10 Tempat Tujuan Wisata Yang Populer Di Hong Kong

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

10 Tempat Tujuan Wisata Yang Populer Di Hong Kong

(Note: Harga-harga tiket yang tertera di-update November 2017)

Hong Kong merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Asia. Kota yang terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya ini memiliki berbagai tempat seru untuk dikunjungi. Mulai dari tempat wisata yang jadi favorit para keluarga, seperti Hong Kong Disneyland dan Ocean Park. Ada juga tempat-tempat dimana kita bisa menikmati keindahan kota ini dari ketinggian, seperti dari The Peak, dan Sky100 Observation Deck.

Ternyata Hong Kong juga memiliki daerah hijau yang sangat luas, bahkan 75% dari Hong Kong masih merupakan daerah yang ditumbuhin pepohonan rindang, perbukitan, pedesaan, taman nasional dan pantai. Diantaranya bisa kamu nikmati saat jalan-jalan ke Ngong Ping 360 atau Stanley Beach. Siap untuk bersenang-senang di Hong Kong? Ini dia 10 tempat tujuan wisata yang paling populer di kota ini!

1. Hong Kong Disneyland

Hong Kong Disneyland adalah taman bertema Disney yang paling dekat dengan Indonesia dan merupakan Disneyland ketiga yang ada di luar wilayah Amerika Serikat. Sejak dibuka tahun 2005, theme park ini jadi salah satu magnet bagi para wisatawan mancanegara untuk datang ke Hong Kong.

Kalau ke Hong Kong Disneyland jangan lupa sebelum taman hiburan ini tutup setiap harinya, ada pertunjukan kembang api di area depan istana Sleeping Beauty yang diiringi alunan lagu-lagu Disney favorit. Spektakuler!

Alamat: Hong Kong Disneyland, Lantau Island, Hong Kong
Tel: +852 183 0830
Website: hongkongdisneyland.com
Jam buka: 10.00–21.00
Tiket One Day: Dewasa – HK$589, Anak (3–11 tahun) – HK$419

Tiket/Pass 2 Hari: Dewasa – HK$759, Anak (3-11 tahun) – HK$539
Transportasi: Naik MTR ke Sunny Bay Station, kemudian lanjut naik MTR khusus ke Disneyland Resort Station

2. Ocean Park

Ini juga tempat wisata yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Taman hiburan seluas 17 hektar ini punya banyak wahana dan atraksi menarik. Terdiri dari dua bagian, The Waterfront dan The Summit. Kita bisa berpindah antara dua lokasi ini dengan menaiki cable car atau kereta Ocean Express.

Atraksi utamanya ada Grand Aquarium, yang dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang kehidupan laut. Selain itu saksikan juga pertunjukan lumba-lumba yang seru di Ocean Theatre. Ada juga koleksi berbagai satwa lainnya dari kawasan Asia, termasuk panda raksasa dan kera dari China yang langka.

Alamat: 180 Wong Chuck Hang Road, Aberdeen
Tel: +852 3923 2323
Website: oceanpark.com.hk
Jam Buka: 10.00-20.00
Harga Tiket: Dewasa – HK$438, Anak (3-11 tahun) – HK$219
Transportasi: Naik taksi, atau bus No. 629 dari Admiralty MTR Station, Exit B. Pemberhentian bus persis di seberang Bank BNI.

A-HKG20Buddha
(Kita harus lewati sekitar 260 anak tangga menuju ke Tian Tan Buddha)

3. Ngong Ping 360º – Ngong Ping Village dan Tian Tan Buddha

Mau merasakan naik kereta gantung dengan jalur terpanjang di Asia? Tinggal datang ke Ngong Ping 360º dan nikmati perjalanan dengan cable car selama 25 menit melewati beberapa bukit, dengan jarak sekitar 5,7 km, mulai dari daerah Tung Chung di Lantau Island, menuju ke Ngong Ping Village.

Setelah sampai di Ngong Ping Village, kita juga bisa kunjungi Po Lin Monastery, Wisdom Path, dan patung Buddha duduk terbesar di dunia, Tian Tan Buddha. Untuk menuju patung Buddha ini kita harus naik lebih dari 260 anak tangga.

