Wisata Singapura, Asyik Jalan-Jalan dan Shopping di Haji Lane

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Dalam kemegahan pusat perbelanjaan di Singapura ada satu lorong unik yang terselip, yaitu Haji Lane. Berisi Butik-butik kecil perancang lokal Singapura. Bukan dari rancangannya saja, mereka juga berlomba mempercantik toko-tokonya dan membuat Haji Lane terlihat semakin marak.

Di daerah Kampong Glam, tidak jauh dari Arab Street, Singapura, terselip sebuah lorong kecil yang tidak terlalu panjang. Ya, Haji Lane, itulah nama jalan yang memiliki ciri khas tersendiri ini. Untuk penggemar mall ber-AC jalan ini bisa dibilang kurang menarik.

Haji Lane, Pusatnya Belanja Unik di Singapura

Namun, siapa sangka, di balik jejeran shophouses atau bangunan rumah toko bertingkat dua yang umumnya sudah berumur lebih dari satu abad ini terdapat hasil karya menarik dari desainer-desainer lokal Singapura. Butik-butik kecil perancang lokal Singapura yang sendang naik daun mengisi jejeran shophouses di Haji Lane. Masing-masing desainer tidak hanya mencurahkan keunikan mereka pada rancangan saja, tetapi juga di toko-toko yang menaungi hasil karya mereka.

Absolut Haji Lane!

Seolah ingin menunjukan kreatifitas masing-masing, mereka berlomba mempercantik dan menyajikan sentuhan unik melalui warna-warni cat yang menghiasi bangunannya. Setiap bangunan memiliki identitas dengan warna cat bahkan lukisan yang beragam. Selain menghapus kesan suram pada bangunan yang mereka tempati, ragam warna pada bangunan-bangunan tersebut membuat Haji Lane semakin marak.

Lorong nan menawan di Singapura

Pemandangan seperti ini tak jarang memberikan inspirasi tersendiri bagi pecinta fashion dan menarik para shopaholic untuk berkunjung ke Haji Lane. Selain lokasinya yang unik, baju-baju, aksesoris, dan barang lainnya yang ditawarkan di sini belum tentu ada di mall atau toko-toko busana pada umumnya. Kalau untuk urusan harga semuanya bersaing karena kualitas barang yang tidak sembarangan.

Window display yang cantik di Haji Lane

Bagi Anda yang fashionable dan menginginkan sesuatu yang tidak pasaran, Haji Lane bagaikan sebuah oase yang menyejukkan. Kesohoran Haji Lane juga pernah diangkat sebagai feature di harian New York Times beberapa tahun silam dan artis-artis dunia, seperti Gwen Stefani pun kabarnya pernah berbelanja di sini. Wow!

Shophouses di sepanjang Haji Lane

Untuk Anda yang tidak terlalu tergila-gila dengan shopping, bukan alasan untuk tidak menyusuri jalan ini karena masih banyak hal menarik yang hadir di sini. Bangunan-bangunan yang sudah didandani dengan cantik di kiri-kanan jalan bisa menjadi latar belakang foto yang seru dan menjadi magnet bagi pecinta fotografi.

Tidak hanya itu, juga banyak terdapat kedai unik yang dapat kita temukan di sepanjang Haji Lane. Ada Going Om, sebuah kafe yang juga melayani pembacaan kartu Tarrot dan punya kelas yoga dan meditasi yang terletak di 63 Haji Lane dan buka mulai jam 5 sore sampai larut malam. Bagi Anda yang termasuk kolektor CD, bisa coba mengunjungi Straits Records di 49 Haji Lane yang menyajikan koleksi musik alternatif, hip-hop, reggae sampai hardcore yang mungkin susah untuk didapatkan di toko CD biasa, dan mereka juga menjual album dari grup lokal dan band indie lainnya.

Hati-hati berat badan bertambah setelah memasuki toko ini...

Adapun tempat lain yang patut untuk disinggahi adalah My Fat Lady. Sebuah toko kue yang juga menjual cupcakes populer Red Velvet. Bila cuaca Singapura yang cukup panas hampir mencekik Anda, Pluck yang menyajikan homemade ice cream dan yoghurt dengan rasa unik seperti salted caramel, earl grey tea gelato sampai yang mengandung alkohol seperti lychee martini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain ice cream, Pluck juga merupakan butik baju, tas, alat-alat dekorasi, dan aksesoris rumah.

Kedai ice cream Pluck

Untuk menuju Haji Lane, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun MRT Bugis menuju ke Raffles Hospital dan Kampong Glam. Berjalan-jalan ke Haji Lane memang enaknya menjelang sore hari karena sebagian besar toko dan kafe baru membuka pintu mereka di tengah hari.

Logo butik yang menarik

Haji Lane, memang tempat yang menyajikan sesuatu untuk semua, baik pecinta fashion, kuliner, sampai fotografi. Ingin berbelanja dengan suasana yang berbeda dan barang-barang limited edition di Singapura? Haji Lane bisa menjadi alternatif yang seru dan unik untuk Anda kunjungi.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar