7 Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Bandung

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Pembangunan kota Bandung saat ini kian pesat. Tatanan kotanya semakin hari semakin bagus dan kekinian. Dengan suasana kota yang sejuk, sudah sejak lama Bandung menjadi kota tempat para wisatawan lokal refreshing dari hiruk pikuk kota Jakarta. Selain karena dekat, tapi juga banyak tempat wisata populer yang masih jadi tempat terbaik dan tidak bosan meski berkali-kali sudah berkunjung kesana. Jadi buat kamu yang mau jalan-jalan tapi hanya punya waktu dua hari, ke Bandung aja. Simak ulasan 7 tempat wisata populer yang wajib kamu kunjungi di Bandung.

1. Kawah Putih

Wonderful Indonesia - Kawah Putih
Wonderful Indonesia – Kawah Putih

Terletak di Ciwidey, kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat ini sekitar 35 kilometer dan membutuhkan waktu 2,5 jam dari kota Bandung. Kalau kamu mau ke sini, sebaiknya memakai kendaraan dari pintu masuk karena jarak yang cukup jauh. Kalau jalan kaki kan lumayan bikin pegal. Karena kecantikannya, Kawah Putih sering dijadikan latar film serta tempat favorit untuk foto pre wedding. Gimana, kamu tertarik ke tempat dingin dan melihat kawah yang sebagian besar berwarna putih dengan air berwarna kehijauan ditambah panorama bukit yang indah ini? Jangan lupa untuk mengenakan masker ya!

2. Gunung Tangkuban Perahu

Via unpad.ac.id

Kalau tadi kamu ke selatan Bandung, sekarang pindah haluan ke utara. Tempat wisata ini menyimpan cerita rakyat setempat yakni legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Karena cuacanya yang dingin, ketika mengunjungi tempat ini kamu harus membawa perlengkapan seperti jaket, masker, paying, dan usahakan untuk memakai sepatu untuk kenyamanan saat menelusuri kawasan ini.

3. Situ Patenggang

Via mediatataruang.com

Lokasi Situ Patenggang tak jauh dari kawasan Kawah Putih yakni di Bandung Selatan. Objek wisata yang memiliki pemandangan snagat indah berupa danau alami yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan hutan ini menjadi tempat favorit buat kamu yang ingin refreshing dari rutinitas pekerjaan atau kuliah serta menghirup udara segar. Di Situ Patenggang pun ada mitos mengenai Batu Cinta, yang mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

4. Ranca Upas

via seputarnikahan.com

Yang menyukai alam bebas pasti akan menyenangkan berlibur ke Ranca Upas. Lokasinya berada sekitar 45 kilometer di Selatan Bandung dan berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, menjadikan suasana di Bumi Perkemahan Rancaupas begitu sejuk dan segar. Datarannya yang berbukit-bukit, banyak pepohonan menghijau yang bikin adem mata, juga beragam fauna dapat ditemukan di sini. Hal yang paling menarik di sini karena adanya penangkaran Rusa. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa lucu tersebut. Sebelum memasuki area  penangkaran rusa, jangan lupa untuk membeli bungkusan plastik berisi wortel. Karena para rusa lucu di Bumi Perkemahan Ranca upas akan senang sekali jika diberi wortel tersebut.

5. Puncak Bintang Daun

Via liputan6.com

Kalau yang ini termasuk kedalam wisata romantisnya kota Bandung. Lokasinya terletak di ketinggian 1442 meter di atas permukaan laut dan merupakan wisata alam yang terbilang baru. Maka tidak heran tempat wisata ini menjadi tempat wisata favorit para jajaka Bandung. Dengan tiket masuk seharga Rp 18.000 saja kamu bisa menikmati pesona alam yang indah di atas puncak ini. Beberapa hal yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke tempat wisata ini adalah jalan-jalan menelusuri hutan pinus, menikmati sunset, menikmati pemandangan lansekap Bandung, area perkemahan, jogging, bersepeda, hingga foto pre wedding.

6. Curug Cimahi

Via tipsjalan.com

Beralih ke Bandung Barat, ada Curug Cimahi yang terletak di desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Objek wisata yang satu ini cocok untuk berlibur bareng keluarga. Lokasinya yang berada di atas ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut, dengan suhu kawasan yang berkisar antara 18 – 22 derajat celcius, menjadikannya sebuah tempat wisata  alam khas pegunungan dengan udara yang sejuk. Selain itu, keunikan lain tempat ini adalah sebutannya sebagai air terjun pelangi. Pada malam hari, terdapat pertunjukan air terjun yang jatuh dari ketinggian tidak kurang dari 71 meter ini sebelum menyentuh tanah akan terlihat berwarna-warna layaknya sinar pelangi sebelum jatuh ke bawah. Wuih, keren kan?

7. Situ Lembang

Via job-like.com

Terkenal sebagai tempat wisata paling misterius dan menyembunyikan keindahannya diantara 2 kaki pegunungan, yaitu Gunung Tangkuban Perahu serta kaki Gunung Burangrang. Situ Lembang adalah sebuah danau yang awalnya merupakan sebuah kaldera atau cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar dua atau tiga juta tahun yang lalu. Selain airnya yang jernih, kawasan ini juga ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang besar dan berusia tua, sehingga akan menambah keeksotisan serta kesejukan kawasan wisata lembang. Tapi kalau kamu ingin berkunjung kesini, harus izin dulu ke markas tentara yang ada di Batujajar, Padalarang karena Situ Lembang dijadikan tempat latihan untuk Kopassus.

Udara yang sejuk serta panorama yang indah membuat banyak wisatawan beramai-ramai untuk berlibur ke kota ini. Jadi tunggu apa lagi, yuk, liburan ke Bandung!

Kontributor : Siti Yulianingsih

 

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar