Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura

travelawan

Walaupun Singapura termasuk salah satu kota termahal di dunia, tapi yang namanya belanja oleh-oleh murah masih tetap bisa kamu lakukan di negara tetangga kita ini. Memang Singapura dipenuhi oleh mall-mall dan tempat belanja yang tidak terhitung jumlahnya, tapi kalau berbicara mau belanja oleh-oleh atau souvenir dengan harga murah, ini dia 4 tempat yang paling lengkap dan wajib kamu kunjungin:

1. Lucky Plaza
Lokasinya paling mudah untuk dijangkau, karena berada di tengah-tengah Orchard Road yang jadi salah satu tujuan wisata utama di Singapura. Keramaian di Lucky Plaza tidak pernah surut. Bagi orang Indonesia, tempat ini akrab sekali karena di atasnya juga terdapat apartemen yang biasa disewakan dengan harga lumayan murah bila dibandingkan dengan hotel. Jadi ngga heran kalo penjual disini sudah bisa ‘mendeteksi’ mana orang Indonesia, dan juga menyapa pakai perbendaharaan bahasa Indonesia yang mereka tau.

Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura, Travelawan
(Lucky Plaza di Orchard Road – Foto: Wikimedia Commons)

Apa saja yang bisa kamu dapatkan di Lucky Plaza? Dulu saya sering beli parfum disini, karena harganya yang lebih murah dan koleksinya lengkap. Berbagai barang elektronik seperti kamera dan handphone juga bisa kamu temukan disini. Sementara di lantai bawahnya, banyak toko yang memang khusus menjajakan souvenir khas Singapura.

Selain toko souvenir yang menjual t-shirt, gantungan kunci, magnet kulkas, tas dan juga cokelat berbentuk Merlion, kamu juga bisa beli barang-barang lain dengan harga bersaing, seperi kosmetik, jam tangan murah, cincin, pashmina dan banyak lagi. Memang kebanyakan orang Indonesia yang belanja oleh-oleh akan singgah kesini. Oh ya, kalau lapar dan mau bersantap masakan Indonesia ada Ayam Bakar Ojolali dan Ayam Penyet Ria di lantai 3 gedung ini.

Baca juga:   Transit di Singapura, manfaatkan waktu singkat di Changi Airport

Cara ke Lucky Plaza:
Naik MRT jalur merah menuju Orchard Station (NS22), dari sini tinggal menyeberang jalan, lanjut jalan ke arah kanan. Lucky Plaza ada di sebelah Tang’s Shopping Centre.

2. Bugis Street
Begitu tiba di kawasan Bugis Street, sebelum memasuki lorong yang menjual berbagai jajanan dan souvenir di tenda luarnya tertulis “The Largest Street Shopping Location in Singapore”. Betul sekali, di Bugis Street untuk urusan belanja barang pernak-pernik memang lengkap.

Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura, Travelawan
(Bugis Street yang populer – Foto: Wikimedia Commons)

Selain souvenir atau barang untuk oleh-oleh, pasti mata kamu juga ngga akan bisa berpaling dari berbagai produk fashion wanita dan pria, sepatu, topi dan banyak lagi. Tak heran kalau Bugis jadi destinasi belanja favorit wisatawan mancanegara.

Cara untuk ke Bugis:
Naik MRT jalur ungu, dan turun di Bugis Station.

3. Chinatown
Daerah Pecinan-nya Singapura ini tentunya dipenuhi oleh berbagai gerai dagangan termasuk pernak-pernik untuk oleh-oleh. Jenis barang yang dijual di Chinatown tidak berbeda jauh dengan di Bugis Street, cuma lebih variatif. Karena selain barang-barang souvenir pada umumnya, juga tersedia berbagai pernak-pernik khas China, mulai dari kipas sampai baju cheong sam.

Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura, Travelawan

Harga barang oleh-oleh disini juga bersahabat dan masih bisa ditawar, walau turunnya tidak akan terlalu jauh, tapi lumayan lah. Selain belanja, juga banyak tempat makan dan jajanan di sekitar Chinatown. Bisa istirahat sambil kulineran kalau lelah berbelanja.

Cara untuk ke Chinatown:
Naik MRT jalur merah dan turun di Chinatown Station, Exit A.

4. Mustafa Centre
Kalau terlalu sibuk jalan-jalan dan ngga sempat belanja oleh-oleh di ketiga tempat di atas, maka alternatifnya bisa langsung menuju ke daerah Little India, ada sebuah toko serba ada yang super besar, Mustafa Centre. Kompleks Mustafa Centre ini per lantai luasnya bisa ratusan meter, terdiri dari 6 lantai di gedung utamanya. Tapi ngga cuma segitu aja, ada 4 gedung totalnya. Buat yang insomnia, kayanya ini ‘tempat wisata’ yang pas ya! Hehehe…

Baca juga:   Pickadaily Bangkok, Tempat Belanja Seru Bagai di Inggris

Ini Dia, 4 Tempat Belanja Untuk Oleh-Oleh di Singapura, Travelawan

Disini kamu bisa temukan berbagai jenis barang, benar-benar serba ada! Mulai dari toiletries atau peralatan mandi, DVD (buat pencinta film India atau Mandarin pas banget nih cari disini), parfum, snacks, kamera, jam tangan bermerek, smartphone, sampai emas! Tapi kalaupun cari gantungan kunci atau magnet kulkas untuk oleh-oleh di sini banyak sekali pilihannya. Pokoknya benar-benar toserba!

Soal harga? Disini boleh dibilang lebih murah. Dulu pertama saya diajak ke Mustafa oleh seorang teman, kita sibuk memilih-milih produk mandi import yang kalau di Indonesia terbilang mahal, dan di Mustafa kita dapatkan dengan harga murah. Senang!

Saran saya sih kalau memang mau ke Mustafa, sebaiknya pergi malam saja setelah acara jalan-jalan ke berbagai obyek wisata beres, karena begitu masuk Mustafa bisa langsung lupa waktu!

Mustafa Centre
145 Syed Alwi Road, Singapore 207704
Tel: (65) 6295 5855

Cara ke Mustafa Centre:
Naik MRT jalur ungu ke Farrer Park Station (N8). Keluar lewat Exit G, di seberang jalan akan terlihat Singapore Turf Club, saat kamu menghadap gedung ini jalan kaki ke arah kanan dan jalan sekitar 100 meter di Rangoon Road ini sampai ketemu perempatan lampu lalulintas (Serangoon Road).
Dari perempatan ini belok kanan dan jalan satu blok sampai ketemu Serangoon Plaza di sebelah kiri kamu, kemudian masuk ke jalan di samping plaza ini, dan kamu akan ketemu Syed Alwi Road, tempat Mustafa Centre berada.

Itu dia 4 tempat belanja oleh-oleh di Singapore yang paling lengkap. Bisa kunjungi semuanya jika memang ada waktu sambil jalan-jalan. Tapi kalau memang waktu terbatas, bisa kunjungi salah satunya saja dan semoga semua oleh-oleh yang dicari ada ya… Happy shopping!

Also Read

Tags

Leave a Comment