Alamat: Ngong Ping 360º, Tung Chung, Lantau Island, Hong Kong
Tel: +852 3666 0606
Website: np360.com.hk/en
Jam buka: 10.00–18.00, akhir minggu & hari libur: 09.00–18.30
Tiket Cable Car:
• Standard Cabin (PP): Dewasa – HK$210, Anak (3-11 tahun)- HK$100, Senior – HK$140
• Crystal Cabin (PP): Dewasa – HK$290, Anak (3-11 tahun) – HK$180, Senior – HK$220
Transportasi: Naik MTR ke Tung Chung Station, jalan kaki sekitar 5 menit menuju ke terminal cable car Ngong Ping 360º

4. Avenue of Stars (Tutup – Dalam renovasi sampai akhir tahun 2018)

(Selama masa renovasi patung-patung dan beberapa memorabilia Avenue of Stars bisa kamu lihat di The Garden Of Stars – termasuk patung Bruce Lee yang populer jadi objek untuk berfoto dan patung Anita Mui. Lokasinya ada di East Tsim Sha Tsui MTR Station, Exit P1).

Di ujung semenanjung Kowloon, di sisi Tsim Sha Tsui yang memandang ke arah Hong Kong Island terdapat satu kawasan yang populer jadi tujuan wisatawan, yaitu Avenue of Stars. Area ini dibangun untuk penghormatan buat para insan di industri perfilman Hong Kong.

Seperti Walk of Fame di Hollywood, Amerika Serikat, Avenue of Stars juga bertaburan cetakan telapak tangan para bintang kenamaan Hong Kong. Juga patung dari bintang Kung Fu kenamaan asal Hong Kong, Bruce Lee. Jangan sampai lewatin kesempatan untuk foto bareng patungnya.

Alamat: Avenue of Stars, Tsim Sha Tsui, Kowloon
Website: avenueofstars.com.hk
Transportasi: Naik MTR ke East Tsim Sha Tsui Station, Exit J.

5. Symphony of Lights

Pertunjukan Symphony of Lights digelar setiap jam 8 malam di area yang tidak jauh dari Avenue of Stars. Ini adalah pertunjukan cahaya dan laser yang partisipannya adalah sekitar 40 gedung pencakar langit yang berada di sisi kiri dan kanan Victoria Harbour. Dari Tsim Sha Tsui bisa menyaksikan yang di sisi Hong Kong Island, dan sebaliknya. Pemandangan terbaik bisa kamu nikmati dari dak bertingkat yang dibangun untuk menontonnya, ada di area belakang Hong Kong Cultural Centre, dekat Tsim Sha Tsui Clock Tower. Gratis!

Transportasi: Naik MTR ke East Tsim Sha Tsui Station, Exit L6.

6. The Peak (Victoria Peak)

The Peak Tower ini terletak di puncak Victoria Peak, merupakan titik tertinggi di wilayah Hong Kong Island, dimana kita dapat menikmati pemandangan terbaik kota ini. The Peak pastinya juga masuk ke ‘daftar wajib’ tujuan utama wisatawan yang datang ke Hong Kong. Selain menyaksikan pemandangan memukau kota ini dari atas, kamu juga bisa sekalian belanja dan bersantap di The Peak Tower dan The Peak Galleria. Oh ya, Madame Tussauds Wax Museum-nya Hong Kong juga ada disini.

Yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke The Peak adalah naik The Peak Tram, yang merupakan kereta kabel pertama di Asia dan dioperasikan sejak tahun 1888. Tram akan mendaki bukit Victoria Peak dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Seru!

Alamat: Peak Road, The Peak, Central
Website: thepeak.com.hk/en dan thepeakgalleria.com
Transportasi:
– Bus No. 15 (First Bus), dari Central Ferry Piers
– Minibus No. 1, dari Central (Two IFC), turun di The Peak
– Naik MTR ke Central Station, Exit J2, jalan kaki ke St.John’s Building Peak Tram Station. Peak Tram beroperasi pukul 07.00-00.00, berangkat setiap 15 menit.
Harga tiket Peak Tram: Sekali jalan – HK$32, Tiket PP. – HK$45.
Anak (3-11 tahun) dan Senior (65+ tahun): Sekali jalan – HK$12, Tiket PP. – HK$ 20.

