8 Tips Menjadi Travel Blogger Profesional

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

8 Tips Menjadi Travel Blogger Profesional

Apa sih yang membuat beberapa orang ingin jadi traveler terkenal dan sekaligus profesional? Selain bisa jalan-jalan gratis, tentu bisa menghasilkan uang saku tambahan dong. Kan enak ya, bisa mendatangi tempat-tempat indah di luar negeri tanpa harus keluar uang sama sekali. Totally free! Apalagi kalau punya followers jutaan, gampang banget rasanya pundi-pundi uang itu bertambah. Tapi, sebelum membayangkan gimana enaknya, dilansir dari expertvagabond.com, sebaiknya kamu tahu tips menjadi travel blogger profesional berikut ini:

1. Pembaca punya peran penting untuk sebuah blog

via unsplash.com

Bayangkan ketika sudah membuat tulisan di blog tapi gak ada yang baca gimana rasanya? Seorang travel blogger akan mendapatkan penghasilan dari blog maka pembaca punya peran yang sangat penting. Semakin banyak pengunjung dan pembaca di blog maka kesempatanmu mendapatkan penghasilan juga semakin besar. Tetapi jangan terlalu memikirkan penghalisan, yang penting bagaimana membuat banyak pembaca mampir ke blogmu.

2. Menulis konten kreatif yang berkualitas

via unsplash.com

Tulislah sesuatu sesuai dengan gayamu sendiri. Gak harus serius, kamu bisa pakai gaya bahasa sehari-hari yang kekinian atau dengan menyelipkan humor didalamnya. Misalnya membahas tentang tips liburan hemat, rekomendasi kuliner, tips memilih penginapan, membuat video liburan, atau bagaimana cara mengambil gambar yang Instagrammable. Buatlah sesuatu yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca.

3. Lakukan sesuatu hal yang unik dan menarik

via unsplash.com

Ceritakan tentang hal paling unik dan menarik atau bahkan menantang ketika kamu melakukan sebuah perjalanan. Pengalaman berlibur ke Maldives, melintasi India, solo traveling ke Eropa, atau menelusuri jejak sejarah candi di Jawa Tengah. Kegiatan ini menyimpan pengalaman yang luar biasa dan menjadi topik yang unik sehingga banyak pembaca yang akan mampir ke blogmu.

4. Bekerja sama dengan travel blogger lain

via unsplash.com

Tips lainnya adalah bekerja sama dengan travel blogger lain. Postingan travel blogger lain yang sudah lebih dulu terkenal akan membuat statistik pengunjung blogmu meningkat lho. Selain itu hal ini juga akan membantu memperluas personal brandingmu sebagai travel blogger. Hal penting yang gak boleh dilupakan yaitu kekuatan SEO di backlink artikel.

5. Gunakan media sosial sebagai media promosi

via unsplash.com

Facebook, Twitter, Instagram, atau media sosial yang lain akan membantumu mempromosikan blog yang kamu miliki. Tetap aktif di media sosial adalah penting kalau kamu ingin menjadi travel blogger profesional. Buat jadwal harian pada jam berapa kamu akan memposting foto atau tulisan di media sosial tersebut. Konsisten dan efisiensi waktu sangat diperlukan di sini.

6. SEO adalah kunci untuk membangun website yang sukses

Search Engine Optimization (SEO) sangat berkaitan erat dengan kegiataan blogging maka penting untuk mengoptimalkannya bagi mesin pencari seperti Google. Gak perlu khawatir kalau kamu belum paham mengenai SEO. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak atau meminta bantuan seorang professional di bidang SEO.

7. Buat email list

via unsplash.com

Pernah gak kamu bertanya mengapa setiap travel blogger menyediakan email list di blognya? Untuk apa ya kira-kira? Ternyata ini adalah upaya untuk mengetaui siapa saja pembaca setia blogmu lho. Mereka dengan senang hati menunggu artikel terbaru apa yang kamu tulis. Email juga memiliki berkinerja yang lebih baik daripada media sosial dalam mengarahkan backlink ke blogmu.

8. Networking yang luas dengan para travel blogger professional

via unsplash.com

Lingkungan yang baik adalah yang mendorongmu untuk terus bersikap positif dan mendekatkan pada impian. So, kalau kamu ingin menjadi travel blogger professional maka banyaklah berteman dan memperluas networking dengan para travel blogger professional juga. Kamu dapat belajar dari pengalaman mereka, bahkan tips-tips ampuh yang mereka bagikan padamu.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

9 comments

    1. Hallo kak

      Untuk travelawan SEO nya tidak terlalu komplek kok, cuma bawaan dari WordPress seperti Kak Rahayu punya,
      untuk memaksimalkan revenue, sangat disarankan untuk hosting wordpress self hosted agar bisa dimonitize dengan maksimal. Selebihnya kakak disiplin untuk posting aja. Minimal seminggu sekali sudah cukup untuk membangun trafik.

      Salam,

      1. Hosting wordpress self hosted dari wordpress langsung ada ya kak? Atau kak awan punya referensi kah? Iya kak aku lagi mencoba bangun kembali bertahap untuk trafiknya setelah lama ditinggalkan

        1. Kalau self hosted bisa di penyedia layanan hosting, kalau saya di manage sama WooKeren pakai cloud hosting. Untuk Biaya rendah bisa ke rumahweb, dia menyediakan hosting khusus wordpress Rp. 25.000/bulan ( Jika masuk budget )
          Diperhatikan dulu trafiknya udah tinggi belum, kalau belum disarankan pakai namecheap yang tahunan, buat tahun pertama cuma 9 Dolars. Setelah 1 tahun direview trafiknya bagus enggak. Minimal 1000 orang per hari dengan disiplin posting udah bisa cover biaya hosting dan domain.

          Salam,

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.