Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum

travelawan

Hai, Sobat! Mau tahu Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum? Tenang, aku bakal kasih tau caranya yang paling gampang. Yuk, kita mulai petualangan kita!

Pertama, kita mulai dari Little India, Singapura. Little India itu kawasan yang penuh warna dan hidup, banyak toko dan restoran yang jualan makanan dan barang-barang India. Dari sini, kita lanjut ke Woodlands.

Untuk ke Woodlands, kita naik MRT dari stasiun Little India. MRT itu salah satu cara paling gampang dan murah buat jalan-jalan di Singapura. Dari Little India, kita naik Downtown Line ke stasiun Stevens. Di stasiun Stevens, kita pindah ke Thomson East Coast Line dan lanjut ke stasiun Woodlands. Perjalanan ini cukup cepat dan nyaman, sekitar 30 menit aja.

Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum, Travelawan
Thomson East Coast Line

Sampai di Woodlands, kita lanjut ke Woodlands Checkpoint. Di sini, kita naik bus nomor 950. Bus ini bagus karena tarifnya murah, sekitar SGD1.55 atau sekitar Rp17 ribu kalau kita bayar pakai Ezlink. Ezlink itu kartu pembayaran transportasi umum di Singapura yang bisa dipakai di MRT, bus, dan beberapa jenis transportasi lainnya.

Setelah urusan imigrasi Singapura di Woodlands Checkpoint selesai, kita keluar dari imigrasi dan naik bus ke JB CIQ. JB CIQ itu tempat Imigrasi Malaysia, dan di sini kita lanjut proses imigrasi kita.

Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum, Travelawan
Woodlands Checkpoint

Setelah proses imigrasi selesai, kita sampai di JB Sentral. Di sini, kita lanjut proses imigrasi masuk Malaysia. Proses ini biasanya cepat dan gampang, dan setelah selesai, kita resmi berada di Malaysia!

Cara dari Singapura ke Johor Bahru Naik Transportasi Umum, Travelawan
JB Sentral

Selamat datang di Johor Bahru, Malaysia! Johor Bahru itu kota yang penuh tempat wisata menarik. Banyak hal yang bisa kita lakukan di sini, mulai dari belanja di mall modern, makan makanan lokal yang enak, sampai kunjungi tempat wisata sejarah dan budaya.

Baca juga:   Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura

Ringkasan perjalanan kita: Dari Little India ke Johor Bahru lewat transportasi umum cuma butuh waktu sekitar 1 jam 45 menit dengan tarif sekitar SGD1.55 atau Rp17 ribu. Ini cara yang efisien dan hemat buat jalan-jalan antara dua kota ini.

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna buat kalian:

  • Jangan lupa bawa paspor yang masih berlaku dan visa kalau perlu.
  • Isi Malaysia Digital Arrival Card (MDAC) paling lambat tiga hari sebelum datang. MDAC itu kartu kedatangan digital yang dibutuhkan pemerintah Malaysia buat semua pengunjung asing.
  • Siapin uang tunai atau kartu kredit buat bayar biaya transportasi. Meski banyak transportasi umum di Singapura dan Malaysia terima pembayaran digital, selalu baik buat punya uang tunai sebagai cadangan.

Semoga info ini membantu kalian. Selamat jalan-jalan ke Johor Bahru! Nikmati petualangan kalian dan jangan lupa coba semua makanan enak dan kunjungi semua tempat wisata menarik yang ada di sana.

Also Read

Tags

Leave a Comment