7. Madame Tussauds Wax Museum

Selain di Bangkok, Madame Tussauds Wax Museum yang lokasinya dekat dengan Indonesia adalah yang berada di Hong Kong ini. Berisi patung-patung lilin dari para bintang dan tokoh kenamaan dunia, tentunya artis-artis Hong Kong kenamaan seperti Andy Lau, Aaron Kwok dan Teresa Teng juga turut meramaikan koleksi museum ini. Semua patung di museum ini bisa kamu sentuh dan peluk juga.

Alamat: Shop P101, The Peak Tower, No. 128 Peak Road, The Peak
Tel: +852 2849 6966
Website: madametussauds.com/HongKong/en
Jam Buka: 10:00-22.00 (jam terakhir masuk: 21.45)
Transportasi: Sama dengan cara untuk menuju ke The Peak

Harga Tiket:
Dewasa – HK$265, Anak (3-11 tahun) – HK$215 (Beli online ada diskon khusus)
Tiket Combo (termasuk tiket Peak Tram PP):
Dewasa – HK$343, Anak (3-11 tahun) – HK$205 (Beli online ada diskon khusus)

8. Sky100 Hong Kong Observation Desk

Keindahan dan sesaknya pusat kota Hong Kong yang bagai belantara gedung pencakar langit ini, bisa kita nikmati dari atas ICC Tower yang merupakan gedung tertinggi di Hong Kong sejak tahun 2011, yaitu 484 meter.

Dari Sky100 Hong Kong Observation Deck kamu bisa menyaksikan pemandangan Hong Kong 360 derajat, dari lantai 100 gedung ini.

Alamat: 100/F, ICC Tower, 1 Austin Road West, Kowloon
Tel: +852 2613 3888
Website: sky100.com.hk
Jam Buka: 10.00-20.30 (terakhir naik pukul 19.30)
Tiket: Dewasa – HK$168, Anak (3-11 tahun) & Senior (65+ tahun) – HK$118
Transportasi: Naik MTR ke Kowloon Station, Exit C1 atau D1. Pintu masuk Sky100 terhubung dengan Elements Mall, Lantai 2 (Metal Zone).

9. Stanley Beach dan Stanley Market

Salah satu daerah tepian pantai yang sangat populer di Hong Kong adalah Stanley Beach yang ada di dekat Stanley Village, perkampungan nelayan di Hong Kong. Suasana tepi pantai dengan pemandangan perahu-perahu nelayan yang bersandar, mempercantik panorama di seputar tempat ini. Inilah yang membuat Stanley banyak digemari wisatawan. Kita bisa menikmati suasana pantainya smabil belanja, hang out atau bersantap dan minum-minum di kafe dan restoran yang berjajar di jalanan menuju Stanley Market.

Nah, di Stanley Market berbagai barang cinderamata bisa Anda dapatkan di sini. Galeri lukisan, kain sutra, benda-benda antik, busana pantai, berbagai jenis sandal, tas, mainan, bisa ditemukan disini. Dan yang paling populer bagi wisatawan barat adalah busana ukuran super besar.

Alamat: Stanley Market Road, Standley, Hong Kong Island
Jam buka: 10.30–18.30
Transportasi: Naik MTR ke Hong Kong Station, Exit D, kemudian jalan kaki ke Exchange Square Bus Terminus, Central, dan naik bus No. 6, 6A, 6X, 66, dan 260.

Atau, naik MTR ke Wan Chai Station, Exit C, kemudian disambung dengan minibus hijau No. 16M. Alternatif lainnya, dari MTR Causeway Bay, Exit B, kemudian disambung dengan minibus No. 40.

10. Noah’s Ark

Merupakan satu resor yang bisa jadi alternatif untuk dikunjungi saat jalan-jalan ke Hong Kong. Terletak di Ma Wan Park, dengan atraksi utama Noah’s Ark Garden. Di taman ini kita bisa melihat dan berfoto di replika perahu Nabi Nuh, yang dilengkapi 67 pasang patung binatang dengan ukuran sebesar aslinya. Selain itu di sekitar Ma Wan Park juga terdapat pantai dengan pemandangan indah ke arah Tsing Ma Bridge.

