7 Tempat Wisata Keren Kalau Liburan ke Aceh

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Aceh yang terkenal dengan serambi mekkah itu menyimpan berbagai tempat wisata keren dan bersejarah yang sudah terkenal seantero nusantara bahkan mancanegara. Selain itu, Aceh juga dinobatkan sebagai salah satu tujuan wisata halal paling populer di Indonesia selain Sumatera Barat dan Lombok lho. Kalau kamu punya rencana liburan ke Aceh, wajib mengunjungi tempat-tempat wisata keren ini.

1. Masjid Raya Baiturrahman

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-05-19
via ulinulin.com

Masjid ini adalah satu-satunya gedung yang tidak hancur sama sekali saat diterjang bencana tsunami 13 tahun silam. Merupakan kekuasaan Allah SWt yang nyata di depan mata. Tempat ini wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Aceh karena Masjid Raya Baiturrahman saat ini telah direnovasi sedemikian megah dan mempunyai 12 payung elektrik a la Masjid Nabawi di Arab Saudi.

Dengan berbagai perbaikan itu pula masjid raya mampu menampung 24 ribu jemaah, baik di dalam maupun luar masjid. Sekarang koridor basement-nya juga tampak sangat mewah dengan dinding dan lantai marmer serta motif pintu Aceh, belum lagi adanya eskalator sebanyak empat unit. Proses penyediaan ruang terbuka hijau juga telah dilakukan dengan penanaman 32 batang pohon kurma serta menanam kembali satu batang pohon kohler yang dipotong saat proses renovasi pada tempat semula. Wah, kalau begini jadi betah ya beribadah di masjid ini.

2. Museum Tsunami Aceh

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-06-32
via kopertraveler.id

Historical place ini adalah karya dari Wali kota Bandung, Ridwan Kamil alias Kang Emil. Bangunan museum yang terdiri dari 4 tingkat ini dihiasi berbagai dekorasi bernuansa Islam. Dari arah luar dapat terlihat bangunan ini berbentuk seperti kapal, dengan sebuah mencusuar berdiri tegak di atasnya. Tampilan eksterior yang luar biasa yang mengekspresikan keberagaman budaya Aceh terlihat dari ornamen dekoratif unsur transparansi elemen kulit luar bangunan. Pada lantai 3 Museum Tsunami Aceh, terdapat beberapa fasilitas seperti ruang geologi, perpustakaan, musalla, dan souvenir. Pada ruang geologi, pengunjung dapat memperoleh informasi mengenai kebencanaan, bagaimana gempa dan tsunami terjadi, melalui penjelasan dari beberapa display dan alat simulasi yang terdapat dalam ruangan tersebut.

Di tingkat akhir gedung Museum Tsunami Aceh, difungsikan sebagai escape building atau penyelamatan diri ketika tsunami terjadi lagi di masa yang akan datang. Tingkat atap ini tidak dibuka untuk umum karena mengingat konsep keselamatan dan keamanan. Dari tingkat atap ini, hampir keseluruhan daerah kota Banda Aceh dapat terlihat dari atas gedung.

3. Pulau Weh

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-07-35
via triptrus.com

Di pulau ini kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling dan menyelam. Jangan tanya soal kejernihan air lautnya, pokoknya bikin kamu jatuh cinta pada pandangan pertama! Karena keanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras maupun terumbu karang yang lunak dari berbagai jenis, bentuk dan warna, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah untuk dinikmati oleh mata manusia langsung. Gak ada deh yang namanya air keruh, bebas snorkeling sepuasnya dan nikmati keindahan laut yang cantik ini.

4. Taman Nasional Gunung Leuser

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-08-51
via portalhijau.com

Taman nasional ini merupakan salah satu yang terbesar yang ada di Indonesia. Taman ini begitu luas, mencakup hutan bakau, pantai dan hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan lumut, dan sampai hutan subalpine. Ketika melintasi lanskap yang luar biasa, jadi buat kamu yang suka dengan petualangan dipastikan gak akan menyesal jika datang ke tempat ini.

Karena begitu luasnya taman nasional ini, sebaiknya kamu meminta bantuan pemandu lokal ya selain agar tidak tersesat juga lebih aman. Tersedia kok pemandu yang berlisensi baik dan dapat diandalkan di sana. Dan waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari bulan Juni sampai Oktober. Psstt, ada 6 hewan langka yang bisa kamu temukan di sini lho; Orangutan Sumatera, Siamang, Rangkong Papan, Harimau Sumatera, Ajak, dan Beruang Madu.

5. Pantai Iboih

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-10-04
via pedomanwisata.com

Pantai Iboih memiliki sensasi keindahan bawah laut yang cantik banget dan bisa dijadikan tempat favorit kalau kamu suka diving. Yes! Pantai Iboih adalah surga yang tersembunyi di Pulau Weh, yang memberikan suasana lebih santai. Di sini kamu bisa menjelajah hutan yang terjaga dengan sangat baik kelestariannya, menjejakkan kaki di atas pasir keemasan yang dipenuhi batu-batu raksasa. Air laut yang dangkal membuat mata dapat dengan jelas melihat dasar laut yang berwarna hijau kebiruan.

Tenang, Pantai Iboih dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap, seperti hotel, bungalow, kafe, restoran, sewa perahu, menyelam dan berselancar. Tempat penyewaan peralatan menyelam juga banyak tersedia di sini. Jadi tunggu apa lagi, segera nikmati liburanmu di Aceh ya!

6. Tugu Nol KM

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-11-06
via pinouva.com

Tugu Nol Kilometer terletak di ujung Pulau Weh. Jadi kalau kamu sedang berada di Pulau Weh, jangan lewatkan untuk singgah ke tempat wisata ini. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi obyek wisata sejarah bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Lokasinya terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Tepatnya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu sekitar 40 menit berkendara.

Tugu kilometer Nol adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian tugu dicat putih dan bagian atas lingkaran menyempit seperti mata bor. Puncak tugu ini terdapat patung burung Garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya. Rasa bangga bisa menjejakkan kaki di tugu bersejarah akan membuat pengalaman yang berbeda bagi liburanmu di Aceh.

7. Museum Negeri Aceh

screenshot-mail.google.com 2017-07-14 10-12-19
via indonesiakaya.com

Kalau kamu mau belajar seluk-beluk mengenai Aceh, di sinilah tempatnya. Segala hal tentang Aceh lengkap ada di sini, mulai dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika dan heraldika, filalogika, keramonologika, seni rupa, hingga teknologika. Buka setiap hari selasa sampai dengan minggu pukul setengah sembilan pagi sampai empat sore. Tenang aja, harga tiketnya terjangkau banget hanya Rp 2.000 – Rp 5.000 saja. Nah, kalau mau kesini jangan dihari senin dan hari libur nasional ya, karena tutup.

Wah, Indonesia benar-benar mempesona ya. Bagaimana menurutmu tempat-tempat wisata di atas? Atau ada tempat wisata lainnya di Aceh yang pernah kamu kunjungi? Bagikan pengalamanmu di sini ya!

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar