6 Tempat Wisata Saat Berlibur ke Yogyakarta

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

6 Tempat Wisata Low Budget yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk ke dalam provinsi Jawa Tengah. Kota yang penuh dengan cerita-cerita kejayaan kerajaan Hindu – Budha pada zaman dahulu ini sangat populer sebagai tempat wisata sejarah. Namun, selain wisata sejarah, Yogyakarta juga memiliki pegunungan serta pantai yang tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Apalagi dengan keramahan masyarakat lokalnya juga harga makanan dan minuman di sana yang masih sangat terjangkau buat kamu yang suka low budget traveling. Berikut 6 tempat wisata low budget yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta.

1. Kalibiru, Kulon Progo

Terletak di Kulon Progo, Kalibiru termasuk salah satu tempat wisata tersembunyi dengan jalanan terjal mendaki. Untuk menuju ke sana, kamu perlu melewati perjalanan selayaknya pergi ke Puncak Bogor. Meliuk-liuk, naik turun, namun kamu pasti akan menikmatinya karena pemandangan selama perjalanan sangat indah serta memanjakan mata. Mendekati tempat wisata, kamu sebaiknya menyewa mobil jeep atau motor trail karena bahaya jika memaksa terus naik dengan kendaraan sendiri hingga ke Kalibiru, jalanan semakin sempit dengan tanjakan curam serta jarak dekat jurang. Ketakutan kamu akan terbayar lunas ketika sampai ke tujuan, hamparan Waduk Sermo menjadi panorama indah yang bisa kamu nikmati sepuasnya dari atas. Harga tiket Kalibiru pada hari kerja adalah Rp 10.000/org.

2. Candi Borobudur, Magelang

Salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang juga merupakan situs warisan dunia UNESCO kawasan Asia Pasifik. Jangan tanya soal kepopulerannya yang sudah melanglang buana ke seluruh penjuru dunia. Candi Borobudur menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal mau pun mancanegara. Saat berkunjung kesana, kamu bisa dengan mudah melihat banyak bule yang mencintai sejarah dan budaya Indonesia. So, kamu jangan mau kalah untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia ya! Harga tiket Candi Borobudur pada hari kerja adalah Rp 10.000/org.

 3. Candi Ratu Boko, Bokoharjo

Berlokasi tak jauh dari Candi Prambanan, ada Candi Ratu Boko. Kompleks ini merupakan reruntuhan keraton tempat tinggal permaisuri Raja Prambanan tinggal, yaitu Prabu Prawatasari atau lebih dikenal sebagai Roro Jonggrang. Kompleks ini terbagi kedalam beberapa bagian seperti candi pembakaran, pendopo, keputren atau wilayah keputrian, kolam pemandian para putri raja, goa untuk meditasi, dan tempat-tempat fungsional lainnya. Berkunjung ke Candi Ratu Boko akan lebih indah saat senja, karena perpaduan antara langit petang kemerahan akan memberikan sensasi berbeda dan membuatmu semakin mudah membayangkan bagaimana dulu ada kehidupan istana di wilayah ini. Harga tiket Candi Ratu Boko pada hari kerja adalah Rp 40.000/org.

 4. Pantai Indrayanti, Gunung Batu

Pantai Indrayanti juga termasuk tempat wisata indah yang tersembunyi dibalik gunung. Pantai berpasir putih bersih ini menjadi tempat yang bisa menenangkan pikiran penat dari kepadatan aktivitas sehari-hari. Untuk menuju pantai ini, kamu harus melewati 3 gunung, yaitu Gunung Kidul, Gunung Sewu, dan Gunung Batu. Jangan lekas menyerah saat diperjalanan tidak juga menemukan sumber air dan seperti jauh dari laut, karena dibalik gunung tersebut, tersembunyi pantai indah dan menawan. Lebih serunya lagi, masuk ke pantai Indrayanti tidak perlu membeli tiket, cukup dengan membayar tiket parkir kendaraan saja.

 5. Bukit Bintang, Gunung Kidul

Setelah puas main di pantai, kamu bisa rehat sejenak di Bukit Bintang. Bukit Bintang adalah deretan warung sederhana untuk sekedar ngemil atau makan malam dengan harga yang sangat terjangkau. Berada diketinggian Gunung Kidul, kamu bisa dengan bebas melihat gemerlap lampu-lampu kota Yogyakarta dari atas. Dengan udara dingin khas pegunungan, lampu-lampu indah, makanan yang murah meriah, liburanmu menjadi semakin tidak terlupakan. Rata-rata harga makanan di sini adalah Rp 20.000.

 6. Malioboro, Yogyakarta

Pusat oleh-oleh saat berlibur ke Yogyakarta ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Macam-macam pertokoan berderet rapi, memudahkan kamu yang hendak berbelanja buah tangan untuk orang tua atau kerabat dekat. Apalagi kalau kamu ke Malioboro saat malam hari, akan banyak angkringan yang buka hingga dini hari. Setiap angkringan yang ada hampir selalu penuh oleh anak-anak Jogja atau para wisatawan yang ingin berwisata kuliner. Untuk hanya tidak jauh berbeda dengan Bukit Bintang, rata-rata seharga Rp 20.000.

Sekali kamu ke Yogyakarta, pasti jadi selalu rindu dan ingin kesana lagi. Jangan lewatkan untuk mencoba naik becak atau delman di sini juga ya!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar