6 Negara Paling Populer yang Menawarkan Paket Wisata Halal

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Banyaknya wisatawan muslim yang berlibur ke luar negeri menjadi peluang besar bagi negara-negara lain untuk meningkatkan pelayanan destinasi wisatanya. Hal ini juga menjadi alasan mengapa wisata halal menjadi yang paling dicari saat mereka berencana berlibur ke luar negeri. Kemudahan akses makanan halal, tempat ibadah, pelayanan ramadhan, ruang wudhu, tidak ada aktivitas non halal serta fasilitas dan pelayanan rekreasi dengan privasi menjadi prioritas yang dicari para wisatawan ini. Nah, kira-kira negara mana saja ya yang paling populer dengan wisata halalnya? Let’s check it out!

1. Malaysia

Negara ini paling banyak dikunjungi karena kemudahan akses segala macam kebutuhan halal yang tersedia sangat memadai. Bahkan, salah satu hotel di Malaysia telah menerapkan standar operasional prosedur (SOP) syariah yang berlandaskan Alquran, PNB Perdana Hotel. Jika kamu menginap di hotel ini, dijamin terjaga ketat kehalalannya mulai dari makanan, minuman, juga kamar hotel. Kalau kamu berniat untuk berlibur ke negeri jiran ini, kamu bisa mengunjungi Tanajung Ara, Batu Ferringgi, Berjaya Langkawi Island, Pulau Pangkor Laut, Pulau Tioman, Cameron Highlands, atau Lexis Hibiscus Post Dickson. Keindahan laut Malaysia ini pasti akan menghipnotis kamu.

2. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memiliki Dubai sebagai daya tarik wisata halalnya. Pionir industri pariwisata syariah ini juga menerapkan aturan wisata halal di dunia, lho. Keren kan? Jangan lupa untuk menyempatkan singgah di Burj Khalifa, Burj Al Arab, Abu Dhabi, Sharjah, Fujairah, Ras al-Khaimah, Al-Ain, serta Ajman. Tempat-tempat itu sayang dilewatkan karena keindahan dan langitnya yang biru membentang luas bagaikan tanpa awan.

4. Turki

Istanbul menjadi kota yang wajib kamu kunjungi jika berencana liburan ke Turki, melihat deretan bunga tulip yang indah sampai menaiki balon udara besar di Cappadocia. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah Islam yang bisa kamu datangi. Eh, tunggu dulu. Ternyata berlibur ke Turki juga bisa kamu lakukan sendiri alias solo traveling. Nah, selain dua kota itu, kamu juga wajib mengunjungi Hagia Sophia, Selat Bosporus, dan kalau mau belanja-belanja bisa ke Grand Bazaar.

5. Indonesia

Tahukah kamu jika Indonesia menduduki posisi ke-3 peringkat dunia sebagai destinasi wisata yang ramah Muslim? Peringkat tersebut dinilai berdasarkan empat kriteria utama, yakni akses, komunikasi, lingkungan dan layanan. Hal itu diumumkan melalui peluncuran Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017 atau Studi Indeks Wisata Muslim Global 2017 hasil kerja sama Mastercard bersama perusahaan otoritas industri travel CrescentRating. Yang menjadi sorotan utama dalam paket wisata halal adalah Lombok. Kemudian disusul Jakarta, Batam, Aceh, Jawa Barat, Jogja, dan Sumatera Barat.

6. Qatar

Qatar terkenal ramah dan nyaman dijadikan sebagai tempat untuk berwisata halal. Sebagai salah satu persinggahan sebelum melakukan ibadah umroh selain Mekah dan Madinah. Jadi kalau kamu punya kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh, kamu bisa mengunjungi negara ini dan menikmati suasana kota yang pasti belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Tapi, siap-siap dengan cuaca panasnya yang ya!

7. Yordania

Negara timur tengah masih menjadi yang populer dalam menawarkan paket wisata halalnya. Termasuk Yordania. Negara ini memang mempesona dengan berbagai destinasi wisata menarik seperti Laut Mati, Petra, Aqaba, Gua Ashabul Kahfi, Hercules Temple, Desert Castles, Jerash, Madaba, sampai dengan Wadi Rum. Tempat-tempat itu semuanya adalah lokasi yang wajib ada dalam list perjalananmu saat berlibur ke Yordania. Jangan takut soal makanannya, karena kuliner di negara ini masih mirip dengan makanan Indonesia yang kaya akan rempah.

Jadi, sudahkah kamu memilih negara mana yang akan dikunjungi? Jangan lupa mempersiapkan perlengkapan yang lengkap ya. Agar perjalanan menjadi lancar dan seru.

Kontribuor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar