Kuliner Cirebon, Nasi Jamblang Ibu Nur dan Jamblang Pelabuhan

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia
Booking & Update Tanggal Promo Airasia Jakarta-Bali PP IDR 755.000,- http://bit.ly/BookingAA

Kuliner Cirebon, Mencicipi Jamblang Pelabuhan dan Nasi Jamblang Ibu Nur

Perjalanan ke Cirebon selalu menyenangkan, terutama kalau berkunjung untuk wisata kuliner. Salah satu makanan khas kota ini adalah Nasi Jamblang, nasi yang dibungkus dengan daun jati, sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda dengan nasi putih biasa.

Selain itu, ada satu rumah makan Nasi Jamblang yang akhir-akhir ini 'eksis' di d

Nasi jamblang memang dapat ditemukan di berbagai sudut kota ini, mulai dari pedagang keliling yang menjajakannya, di warung-warung kaki lima, hingga rumah makan yang membuat kita lebih nyaman menikmatinya. Banyak tempat Nasi Jamblang yang terkenal di kota ini, seperti Nasi Jamblang Mang Dul, di seberang Grage Mall yang memang sangat populer bagi penduduk lokal maupun wisatawan. Satu lagi yang sudah top dari dulu adalah Nasi Jamblang milik Hj. Sumarni, atau lebih dikenal dengan nama Jamblang Pelabuhan, yang ada di area pintu pelabuhan Cirebon, di samping Taman Ade Irma Suryani.

Tempatnya pun nyaman, di sebuah rumah yang cukup luas dengan banyak meja, Sehing
(Cabang Nasi Jamblang Pelabuhan yang ada di Jalan Bima No.2, Cirebon)

Tapi yang ingin saya bagi disini adalah informasi tentang cabang dari Jamblang Pelabuhan yang baru buka sejak 26 Juli 2013 lalu. Menu yang disajikan untuk melengkapi Nasi Jamblang ini seperti biasa adalah berbagai lauk pauk nikmat, seperti perkedel kentang, oseng kerang, semur daging, cabe merah dan banyak lagi. Tempatnya pun nyaman, di sebuah rumah yang cukup luas dengan banyak meja, Sehingga Anda lebih nyaman bersantap. Kini Anda punya alternatif untuk menikmati Nasi Jamblang ini. Apakah di Pelabuhan yang buka dari pagi hingga sekitar pukul 3 sore, atau di cabangnya ini, yang buka pukul 12 siang hingga 6 sore.

Tapi yang ingin saya bagi disini adalah informasi tentang cabang dari Jamblang P

Jamblang Pelabuhan Cabang Pelabuhan Yos Sudarso
Jl. Bima No. 2, Kartini, Cirebon
Tel: 0821 2797 2720

Selain itu, ada satu rumah makan Nasi Jamblang yang akhir-akhir ini ‘eksis’ di dunia sosial media. Memang kalau saya lihat trend promosi melalui sosial media sedang merambah Cirebon. Mulai dari tempat bubur, sampai toko-toko batik, biasanya punya akun Twitter dan facebook, yang memang sangat bagus untuk mempromosikan usaha kita.

Nasi Jamblang Ibu Nur yang dimiliki Ibu Indah Nurlaili ini juga rajin nge-twit. Dan entah apa karena kicauan di Twitter ini, atau memang karena semua orang sudah tahu kalau Nasi Jamblang Ibu Nur ini lezat nikmat, maka rumah makan dua lantai ini tidak pernah sepi.

Siang itu pun saya dan beberapa teman harus menunggu meja kosong dan ikut mengantri panjang untuk mencicipinya. Lokasinya dekat dengan Grage Mall dan tidak begitu jauh jauh dari Stasiun Cirebon Kejaksan, stasiun kereta api utama Cirebon. Jadi kalau begitu sampai di Cirebon ingin langsung mencicipinya, bisa saja langsung menuju ke rumah makan ini.

Ibu Nur memulai usahanya di tahun 2007, dengan menjual Nasi Jamblang di sebuah w

Ibu Nur memulai usahanya di tahun 2007, dengan menjual Nasi Jamblang di sebuah warung yang lokasinya tidak jauh dari tempat makan yang sekarang. Dan sejak akhir 2012, rumah makan Nasi Jamblang Ibu Nur ini dibuka. Anda bisa melengkapi Nasi Jamblang yang ditempatkan di piring beralas daun jati ini dengan udang balado atau sotong yang lezat, selain lauk pauk lain yang juga bisa Anda temukan di tempat Nasi Jamblang lainnya. Buka dari jam 7 pagi hingga sekitar jam 10 malam setiap hari.

Puas sekali bisa mencicipi dua tempat Nasi Jamblang terkenal di kota Cirebon dalam perjalanan kali ini. Jika Anda ada rencana untuk jalan-jalan ke Kota Udang, jangan lupa untuk singgah mengisi perut di sini.

Nasi Jamblang Ibu Nur
Jl. Cangkring II No. 34 (masuk dari Jl. Raya Tentara Pelajar)
Twitter: @nasjamIbuNur

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar