Apa Yang Harus Kamu Beli Ketika Berkunjung ke Thailand?

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Thailand adalah negara tujuan favorit sepanjang tahun untuk saya. Tempat yang indah penuh dengan senyuman, budayanya yang kaya, makanan lezat dan surga belanja karena harga barang-barangnya yang murah. Entah itu di kota Bangkok yang ramai, Pattaya dengan kehidupan malamnya yang seru, atau bersantai di Krabi dengan pantainya yang memukau, pastinya Thailand adalah tujuan wisata yang populer untuk kuliner dan belanja sampai lelah… shop ’til you drop! Untuk membuat perjalanan kamu lebih menyenangkan dan berkesan, berikut adalah daftar hal-hal yang harus kamu beli saat jalan-jalan ke Thailand.

Billboard SnailWhite yang menghiasi jalanan menuju kota Bangkok dari bandara

SNAILWHITE
Seperti yang kamu tahu, Thailand adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan make-up dan produk perawatan kulit yang berkualitas dan terjangkau. Beberapa tahun yang lalu waktu saya tiba di Bangkok, dalam perjalanan dari bandara ke hotel, saya melihat papan iklan raksasa SnailWhite ini. Wow… saya baru tahu lho, kalau ‘Snail Secretion’ itu bisa membuat kita terlihat lebih awet muda! Nah, siapa coba yang ngga mau untuk kelihatan selalu muda kan?

Setelah check-in ke hotel dan makan malam di sebuah restoran kecil yang menyajikan menu khas Thailand di daerah Silom, saya masuk ke ‘Boots’ untuk mencari produknya. Pramuniaga toko yang merangkap apotek ini bilang ke saya, bahwa SnailWhite memang produk perawatan kulit yang sangat populer di kalangan masyarakat lokal dan wisatawan, terutama wisatawan dari China, kalau datang bisa langsung borong! Dia ambilkan satu buah produk SnailWhite yang memiliki kemasan eye-catching. Produk ini mengandung ‘Snail Secretion Filtrate‘ dari Helix, yang memiliki kolagen dan elastin intensif yang efeknya sangat baik untuk proses restorasi kulit, juga membantu menahan masalah penuaan, bintik-bintik hitam, kemerahan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah supaya kelihatan lebih muda dan kencang.

Sejak pertama kali saya mencoba gunakan SnailWhite beberapa tahun yang lalu, kulit saya jadi lebih lembab, bekas-bekas jerawat hilang, dan tentu saja membuat kulit saya selalu terlihat cerah, kencang dan lebih muda! Sekarang, setiap kali pergi ke Thailand saya selalu membeli SnailWhite. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga titipan dari anggota keluarga dan teman-teman saya. Karena mereka juga sudah merasakan hasilnya yang luar biasa! Ini adalah salah satu hot item yang wajib dibeli saat sedang berkunjung ke Thailand.

POY-SIAN INHALER
Sementara lagi di toko ‘Boots’ yang ada apoteknya, saya sekalian cari Poy-Sian Inhaler yang sepertinya juga populer di kalangan masyarakat lokal dan wisatawan. Tinggal di negara tropis dengan cuaca panas dan musim hujan, membuat saya terserang flu dengan mudah. Inhaler dengan aroma eucalyptus atau kayu putih ini, adalah obat termurah dan manjur untuk menghilangkan hidung tersumbat dan rasa sakit kepala. Bentuknya adalah inhaler di satu sisi dan balsem minyak kayu putih di sisi lainnya. Berguna sekali untuk dibawa kemanapun, terutama saat saya bepergian.

THAI MILK TEA
Wah, ini juga favorit saya dan wajib beli untuk oleh-oleh saat berkunjung ke Thailand. Teh yang dicampur dengan susu yang diuapkan atau susu biasa, tampilannya emang kelihatan creamy banget! Satu minuman yang enak untuk dinikmati panas atau dingin dicampur es. Siapa sih yang ngga suka sama minuman khas Thailand ini? Kalau belum puas nikmati saat di Thailand, kamu bisa beli Thai milk tea instan yang ada dalam kemasan, tinggal diseduh di rumah dan bisa diminum saat kamu sudah balik ke Indonesia. Praktis! Merek yang populernya adalah Nestea atau Cha Tra Mue – merek teh asli Thailand.

