapa hostel pilihan. Jadi kalau penuh, bisa ada alternatif hostel lainnya.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Mas Awan doa kan yah semoga saya sukses Lusa hari Jumat mau ke HK berdasarkan acuan Buku mas Awan yg tadi baru saja saya beli dari Gramedia hehehehe... ow yah dapat Map city Hongkong juga yah mas ternyata ^^)v
nanti balik dr HK oleh-oleh trit tambahan nya dari buku Tsb hahaha...

Re: Hong Kong

Halo Apiangz,

Amin. Semoga lancar dan sukses ya acara jalan-2 ke Hong Kong-nya! Terima kasih banyak lho sudah dapetin buku saya :)

Nanti ditunggu ya, cerita-2 jalan-2nya. Kalau mau sharing di TravelAwan.com untuk kawan-2 lainnya juga boleh :) Sampai nanti. Bon voyage!

Cheers,
Awan

Re: Hong Kong

siap mas awan

Re: Hong Kong

Hi, Mas Awan

Saya Dewi Herawati, tanya lagi nih mas. besok lusa saya ke HK.
1. saya bingung dengan transportasi nya disana, apa perbedaan membeli MTR Tourist Pass dengan Octopus Card mas?
2. Mana yang lebih hemat? saya rencana di HK 4 hari3 malam, dan transport lebih mudah sepertinya pakau MTR. saya tinggal dkt MTR TST.
3. Mas awan pernah menjelaskan kalau octopus card bisa refund, namun flight kepulangan saya adalah pagi-pagi buta, jadi counter tikt octopusnya belum buka.
bagaimana baiknya ya mas? beli MTR Tourist pass / octopus card?

mohon arahannya. terima kasih.

Re: Hong Kong

Halo Mbak Dewi,

saya coba jawab pertanyaannya ya:
1. Octopus Card itu kartu isi ulang yang bisa dipakai untuk naik MTR, bus, ferry, belanja di 7-Eleven dan McDonald's. Seperti layaknya kartu 'Flash' (BCA) yang bisa diisi ulang.
Kalau MTR Tourist Pass (daily pass) yang harganya HK$55 itu, bisa dipakai 24 jam, tapi hanya untuk naik MTR aja. Kalau naik bus & ferry harus bayar lagi.

2. Kalau Mbak banyak keliling-2 naik MTR aja, tentunya akan lebih hemat beli Tourist / Daily Pass. Tapi kalau rencana ganti-2 moda transportasi atau ngga banyak jalan naik MTR, beli Octopus juga ngga masalah.

3. Kalau mau refund Octopus malam sebelum pulang. Sekali lagi, terserah Mbak, kalau memang kemana-2 naik MTR dan memang banyak jalan, beli Daily Pass bisa lebih menguntungkan daripada beli Octopus.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

ow yah mas awan utk octopus card refundnya hanya di MTR bandara HKIA yah ?
kebetulan saya flight pulang+pergi melalui macau airport.

Re: Hong Kong

Hi Apiangz,

Bisa di refund di semua stasiun MTR ya, bukan cuma di HKIA aja.

Cheers,
Awan

Re: Hong Kong

halo mas awan, saya mau nanya saya rencana akan berlibur k HK tanggal 31 maret tetapi saya mendengar kabar akan ada badai taifun di sekitar tanggal 31 maret-6april. apakah benar ada badai tersebut?

Terima kasih

Re: Hong Kong

halo mas awan saya mau nanya lagi kalo badai taifun di hk biasanya berlangsung berapa lama ya?1 hari atau berhari-hari?Jadi tetap tidak apa'' ya kalo saya tetap berlibur k hk tanggal 31Maret-6April karna diberita diberitakan badai taifun diprediksikan akan terjadi di tanggal 6 April

Terima kasih

Re: Hong Kong

Halo lagi,

Iya, ngga masalah kok. Typhoon cuma berlangsung beberapa jam, ngga sampai 24 jam. Karena biasanya cuma 'numpang lewat' aja. Jadi mungkin memang saat badainya datang, coba cari tempat wisata yang indoor, atau saatnya untuk shopping di mall :)

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Halo, apa kabar?
Hong Kong memang setiap tahun pasti jadi langganan badai taifun. Ngga masalah kok, cuma kalau memang taifunnya sudah di level yang paling tinggi, paling aman kalau kita ada di dalam ruangan, karena anginnya kencang sekali dan bahaya kalau kita di luar ruang.

