Dari Airport Hong Kong Naik Bus Umum ke Tengah Kota

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Salah satu kemudahan kalau kita berwisata ke Hong Kong adalah dari bandaranya, Hong Kong International Airport (HKIA) kita bisa naik transportasi umum lainnya, disamping pilih naik taxi. Kalau traveling sendiri atau berdua, naik kereta Airport Express ke tengah kota jatuhnya masih lebih murah dibandingkan taxi. Tapi kalau 3 orang atau lebih dan mau hemat, bus umum adalah jawabannya.

Bus umum dari airport Hong Kong yang ke tengah kota biasanya adalah bus tingkat (double-decker). Umumnya kode bus dimulai dari huruf ‘A’, misalnya A10, A11, A21, dan lainnya. Ada yang beroperasi 24 jam, tapi kalau sudah lewat tengah malam sampai subuh kode atau nomer bus berubah jadi ‘N’ (night service), misalnya A11 jadi N11 atau A21 jadi N21.

Terus cara bayarnya gimana? Apakah harus punya uang pas? Atau sebaiknya beli Octopus Card? Ngga perlu bingung, kalau mau pakai Octopus Card kamu bisa beli di counter yang menjual tiket kereta Airport Express. Dan kalau mau bayar tunai tapi ngga punya uang pecahan kecil, bisa beli tiket bus di counter yang ada di bagian luar dekat terminal bus bandara.

(Tidak punya uang pas? Bisa beli tiket di loket terminal bus HKIA)

Tinggal sekarang tentuin mau naik bus yang ke arah mana? Cari tau dulu lokasi hotel kamu, jadi ngga susah untuk pilih naik bus nomer berapa dan bandara. Berikut adalah beberapa jalur yang populer di kalangan wisatawan:

Jalur di sisi Hong Kong Island

  • A10 – ke Kennedy Town, Chi Fu, Wah Fu, Aberdeen, Ap Lei Chau
  • A11 – ke Macau Ferry, Central, Admiralty, Wan Chai, Causeway Bay, North Point
  • A12 – ke HKCEC, North Point, Quarry Bay, Shau Kei Wan, Siu Sai Wan
(Jadwal kedatangan & keberangkatan bus di terminal bus HKIA)

Jalur di sisi Kowloon

  • A20 – ke  Mei Foo, Sham Shui Po, Mong Kok, Tsim Sha Tsui, Hung Hom
  • A21 – ke Prince Edward, Mong Kok, Yau Ma Tei, Tsim Sha Tsui, Hung Hom Station
  • A22 – ke Jordan, To Kwa Wan, Kowloon City, Kwun Tong, Lam Tin
  • A29 – ke Wong Tai Sin, Diamond Hill, Kowloon Bay, Kwun Tong, Hang Hau, Tsheung Kwan O (Po Lam)
  • A29P – Wong Tai Sin, Diamond Hill, Shun Lee, Sau Mau Ping, Tiu Keng Leng, Tseung Kwan O Station
(Informasi bus yang jelas dan tersedia dalam bahasa Inggris)

Itu dia info seputar naik bus umum dari bandara Hong Kong International Airport (HKIA). Sekarang sudah tau kan caranya? Jadi kalau di lain waktu jalan ke Hong Kong lagi, tinggal contek untuk cara naik bus dari HKIA ke tengah kotanya.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


29 comments

  1. Halo Mas Awan,
    saya rencana pergi pertengahan oktober dengan teman2 saya 6 org dewasa dan 2 Anak usianya yg paling kecil skitar 6 tahun lah. mau tanya beberapa hal:
    1: Kami tiba pukul 16.10 di sana, sebaiknya kita ke penginapan kita di daerah Mong kok itu naik Bis, atau kereta? trs kira2 memakan waktu dan biaya berapa yah? Kalau naik taxy takutnya koper kita ga muat rencana mau ada ada 6 koper
    2. Kalau hari pertama kita lgsg mengunjungi peak tram, Madame tussauds sama sky48. kira2 memungkinkan gak yah mas?
    makasih banyak mas 🙂

    1. Halo kak Citra,

      Pilihannya yang efektif ada 2. Yang pasti jangan naik kereta Airport Express, karena akan jadi lebih mahal… sama aja kaya naik taxi, tapi naik taxi lebih praktis karena diantar sampe ke alamat. Saya saranin yang pertana naik taxi (pastinya ambil 2 taxi, karena 8 orang). Kalo mau yang lebih murah naik bus. Coba kontak ke penginapannya atau cek di situs bus-nya kira2 paling dekat stop dimana.

      Ke The Peak menjelang malam ngga masalah kok, karena kan buka sampe malam. Tinggal nanti lihat antrean Peak Tram-nya aja panjang atau ngga. Tapi mustinya sih sempat ya.

      Salam,
      Awan

  2. Hallo mas awan, saya suka sekali membaca tulisan mas awan, membuat saya tertarik ingin mengikuti, makasih banyak mas awan.
    Mas awan, saya berencana ke hongkong minggu depan, yg mau saya tanyakan jika saya menggunakan penerbangan jam 9 pagi dr hongkong, apakah terkejar jika saya menggunakan airport express train jam 05.50 dr stasiun hongkong ?
    Dan apakah sehari sebelumnya saya bisa memanfaatkan fasilitas city check in di stasiun hongkong? Rombongan saya terdiri dari 5 dewasa dan 5 anak2. Oh iya, rencananya kami menginap di ibis sheung wan.
    Makasih banyak atas jawabannya mas awan

    1. Halo kak Nyayu,

      Apa kabar? Salam kenal ya. Kalo rombongan 5 dewasa dan 5 anak2, saran saya langsung naik 2 taxi aja ke HKIA. Tarif satu taxi juga sekitar HKD 300-an, malah lebih murah dibanding naik MTR dulu dari Sheung Wan ke Hong Kong Station, terus lanjut naik Airport Express ke HKIA. Untuk city check-in juga ngga bisa sehari sebelumnya. Jadi saran saya naik 2 taxi aja. Di Hong Kong satu taxi bisa untuk 5 orang.

      Salam,
      Awan

      1. Oh begitu yaa, waaah makasih banyak mas awan atas arahannya.
        Semoga mas awan selalu sehat dan punya kesempatan untuk keliling dunia, dan tetap selalu rajin menulis 😀

  3. Halo mas awan, mau tanya kalau dr bandara ke chungking mansion naik bus A21 turunny dimana y? Apa bisa langsung di chunking mansionny?
    Mohon bantuanny mas. Terima kasih

  4. Hallo Mas Awan, rencana kita akan liburan ke HK saya suami dan anak anak. Kita tiba subuh jam 5 dan hotel berada di nathan road, baiknya kita kemana dulu ya sebelum check in hotel yang dimulai jam 14. Dengan membawa koper2 dan baiknya juga naik armada transportasi apa.
    mohon share nya ma
    terima kasih

    1. Halo kak Mala,

      Maaf ya baru bisa balas. Semoga belum pergi ke HK. Coba email / kontak hotelnya apa bisa titip koper dulu sebelum check-in? Biasanya sih bisa ya. Soalnya kalo titip koper di airport akan susah juga, jadi bolak-balik.
      Kalo bawa anak2, saran saya naik taxi aja dari bandara. Antre naik taxi umum yang ke kota (warna putih-merah), ke Nathan Road mungkin sekitar 300-350 dollar, lebih murah dari naik kereta Airport Express kalo rame2. Taxi maksimum isi 5 penumpang.

      Salam,
      Awan

  5. Hallo kak mau tanya, sy mau ke hk tgl 1 april. Katanya tdk pake visa ya? Visa nya lgsg dari imigrasi saat di bandara?
    Apakah benar sy tdk usah mengurus apapun lg ttg visa ?
    Tks 🙂

    1. Halo kak Mayang,

      Buat pemegang paspor Indonesia masuk Hong Kong tidak pakai visa. Tinggal bawa paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan aja, sama kaya kita masuk ke Singapura atau Malaysia ya.

      Salam,
      Awan

  6. Kak, mau tanya dong, kl kita pake octopus card, dari HKIA ke jalur A20 (misal) itu kena biayanya brp yaa, trs kl per stasiun gitu biasanya kepotong brp, supaya bisa aku isi ulang secukupnya, thanks kak

    1. Halo kak Mei,

      Biasanya awal2 kan ada HKD 100, nanti bisa top up minimum HKD 50 setiap kali. Kalo cuma 1-2 stasiun paling kepotong HKD 4, tapi kalo dari tengah kota ke Tung Chung atau Disneyland, sekali jalan bisa HKD 27-an.

      Salam,
      Awan

  7. Selamat siang pak.
    Rencana nya saya tgl 8 maret ke hongkong terus tiba di sana 22.15. Saya pergi bersama ibu saya plus oma saya. Keduanya masih kuat jalan, yg penting ada berhenti nya sebentar sama anak saya umur 6 tahun. Utk ke daerah victoria tower bagus nya naik taxi atau bus? Kemungkinan juga bawa koper nya 2 yg 24inch. Makasih sebelumnya.

    1. Halo mbak Marcella,

      Saran saya langsung naik taxi aja, karena kalo naik bus bisa jadi tunggunya lama dan harus angkut2 koper ke dalam bus. Tarif sekitar 300-350 HKD kayanya. Masih lebih murah & ngga ribet dibanding naik kereta Airport Express dari bandara.

      Salam,
      Awan

  8. selamat siang pak, mohon infonya, saya rencana dengan keluarga 6 orang, tgl 8 tengah malam tiba di hongkong, apakah bisa naik bus langsung ke shen zheng north station, karena kami rencana naik kereta api cepat jam 07;00 pagi ke quan zhou, mohon saran yang terbaik

    1. Halo mas Ronny,

      Maaf sekali ya saya baru sempat cek2 message lagi.
      Saya tidak tahu apakah mas Ronny sudah punya visa China dari Indonesia atau belum. Yang pasti kalau tidak punya visa China dan berencana buat VOA, sudah pasti tidak bisa. Semoga jalan2nya lancar ya mas.

      Salam,
      Awan

  9. haloo
    mau tanya mas.. kalo 3 orang & 1 bayi (15bulan) nginap di daerah kowloon sebaiknnya dari airport naik taxi or naik bus..saya sampai di hongkong jam18:50..kalo naik taxi apa bag nya bisa masuk semua ya( 3 bag besar , 1 bag kecil, 1 stroler)

    untuk balik nya ke indo saya nginap di daerah jordan dekat hotel eaton saya baca disana ada free shuttle untuk airport express, lbh baik naik taxi or airport express..pesawat balik ke indo jam 19:55
    sebaiknya dari kota ke airport spare waktu berapa jam sebelum jam keberangkatan mas ?
    thx

    1. Halo kak Livia,

      Intinya kalo udah 3 dewasa sebaiknya naik taxi aja. Ada taxi yang muat sampai 5 orang. Karena naik kereta Airport Express juga hampir sama aja, sementara naik bus repot karena bawa koper dan bayi.

      Baliknya juga saran saya naik taxi aja. Jadi yang naik kendaraan umum lain pada saat jalan2 di dalam kota Hong Kong-nya aja. Sebaiknya pergi 4-3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Yang penting 2 jam sebelumnya sudah di bandara.

      Salam,
      Awan

  10. mas mau nanya untuk bus airport A21 yg dari tsim tsa tsui ke airport itu cara bayarnya apa bisa secara tunai atau mesti beli tiket dulu, apa ada kounter di bus stopnya seperti dri airport kan kita mesti beli tiket dulu…mohon info soalnya gak punya oktopus card karena di hk cuman transit saja.

    ·

    1. Halo kak Hendra,

      Memang pembayaran cuma pakai Octopus Card atau cash (tidak ada penjualan tiket di bus stop). Dan untuk cash harus ada uang pas ya, karena bayar masukin ke mesin dan driver tidak bisa kasih kembalian.

      Salam,
      Awan

  11. Mas, mau nanya, kira2 harga tiket dari airport ke Tsim Sha Tsui berapa ya kalau naik bus atau Airport Express?
    Thanks

    1. Halo mas Arwin ,
      Airport Express itu harua ke Hong Kong station dulu, tiket HKD 100. Dari situ baru sambung naik MTR dari stasiun Central ke stasiun Tsi Sha Tsui ya.
      Naik bus no. 21 ke TST sekitar HKD 33.

      Salam,
      Awan

  12. Halo mas, saya mau tanya.. Kalo mau ke tsim tsa tsui, berarti bisa naik bus A20 / A21 ya? Karna saya akan menginap di chungking mansion bersama keluarga..
    Kira – kira harus isi berapa HKD ya ke dalam octopus card untuk jalan – jalan di Hongkong seharian menggunakan MTR / Bus? Total rombongan saya ada 6 orang.. Thanks a lot..

    1. Halo mbak Eveline,
      Naik bus A21 ya. Octopus itu bisa di top up, kalo saya sih biasanya isi ngga pernah lebih dari 100 HKD, kalo habis baru isi lagi tiap kali 50 HKD. Kecuali kalo mau jalan ke tempat yang jauh seperti Disneyland dan Tung Chung, karena itu harga tiket PP-nya lebih dari 50 HKD. Octopus harus satu orang satu kartu.

      Salam,
      Awan

  13. kalo A21 dari kowloon ke badanra sampai jam berapa opeasionalnya ya mas awan?

    Alhamdulillah. saya dpt free ticket dari big point… peak tram universal studio dll kedua desinasi itu berjauhan atau dekat ya?

    sampai bukajam 22 malam ya?

    1. Halo mas Yuda,
      Wah, beruntung sekali ya dapat free ticket 🙂 Kalo bus nomer 21 itu beroperasi 24 jam. Pagi sampai malam nomernya A21, kalo lewat tengah malam sampai subuh berganti nomer jadi N21.

      Maaf saya kurang paham yang Universal Studio (karena di Hong Kong ngga ada), apakah maksudnya Disneyland? Jaraknya sama The Peak jauh, tapi bisa tinggal naik MTR aja yang tujuan ke Tung Chung, dan turun di stasiun Sunny Bay untuk nyambung ke Disneyland.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.