5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi

Budi Santoso

Buat kalian yang suka alam dan lagi rencana mau jalan-jalan ke Bandung, ini nih tempat-tempat yang wajib banget kalian kunjungi. Mulai dari trekking di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, nikmatin sunrise di Tebing Keraton sama Gunung Putri Lembang, sampe eksplorasi alam yang cantik di Ranca Upas dan Tangkuban Perahu. Yuk, kita mulai petualangan kita bareng! 🌳🌄

5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi, Travelawan
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda emang pilihan yang oke banget buat masukin ke dalam daftar 5 tempat wisata alam di Bandung yang patut dijajal. Bukan main deh, ada beberapa alasan yang bikin tempat ini jadi favorit:

1. Lokasi Nyaman: Berada di Dago Pakar, tempat wisata hits di Bandung, jadi mudah dicapai dari pusat kota. Gak perlu jauh-jauh, udah sampai tuh.

2. Suasana Hutan yang Nyaman: Luasnya hutan di Tahura ini beneran asri dan terawat baik. Buat yang pengen cari ketenangan dan udara segar, ini tempatnya.

3. Serunya Aktivitas Outdoor: Buat yang suka petualangan, di sini banyak kegiatan outdoor seru, kayak trekking dan piknik. Cocok buat semua orang, dari yang muda sampe yang udah tua.

4. Variasi Flora dan Fauna: Tempat ini bukan cuma buat manusia doang, tapi juga rumah buat banyak jenis tanaman dan hewan. Bagus banget buat belajar dan ngerasain kekayaan alam.

5. Pemandangan Keren: Dari Taman Hutan Raya, kamu bisa nikmatin pemandangan Bandung yang keren abis. Bisa lihat kota dari atas, panorama alamnya tuh bikin hati adem.

Jadi, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini beneran jadi destinasi wajib buat yang lagi di Bandung. Asyik buat jalan-jalan sambil menikmati keindahan alam.

Setelah puas menikmati keindahan alam Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, pengalaman wisata alam Bandung belum lengkap tanpa berkunjung ke Tebing Keraton. Tebing Keraton menawarkan pesona luar biasa dengan pemandangan lembah yang indah dan tebing curam yang memukau. Dari sini, kamu dapat menikmati kecantikan alam Bandung sambil merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan. Dengan suasana yang tenang dan udara yang segar, Tebing Keraton menjadi destinasi yang ideal bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang menakjubkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melanjutkan petualanganmu ke Tebing Keraton setelah menjelajahi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda!

Baca juga:   Harga tiket kereta cepat Whoosh terbaru Rp. 150 ribu

Tebing Keraton

5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi, Travelawan
Tebing Keraton

Nah, setelah eksplorasi seru di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, sekarang kita lanjut ke destinasi selanjutnya, yaitu Tebing Keraton, bro! Tempatnya keren banget dan banyak yang suka dateng ke sini, kamu. Ada beberapa alasan kenapa tempat ini jadi favorit banyak orang:

Pemandangan Keren Abis: Di atas Tebing Keraton, kamu bakal ditemenin sama pemandangan keren banget. Kayaknya kamu lagi di atas awan gitu, soalnya tempatnya tingginya sekitar 1200 meter dari permukaan laut. Dari sini, kamu bisa lihat Kota Bandung yang indah banget, dengan udara yang seger.

Sunrise dan Sunset Mantap: Kalau kamu dateng pagi-pagi, kamu bisa nikmatin matahari terbit yang keren banget. Sama juga kalau sore, kamu bisa lihat matahari terbenam yang bikin kagum.

Fasilitasnya Gak Nyusahin: Di Tebing Keraton, fasilitasnya oke punya. Ada toilet, warung-warung, saung atau gazebo buat nyantai, musala, menara pemantau burung, sampai area buat camping ground. Semua lengkap deh, jadi kamu gak bakal kesulitan.

Selain itu, Tebing Keraton juga punya pemandangan alam yang luas banget, ada kontras antara hutan pinus yang hijau lembut sama langit yang biru tak terbatas. Tempatnya juga gampang diakses, cuma butuh sekitar satu jam dari Stasiun KA Bandung pake kendaraan bermotor.

Jadi, enggak heran kalau Tebing Keraton jadi favorit banget buat yang suka wisata alam di Bandung. Mantap, kan?

Nah, setelah puas menikmati keindahan Tebing Keraton, yuk lanjutin petualangan ke Gunung Putri Lembang! Destinasi ini juga nggak kalah keren, lho. Kamu bakal disuguhin pemandangan alam yang menakjubkan dan udara yang segar. Sambil mengeksplor keelokan alamnya, kamu juga bisa cicipi berbagai kuliner lezat yang ada di sekitar Gunung Putri. Jadi, persiapkan diri kamu untuk pengalaman seru dan melepas penat di Gunung Putri Lembang setelah seru-seruan di Tebing Keraton tadi! Semoga perjalanan kamu makin seru dan penuh kenangan, ya!

Gunung Putri Lembang

5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi, Travelawan
Gunung Putri Lembang

Setelah puas eksplor Tebing Keraton, yuk kita lanjut ke Gunung Putri Lembang di Bandung. Ini dia alasan kenapa tempat ini asik banget buat dikunjungi:

Pemandangan Keren: Di atas Gunung Putri Lembang, kamu bakal dapetin pemandangan keren banget. Ketinggiannya sekitar 1.587 mdpl, jadi udaranya sejuk. View pepohonan hijau yang adem banget bakal ngebegituin mata kamu.

