Krabi, The Hidden Paradise in Thailand

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Keindahan alam Krabi seakan tidak ada habisnya tersaji. Rasanya tidak akan cukup untuk Anda jelajahi hanya dalam satu hari saja. Dengan sekitar 130 pulau besar dan kecil yang tersebar di propinsi ini, wisata bahari menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara. Berbagai macam tour ditawarkan dan dapat Anda pilih melalui agen-agen perjalanan, booking melalui hotel tempat Anda menginap atau pesan secara online.

Pada hari berikutnya saya dan teman-teman memutuskan untuk mengikuti island hopping tour ke pulau-pulau di sekitar Krabi, dimana menu utama dari tour ini tentunya adalah snorkeling. Setelah puas menikmati keindahan pantai dengan perahu-perahu kayu longtail yang cantik, sudah tidak sabar rasanya untuk menyaksikan juga keindahan alam di dalam laut Andaman ini.

(Danau dan pemandangan indah memukau di salah satu taman nasionalnya)

Ada 4 pulau yang dituju, yaitu daerah di sekitar Phranang Beach, Tup Island, Chicken Island dan Poda Island. Kami dijemput dari hotel sekitar pukul 8 pagi dan langsung diantar menuju dermaga, dimana kami berkumpul dengan wisatawan lainnya untuk naik ke speed boat yang telah menunggu.

Di Phranang Beach Anda akan diberi waktu untuk bersantai dan mengekplorasi Princess Cave, yang berisi stalaktit dan stalakmit yang terbentuk indah menghiasi gua tersebut. Di dalam Princess Cave ini para nelayan akan memberikan persembahan atau sesajen sebelum pergi berlayar kepada Shiva, jangan heran jika Anda akan menemukan patung kayu phallus (alat kemaluan laki-laki) yang juga melambangkan dewa ini. Persembahan tersebut tentunya diberikan untuk tujuan mendapatkan hasil yang baik dan keselamatan pada saat mereka melaut.

Aktivitas snorkeling baru kami lakukan di daerah sekitar dua pulau berikutnya, yaitu Tup Island dan Chicken Island yang memang memiliki dasar laut yang tidak terlalu dalam dan pemandangan indah dengan berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni. Sungguh luar biasa rasanya, dapat berendam dan snorkeling di laut yang bersisian dengan tebing-tebing bukit kapur indah menjulang.

(Bersantai di dataran pulau pasir yang menyembul di saat air laut sedang surut)

Krabi, The Hidden Paradise

Satu lagi yang menarik adalah Chicken Island atau Koh Kai, dimana nama tersebut didapatkan karena pada salah satu tebingnya ada batu kapur yang berbentuk seperti kepala ayam. Saat laut sedang surut, dataran pasir putih akan tersembul menghubungkan pulau ini dengan dua pulau lain di sekitarnya, yaitu Koh Mor dan Tup Island. Kita dapat berjalan kaki menapaki dataran pasir yang muncul tersebut untuk menjelajahi dua pulau kecil didekatnya. Perjalanan ditutup dengan makan siang di Poda Island dan setelah itu kami balik menuju ke dermaga pada pukul 2 siang.

Bagi Anda yang ingin tidak hanya sekedar island hopping dan snorkeling, bisa melakukan aktivitas scuba diving. Banyak sekali operator yang menyediakan jasanya di seputar Krabi, terutama di daerah Ao Nang Beach. Situs diving yang akan dikunjungi umumnya di seputar Ao Nang Bay, King Cruiser Wreck, Shark Point dan Phi Phi Marine National Park. Dan jika berminat, Anda juga bisa lakukan cavern diving, dalam gua di daerah kepulauan Ko Ha Yai.