Ferry ke Macau biasanya juga berhenti operasi sampai badai lewat, pesawat juga delay biasanya. Tapi aktivitas lain seperti mal, MTR dan yang di dalam ruang semua biasanya berjalan normal.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

halo salam hangat mas Awan
mau tanya mas awan estimasi biaya utk keliling macau-HK selama 6 hari 5 malam utk biaya transportasi disana dan biaya makan saja apakah cukup dengan membawa 5 juta rupiah ?
28 feb macau-HK via turbo jet (3malam di HK)
3 maret HK-Macau via turbo jet (2malam di macau)
tujuannya hanya keliling seputar perkotaan, objek wiasta yg dituju paling yg ringan-ringan saja. krn tujuan utamanya adalah utk ketemu saudara papa.

Re: Hong Kong

Halo Apiangz, apa kabar? :)
Kalau 5 juta untuk transport dan makan aja sih cukup untuk jangka 6 hari 5 malam. Untuk di Hong Kong kalau kita makan di food court atau resto biasa itu sekitar HK$35-60 per menu. Jadi mustinya cukup :) Transport juga kalau di Hong Kong bisa keliling naik MTR, daily pass-nya cuma HK$55 selama 24 jam. Sementara kalau di Macau bisa keliling-2 naik bus umum yang juga ngga mahal.

Cheers,
Awan

Re: Hong Kong

daily pass itu belinya dimana yah mas awan?
kalau octopus termasuk daily pass bukan ? yg $55/hari
btw Thanks before info dari mas awan

Re: Hong Kong

Daily Pass bisa didapetin di semua stasiun MTR (beli di loket, bukan mesin). Octopus Card beda lagi, bukan Daily Pass.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

thanks Mas Awan atas infonya

Re: Hong Kong

Sama2 Apiangz, sampai nanti.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Hi mas awan...
Sy baru aja pulang dr perjalanan hong kong- macau- shenzhen tgl 13-18 januari 2014. Sy ingin ngucapin makaaaasih bnyak krn ulasan mas awan ttg hongkong slalu sy ikuti, makanya pas sampe hong kong udah gak bingung lg,padahal ini kali pertama sy ke sana. Very helpfull banget deeeeh. Liburan murah dan menyenangkan itu bisa juga kesampean....

Re: Hong Kong

Halo, apa kabar?
Syukurlah kalau semuanya berjalan lancar! :) Senang saya dengarnya karena bisa bantu kasih info. Baik, semoga jalan-2nya berkesan ya... dan siap-2 untuk jalan-2 berikutnya :) Sampai nanti.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Hi Mas Awan,

Saya akan berkunjung ke Hongkong pada tanggal 29 Mei 2014 - 2 Juni 2014, kira2 cuaca disana bagaimana ya? Katanya pada bulan mei sering terjadi hujan, kabut dan bahkan musim typhoon?

Mohon bantuannya.

Thanks,

Winnie

Re: Hong Kong

salam kenal

Saya rencana tgl 19 maret smp 25 maret ke hk dan macau dgn 2 dewasa dan 2 balita..BIsakan mas Awan kasih masukan utk pemula seperti saya saat
akan traveling?
oo ya saya tiba di hk jam 6.35. ada rekomen hotel yg mudah ?sy rencana mau pindah 2 htl?

Kartu octopus saya harus beli 4 kartu ya udh 4 org?tx
tiket wisata lbh baik di pesan online di indo atau saat disana saja?

Thanks
Herna

Re: Hong Kong

Halo Mbak Herna,

Salam kenal juga. Untuk contoh traveling Hong Kong saya tulis di artikel ini ya: Itinerary Wisata Ke Hong Kong Dan Macau, Selama 4 Hari 3 Malam.
Nanti bisa tinggal dikurangi atau ditambah dengan tempat-2 yang mau dikunjungi, kalau belum ada dalam list ini.

Hotel yang mudah, mungkin yang dekat dengan stasiun MTR ya, seperti Metropark Mongkok Hotel, di daerah Mongkok. Atau Ibis North Point, dekat stasiun MTR North Point.

