Liburan ke Bangkok? Ini Dia 10 Barang Yang Patut Kamu Beli Untuk Oleh-Oleh

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Bangkok! Setelah puas menjelajahi kota ini, mencicipi makanan dan jajanan terbaik, dan berbelanja sampai lelah alias ‘shop until you drop’… Sekarang, giliran untuk kembali berkemas untuk terbang pulang ke rumah, kembali ke rutinitas harianmu dan bertemu keluarga dan teman-teman lagi.

Oh, tapi tunggu, keluarga dan teman-teman ?! Sudahkah kamu beli oleh-oleh untuk mereka? Nah, kalau belum, ngga perlu panik. Berikut adalah panduan untuk mempermudah ‘last minute shopping’ kamu. Ini dia 10 barang yang patut kamu beli untuk orang-orang tercinta di rumah sebelum meninggalkan Bangkok.

1. SNAIL WHITE
Beberapa tahun terakhir di daftar teratas yang harus aku beli kalau ke Bangkok atau Thailand adalah krim SNAIL WHITE. Ngga cuma untuk diri saya sendiri, tetapi juga tante dan sahabat-sahabat saya yang juga ketularan memakai krim ini dariku. Mungkin kamu juga bakal penasaran dan bertanya, apakah krim SNAIL WHITE ini ada hubungannya dengan siput? Jawabannya… betul! Snail mucus/slime, atau lendir siput, adalah salah satu jenis polimer yang kental dan transparan. Lendir ini diproduksi siput karena berbagai alasan: untuk melapisi permukaan penutup cangkangnya saat berjalan; meraba kondisi di tempat-tempat berliku yang dilalui; dan mengenali siput lainnya. Namun, lendir ini manfaatnya ternyata lebih besar dari sekadar bantuan agar siput bisa bertahan hidup. bahan yang terdiri dari glikoprotein atau musin, yang memiliki berbagai manfaat dan sangat baik bila digunakan sebagai bahan kosmetik, seperti anti-kerut, penyembuhan luka, mengurangi pigmentasi, dan lain-lain.

Aku sendiri pertama kali mengenal produk SNAIL WHITE ini ketika melihat di beberapa papan reklame di sekitar kota Bangkok. Dan setelah mencoba krim ini beberapa minggu, kulit saya terasa lembab kembali, bekas jerawat jadi samar dan hilang, kulit terasa lebih kencang, cerah dan kelihatan lebih muda! Begitu lihat hasilnya, keluarga dan sahabat-sahabatku langsung penasaran dan bertanya, “pakai apa sih, kok kulit wajahnya makin ‘kinclong’ dan kelihatan lebih sehat?”

Sampai di bandara Bangkok, langsung disambut dengan iklan Snail White – salah satu yang wajib dijadikan oleh-oleh!

Saya ngga ragu saat pertama kali mau beli SNAIL WHITE, karena merupakan produk asli Thailand yang telah disetujui oleh FDA Thailand (Food and Drug Administration Thailand), dan memiliki sertifikasi halal. SNAIL WHITE ini mengandung ‘Snail Secretion Filtrate’ dari Helix, yang memiliki kolagen intensif dan elastin yang memiliki efek tinggi dalam merestorasi kulit, membantu melawan masalah penuaan, mengurangi bintik-bintik hitam, kemerahan dan meningkatkan elastisitas kulit untuk tampak lebih muda dan lebih kencang. Ngga heran kalau SNAIL WHITE adalah salah satu krim terlaris di Thailand! Saya harus ambil setidaknya 8 kotak, dan bawa pulang untuk oleh-oleh di Indonesia.

2. T-SHIRT THAILAND
“Nitip t-shirt dong!’, pasti kamu sering dengar kata-kata ini keluar dari mulut saudara atau teman-teman. Kamu bisa dengan mudah temui kaos-kaos khas Thailand ini di pasar malam (jangan lupa untuk menawar), Pasar Akhir Pekan Chatuchack, Pasar Pratunam, atau pusat perbelanjaan seperti MBK dan Platinum Fashion Mall.

Kaos adalah salah satu suvenir paling populer dari Thailand karena biasanya desainnya unik, dengan gambar gajah, kuil terkenal dan tempat atau kegiatan menarik lainnya, seperti pasar terapung atau Muay Thai. Pastinya tersedia ukuran untuk anak-anak hingga dewasa, berkisar antara 100-250 baht per t-shirt.

3. SNACK BUAH-BUAHAN KERING
Yang juga selalu aku cari kalau liburan ke Thailand adalah camilan buah-buahan keringnya. Mungkin kualitas buah di Thailand yang membuat camilan ini terasa begitu enak! Ya, Thailand adalah salah satu negara teratas pengekspor buah-buahan eksotis mereka. Camilan buah kering ini dapat dengan mudah dibeli di Pasar Akhir Pekan Chatuchak, atau toko makanan kecil di MBK Shopping Center, juga di supermarket besar seperti Big C.

