Backpacking ke Sa Pa, Vietnam: Cara, Biaya, dan Tips

travelawan

Yuk, kita jelajahi Sa Pa, kota kecil yang cantik di utara Vietnam! Kota ini berada di Provinsi Lào Cai dan terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, jadi udaranya sejuk dan dingin. Sa Pa terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pemandangan pegunungan yang diselimuti salju. Keren, kan?

Jalan-Jalan di Sa Pa

Backpacking ke Sa Pa, Vietnam: Cara, Biaya, dan Tips, Travelawan
Sa Pa Vietnam

Sa Pa punya banyak tempat wisata yang seru, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Beberapa tempat wisata alam yang populer di Sa Pa antara lain:

  • Gunung Fansipan, gunung tertinggi di Vietnam, yang bisa kamu capai dengan kereta gantung.
  • Bukit Hàm Rồng, tempat yang menawarkan pemandangan kota Sa Pa dan pegunungan Hoàng Liên Sơn.
  • Thác Bạc, air terjun yang mengalir deras di antara tebing-tebing yang curam.
  • Thác Tình Yêu, air terjun yang terletak di lembah yang indah.

Selain wisata alam, Sa Pa juga punya banyak tempat menarik lainnya seperti:

  • Museum Sa Pa, tempat yang menyimpan berbagai koleksi tentang sejarah dan budaya Sa Pa.
  • Desa Cát Cát, desa adat yang dihuni oleh suku H’Mông.
  • Desa Tả Van, desa adat yang dihuni oleh suku Dao.
Backpacking ke Sa Pa, Vietnam: Cara, Biaya, dan Tips, Travelawan
Fansipan

Salju di Sa Pa yang Unik

Sa Pa adalah satu-satunya kota di Vietnam yang bisa diselimuti salju. Salju biasanya turun di Sa Pa pada bulan Desember dan Januari, ketika suhu mencapai titik terendah. Ketinggian salju di Sa Pa biasanya berkisar antara 10 hingga 20 cm.

Salju di Sa Pa punya beberapa keunikan tersendiri, berbeda dengan salju di daerah lain di dunia. Pertama, salju di Sa Pa biasanya mencair lebih cepat daripada salju di daerah lain. Hal ini karena Sa Pa memiliki iklim tropis basah muson, sehingga suhunya tidak terlalu rendah. Kedua, salju di Sa Pa memiliki warna putih yang lebih keruh daripada salju di daerah lain. Hal ini karena kandungan debu di Sa Pa lebih tinggi.

Baca juga:   Naik Taxi Dari Bandara Noi Bai ke Pusat Kota Hanoi

Meski salju di Sa Pa tidak tebal dan bertahan lama seperti di negara-negara beriklim dingin, tapi hal tersebut tetap memberikan pengalaman yang menarik dan tak terlupakan bagi para wisatawan. Beberapa aktivitas populer saat salju turun di Sa Pa antara lain:

  • Mencoba olahraga ski
  • Berguling-guling di atas salju
  • Membuat patung salju

Jadi, Sa Pa adalah destinasi yang pas buat kamu yang ingin merasakan sensasi musim dingin di negara tropis. Yuk, berangkat! 🏔️

Backpacking ke Sa Pa, Vietnam: Cara, Biaya, dan Tips

Sa Pa di Vietnam tuh salah satu tempat wisata paling hits di Asia Tenggara lho. Bayangin aja, kota ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Jadi, kamu bisa nikmatin pemandangan alam yang keren banget, budaya yang beragam, dan banyak aktivitas wisata yang seru.

Backpacking ke Sa Pa, Vietnam: Cara, Biaya, dan Tips, Travelawan
Pemandangan Kota Sa Pa

Nah, buat kamu yang suka backpacking, Sa Pa ini bisa jadi pilihan yang pas banget buat eksplor keindahan alam dan budaya Vietnam. Asal kamu bisa merencanakan dengan baik, backpacking ke Sa Pa bisa jadi pengalaman yang nggak terlupakan dan hemat di kantong. Jadi, yuk simak cara, biaya, dan tips untuk backpacking ke Sa Pa, Vietnam!

Cara Backpacking ke Sa Pa, Vietnam

Ada beberapa opsi transportasi yang bisa Kamu pilih untuk pergi ke Sa Pa, Vietnam:

1. Pesawat

Ini adalah cara yang paling cepat dan mudah. Beberapa maskapai penerbangan seperti Vietnam Airlines, Vietjet Air, dan AirAsia melayani rute Jakarta-Hanoi. Berikut adalah kisaran harga tiket pesawat dari Jakarta ke Hanoi untuk masing-masing maskapai:

  • Vietnam Airlines: Harga tiketnya berkisar sekitar IDR 3.929.700
  • Vietjet Air: Harga tiketnya mulai dari sekitar IDR 900.000 hingga IDR 1.153.555
  • AirAsia: Harga tiketnya mulai dari sekitar IDR 1.242.290
Baca juga:   3 Negara yang Wajib Dikunjungi Traveler, Setidaknya 1 Kali Seumur Hidup

Setelah tiba di Hanoi, Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Sa Pa dengan bus atau kereta api. Harap dicatat bahwa harga dapat berubah tergantung pada waktu pemesanan dan ketersediaan. Selalu cek harga terkini sebelum melakukan pemesanan.

2. Kereta Api

Salah satu opsi untuk pergi ke Sa Pa dari Hanoi adalah dengan menggunakan kereta api. Terdapat dua jenis kereta api yang melayani rute Hanoi-Sa Pa, yaitu kereta api ekspres (Tàu Hỏa Tốc Hành) dan kereta api reguler (Tàu Hỏa Thường). Perjalanan dengan kereta api ekspres membutuhkan waktu sekitar 6 jam, sedangkan kereta api reguler membutuhkan waktu sekitar 8 jam¹.

