5 Wisata Kuliner yang Wajib Kalau Lagi Liburan ke Solo

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

5 Wisata Kuliner yang Wajib Kamu Cobain Kalau Lagi Liburan ke Solo

Apa yang ada dipikiran kamu tentang kota Solo? Mungkin kota Solo tidak sepopuler kota Yogyakarta, Semarang, atau Surabaya. Ketiga kota tersebut terkenal dengan tempat wisatanya yang mengandung nilai historis dan antik. Namun saat ini Solo menjadi perhatian banyak orang di mana banyak kulinernya yang menggugah selera diperkenalkan secara langsung oleh Bapak Presiden Indonesia. Nah, berikut ini ada 5 wisata kuliner yang wajib kamu cobain kalau lagi liburan ke Solo.

1. Cicipi legenda timlo di Timlo Sastro

via indonesianrecipes.ga

Timlo adalah kuliner berkuah kaldu ayam super sedap yang biasa dinikmati bersama nasi dan kerupuk kulit. Berisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo dan daging ayam, dipastikan kalau kamu melihat kuliner ini langsung ingin mencicipinya. Dan kalau kamu lagi ada di Solo, satu tempat paling populer yang menyajikan kuliner timlo adalah Timlo Sastro yang berlokasi di belakang Pasar Gede Timur. Timlo Sastro buka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai 3 sore. Pas banget kan buat menu makan siang?

2. Lembutnya Serabi Notosuman bikin ketagihan

via jadulpunyaind.blogspot.com

Epic banget deh, emang kuliner yang satu ini. Berbeda dengan surabi Bandung, serabi yang berasal dari Solo ini tidak dihidangkan dengan kuah varian rasanya pun hanya ada dua yaitu original dan coklat. Nah, untuk serabi ini yang paling terkenal adalah Serabi Notosuman yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin. Lembutnya serabi berasal dari adonan tepung beras dan santan yang membuatnya gurih dan pas dinikmati sebagai camilan. Pokoknya bikin ketagihan!

3. Nikmati bakmi jawa khas Solo di Bakmi Jawa Radjiman

via hartonotradecenter.com

Kuliner yang satu ini pasti udah gak asing lagi buat kamu pecinta mie yamin. Terbuat dari tepung terigu, daging cincang, bakso, pangsit, sawi hijau, dan kecap ini mau digoreng atau direbus rasanya tetap juara. Nah, warung Bakmi Jawa Radjiman gak boleh dilewatkan kalau kamu kebetulan lagi ada di Solo. Berlokasi di Jl. Dr. Radjiman, seberang Masjid Fatimah, Solo. Warung bakmi Jawa satu ini juga menyediakan berbagai masakan khas lain seperti Bestik Solo, nasi mawut dan sebagainya.

4. Salad a la Solo ada di Selat Solo Mba Lies

via kabarkuliner.com

Jangan berekspektasi salad yang ada di Selat Solo Mba Lies itu berisi sayuran ditaburi mayonnaise seperti yang biasa kamu lihat a la negeri barat. Karena yang digunakan di sini adalah mayonnaise Jawa. Berlokasi di Jalan Serengan 42, Solo, kamu bisa menikmati salah satu menu andalannya yaitu selat bestik. Selat bestik merupakan perpaduan dari irisan daging sapi, telur pindang, wortel, kentang goreng, buncis, selada, acar mentimun, irisan bawang merah dan tentunya mayonnaise Jawa.

5. Jangan sampai kehabisan mencicipi Tengkleng Bu Edi

via travelers.web.id

Kalau mau mampir ke warung Tengkleng Bu Edi yang berlokasi di gapura utara Pasar Klewer, kamu harus memperhatikan jam bukanya. Karena kalau tidak, bisa jadi saat sampai di sana antrian sudah panjang dan kamu malah kehabisan. Tengkleng dibuat dari tulang kambing yang menyisakan sedikit daging. Tengkleng dimasak dengan dua cara, menggunakan santan dan tidak. Rasanya yang segar, asam dan gurih menjadikan makanan ini banyak diminati.

Wah, ternyata kuliner Solo menggugah selera semua. Nah, buat kamu yang lagi ada di Solo, atau baru berencana ke sana, jangan sampai kelewatan berwisata kuliner ya!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar