Wisata ke GranMonte Winery di Khao Yai, Thailand

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

GranMonte Winery di Khao Yai, Salah Satu Penghasil Wine Terbaik Thailand

Setelah puas keliling peternakan di Chokchai Farm dan menikmati sepiring steak lezat di Chokchai Steakhouse, kami pun melanjutkan perjalanan menuju ke tempat tujuan wisata berikutnya, GranMonte Asoke Valley Winery and Vineyard. Excited juga begitu melihat jadwal tour yang dirangkai oleh Tourism Authority of Thailand – Jakarta Office, yang memasukkan kunjungan ke perkebunan anggur dan pembuat wine, Gran Monte ini, sebagai salah satu tujuan wisata kamu selama berada di di Khao Yai.

(Perkebunan anggur GranMonte di Khao Yai, Thailand)

GranMonte memiliki lahan seluas kurang lebih 16 hektar. Karena Khao Yai letaknya di dataran tinggi, sekitar 350 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sini cocok untuk mengembangkan perkebunan anggur. Lokasi GranMonte yang berada di sebuah lembah membuatnya cocok untuk menanam anggur berkualitas tinggi, untuk membuat wine.

Berbagai varian anggur untuk membuat minuman wine yang di tanam di perkebunan ini diantaranya Chenin Blanc, Cabernet Sauvignon, Shiraz, dan Tempranillo. Teknik penanaman anggur di sini juga bersifat organik, sehingga bisa menghasilkan produk anggur yang terbaik. Perkebunan ini adalah sebuah perkebunan keluarga yang memang memiliki minat tinggi untuk berkecimpung di bisnis pembuatan wine.

(Saya bersama Mr. Nithee Seeprae, Direktur TAT Jakarta Office)

Setelah perjalanan beberapa puluh menit dari Chokchai Farm, sampailah kami di Asoke valley, tempat perkebunan anggur GranMonte. Saat rombongan kami tiba, Mr. Nithee Seeprae, Direktur Tourism Authority of Thailand – Jakarta Office, sudah menyambut kedatangan kami bersama Gloria, yang akan menjadi guide kami mengelilingi perkebunan dan tempat pembuatan wine ini.

(Siap berkeliling GranMonte Vineyard di Asoke Valley)

Kami berkeliling perkebunan anggur dengan sebuah van khusus yang memang disiapkan untuk tour. Gloria menjelaskan kepada kami mengenai sejarah GranMonte, cara menanam anggur, perawatannya dan juga produk apa saja yang dihasilkan oleh winery yang satu ini. Pada bagian ujung perkebunan terdapat sebuah bangunan yang merupakan tempat untuk memproses anggur-anggur yang mereka panen dari perkebunan ini menjadi wine putih dan merah.

GranMonte memiliki seorang wine maker yang hebat, yaitu Nikki Lohitnavy. Dia adalah anak dari managing director dan CEO-nya sendiri, Visooth Lohitnavy. Makanya boleh dibilang ini adalah perusahaan keluarga. Tapi Nikki menjadi wine maker di sini bukan karena keluarganya yang memiliki perkebunan ini, dia juga mengantongi gelar Oenology dari Adelaide, Australia dan merupakan wine maker wanita pertama di Thailand.

Hasil racikan Nikki menghasilkan wine berkualitas tinggi dan termasuk yang terbaik di Thailand. Tahun 2009 merupakan tahun yang cemerlang bagi GranMonte, winery ini berhasil memenangkan sekitar 20 penghargaan dari dalam dan luar negeri. Diantaranya ’2009 Spring Chenin Blanc’ produksi winery berhasil memenangkan medali perak dari AWC Vienna International Wine Challenge 2009. Berkat penghargaan-penghargaan dan pengakuan internasional ini, membuat GranMonte dinobatkan sebagai salah satu produsen wine paling top di negeri Gajah Putih ini.

(Tabung-tabung untuk memproses pembuatan wine di GranMonte)

Bagian paling seru dari tour ini adalah saat kami diperbolehkan masuk ke tempat pembuatan wine-nya, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini. Di bangunan yang berisi tabung-tabung raksasa tempat anggur-anggur diendapkan dan diproses untuk menjadi wine ini, kami melihat presentasi lengkap tentang GranMonte dan juga diajak melihat gudang penyimpanan wine-nya. Ternyata kini selain disimpan di dalam barel kayu, untuk wine jenis tertentu juga bisa disimpan dalam tabung-tabung stainless steel, yang akan berpengaruh juga ke rasa.

Dan saat yang ditunggu-tunggu datang juga, setelah beres dengan tour keliling <e
(Sambil berkunjung kita bisa wine tasting juga, lho!)

Dan saat yang ditunggu-tunggu datang juga, setelah beres dengan tour keliling winery ini, maka kini adalah saatnya untuk wine tasting! Tidak semua anggota rombongan kami mengikuti acara ini, tentunya ada yang pantang alkohol dan memilih untuk membeli grape juice produksi GranMonte yang juga luar biasa enaknya. Di acara wine tasting ini kami diberi kesempatan untuk mencicipi 4 jenis wine yang berbeda, yaitu 2012 Sole Chenin Blanc/Viognier, 2013 Sakuna Syrah Rose, 2010 The Orient Syrah dan produk terbaru mereka, 2013 Bussaba Natural Sweet Wine.

Dari coba-mencoba wine ini, pada akhirnya kalau soal minuman dari buah anggur ini memang balik lagi ke selera. Belum tentu wine yang paling mahal itu yang paling pas di lidah kita. Tapi menurut saya wine produksi GranMonte ini memang enak dan pantas jika menyandang predikat sebagai wine terbaik di Thailand.

Di bangunan tempat kami melakukan wine tasting juga terdapat gift shop yang cukup besar. Ternyata produk mereka juga ada beberapa lainnya, diantaranya adalah lotion, selai, jus anggur dan barang-barang cinderamata lainnya. Berbagai varian selai bisa jadi pilihan dan kami bisa mencobanya, enak-enak! Saya langsung membeli dua macam selai dan beberapa kaos Khao Yai dengan desain yang menarik.

Di bangunan tempat kami melakukan <em>wine tasting</em> juga terdapat <em>gift s
(Selai Red Wine favorit saya di GranMonte Winery)

Jika Anda berkunjung ke Khao Yai, sempatkan untuk mampir ke GranMonte Winery. Selain dapat menikmati pemandangan indah perkebunan anggurnya, hidangan lezat dan wine berkualitas pun dapat Anda cicipi di restoran VinCotto, yang memiliki sekitar 50 tempat duduk di dalam ruang utama restoran dan 70 tempat duduk di bagian luar. Nikmat sekali mecicipi hidangan-hidangan di sini sambil menikmati pemandangan perkebunan anggur dan perbukitan Khao Yai National Park. Anda bisa pesan menu andalannya seperti Crab au Gratin, Short Ribs Fettucini, Smoked Duck Penne, atau jika ingin menikamti jajanan ringan bisa pilih Grape Crepe atau Grape Cheese Pie, yumm!

Di GranMonte juga sering diadakan berbagai aktivitas dan festival, seperti pada saat panen yang biasanya di bulan Februari, dan Wine Festival di bulan Oktober. Untuk tour, dilakukan pada akhir pekan dan berdasarkan perjanjian.

Untuk jadwal kegiatan dan informasi lebih lanjut mengenai GranMonte bisa cek di website: granmonte.com

GranMonte kantor perwakilan Bangkok
GranMonte Co,Ltd.
17 / 8 Soi Sukhumvit 6, Sukhumvit Road,
Klongtoey, Bangkok 10110
Tel: +66 2 653-1522
E-mail: marketing[@]granmonte.com

GranMonte Vineyards and Wines – Asoke Valley, Khao Yai
52 Moo 9 Phayayen, Pak Chong,
Nakornrachasima, Thailand
Tel: 081-923-2007, 084-904-1944, 081-900-8282, 080-661-7555

VinCotto Restaurant buka setiap hari, jam 11.00-20.00

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.