Berikut adalah perkiraan harga tiket:

  • Tiket kereta api dari Hanoi ke Sapa berkisar antara USD 19 sampai USD 106.
  • Harga ini dapat berubah tergantung pada waktu dan ketersediaan, jadi disarankan untuk memeriksa harga terkini sebelum melakukan pemesanan².

3. Bus

Bus adalah opsi paling ekonomis untuk perjalanan Hanoi-Sa Pa. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 6 jam. Harga tiket untuk bus kelas turis tidur atau semi-tidur berkisar antara $11-22, sedangkan untuk van VIP atau minibus, harga tiketnya berkisar antara $16-22. Kamu dapat menemukan tiket dengan harga mulai dari VND 235K atau Rp 319.000 di beberapa platform.

Contoh Itinerary

HariAktivitasEstimasi Waktu
Hari 1Tiba di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, VietnamWaktu kedatangan tergantung pada jadwal penerbangan Kamu
 Naik bus menuju Sa Pa8-10 jam
 Tiba di Sa Pa dan check in ke hostel1 jam
 Makan malam di restoran lokal1-2 jam
Hari 2Mengunjungi Gunung Hàm Rồng2-3 jam
 Mengunjungi Air Terjun Thác Bạc2-3 jam
 Makan malam di restoran lokal1-2 jam
Hari 3Trekking ke Desa Làng Cát Cát3-4 jam
 Mengunjungi Air Terjun Thác Tình Yêu2-3 jam
 Makan malam di restoran lokal1-2 jam
Hari 4Mengunjungi Gunung Fansipan6-7 jam
 Mengunjungi Desa Làng Ta Phin2-3 jam
 Makan malam di restoran lokal1-2 jam
Hari 5Kembali ke Hanoi dengan bus8-10 jam
 Tiba di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, VietnamWaktu kedatangan tergantung pada jadwal bus Kamu
 Terbang kembali ke JakartaWaktu keberangkatan tergantung pada jadwal penerbangan Kamu
Contoh Itinerary

 

Baca juga:   Penang Road Famous Teochew Chendul, Jajanan Wajib Kota Penang

Rekomendasi Penginapan

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan di Sa Pa, Vietnam dengan ulasan positif untuk para backpacker, lengkap dengan perkiraan harganya:

Family Homestay Family Homestay adalah sebuah homestay kecil yang terletak di pusat kota Sa Pa. Homestay ini menawarkan kamar dorm dan kamar pribadi dengan harga yang terjangkau. Staf di homestay ini sangat ramah dan selalu siap membantu tamu.

Golden Bee Hostel Golden Bee Hostel adalah hostel lain yang terletak di pusat kota Sa Pa. Hostel ini menawarkan kamar dorm dan kamar pribadi dengan harga yang terjangkau. Hostel ini memiliki desain modern dan fasilitas lengkap.

Green Valley Hostel Green Valley Hostel adalah sebuah hostel yang terletak di pinggiran kota Sa Pa. Hostel ini menawarkan kamar dorm dan kamar pribadi dengan harga yang terjangkau. Hostel ini menawarkan pemandangan indah ke pegunungan Hoàng Liên Sơn.

Morning Dew Hostel Morning Dew Hostel adalah sebuah hostel yang terletak di pusat kota Sa Pa. Hostel ini menawarkan kamar dorm dan kamar pribadi dengan harga yang terjangkau. Hostel ini memiliki bar kecil yang menyajikan makanan dan minuman.

Bamboo Homestay Bamboo Homestay adalah sebuah homestay yang terletak di pinggiran kota Sa Pa. Homestay ini menawarkan kamar dorm dan kamar pribadi dengan harga yang terjangkau. Homestay ini memiliki desain tradisional dari suku minoritas H’Mông.

Semua penginapan ini mendapatkan ulasan positif dari para backpacker. Mereka menawarkan fasilitas yang memadai dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Sa Pa adalah kota kecil yang indah di utara Vietnam, terkenal dengan keindahan alamnya dan pemandangan pegunungan yang diselimuti salju. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam seperti Gunung Fansipan dan air terjun Thác Bạc, hingga tempat-tempat budaya seperti Museum Sa Pa dan desa adat Cát Cát. Sa Pa juga unik karena merupakan satu-satunya kota di Vietnam yang bisa diselimuti salju, biasanya terjadi pada bulan Desember dan Januari.

Salju di Sa Pa memiliki beberapa keunikan, seperti mencair lebih cepat dan memiliki warna putih yang lebih keruh dibandingkan salju di daerah lain. Meski salju di Sa Pa tidak tebal dan bertahan lama, hal tersebut tetap memberikan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan, seperti mencoba olahraga ski dan membuat patung salju.

Untuk pergi ke Sa Pa, ada beberapa opsi transportasi, termasuk pesawat dan kereta api. Beberapa maskapai penerbangan seperti Vietnam Airlines, Vietjet Air, dan AirAsia melayani rute Jakarta-Hanoi. Setelah tiba di Hanoi, perjalanan bisa dilanjutkan ke Sa Pa dengan bus atau kereta api. Jadi, jika Kamu ingin merasakan sensasi musim dingin di negara tropis dan menikmati keindahan alam dan budaya Vietnam, Sa Pa bisa menjadi destinasi yang tepat. Selamat berangkat! 🏔️

Also Read

Tags

Leave a Comment