Alamat: 33 Pak Yan Road, Ma Wan, New Territories
Tel: +852 3411 8888
Website: noahsark.com.hk
Jam Buka: 10.00 – 18.00
Tiket: Dewasa – HK$168, Anak (3-11 tahun)  & Senior (65+ tahun) – HK$138
Transportasi: Naik kapal feri dari Central Pier 2 (akses dari MTR Hong Kong Station, Exit E, melewati IFC Mall), menuju Park Island. Setelah tiba di Terminal Feri Park Island, berjalan menuju Pak Lai Road, kemudian belok kiri ke Pak Lam Road.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


12 comments

  1. Hallo Pak Awan, mau nanya kalau saya pertama kali ke hong kong mau ke tempat2 wisata. Bisa rekomend lebih baik jalan sendiri atau ikut tour. Kalo jalan sendiri enaknya nginap di mana ya, kalo ikut tour enaknya ikut tour mana ya. Terima kasih.

    1. Halo kak Suku,

      Saya dari pertama kali ke Hong Kong selalu jalan sendiri. Karena tempat2 wisata di Hong Kong umumnya bisa dicapai dengan naik kendaraan umum. Tapi kalo mau ikut tour, bisa aja ikut tour bus hop on-hop off seperti ‘Big Bus Tour’. Bisa Google website-nya, atau beli di Klook dot com.

      Soal nginap, saya yang penting dekat stasiun MTR jadi gampang kemana2. Contohnya:
      – Golden Crown Guesthouse di Tsim Sha Tsui (TST)
      – Hotel2 kecil di gedung Mirador Mansion atau Chungking Mansion – juag di daerah TST
      – Ibis North Point (dekat stasiun MTR North Point)
      Itu cuma sebagian dari hotel2 murah di Hong Kong ya. Mau pilih yang mahal pastinya juga banyak.

      Salam,
      Awan

  2. Halo Mas
    Mai tanya dong, saya tgl 17 sd 21 ke Hong Kong. Kira2 yang ada rekomemdasi tempat wisata? Klo ke szenchen keburu gak mas?

    Salam
    Irwan

    1. Halo kak Irwan,

      Pertama saya bahas Shenzhen dulu ya. Apa kesananya rencana sendiri? Ngga ada wanita dalam rombongan? Kalo ada Visa on Arrival pasti ditolak dan ngga bisa masuk Shenzhen. Silahkan baca info yang saya tulis ini: https://travelawan.com/blog-travel/masuk-shenzhen-dari-hong-kong-apa-masih-bisa-pakai-voa.html

      Soal tempat wisata rekomendasi di Hong Kong, sudah saya tulis semua di artikel ini ya… yang mas tinggalkan pesan ini. 10 tempat wisata Hong Kong paling populer, bisa di print karena saya sudah tulis juga cara menuju tempat2 ini dengan MTR atau kendaraan umum lainnya.

      Salam,
      Awan

      1. Sy berangkat bertiga, istri dan anak perempuan 9thn. Klo hotel di hk ada rekomendasi yg dekat tempat belanja. Tp hotelnya bersih.

        Tku

        1. Halo mas, kalo hotel berbintang bisa cek Metropark Mongkok Hotel. Kalo hostel yang budget tapi strategis cek Golden Crown Guesthouse. Pesannya harus langsung dari website-nya / official site ya: goldencrownhk.com

          Salam,
          Awan

  3. Pak awan sy mau tanya dong, sy akan brgkat k HK hari selasa tgl 29 Mei 2018 dan pesawat tiba di hk jam 05 sore keesokan harinya sy mau Macau boleh tau gak ya ada yg jual sim card khusus yg bisa di HK dan Macau khusus untuk 1 Minggu dmn ya?

    1. Halo kak Chaca,

      Nanti begitu sampe di HKIA langsung cari toko seluler namanya 1O1O Shop, di arrival hall. Kalo ngga ketemu, lokasi tepatnya tanya ke Information ya.

      Bisa beli Hong Kong Tourism Board (HKTB) Tourist SIM Card. Itu emang khusus untuk HK, tapi kalo mau ke Macau bisa top up untuk roaming, per harinya HKD 40. Atau tanya aja apa ada kartu China Mobile atau provider lain yang bisa dipake untuk HK dan Macau yang jatuhnya lebih murah.

      Salam,
      Awan

    1. Halo mas Reza,
      Maaf mas ternyata harga di artikel ini belum yang ter-update di 2017. Terima kasih masukannya, nanti akan saya revisi.

      Untuk harga update mas bisa cek di website masing2 ya. Sampai nanti.

      Salam,

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.