Favorit saya adalah keripik durian! Meskipun kita punya durian juga di Indonesia, tetapi keripik durian dari Thailand memiliki rasa yang berbeda. Enak banget! Mereka juga punya keripik pisang, mangga, kiwi, dan yang terbuat dari buah lezat lainnya untuk dipilih. Harganya bervariasi dari sekitar 50 baht per kemasan, tergantung pada produk dan kualitasnya. Beberapa merek sudah mendapat sertifikasi halal dari The Islamic Central Committee of Thailand. Jadi, jangan tinggalkan Thailand tanpa bungkusan camilan ini.

4. TAO KAE NOI SEAWEED
Walaupun produk snack rumput laut Tao Kae Noi juga bisa kamu temui di Indonesia, tapi tetap masih jadi salah satu yang populer di daftar oleh-oleh kalau saya pergi ke Bangkok. Memang benar sih kalau beli di Bangkok atau tempat lain di Thailand lebih lengkap, kamu bisa menemukan dalam berbagai jenis varian dan rasa.

Perusahaan snack yang didirikan di Thailand pada tahun 2004 oleh Itthipat Peeradechapan ini sekarang berkembang pesat dan punya berbagai variasi rasa yang sesuai dengan seleramu. Kamu bisa dengan mudah dapatkan produk ini di mini market, supermarket di hampir setiap mal, dan kalau mau lengkap, datang saja ke Tao Kae Noi Land di Terminal 21 mall di daerah Sukhumvit, atau di lantai 6 Platinum Fashion Mall.

5. SUTRA THAILAND
Thailand memang terkenal dengan hasil sutranya yang indah. Ini telah jadi salah satu souvenir populer, karena sutra Thailand kualitasnya bagus, terdiri dari berbagai nuansa dan warna. Sutra biasanya dibuat menjadi kemeja sutra, jaket, dasi, piyama, selendang, dompet, perabotan rumah seperti tirai dan sarung bantal.

Tempat untuk mendapatkan sutra Thailand di sekitar Bangkok adalah di Chatuchak Weekend Market, Mahboonkrong (MBK), Amarin Plaza, dan butik-butik Jim Thompson.Kamu juga bisa kunjungi ‘The Jim Thompson House’, 1 Khwaeng Wang Mai, Khet Pathum Wan, di daerah Siam, tepat di seberang National Stadium. Jim Thompson adalah wirausahawan Amerika yang datang ke Thailand dan akhirnya membantu mengembangkan industri sutra di negara ini. Dia mendirikan perusahaan sutra Jim Thompson yang namanya mendunia. Bekas rumahnya sekarang juga dijadikan museum yang memamerkan berbagai benda seni koleksinya dan terbuka untuk umum.

6. PRODUK FASHION
Hello fashion people! Kamu ngga perlu pergi ke Paris atau Milan untuk mendapatkan barang-barang modis di planet ini, tinggal pergi ke Bangkok! Bangkok emang terkenal sebagai tempat untuk retail theraphy. Dengan mudah kita bisa dapatkan produk-produk fashion dengan harga terjangkau, seperti  di pasar seperti Chatuchak, Rot Fai Night Market, Pasar Bo Bae, Pusat Perbelanjaan MBK, Platinum Fashion Mall dan banyak lagi.

Bukan hanya pakaian, tetapi aksesoris seperti sepatu, tas, ikat pinggang, kalung, dan jenis aksesoris lainnya bisa jadi pilihan bagi kamu untuk bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Sementara untuk barang-barang desainer lokal kamu bisa temukan di butik-butik mereka yang sebagian besar ada di Siam Center, Siam Square atau Terminal 21 Mall.

7. SNACK SEAFOOD PANGGANG
Salah satu makanan ringan yang bisa kamu temukan di sebagian besar supermarket atau toko makanan ringan di Bangkok adalah snack seafood panggang. Merek populer seperti ‘Bento’ punya banyak variasi, ada rasa pedas, pedas manis, rasa saus cabe Thailand, dan banyak lagi.

Jika kamu suka yang lebih renyah, cobain ‘Squidy’. Ini merek cumi-cumi atau sotong panggang yang renyah dan jadi favorit masyarakat Thailand selama beberapa dekade. Untuk snack dengan bahan dasar ikan, kamu bisa pilih merek ‘Taro’ – renyah, lezat, dan bergizi. Camilan ini bisa buat ketagihan! Sekali cobain, ngga bisa berhenti. Hehehe… Salah satu snack yang wajib untuk dibawa pulang dari Bangkok.