Untuk anak dibawah 3 tahun gratis. Kalau 3-11 tahun Octopus Card ada khusus, setengah harga. Untuk tiket tempat wisata, kalau kaya Disneyland atau Ocean Park beli di tempat juga ngga masalah.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Halo, apa kabar? :)
Kalau bulan Mei udara sudah mulai agak panas. Typhoon biasanya Juni sampai September. Mustinya masih enak sih di tanggal-2 itu.

Salam,
Awan

Rute jalan di Hongkong dan wisatanya

Malam mas awan

Sy cahyo mas, Boleh minta info kalau mau ke causeway bay dari bandara gmn ya, terus boleh minta masukan karena saya baru pertama kali ke hongkong, tour wisata baiknya dimulai dari mana ya, biar sy tidak bolak balik jalannya, di samping biar irit pengeluarannya

Terima kasih sebelumnya

NB : saya rencana menginap 3 malam

Re: Rute jalan di Hongkong dan wisatanya

Halo Mas Cahyo,

Apa kabar? Kalau dari Causeway Bay ke Hong Kong International Airport, paling gampang naik kereta Airport Express. jadi naik MTR dulu ke Hong Kong Station, baru dari Hong Kong MTR Station ini ada kereta Airport Express-nya.

Untuk jalan-2 di seputar Hong Kong, di blog saya ini pernah saya tulis, nanti bisa di baca aja ya. Dari situ nanti tinggal ditambahkan atau dikurangi aja, sesuai kemauan Mas Cahyo: Wisata Hemat Ke Hong Kong Dengan Waktu Yang Singkat.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Halo Mas Awan,
Mau tanya kalau dr HKG mau ke Shenzen itu kan pakai bis ya tp sya bingung untuk bis nya ada di mana ? apakah Mas Awan tau informasi itu ?
Lebih baik sya menginap atau tidak di Shenzen ? jika menginap,apakah sya harus sewa taxi atau cukup bis spy lebih irit tp sya bawa koper besar2

Re: Hong Kong

Halo Mbak Sari,

Semua bus umum di HKIA ter-pooling di Terminal Bus-nya ya. Nanti ikuti aja tanda menuju ke tempat bus, atau bisa tanya ke petugas di sana.

Kalo dari Shenzhen rencana balik lagi ke HKG, supaya ngga repot koper-2 besarnya mungkin bisa dititipin juga di HKIA, kalau ngga salah sejam'nya HK$10. Ada juga tarif harian / 24 jam.
Saya waktu itu ke Shenzhen cuma PP aja. Dan jalan-2nya, karena tempat yang dituju dilewatin subway / MRT, jadi saya langsung ke MRT station-nya. Tapi kalau Mbak mau bawa-2 koper besar, lebih baik naik taxi.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Halo Mas Awan,

Saya seneng baca website ini, informatif sekali. gini mas saya mau ke HK besok tgl 10-14 dengan anak-anak (under 7 yo). Kira-kira kalau itinerary nya spt ini ok nga yah ?:
- Day 1 : 06.45 sampai di HKIA, ke Hotel di Causeway bay by taxi
istirahat sebentar, jam 10.00 langsung ke Hongkong Disneyland (all day)
- Day 2 : Pagi mengunjungi Victoria Peak dan Madam Tussaud
Siang : ke Avenue of stars, trus dilanjutkan ke TST dan malamnya nonton Symphony of light
- DAy 3 : Macau trip, sore balik ke HK
Malam nya shopping di sekitar area Causeway bay saja
- DAy 4 : Check out hotel, pindah ke hotel Marriot di area Airport. Siangnya ke Ngong ping, Malam shopping lagi di City gate outlet .
- Day 5 : back to jkt

Mohon masukannya ya mas. Untuk ke macau enakan naik Turbo jet atau ferry yah? Harganya berapa kalau turbo jet?
Di macau bisa pake HKD kan?

thanks

Ayu

Re: Hong Kong

Halo Mbak Ayu,

Apa kabar? Maaf saya baru bisa balas. Untuk itinerary sepertinya sudah OK. Hanya pertanyaan saya untuk yang hari pertama / saat datang, biasanya belum tentu hotel bisa check-in kalau kita datang pagi-2. Tapi nanti coba ditanyakan aja ya, Mbak. Mungkin ada kamar yang memang available.

Kemudian di hari kedua, sebenarnya Avenue of Stars dan Symphony of Lights ada di area yang berdekatan. Lebih baik kalau mau datang ke Avenue of Stars sore, terus jalan-2 dulu ke seputar Tsim Sha Tsui (misalnya ke mall di sekitar TST), dan nanti jam 8 malam kembali ke pinggir Victoria Harbour untuk nonton Symphony of Lights.

