Manfaat Traveling Buat Kids Zaman Now

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Selain Berlibur, Inilah 6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Melakukan Perjalanan ke Luar Negeri

Melakukan perjalanan ke luar negeri, selain untuk berlibur, ternyata bermanfaat untuk melatih mentalmu lho. Apalagi buat kamu yang masih muda, menyandang status pelajar, atau sedang dalam proses merintis karir, perjalanan ke luar negeri akan memberikanmu pengalaman yang jauh berbeda dibanding dengan apa yang bisa kamu temukan di negeri sendiri. Belajar beradaptasi, berkomunikasi dengan orang asing, belajar bahasa, sekaligus bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang kamu inginkan sejak dulu. Yuk, simak 6 alasan mengapa kamu perlu melakukan perjalanan ke luar negeri berikut ini.

1. Keluar dari Zona Nyaman akan Mengajarkan Tentang Keberanian

via unsplash.com

Jika biasanya kamu bisa bersantai di rumah, bertemu dengan ibu, ayah, serta kakak atau adik setiap hari, berkumpul dengan teman-teman komunitas, nongkrong bareng sahabat, maka keputusan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri adalah sebuah keputusan yang sangat berani. Perlahan kamu mulai belajar keluar dari zona nyaman, beradaptasi dengan tempat baru, dengan orang yang berbeda, tentu dengan budaya yang berbeda pula. Nampak menakutkan, maka saat kamu memilih untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, entah untuk sekolah, bekerja, atau traveling, kamu akan menjadi individu yang lebih cerdas dan lebih kompeten.

2. Traveling ke Luar Negeri Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

via unsplash.com

Ketika berada di negara lain, mau tidak mau kamu harus berinteraksi dengan orang-orang sana. Dengan menggunakan bahasa mereka, mengikuti budaya mereka, dan memperhatikan bagaimana mereka saling berkomunikasi. Seperti misalnya ketika kamu hendak menggunakan transportasi umum, berbelanja, membeli makanan, maka kamu akan mencoba untuk percaya diri berkomunikasi dengan mereka. Gak bisa lagi deh kamu mengandalkan orang lain. Dengan hal ini, rasa percaya diri kamu akan meningkat karena tersadar bahwa kamu bisa melakukan banyak hal yang tidak pernah kamu coba sebelumnya.

3. Mempelajari Budaya Negara Lain Mampu Meningkatkan Rasa Saling Menghargai

via unsplash.com

Di mana kaki berpijak, di situ langit dijunjung. Begitulah perumpamaan yang pas dengan hal ini. Sebab saat kamu berada di negara lain, gak mungkin kan masih terbawa dengan kebiasaan di negeri sendiri? Bisa-bisa kamu tertinggal banyak. Peka dan mau mempelajari budaya negara lain menjadi kunci keberhasilan kamu tinggal di luar negeri. Mungkin jika tujuan kamu hanya berlibur beberapa hari saja, tidak terlalu terasa. Tapi lain hal kalau kamu sekolah dan bekerja. Kamu harus tahu bagaimana kebiasaan belajar dan bekerja di sana seperti apa. Mempelajari budaya negara lain mampu meningkatkan rasa saling menghargai dan membantumu berkomunikasi, berteman, dan membangun relasi dengan orang sana.

4. Mampu Beradaptasi dengan Arus Globalisasi Dunia

via unsplash.com

Secara tidak langsung, setiap hari kita semakin akrab dengan dunia lho lewat media sosial. Dari sana bisa terjalin hubungan baik mulai dari pertemanan sampai masalah bisnis. Dan bukan tidak mungkin lewat media sosial tersebut, kamu punya kesempatan untuk sekolah dan bekerja di luar negeri. Dalam dunia bisnis internasional, bisa memberikanmu keunggulan kompetitif lho. Untuk mendukung itu semua, gunakan kepercayaan dirimu untuk terus berkembang dan sukses.

5. Mampu Belajar Banyak Bahasa Asing

via unsplash.com

Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, mau tidak mau kamu harus belajar bahasa asing. Meski sebelumnya kamu enggan, namun ketika sudah sampai di negara tujuan, untuk bisa berinteraksi kamu akan berusaha untuk mengobrol dengan bahasa asing.
Tinggal di luar negeri benar-benar cara terbaik untuk belajar bahasa baru karena secara tidak langsung kamu dipaksa untuk melatih keterampilan bahasa setiap hari.

6. Terbukanya Peluang Besar untuk Memperluas Jaringan

via unsplash.com

Belajar dan bekerja di luar negeri dapat memperluas jaringan pertemanan dan relasi yang sangat berharga. Menjalin hubungan persahabatan di luar negeri bisa membuatmu nyaman, terasa lebih dekat dan mengikat karena kamu merasa bertemu dengan saudara jauh. Bertemanlah dengan banyak orang dalam perjalanan yang kamu lalui. Hal itu akan membuat waktu-waktu yang kamu lewati di luar negeri menjadi lebih menyenangkan.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan perjalanan ke luar negeri ya. Apakah kamu sudah siap keluar dari zona nyaman?

Kontributor : Siti Yulianingsih

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!

Tinggalkan Komentar