6 Tips Menghemat Pengeluaran Liburan

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

6 Pengeluaran Berlibur yang Bisa Diminimalisir

Adakalanya berlibur tidak selalu harus dengan budget berlebih lho. Untuk ke satu destinasi saja kamu bahkan harus merogoh kocek yang lumayan dalam, belum lagi biaya penginapan, akomodasi selama perjalanan yang mungkin bisa kamu habiskan lebih cepat dibanding waktu kamu menabung yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Namun, jika kamu lebih cermat ternyata ada beberapa hal yang bisa diminimalisir pengeluarannya, bukan dihilangkan, tetapi lebih dihemat budgetnya. Lalu apa saja ya? Lets check it out!

1. Transportasi

via pexels.com

Saat berlibur dengan jarak yang lumayan jauh, biasanya jenis transportasi yang dipilih adalah pesawat atau kereta api. Dua transportasi umum ini memang jadi pilihan terbaik karena lebih efisien daripada membawa kendaraan pribadi. Nah, seringkali biaya transportasi ini juga besar. Untuk menyiasati pengeluaran berlebih transportasi ini, kamu harus memesan tiket jauh-jauh hari, seperti 3 bulan sebelumnya. Apalagi kamu ingin berangkat pada tanggal merah yang dekat dengan weekend. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan dua jenis transportasi tersebut. Untuk dapat mengetahui update terbaru promo mereka, kamu bisa mengikuti semua akun media sosialnya atau membuka websitenya.

 2. Penginapan

via pexels.com

Gak kalah penting dengan transportasi, penginapan menjadi hal yang juga patut kamu perhatikan pengeluarannya. Sekarang kan banyak nih, penginapan-penginapan unik dan Instagrammable yang bagus banget buat diunggah kesemua media sosial. Tapi kamu jangan hanya melihat bagusnya saja, karena yang bagus, tentu saja bisa mahal biayanya. Kalau tujuan kamu ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa menyiasatinya dengan menginap di rumah saudara, teman, atau relasi. Bahkan, kamu bisa dikasih gratis lho!

3. Oleh-oleh

via pexels.com

Seringkali, oleh-oleh menjadi kata yang paling pertama diucapkan teman-teman saat tahu kalau kamu mau berlibur. Oke aja sih kalau kamu tidak punya masalah financial, lain hal jika budget liburan sangat pas-pasan. Lagian liburan adalah waktu untuk menenangkan pikiran, dan oleh-oleh dibeli saat kamu ada budget lebih saja. Kalau tidak beli pun tidak apa-apa kan? Tapi, supaya pulang liburan gak hanya bawa baju kotor saja, kamu bisa membeli oleh-oleh yang sederhana namun berkesan. Tidak perlu mahal-mahal, karena yang dilihat bukan harganya tetapi ketulusan saat memberi.

4. Tempat Wisata

via pexels.com

Ingin liburan hemat dan meminimalisir pengeluaran tapi malah memilih liburan ke luar negeri; ke Bangkok, Itali, atau Spanyol. Duh, mana bisa? Kalau hanya perlu menenangkan hati dan pikiran dari rutinitas pekerjaan atau kuliah yang penat, gak perlu jauh-jauh. Pantai dan puncak bisa jadi pilihan terbaik. Di pantai kamu bisa menikmati deburan ombak yang saling berkejaran, berenang, apalagi melihat sunset yang cantik. Sedangkan di puncak, kamu bisa memanjakan mata dengan pemandangan hijau sejauh mata memandang, serta udara yang sejuk akan membuka pikiran menjadi lebih tenang. Kamu jadi siap menjalani aktivitas harian keesokan harinya!

5. Ajak Teman

via pexels.com

Solo traveling saat ini memang sedang hits. Kamu bisa bebas menentukan estimasi waktu atau destinasi yang akan dituju. Tapi yang berani solo traveling hanyalah orang-orang yang bermental baja. Iya, selain segala biaya ditanggung sendiri, kamu juga harus punya keberanian menjelajahi kota yang kamu tuju sendirian. Padahal, kalau kamu ajak teman, banyak manfaat yang bisa kamu dapat lho. Semua pengeluaran berlibur bisa dibagi, berdua atau bertiga, atau bahkan bisa lebih hemat kalau lebih banyak teman yang diajak. Lebih asyik juga kan kalau rame-rame?

6. Kuliner

via pexels.com

Berlibur pasti gak lengkap kalau gak kulineran. Masih berhubungan dengan mengajak teman yang artinya bisa sharing cost, berwisata kuliner akan lebih hemat saat bisa berbagi dengan teman. Biasanya nih kamu dan teman akan memesan menu berbeda biar saling icip. Kamu bisa mencoba banyak jenis makanan dengan meminimalisir pengeluaran.

Budget sekecil apa pun kalau bisa diatur dengan cermat, pasti bisa berangkat berlibur. Intinya harus jeli ya, supaya pengeluaran berlibur bisa diminimalisir!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

One comment

  1. Setuju,kalo menurut aku biaya yang bisa dipangkas adalah penginepan,karna banyak kok penginepan yang murah dan bersih,toh penginepan hanya untuk menaruh barang dan kita tidur cuma beberapa jam,karna namanya berlibur ya akitifitasnya di luar ruangan sih menurut aku

Tinggalkan Komentar