Untuk Turbojet dan First Ferry itu kapannya sama aja, semua sekarang sudah pakai kapal cepat. Untuk informasi lengkap tentang Turbojet bisa baca di artikel ini: Mudahnya Berwisata Ke Macau Dengan Turbojet. Harga tiket sekali jalan sekitar HK$150.

Oh ya, di Macau bisa kok pakai HK dollar. Selamat jalan-2 ya.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Terimakasi mas awan udh bersedia ksh masukan. Untuk hotel saya sudah booking sehari sebelumnya, jadi aman kl check in pagi. Mas awan, kalau mau ke sky 100 enaknya saya masukin di hari ke berapa yah. Bagus nga sih itu?
Satu lagi mas, kira kira selama 5d 4n itu budget yg hrs saya siapkan utk ke tmpat tempat yg saya mau kunjungi itu berapa yaa, beserta transportasinya. Saya, suami dan 2 kids. Kok saya coba itung budgetnya gede bgt, hampir 10jt (diluar hotel dan makan).

Re: Hong Kong

Halo Mbak,

Kalau Sky100 bagusnya naik kalau cuaca benar-2 cerah. Karena Hong Kong kadang-2 berkabut, dan sepertinya sayang aja nanti ngga bisa lihat apa-2. Jadi sebaiknya kalau memang lagi ada di dekat daerah Kowloon (Elements Mall), dan cuaca cerah, boleh deh dipertimbangkan untuk naik ke Sky100.

Tapi kalau mau yang lebih menarik lagi lebih baik naik cable car Ngong Ping 360 aja. Juga melewati bukit-2. Kalau Hong Kong dari atas, mungkin cukup lihat dari The Peak :) Tapi terserah Mbak sih.

Mengenai budget, bisa jadi memang segitu, Mbak. Karena masuk ke tempat-2 wisata dan makan juga lumayan mahal. Turbojet ke Macau juga PP hampir Rp. 500 ribu. Nanti coba dilihat lagi mana budget yang bisa dikurangi. Selamat merencanakan perjalanannya ya.

Salam,
Awan

Re: Hong Kong

Halo Mas Awan,

Kebetulan sya punya flight dr HK jam 6.00AM pake Tiger Air,kalau dr hotel tempat sya menginap di Causeway bay ke bandara,paling hemat pakai apa ? mengingat hrs check in di bandara 2 jam sblmnya :( subuh2,sya cuma lihat info dr Mas Awan transportasi malam dr airport ke pusat kota

Cheers,
Sari

Re: Hong Kong

Halo Mbak Sari,

Kalau jam 3-4 pagi belum ada MTR atau Airport Express. Paling aman memang naik taxi ya. Karena kalau naik bus pun, untuk yang beroperasi tengah malam sampai subuh itu jadwalnya juga jarang-2.

Cheers,
Awan

Re: Hong Kong

mas awan ni saya mau mencoba pergi ke HK...enaknya lwt travel mna ya di indonesia..

Re: Hong Kong

Halo Mas Arfalindo,

Ini maksudnya travel agent atau mau pesan pesawatnya aja ya? Mas ada di kota mana? Kalau di Jakarta banyak sekali travel besar yang bisa dihubungi seperti Panorama Tours, dll. Atau bisa juga hubungi travel yang dulu biasa saya pakai yaitu Visa Tour (tel: 021 - 5794 6150).

Salam,
Awan

Re: taksi apa train?

mas awan, saya ada rencana ke hongkong nih. berempat, hotelnya royal plaza hotel (mongkok). nah dr bandara mending naik taksi apa train ya? soalnya berempat nih jadi bingung

Re: taksi apa train?

Halo,

Apa kabar? Kalau berempat mungkin lebih nyaman naik taxi ya ke Mong Kok. Karena kalau naik Airport Express juga seorangnya HK$100. Sementara taxi ngga beda jauh.

Nanti kalau lagi jalan menuju ke tempat taxi, persis di depan tempat Airport Express Train, di kiri-kanan tembok ada tarif taxi. Nanti lihat aja / cek ke Mongkok berapa dan bandingkan dengan kalau naik kereta.

Salam,
Awan

Re: taksi apa train?

