5 Makanan Indonesia yang Bisa Dibawa ke Luar Negeri

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

5 Makanan Indonesia yang Bisa Dibawa ke Luar Negeri

Ada sebagian orang yang lidahnya tidak dapat menerima makanan baru dengan rasa yang belum pernah ia coba sebelumnya. Mencicipinya saja enggan, apalagi memakan sampai habis. Terlebih ketika kamu berwisata ke luar negeri yang makanannya pasti jauh berbeda dengan apa yang biasa kamu konsumsi. Perbedaan bumbu, selera, sampai cara memasak membuat sebagian besar wisatawan Indonesia memilih membawa makanan dari tanah air. Nah, supaya gak salah bawa, lebih baik cek dulu 5 makanan Indonesia yang bisa dibawa ke luar negeri berikut ini.

1. Dendeng atau Rendang

via selerasa.com

Makanan khas Padang, Sumatera Barat ini bisa kamu bawa ke luar negeri karena mampu bertahan selama dua minggu jika di suhu kamar dan sebulan jika disimpan dalam kulkas. Malah bisa lebih tahan lagi kalau disimpan dalam freezer. Yang penting kamu menyimpannya rapi terbungkus kemasan plastik vakum per satu posi, jangan disatukan dalam satu wadah besar. Pastikan bumbunya dipisah dengan dagingnya supaya tidak cepat basi.

2. Abon

via resepdanmasakan.com

Abon menjadi pilihan favorit untuk dibawa bepergian ke luar negeri. Kemasan yang ringkas dan mudah disimpan menjadi alasan kalau pelengkap makanan yang satu ini jadi pereda lapar saat makanan a la luar negeri tak cocok dilidah orang Indonesia. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka sekali dengan abon karena cita rasanya yang cocok dimakan dengan makanan berat lainnya.

3. Makanan Kering

via resepharian.com

Seperti oreg tempe dan oseng teri. Dua makanan ini sedap sekali dimakan bersama nasi hangat. Kalau kamu sengaja membawa mini rice cooker, tidak ada salahnya membawa makanan kering ini. Yang penting penyimpanan makanan ini harus benar-benar rapi dan rapat. Agar tidak ada minyak yang keluar yang membuat tasmu rusak. Dijamin gak akan bermasalah dengan menu makanan, deh!

4. Mie instant

via goodnewsfromindonesia.com

Paling mudah dimasak dan anti lapar! Sebetulnya mie instant juga mudah ditemukan di luar negeri. Namun harganya pasti jauh lebih mahal dan rasanya kadang tidak cocok dilidah orang Indonesia. Nah, kamu bisa membawa beberapa bungkus mie instant dalam kopermu. Mie instant dengan model cup bisa jadi pilihan.

5. Pelengkap makanan

via nyonyacooking.com

Pelengkap makanan seperti sambal menjadi favorit orang Indonesia. Makan tanpa sambal rasanya seperti sayur asam tanpa garam; hambar! So, buat kamu yang gak bisa jauh-jauh dari sambal, kamu tetap bisa kok membawanya saat berlibur ke luar negeri. Atau bisa juga membawa sambal kering, kan sekarang banyak merk sambal kering yang mudah dibawa kemana pun.

Gak perlu khawatir gak bisa makan karena 5 makanan di atas bisa dibawa ke luar negeri, mana yang jadi favoritmu?

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong. Response takes too long or there is JS error. Press Ctrl+Shift+J or Cmd+Shift+J on a Mac.

Tinggalkan Komentar