Kartu kredit untuk traveling di Malaysia bisa untuk QRIS

travelawan

Cari tahu cara cerdas pake kartu kredit untuk traveling ke Malaysia. Ada tips yang bisa dapetin dan trik-trik berguna buat ngerasain manfaat maksimal dari kartu kredit pas lagi jalan-jalan.

Kartu kredit untuk traveling di Malaysia bisa untuk QRIS, Travelawan
Siap gunakan Kartu kredit untuk traveling di Malaysia?

Kartu kredit untuk traveling

Kartu kredit untuk traveling tuh spesial banget, digarap khusus buat ngebantu para traveler. Nah, ini dia beberapa keuntungan yang biasanya disodorin sama jenis kartu kredit ini:

1. Diskon buat tiket pesawat dan moda transportasi lain: Ada yang kasih diskon atau cashback buat beli tiket pesawat atau alat transportasi lainnya.

2. Gratis masuk Airport Lounge: Biasanya, kartu kredit travel ngasih akses gratis ke Airport Lounge, tempat asik buat santai sambil nyemil sebelum terbang.

3. Bonus bagasi di pesawat: Ada juga yang nambahin bonus bagasi gratis di pesawat.

4. Diskon hotel: Kamu bisa dapet diskon buat nginep di hotel tertentu.

5. Cashback waktu belanja: Ada kartu kredit yang ngasih cashback pas kamu belanja di tempat-tempat tertentu.

6. Transaksi yang lebih gampang: Pake kartu kredit, gak perlu repot bawa-bawa duit cash banyak waktu jalan-jalan.

7. Asuransi perjalanan: Beberapa kartu kredit juga nyediain asuransi perjalanan buat ngebela kamu dari risiko-risiko waktu lagi jalan-jalan.

Ada banyak banget jenis kartu kredit travel, dan tiap kartu punya fitur serta keuntungan beda-beda. Misalnya, Citi PremierMiles Card, BCA Visa Black, dan HSBC Visa Signature yang lagi hits di Indo. Pilih aja kartu kredit yang paling pas buat kebutuhan dan gaya hidup traveling kamu. Selalu baca baik-baik syarat dan ketentuannya sebelum kamu memutuskan buat ajukan kartu kredit, ya!

Kartu kredit secara umum

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis kartu kredit saat traveling, tidak hanya yang spesifik untuk traveling. Meskipun kartu kredit travel memiliki banyak manfaat untuk para traveler, kartu kredit biasa juga bisa sangat berguna. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan kartu kredit secara umum saat traveling:

Apa manfaat kartu kredit secara umum di luar negeri?

Nih, beberapa untungnya pake kartu kredit pas lagi jalan-jalan ke luar negeri:

Baca juga:   3 Tempat Seolah Tidak Nyata di Indonesia

1. Gampang Transaksi: Kartu kredit diakui di mana-mana di seluruh dunia. Jadi, urusan bayar-bayar lebih gampang, apalagi di negara yang kurang suka cash.

2. Aman: Ngebawa kartu kredit lebih aman ketimbang bawa banyak duit cash. Kalo kartu kredit ilang atau dicopetin, bisa lapor dan bank punya proteksi buat kamu.

3. Program Hadiah: Banyak kartu kredit punya program reward atau poin yang bisa kamu tukerin buat tiket pesawat, hotel, atau diskon shopping.

4. Asuransi Pembelian: Ada juga yang nawarin asuransi buat barang-barang yang kamu beli, jadi kalo rusak atau hilang, kamu masih dijaga.

5. Buat Darurat: Kalo ada keadaan darurat, misalnya butuh duit tiba-tiba buat urusan medis, kartu kredit bisa jadi sumber dana yang cepet dan simpel.

6. Ngecek Pengeluaran: Kartu kredit bisa bantu kamu ngecek pengeluaran pas lagi jalan, jadi manajemen keuangan makin gampang.

Tapi tetep inget ya, pake kartu kredit harus pinter-pinter. Bayar tagihan tepat waktu biar gak kena bunga dan denda. Keep it smart and responsible!

Tips memanfaatkan kartu kredit untuk traveling di Malaysia

Berikut ini adalah beberapa contoh memanfaatkan kartu kredit untuk traveling di Malaysia:

Pembayaran aplikasi Grab

Nih, cara nambahin kartu kredit di Grab:

1. Buka aplikasi Grab di hape kamu, terus pilih Menu di pojok kiri atas.

2. Pilih “Payment Method” buat Android, atau “GrabPay” buat iPhone. Abis itu, klik “+Tambah Kartu Kredit”.

3. Isi info kartu kredit kamu, lalu lakukan verifikasi.

4. Setelah itu, kartu kredit kamu udah bisa dipake buat bayar di Grab.

Tada! Sekarang, udah bisa enak-enak naik Grab buat jalan-jalan di Malaysia, apalagi kalo tempatnya gak dicover transportasi umum. Mantap, kan?

Sumber dana pembayaran aplikasi Dana

Nah, kartu kredit yang dipasang di aplikasi DANA bisa dipake buat duit jajan di Malaysia, loh! DANA ini kan salah satu dompet digital paling awal di Indo yang bisa dipakai buat bayar-bayar pakai kode QR di luar negeri.

Jadi, gimana caranya buat pake DANA buat bayar-bayar di Malaysia?