Halo Mas,

Tadi nge-tweet juga ya? Saya sudah balas lewat Twitter, tadi saya jelaskan kalau naik kereta Airport Express itu seorang sekitar HK$100 per orang (kecuali kalau beli paket yang pergi-pulang bisa lebih murah sedikit, sekitar HK$80).

Nanti begitu sampai di HKIA, waktu mau jalan ke arah stasiun Airport Express itu di bagian kiri dan kanan lorong ada tabel harga taxi. Jadi lihat aja di situ dulu untuk pastinya harga taxi ke Mongkok. Kalau jatuhnya hanya sekitar HK$400, ya mending ber-4 naik taxi.
Kalau naik Airport Express harus pindah lagi nanti ke MTR di Hong Kong Station. Ambil yang ke stasiun Mong Kok East.

Salam,
Awan

Re: taksi apa train?

Mas Awan, kalau misal pake octopus card lebih murah apa gak kalau dibanding dengan tiket single journey AER?klo tourist pass itu pake octopus jg mas?
klo octopus kan katanya lebih simpel krn bs dipakai di MTR, AER, Tram, dll except taksi ya..thanx mas
Naning

Re: taksi apa train?

Selamat malam Mbak Naning,

Lebih baik kalau pergi lebih dari satu hari membeli Octopus saja karena dapat dipakai untuk semua alat transportasi (termasuk taxi yang ada sticker di kaca depan kalau terima Octopus). AER apakah maksudnya kereta Airport Express? Kalau Airport Express itu beli tiket sendiri/terpisah aja. Karena kalau beli untuk 3 atau 4 orang harganya akan lebih murah lagi. Kalau pakai Octopus charge-nya akan harga standar, sekali jalan HK$100 dan ngga ada diskon tarif.

Kalau Tourist Day Pass, kita beli kalau mau jalan-2 ke tempat yang jauh-2, dimana sekali jalan naik MTR aja bisa HK$25. Tourist Day Pass ini bukan Octopus, jadi pakai kartu yang lebih tipis kaya kartu telpon, dan nanti dimasukkan di mesin/gate masuk ke area MTR.

Octopus juga bisa dipakai belanja di supermarket, toko kosmetik seperti Sasa dan convenience store. Pembelian Octopus pertama HK$150 (yang di deposit HK$50, akan dikembalikan ketika kita mengembalikan kartunya di stasiun manapun dalam waktu 3 bulan. Ada potongan HK$9). Dengan kartu Octopus pun tarif yang dikenakan lebih murah daripada membeli single journey MTR, waktu naik bus pun ngga perlu repot menyiapkan uang receh karena sopir tidak memberikan uang kembalian. Ok, selamat jalan-jalan ya :)

Salam,
Awan

Update Terbaru



Slide Arsip

5 Tulisan Terbaru!

Saat wisata ke Hong Kong, jangan lupa untuk nikmati berbagai hal yang khas dari
Nah, selain SoHo ada juga NoHo... betul banget, ini juga singkatan dari North of
Salah satu street market di Bangkok yang jadi favorit saya adalah yang
Wisata Singapura, Jalan-Jalan Hemat Dengan Singapore Tourist Pass Plus
Kenapa Hong Kong bisa menjadi surga belanja di Asia? Karena lokasinya yang strat
Yang namanya Songkran, mungkin banyak diantara kita yang pernah dengar, bahkan p

From Thailand

Menghadap ke pelataran luas yang memiliki pemandangan ke Chao Phraya ini, berjaj
Paket tour ini sangat sesuai untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu singkat di
Setiap tahun Songkran dirayakan sekitar pertengahan bulan April di negeri Gajah
Nah, buat kawan-kawan yang ada rencana singgah wisata ke Khao Yai saat jalan-jal

Hong Kong & Macau

Saat wisata ke Hong Kong, jangan lupa untuk nikmati berbagai hal yang khas dari
Nah, selain SoHo ada juga NoHo... betul banget, ini juga singkatan dari North of
Saat wisata ke Hong Kong dan pas hari Jumat ada di kota ini, dimanakah bisa menc
Bagi kawan-kawan yang punya pengalaman menarik dari jalan-jalannya dan mau share
The Peak Tower ini terletak di puncak Victoria Peak, merupakan titik tertinggi d

Who's online

There are currently 3 users and 61 guests online.