Image: alibaba.com

 

DRIED FRUIT SNACKS
Ingat lho, jangan pernah tinggalkan Thailand tanpa beli camilan buah keringnya! Seperti kita tahu, Thailand adalah ‘surga’ dari buah-buahan paling eksotis di dunia. Kamu bisa dapatkan beragam jenis buah kering seperti mangga, pisang, durian, kiwi dan banyak lagi. Ada begitu banyak merek yang tersedia, beberapa di antaranya sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Paling gampang beli di supermarket besar seperti Big C, atau di pasar-pasar lokal.

Image: asianmarvels.com

INSTANT NOODLE
Satu lagi produk Thailand yang yummy kalau dibawa pulang adalah mi instannya! Ada banyak sekali pilihan, mulai dari Pat Thai yang telah mendunia dan jadi hidangan Thailand paling favorit. Rasa bumbu khasnya, yaitu buah asam yang dicampur dengan gula, bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah lainnya, membuat makan Pat Thai jadi suatu pengalaman yang tak terlupakan. Kin-Dee adalah salah satu merek terbaik kalau kamu mau bawa pulang Thai Pat instan. Kamu juga bisa beli mie instan merek MAMA, yang punya berbagai pilihan rasa seperti Tom Yum, yang dikemas satuan dalam plastik, jadi mudah dibawa pulang dalam tas kabin atau koper kamu.

Image: thai4me.com.au

PAKAIAN DAN KAIN SUTERA
Thailand, terutama Bangkok terkenal sekali dengan pusat perbelanjaannya, mulai dari mal-mal ternama, pasar-pasar malam, sampai Chatuchak Weekend Market yang terkenal di seluruh dunia. Barang-barang dari desainer ternama Thailand dan dunia, bisa kamu temukan di mal-mal eksklusif seperti Siam Paragon dan EmQuartier. Mau yang murah dan modis? Bisa cari di Platinum Fashion Mall, Chatuchak, dan MBK Center.

Negara ini juga terkenal dengan suteranya yang indah, dibuat jadi pakaian elegan, sarung, pernak-pernik dekorasi rumah, sampai barang-barang souvenir untuk keluarga dan teman. Jika kamu mencari produk sutra berkualitas tinggi, jangan lupa kunjungi The Jim Thompson House di 1 Khwaeng Wang Mai, Khet Pathum Wan, di daerah Siam, tepatnya di seberang Stadion Nasional. Jim Thompson adalah seorang pengusaha Amerika yang mengembangkan teknik pengolahan di Thailand dan mendirikan Jim Thompson Thai Silk Company yang terkenal di dunia. Bekas kediamannya sekarang dijadikan museum yang memamerkan benda-benda koleksi peninggalannya.

Salah satu butik Jim Thompson (Image: phuket.com)

TAS NARAYA
Kalau yang satu ini adalah barang souvenir favorit ibu-ibu dan remaja putri sekalian… produk tas NaRaYa. Tas dan pernak-pernik handmade ini dibuat menggunakan kain lokal berkualitas tinggi, dan ciri khas produk ini adalah pita besar yang terpasang di bagian tengah tas. Produk NaRaYa hadir dalam berbagai warna dan desain, jadi favorit di kalangan wanita yang mengunjungi Thailand, terutama Bangkok. Kamu bisa menemukan tokonya di berbagai pusat perbelanjaan dan bandara.

Gimana, sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja yang harus kamu beli saat berkunjung ke Thailand? Jangan pernah meninggalkan negara ini kalau koper kamu belum penuh ya! Enjoy Thailand!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


2 comments

  1. Haii… mas Awan…. jadi tertarik banget dehh, pake produk Snail White.. masih inget ga, harganya, Day Cream berapa Baht? Serum? Sunscreen SPF50..? …. terima kasih yaa 🙂

    1. Halo kak Fifi,

      Harga beda2 sih, kalo di kurs mungkin sekitar Rp. 200-300 ribuan ya yang Serumnya. Harga masih terjangkau kok 🙂

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.