8. TAS NARAYA
NaRaYa adalah merek untuk tas wanita yang terkenal di Thailand dan juga populer di kalangan wisatawan. Biasanya tante-tante saya yang titip untuk belikan produk-produk NaRaYa. Mulai dari tas besar, clutch, sampai dompet kosmetik dengan segala macam motif bunga. NaRaYa memiliki banyak toko di Bangkok yang bisa kamu temukan di The Grand Palace, Asiatique, Don Mueang Airport, dan toko utama mereka ada di Siam Paragon Mall.

Tas dan kantung produksi lokal ini dibuat menggunakan kain berkualitas tinggi dan harganya tidak terlalu mahal. Kamu bisa menemukan produknya mulai dari harga di bawah 100 baht. Pilihan yang tepat untuk dijadikan oleh-oleh kan?

9. THAI MILK TEA
Betul banget, boleh dibilang ini adalah minuman khas Thailand yang paling populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan. Siapa sih yang ngga suka Thai Milk Tea? Produk ini bisa dengan mudah kamu bawa pulang karena tersedia dalam bentuk sachet. Tinggal buka dan seduh teh yang dicampur dengan susu ini, yang sangat enak untuk dinikmati panas atau dingin dengan es. Merek populernya yang diproduksi ‘Nestea’ dan ‘Cha Tra Mue’ – merek teh Thailand asli. Kamu bisa dengan mudah dapatin Thai Milk Tea di Big C atau supermarket lainnya di sekitar Bangkok.

10. MIE INSTAN THAILAND
Last but not least… ini juga favoritku untuk dibawa pulang ke Indonesia, mie instan Thailand! Ada banyak pilihan dan rasa sih, tetapi aku selalu beli merek ‘MAMA’, yang juga sangat populer di Thailand. Pilihan rasanya ada Pad Thai, Chicken Green Curry, dan yang paling favorit tentunya rasa Tom Yum! Sangat mudah untuk bawa kemasan mie ini pulang. Biasanya ada yang satu plastik berisi beberapa kemasan mie, atau bisa juga beli per dus, siap dibawa pulang!

Gimana, sudah siap untuk ‘last minute shopping’… belanja oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat-sahabat kamu? Yuk, penuhi koper kamu dengan 10 barang oleh-oleh yang patut kamu bawa pulang dari Bangkok!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

4 comments

  1. Mas awan, saya bulan depan kan rencana visit Bangkok ma nyokab, biasanya kalo ndirian saya stay d silom tp skrg d sukhumvit (hope land 46/1) gt bagus ngg?trus dr don muaeng ETA 19pm masih nutu kan ya naek kreta ke tujuan?oia saya baca baca masjid cmn ada d aoi arab/nana aja ya?kalo ma nyokab ada rekomendasi diajak jalan kmn aja kah?hehehehe trimakasih

    1. Halo kak Zaky,

      Kalo lihat di Agoda sih lumayan oke ya penginapannya, cuma saya ngga pernah lihat langsung, jadi ngga bisa kasih referensi juga.
      Kalo sampe Bangkok jam 7 malam dan bawa nyokap, saran saya udah langsung naik taxi resmi bandara aja, antre di Exit 8 Arrival Hall. Karena repot juga malam2 naik shuttle bus, terus harus ganti BTS di Mo Chit.

      Untuk masjid di Bangkok bisa baca tulisan saya ini, disitu ada alamat masjid dan kendaraan umum untuk kesananya. Ada beberapa masjid kok di Bangkok, ngga cuma satu aja: https://travelawan.com/blog-travel/travel-tips-berkunjung-dan-beribadah-di-4-masjid-utama-kota-bangkok.html

      Untuk tempat jalan2 di Bangkok, bisa cek lengkapnya di link bawah ini:
      https://travelawan.com/blog-travel/10-tempat-wisata-di-bangkok-yang-wajib-dikunjungi.html

      Salam,
      Awan

      1. Trimakasih mas,oia taxi bandara itu macam taxi argo atau kaya taxi airport indo gt bayar d loket trus tinggal naek aja?opsi grab gt lebih gampang mana mas.?oia kartu telpon di airport yg rekomen apa kah?trimakasih

        1. Halo kak Zaky,

          Kartu SIM bisa beli yang untuk Tourist, pilih AIS atau DTAC.
          Taxi itu semua taxi argo, tapi kita harus antre di loket yang ada di Exit 8, nanti harus bayar biaya retribusi dari bandara juga sebesar 50 baht – cuma dikasih tiket dan bayarnya nanti ke driver sekalian biaya tol segala. Kalo Grab ya kaya di Indonesia aja, nanti SMS ke driver janjian ketemu di depan exit berapa.

          Salam,
          Awan

Tinggalkan Komentar