Mau Liburan ke Peru? Inilah 6 Hal yang Perlu Kamu Siapkan

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Beberapa saat yang lalu, aku bersama beberapa orang travel blogger Indonesia lainnya diundang oleh Economic & Commercial Counselor of Peru menghadiri acara Peruvian Gathering di The Westin Hotel Jakarta. Tentunya ini adalah acara yang menarik, karena bisa tahu lebih banyak tentang negara yang masuk ke dalam ‘bucket list’ untuk aku kunjungi!

via: bookmundi.com

Malam itu hadir juga travel blogger Farchan Noor Rachman (Efenerr) yang sudah pernah diundang oleh Kedutaan Peru di Jakarta untuk berkunjung ke negara ini di tahun 2017 lalu. Dari salah satu artikel yang ditulisnya di blog Efenerr.com, aku mengutip beberapa hal yang perlu disiapkan jika mau liburan ke Peru. Catatan ini tentunya selain untuk diriku sendiri, juga sekalian sharing untuk kawan-kawan yang punya rencana mengunjungi negara yang terletak di Amerika Selatan ini.

Peru berbatasan dengan Ekuador, Kolombia, Brazil, Bolivia, Chili, dan Samudra Pasifik, hal ini menjadikan Peru memiliki daya tarik wisata yang berbeda. Enaknya ke Peru, kamu bisa mengunjungi negara tersebut karena bebas visa selama 183 hari. Selain itu budayanya yang jauh berbeda dengan Indonesia juga membuat Peru menjadi negara yang wajib masuk ke traveling list. Nah, karena liburan ke Peru butuh persiapan khusus serta biaya yang lumayan besar, inilah 6 hal yang perlu kamu siapkan saat mau liburan ke Peru.

1. Rajin-rajin cek promo tiket pesawat kalau perlu subscribe emailnya

via: pexels.com

Biaya yang kamu perlukan untuk terbang ke Peru lumayan besar, lho. Mulai dari Rp 37.500.000 untuk perjalanan pulang – pergi. Harga yang fantastis kan? Kalau kamu beruntung, kamu akan mendapatkan harga terbaik. Jadi siapkan rencana yang matang karena ongkos untuk kesana lumayan menguras kantong.

2. Siapkan pula fisik yang prima

via: pexels.com

Kalau kamu memiliki tubuh yang cenderung sensitif, lebih baik kontrol dulu ke dokter. Karena ketika sampai di sana, perbedaan waktu dengan Indonesia mencapai 12 jam! Begitu pula dengan cuaca yang lumayan ekstrem kalau sedang masuk musim kering. Bawa obat-obatan pribadi dan vitamin, ya. Bisa juga dengan memilih bulan terbaik untuk terbang kesana, yaitu antara Maret – Mei.

3. Menukar mata uang asing

via: pexels.com

Ini penting banget, traveler. Mata uang Peru adalah Sol, mungkin di Indonesia jarang sekali yang menyediakan mata uang Sol, jadi kamu bisa menukar Rupiah dengan Euro terlebih dahulu. Sesampainya di sana baru deh Euro ditukar dengan Sol. Nilai tukarnya kira-kira 1 Sol = 4400 sekian rupiah.

4. Ketahui tentang moda transportasi Peru

via: pexels.com

Dikutip dari efenerr.com, transportasi publik di Peru lumayan bagus dan lebih murah daripada di Indonesia. Tersedia bis, combi / sejenis angkot, taksi sampai bajaj yang di Peru disebut dengan Moto Taksi. Di destinasi ramai ada bis antar kota sekaligus bis wisata.

5. Sesuaikan penginapan dengan budget yang ada

via: pexels.com

Kalau aku sih gak perlu tempat yang bagus-bagus banget buat nginap, toh cuma buat tempat tidur dan istirahat aja kan? Selebihnya jalan-jalan keluar. Tapi kalau kamu mau cari penginapan yang Instagramable juga tidak masalah. Sesuai kebutuhan saja. Di Peru, harga menginap untuk satu malam di hotel atau resort sekitar Rp.700.000.

6. Keperluan internet dan komunikasi

via: pexels.com

Dikutip dari efenerr.com, kebijakan operator di Peru adalah jika ingin membeli kartu SIM yang membeli adalah orang lokal karena akan dicatat identitas pemilik kartu. Jadi apabila ingin membeli silakan minta bantuan orang lokal atau asistensi di konter. Dan kalau mau isi ulang paket data sama saja seperti di Indonesia, tinggal ke minimarket atau ke konter pengisian.

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

Tinggalkan Komentar