Di Turki, Bisa Naik Pesawat Bareng Hewan Peliharaan

travelawan

Di Turki, Bisa Naik Pesawat Bareng Anjing dan Kucing Peliharaan Lho!

Ini satu cerita lagi dari hasil jalan-jalan ke Turki beberapa saat yang lalu… Waktu sedang asyik-asyiknya menyeruput segelas Iced Cappucino di salah satu kafe di Sabiha Gökçen Airport, Istanbul, saya sempat terkesima juga waktu melihat ada orang yang duduk di dekat meja kami dengan bawa cat carrier crate atau kandang kucing, lengkap dengan seekor kucing di dalamnya.

Langsung saya dan partner saya lihat-lihatan dan saling berbisik, “Emang boleh ya bawa kucing masuk ke dalam pesawat?”. Setahu saya sih selama ini kalau kita bawa binatang peliharaan, biasanya dititipkan di cargo pesawat dan tidak masuk ke kabinnya, kecuali untuk hewan khusus seperti anjing pemandu tunanetra.

Di Turki, Bisa Naik Pesawat Bareng Hewan Peliharaan, Travelawan
(Bawa binatang peliharaan ikut naik pesawat, hal biasa di Turki)

Ternyata di Turki, membawa binatang peliharaan masuk ke kabin pesawat sah-sah saja, asal sudah didaftarkan, dilengkapi surat vaksin dan dimasukkan ke dalam crate atau kandang yang sesuai dengan ketentuan. Di dekat ruang tunggu pun kami melihat seekor anjing yang dituntun tuannya dengan tali naik ke travelator. Memang pemandangan yang tidak biasa ya untuk kita yang tinggal di Indonesia.

Waktu membuka-buka halaman majalah AnadoluJet, pesawat yang kami tumpangi, benar saja ada artikel tentang ketentuan membawa binatang peliharaan ini. Yang pasti, binatang peliharaan yang bisa dibawa hanya anjing dan kucing saja, dilengkapi dengan sertifikat atau surat vaksinnnya dan yang beratnya tidak lebih dari 6kg. Untuk anjing, diperbolehkan satu kandang berisi dua ekor, sementara untuk kucing dilarang kalau menempatkan dua kucing dalam satu kandang. Seperti kita tau, kalau dua kucing sampai berantem… bisa gaduh dong ya satu pesawat! Hehehe…

Baca juga:   Ini Dia 7 Tempat Wisata Gratis di Istanbul, Turki

Sebelum naik pesawat binatang peliharaan dan kandangnya nanti ditimbang dulu dan di-charge sebagai kelebihan bagasi (excess baggage). Jadi kalau mau bawa anjing atau kucing peliharaan ke dalam pesawat, pastinya harus merogoh kocek lebih. Selain itu harus pastikan juga bahwa peliharaan tidak bau dan dalam kondisi bersih. Buat pencinta binatang di Turki pasti senang sekali ya, bisa liburan bareng binatang kesayangan!

Also Read

Tags

Leave a Comment