Di hari terakhir, yang pertama kami kunjungi adalah Susan Hoi Fossil Shell Beach di daerah Ban Laem Pho yang berjarak sekitar 17 km dari Krabi Town. ‘Susan Hoi’ yang terdengar seperti nama seorang wanita ternyata memiliki arti lain dalam bahasa Thai, ‘Su San’ berarti kuburan dan tempat ini memang terkenal dengan sebutan Shell Cemetery. Disini terdapat jutaan fosil kerang dari puluhan juta tahun silam yang tertanam di lempeng batuan pantai. Dulu tempat ini merupakan danau dan rawa air tawar. Dengan perubahan permukaan bumi di sekitar daerah tersebut, membuat fosil-fosil kerang di bebatuan ini menjadi bagian dari pantai. Terdapat juga museum kecil yang menerangkan tentang situs bersejarah ini.

Satu lagi tempat wisata yang populer di Krabi adalah Wat Tham Sua atau Tiger Cave Temple. Disini merupakan tempat para pendeta Buddha tinggal dan bermeditasi dalam gua-gua kapur di hutan sekitar kuil. Tempat ini juga menjadi situs arkeologi karena banyak ditemukan sisa-sisa gerabah dan peralatan dari jaman batu. Selain itu yang menjadi daya tarik utamanya adalah Anda dapat menaiki sebuah bukit kapur yang memiliki lebih dari 1200 anak tangga. Dan setelah lelah mendaki, bonus yang Anda dapatkan adalah melihat pemandangan Krabi dari ketinggian, menakjubkan.

Yang tidak saya duga sebelumnya adalah daya tarik hutan-hutan tropis di sekitar Krabi. Kami mengkhususkan setengah hari untuk menjelajahi suatu kawasan hutan yang indah, yaitu di daerah Klong Thom, sekitar 20 km dari Krabi Town. Namtok Ron Khlong Thom atau Klong Thom hot springs terdapat di sebuah kawasan taman hutan nasional. Selain ditumbuhi pepohonan rindang dan dilalui aliran sungai yang jernih, Anda bisa menikmati kolam-kolam yang memiliki keunikan masing-masing. Ada kolam air panas San Pa Yung (sekitar 40-42 derajat Celcius), terdiri dari beberapa kolam bertingkat untuk berendam yang terbentuk diantara akar-akar pohon besar. Tentunya merupakan pengalaman menarik, berendam di kolam air panas di tengah hutan.

Dari pemandian sumber air panas di tengah hutan ini, ada satu kolam lagi yang wajib dikunjungi, yaitu Emerald Pond (Sra Morakot), sebuah kolam air hangat yang dasarnya bewarna hijau telur asin. Tempat wisata ini sangat populer dengan wisatawan lokal, jadi pada hari libur biasanya sangat ramai pengunjung. Dan sebaiknya tidak berkunjung pada musim hujan, karena sebagian besar jalan di dalam hutan ini masih berupa jalan tanah yang pastinya akan becek dan berlumpur ketika musim hujan tiba.

(Siap untuk trekking menikmati keindahan taman nasional di Krabi, Thailand)

Setelah puas berendam di kolam-kolam yang tersebar di area ini, kami melakukan trekking. Tidak usah takut tersesat, karena jalur-jalurnya mudah dilalui dan lengkap dengan petunjuk arah. Anda tinggal berjalan menikmati rindangnya hutan sambil sesekali menemukan beberapa kolam besar lainnya yang berwarna menakjubkan, ditumbuhi aneka ragam tanaman air yang membuat warna dasar kolamnya menjadi unik.

Mengunjungi taman hutan nasional dengan kolam-kolamnya yang menawan memang sama sekali tidak kami rencanakan pada saat datang ke Krabi, namun menjadi pengalaman yang paling berkesan. Ternyata selain memiliki pantai-pantai cantik dan sohor dengan wisata baharinya, Anda juga bisa mengekplorasi keindahan wisata alam lainnya di Krabi. Sebuah perjalanan yang tidak hanya menyejukkan mata, tetapi juga hati. Krabi sure is a hidden paradise!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

2 comments

  1. kalau boleh tau, travel tour di krabi yg murah dan bisa d hubungi?
    Blognya bagus sekali sangat membantu 🙂
    Terimakasih

    1. Halo kak Amelia,

      Dulu saya di Krabi pernah pake krabitours[.]com, kontaknya dengan Miss Patty ya.
      Coba aja cek website-nya. Terima kasih sudah mampir di blog saya 🙂

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar