Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul

travelawan

Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul

Mau jelajahi Istanbul, Turki dengan lebih hemat? Naik transportasi umum adalah jawabannya! Kota yang mempesona dan menyimpan kekayaan sejarah yang berlimpah, berpadu dengan sentuhan modern ini memiliki berbagai jenis transportasi umum yang nyaman untuk membawa kita menelusurinya. Berbagai tempat wisata utama, pusat belanja, taman-taman kota dan tempat hang out, bisa dicapai dengan mudah dengan subway, tram, metrobus dan feri. Walau bisa bayar tunai atau beli token untuk tiketnya, tapi agar lebih mempermudah acara jalan-jalan kamu, bisa beli yang namanya Istanbulkart.

Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul, Travelawan

Istanbulkart dan Keuntungan Menggunakannya

Kartu yang mulai diperkenalkan ke publik sejak maret 2009 ini berupa kartu, seperti kartu Flazz di Indonesia atau EZ Link di Singapura, berbentuk seperti kartu kredit dan bisa diisi ulang sesuai dengan kebutuhan.
Nah, keuntungan pakai Istanbulkart? Bisa baca di bawah ini:

Kartu Multi Fungsi – Bisa digunakan di semua moda transportasi seperti bus, metro, feri dan tram, termasuk tram antik yang beroperasi di daerah Istiklal Caddesi. Lebih praktis daripada harus membeli token atau tiket setiap mau naik kendaraan umum.

Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul, Travelawan

Kartu Prabayar dan Bisa Isi Ulang – Harga kartu awal 6 TL (tidak bisa refund – kartu berlaku selamanya), dan untuk isi ulang bisa di minimart atau tempat jual koran yang memasang tulisan Akbil Dolum Noktasi atau di mesin-mesin isi ulang yang ada di setiap stasiun atau dekat tempat tunggu kendaraan umum, bisa isi 5, 10, 20 atau 50 TL. Sebagai gambaran, untuk sekali naik metro adalah 2 TL, jadi tinggal hitung kira-kira berapa jumlah isi ulang yang kamu perlukan.

Baca juga:   Transportasi Tengah Malam Dari Hong Kong International Airport
Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul, Travelawan
(Mesin pembelian Istanbulkart yang ada di stasiun dan pemberhentian Metro)

Mudah Digunakan – Tinggal dekatkan kartu ke mesin card reader dan tandanya sudah terhitung akan keluar bunyi dan di layar akan muncul jumlah sisa nominal yang ada di kartu. Kalau dana kurang, maka akan muncul peringatan dengan muncul tulisan Kontör Yetersiz di layar.

Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul, Travelawan

Manfaatkan Diskonnya – Dengan Istanbulkart kamu otomatis akan mendapatkan diskon 10% dari tarif normal kendaraan umum. Dan ada potongan harga khusus jika kita melakukan transfer ke moda transportasi lain dalam waktu 2 jam (sampai 5 kali transfer).

Satu Kartu Bisa Digunakan Beberapa Orang – Ya, ini dia bedanya Istanbulkart dibandingkan dengan kartu commuter line di Jakarta atau EZ Link di Singapura, kartu bisa dipakai sampai 5 orang. Jadi lebih hemat, ngga perlu beli masing-masing satu kartu. Setelah satu orang bayar dan tertera sisa nominal di kartu, tunggu beberapa detik kemudian orang berikutnya bisa proses pembayaran.

Jadi begitu tiba di Istanbul, lebih baik langsung cari counter yang menjual kartu ini dan siap untuk jalan-jalan murah keliling kota!

Also Read

2 thoughts on “Istanbulkart, Kartu Untuk Jalan-Jalan Murah di Istanbul”

    • Halo Dreamcatcher,
      Iya tap di awal dan gantian. Jadi satu orang masuk ke dalam pintunya, kartu kasih ke yang lain yang masih di luar. Begitu terus, bergantian.

      Salam,
      Awan

      Reply

Leave a Comment