Baca juga:   Itinerary Keliling Cirebon Naik Angkutan Umum (Angkot)

Sunrise dan Sunset Mantap: Kalo kamu suka suasana romantis, di tempat ini kamu bisa nikmatin sunset kala senja dan sunrise pas fajar. Bisa banget buat momen yang bikin hati adem.

Camping Asik: Begitu nyampe di puncak, kamu bisa ngerasain sensasi camping di camping ground-nya. Malem-malem sambil ngobrol bareng temen atau keluarga, kamu bisa nikmatin lampu kota yang keliatan dari atas bukit.

Jalur Pendakian Nyantai: Tempat ini oke banget buat kamu yang baru mau coba-coba mendaki. Jalurnya nggak terlalu susah, cocok buat pemula atau yang pengen pemanasan sebelum naik gunung yang lebih tinggi.

Eksplor Benteng Tua: Setelah camping, kamu bisa jalan-jalan di puncak Gunung Putri buat nyari bangunan tua yang konon jadi peninggalan zaman kolonial Belanda. Seru buat ngulik sejarah.

Nggak cuma itu, Gunung Putri Lembang juga punya legenda terkenal yang berhubungan sama cerita Gunung Tangkuban Perahu. Dengan segala keasyikan dan ceritanya, nggak heran kalo Gunung Putri Lembang masuk daftar tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi.

Setelah puas di Gunung Putri, langsung aja meluncur ke Ranca Upas buat seru-seruan berikutnya!

Ranca Upas

5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi, Travelawan
Ranca Upas

Setelah menjelajahi Gunung Putri Lembang, kita bisa mampir ke Ranca Upas di Rancabali Ciwidey, Bandung, yang memang jadi salah satu destinasi favorit buat nikmatin alam. Nah, ada beberapa alasan kenapa tempat ini emang patut banget didatengin:

Pemandangan Alam yang Wow: Ranca Upas punya view alam yang gak bisa dianggap enteng. Dari ketinggian 1700 mdpl, udaranya adem banget dan panorama alamnya mempesona banget.

Penangkaran Rusa: Salah satu daya tarik utama Ranca Upas adalah penangkaran rusanya. Di sini, kita bisa deket-deket sama rusa-rusa yang lucu dan ramah.

Kabut Pagi yang Kece buat Foto: Kabut pagi di Ranca Upas tuh bener-bener cantik dan bikin foto-foto kita jadi kece banget, khususnya buat yang suka update Instagram.

Area Camping Ground yang Luas: Buat yang suka camping, Ranca Upas punya area camping ground yang luas banget. Udara segar dan suasana alam yang nyaman bakal bikin betah deh.

Fasilitas yang Memadai: Di Ranca Upas, fasilitasnya juga cukup lengkap. Ada toilet, warung-warung, dan kemudahan akses ke berbagai fasilitas lainnya.

Baca juga:   Mengunjungi Wat Rong Khun di Chiang Rai dari Chiang Mai

Tiket Masuk yang Ramah di Kantong: Harga tiket masuknya juga gak bikin kantong bolong. Cuma Rp 25.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 44.000 buat wisatawan asing.

Dengan segudang alasan keren ini, gak heran kalo Ranca Upas jadi salah satu destinasi favorit buat liburan alam di Bandung. Nah, setelah itu, kita bisa lanjut ke Tangkuban Perahu buat tambah seru liburannya.

Tangkuban Perahu

5 tempat wisata alam Bandung yang wajib dikunjungi, Travelawan
Tangkuban Perahu

Setelah Ranca Upas, kamu harus mampir ke Gunung Tangkuban Perahu, deh! Tempatnya keren banget dan banyak alasan kenapa mesti kesini:

Bentuknya Unik: Gunungnya mirip perahu terbalik, loh!

Pemandangan Alamnya Keren: Viewnya keren banget, bisa bikin kagum.

Udara Sejuk: Udara di sini adem banget, bikin fresh.

Banyak Aktivitas Seru: Bisa coba outbond, foto-foto keren, atau santai sambil makanan enak.

Cerita Legendaris: Ada cerita Sangkuriang yang bikin tempat ini makin menarik.

Dengan semua kelebihan ini, gak heran deh kalo Gunung Tangkuban Perahu jadi salah satu tujuan wisata alam favorit di Bandung. Ingat ya, tetap patuhi protokol kesehatan pas lagi berkunjung.

Kesimpulan

Dari beberapa destinasi wisata alam di Bandung yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa kota ini menawarkan beragam pilihan tempat yang menakjubkan bagi para pengunjung. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda menawarkan kemudahan akses dan keindahan alam yang dapat dinikmati dengan berbagai aktivitas seperti trekking dan piknik. Tebing Keraton, walaupun memerlukan usaha lebih untuk mencapainya, memberikan pengalaman unik di atas tebing dengan pemandangan alam yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit. Gunung Putri Lembang menjadi destinasi trekking yang nyaman dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, menawarkan pengalaman menikmati sunrise yang spektakuler.

Ranca Upas di dataran tinggi Ciwidey dan Tangkuban Perahu, dengan pesona alamnya yang khas, juga menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Ranca Upas menawarkan pengalaman alam di dataran tinggi, sementara Tangkuban Perahu dikenal sebagai destinasi gunung dan kawah yang sangat terkenal di Bandung.

Dengan berbagai opsi ini, Bandung menjadi destinasi yang ideal bagi pecinta alam dan petualangan, menawarkan keindahan alam yang beragam dengan akses yang bervariasi sesuai dengan tingkat keterampilan dan preferensi pengunjung.

Post lainya dari Bandung

Also Read

Tags

Leave a Comment