9 Negara ASEAN Ini Bebas VISA Bagi Pemilik Paspor Indonesia

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

9 Negara ASEAN Ini Bebas VISA Bagi Pemilik Paspor Indonesia

Kalau selama ini kamu hanya berlibur ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, mulai sekarang kamu boleh coba mengunjungi negara ASEAN lainnya. Yang menarik adalah 9 negara yang termasuk ke dalam organisasi ASEAN, bebas VISA bagi pemilik paspor Indonesia, lho. Seru, kan? Yuk simak berapa lama waktu yang bisa kamu habiskan untuk berlibur di negara-negara tersebut berikut ini.

1. Kamboja

via whc.unesco.org

Kamu bisa berlibur ke negara Kamboja bebas VISA selama 30 hari. Angkor Wat adalah salah satu tempat wisata populer yang ada di sini. Sebuah komplek candi yang mirip dengan Candi Borobudur yang ada di Indonesia. Butuh waktu lebih dari sehari kalau kamu mau mengitari candi ini karena luasnya sendiri lebih dari 1000 kilometer persegi. Wow!

2. Laos

via en.vietnamitasenmadrid.com

Di Laos, kamu bisa mengunjungi candi Buddha besar yang dilapisi emas yaitu Pha That Luang. Pha That Luang terdiri dari tiga tingkat yang masing-masing menyampaikan refleksi ajaran Buddha. Selain itu ada air terjun Taat Fang yang memiliki ketinggian mencapai 120 meter. Kamu bisa mengunjungi negara ini selama 30 hari.

3. Malaysia

via pexels.com

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan negara ini. Negara tetangga terdekat dari Indonesia ini bisa dijadikan tempat kabur sejenak dari sibuknya kerjaan. Meski punya jatah berlibur tanpa VISA selama 30 hari, tapi kalau jadwal kamu sibuk banget, cukup 2 hari aja kamu udah bisa menikmati liburan singkat ke negeri jiran ini.

4. Filipina

via expedia.com.ph

Filipina punya pantai yang indah banget lho! Bahkan Pantai Boracay terpilih sebagai salah satu pantai terbaik di dunia oleh BMW Tropical Beach Handbook. Pantai berpasir putih dengan air biru jernih ini dijamin bisa menghilangkan penat dan stres karena aktivitas harian yang gak ada abisnya! Kamu bisa berlibur ke Filipina bebas VISA selama 30 hari.

5. Singapura

via pexels.com

Selain Malaysia, Singapura juga sering dijadikan tempat wisata singkat para traveler Indonesia. Harga tiket yang terjangkau, negara yang serba modern, serta tempat wisata yang keren menjadi daya tarik para wisatawan datang ke negara persemakmuran Inggris ini. Kamu bisa berlibur ke Singapura bebas VISA selama 30 hari. Jangan lupa untuk mengunjungi Gardens by The Bay ya!

6. Thailand

via pexels.com

Khun pen xyangri? Cie, jadi pengin belajar bahasa Thailand ya kalau berkunjung ke negara ini. Kamu bisa berlibur ke Thailand bebas VISA selama 30 hari. Kalau Indonesia punya Taman Bunga Nusantara yang memiliki ribuan koleksi bunga, Thailand punya taman Suan Nong Nooch. Mata kamu akan dimanjakan dengan suguhan keindahan flora dan pertunjukan budaya.

7. Vietnam

via pexels.com

Sampai ke negara Vietnam nih, kamu bisa berlibur ke negara ini bebas VISA selama 30 hari. Vietnam juga punya banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi seperti Thang Long Water Puppet Theatre, Hoi An Ancient Town, Saigon Notre Dome Cathedral, Pagoda Thien Mu, sampai pantai Mui Ne.

8. Brunei

via yourvoice.asia

Wisata selama 14 hari di Brunei bebas VISA buat kamu pemilik paspor Indonesia. Banyak keistimewaan yang akan kamu dapatkan saat berlibur di negara ini. Masjid Jame’Asr Hassanik Bolkiah dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah dua tempat yang akan membuatmu terkagum akan keindahan arsitektur masjid. Selain itu ada Museum Kerajaan Regalia, Istana Nurul Iman, dan kalau mau belanja bisa mengunjungi Gadong Night Market.

9. Myanmar

via vovworld.vn

Sama seperti Brunei, kamu bisa berlibur ke Myanmar bebas VISA selama 14 hari. Kalau berkunjung ke Pagoda Shwedagon, kamu akan disambut dengan kilauan dan kemegahan emasnya. Situs ini pas banget buat kamu yang ingin menenangkan diri. Ada pula Bagon yang merupakan istana kuno dengan ribuan pagoda. Amazing!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

Tinggalkan Komentar