Baca juga:   6 Tempat Liburan Menakjubkan dan Mewah di Dubai

1. Pertama, buka aja aplikasi pembayaran yang mau dipake, terus klik menu QRIS.

2. Langsung aja masukin jumlah uang yang mau dibayar pake mata uang asal kamu, nanti sistem bakal konversiin otomatis.

3. Setelah itu, pastiin tujuan dan jumlah bayarannya dalam rupiah.

4. Terakhir, masukin PIN kamu.

Nih, perlu dicatat ya, transaksi ini hasil kerjasama antara Bank Indonesia sama Bank Negara Malaysia. Jadi, buat warga di dua negara ini bisa bayar-bayar belanjaan pakai QR Code standar Indonesia, QRIS, atau QR Code pembayaran Malaysia, DuitNow, baik di toko fisik atau online.

Dan, soal apa aja yang bisa dibayar? Bisa buat beli makanan di tempat yang gak punya mesin EDC, soalnya kebanyakan pedagang makanan di Malaysia terima pembayaran lewat QR code.

Kumpulkan poin reward lebih banyak khusus kartu kredit untuk traveling

Beberapa kartu kredit nih, punya reward yang lebih banyak loh buat transaksi di luar negeri. Check this out:

1. PermataRewardCard: Bisa dapetin bonus Poin Reward yang berkali-kali, geng! Kalo lagi transaksi di luar negeri pakai mata uang asing, bisa dapatin 10x Poin Reward, mantap kan!

2. HSBC Premier Mastercard: Nih, bisa dapetin Poin Rewards yang berlipat kalo lagi transaksi di luar negeri. Jadi, buat setiap transaksi di luar negeri, bisa dapetin 5x Poin Rewards, kece badai!

3. Citi Rewards (sekarang UOB): Buat yang punya kartu ini, bisa dapetin sampai 3x Citi Rewards Points tiap kali transaksi di luar negeri sepanjang tahun, asyik banget kan?

4. Kartu Kredit untuk traveling ke Luar Negeri: Nah, kalo pake kartu ini, miles yang terkumpul bakal dua kali lebih cepat loh buat transaksi di luar negeri, yaitu Rp 7.500 per miles. Seru kan buat liburan!

Tapi, jangan lupa ya, setiap kartu kredit punya syarat dan ketentuan sendiri buat dapetin poin reward. Jadi, pastiin dulu deh buat cek detailnya sebelum mulai transaksi. Selamat berbelanja, happy shopping! 😊

Bayar tinggal tap aja untuk fitur contactless

Kartu kredit untuk traveling di Malaysia bisa untuk QRIS, Travelawan
Contoh pembayaran contactless

Fitur Contactless pada kartu kredit memungkinkan kamu melakukan transaksi tanpa perlu masukkan PIN atau memberikan info pribadi seperti nomor kartu, masa berlaku, dan 3 digit CVV.

Cukup mendekatkan atau mengetuk kartu pada mesin EDC yang berlogo Contactless, transaksi bisa langsung dilakukan.

Baca juga:   1 Hari Tour Nusa Penida Timur Diamond Beach, Atuh Beach, Bukit Teletubbies

Kelebihannya, proses transaksi jadi lebih cepat dan praktis karena gak ribet. Namun, penting diingat ada batas nominal untuk menggunakan fitur ini. Jika transaksi di bawah Rp1 juta, bisa dilakukan secara Contactless. Namun, untuk pembelanjaan di atas nominal tersebut, tetap diperlukan otorisasi dengan Personal Identification Number (PIN).

Jadi, kalau sedang di Malaysia atau negara lain, kamu bisa memanfaatkan fitur Contactless ini untuk bertransaksi di merchant yang menyediakannya. Cukup tanyakan kepada kasir apakah layanan pembayaran Contactless sudah tersedia.

Fitur contactless pada kartu kredit bisa digunakan di berbagai tempat yang menyediakan sistem pembayaran contactless. Di Malaysia, kamu bisa memanfaatkan fitur ini di tempat-tempat seperti:

1. Toko: Banyak toko ritel yang menerima pembayaran contactless.

2. Restoran cepat saji: Beberapa restoran cepat saji juga menerima pembayaran contactless.

3. Toko kelontong: Beberapa toko kelontong juga menyediakan layanan pembayaran contactless.

4. Apotek: Beberapa apotek juga menerima pembayaran contactless.

Selain itu, beberapa bank di Malaysia seperti Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, Maybank Berhad, dan Hong Leong Bank Berhad telah terintegrasi dengan jaringan QRIS. Kamu bisa melakukan transaksi di merchant yang bekerja sama dengan bank-bank tersebut.

Namun, sebaiknya kamu selalu tanyakan kepada kasir apakah mereka menerima pembayaran contactless sebelum melakukan transaksi.

Kesimpulan

Menggunakan kartu kredit saat berada di luar negeri memberikan sejumlah manfaat yang signifikan. Keuntungan meliputi kemudahan transaksi yang diakui secara global, tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar, program hadiah yang menarik, asuransi pembelian, serta kemudahan sebagai sumber dana darurat. Selain itu, kartu kredit dapat membantu dalam manajemen pengeluaran selama perjalanan.

Pemanfaatan kartu kredit untuk bepergian di Malaysia juga dapat ditingkatkan dengan beberapa tips, seperti menggunakan kartu untuk pembayaran aplikasi Grab dan DANA, serta memilih kartu kredit dengan program reward yang lebih menguntungkan untuk transaksi di luar negeri. Fitur contactless pada kartu kredit juga memudahkan proses transaksi di berbagai tempat di Malaysia, namun perlu tetap berkomunikasi dengan kasir mengenai ketersediaan layanan tersebut.

Dengan memilih kartu kredit yang tepat dan memanfaatkannya secara bijak, pengguna dapat meraih manfaat maksimal selama perjalanan di luar negeri. Tetaplah cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit, termasuk membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari bunga dan denda yang tidak diinginkan.

Also Read

Tags

Leave a Comment