Mau Wisata Hemat ke Bangkok, Ini Dia Itinerary-nya

by Awan Yulianto, Travel Blogger Indonesia

Mau Wisata Hemat ke Bangkok, Ini Dia Itinerary-nya

Bangkok termasuk salah satu kota di dunia yang mudah untuk dinavigasi. Memang kadang kita berpikir akan ada kendala bahasa yang akan dialami, tapi untuk angkutan umum seperti BTS/SkyTrain dan MRT. Kalau naik bus memang agak membingungkan, karena bus di kota ini tidak mencantumkan tujuannya dalam Bahasa Inggris, semua menggunakan huruf Thai. Tapi jika kita mau menghafalkan nomor dan rutenya, tidak terlalu susah, karena jalurnya yang tetap dan dapat kita lihat di website resmi bus Bangkok.

Jika ingin wisata murah ke Bangkok, ini dia itinerary-nya, dimana sebagian besar lokasi tempat wisata atau belanja yang dituju dilalui oleh jalur BTS atau MRT. Semoga bisa memudahkan perjalanan kamu saat berkunjung ke kota yang memiliki nama lain Krung Thep, yang berarti City of Angels ini.

HARI 1

Grand Palace dan Wat Phra Kaew – Wat Pho – Wat Arun (Weekend + Chatuchak):

Yang tidak boleh dilewatkan di Bangkok adalah The Grand Palace. Istana raja Thailand yang indah dan sangat megah ini, yang berada di satu area dengan kuil suci Wat Phra Kaew, boleh dibilang selalu mejadi tujuan utama para wisatawan jika datang ke Bangkok. Selain itu, di sebelah istana ini ada Wat Pho, kuil Buddha berbaring yang sangat terkenal. Dari Grand Palace, bisa jalan kaki sekitar 15 menit ke Wat Pho. Setelah itu jalan ke Tha Tien Pier / dermaga Tha Tien (N8) dan menyeberang naik kapal ke Wat Arun, yang dikenal juga sebagai Temple of The Dawn.

** Tiket Grand Palace: 500 Baht
** Tiket Wat Pho: 100 Baht
** Tiket Wat Arun: 50 Baht
** Feri menyeberang ke Wat Arun: 3 Baht

Transportasi ke Grand Palace, Wat Pho & Wat Arun:
Selain naik taxi atau tuk tuk, bisa naik BTS ke Saphan Taksin BTS Station. dari situ turun ke dermaganya dan naik Chao Phraya Express Boat menuju ke Ta Chang Pier (N9), dari sini jalan kaki sekitar 10-15 menit ke pintu masuk utama Grand Palace.
Atau kalau mau ke Wat Pho dan Wat Arun dulu, bisa turun di Tha Tien Pier (N8). wat Arun ada di seberang sungai dari dermaga ini, sementara untuk ke Wat Pho, jalan kaki ke arah luar dermaga, sekitar 7 menit.

Chatuchak – Jika datang pada akhir pekan (Sabtu / Minggu)
– Bisa mengunjungi Grand Palace dan kuil-kuil lainnya, atau langsung menuju ke Chatuchak Weekend Market! Karena Chatuchak hanya buka pada akhir pekan, jangan lewatkan kesempatan ini.
Jam Buka: 08.00-19.00.

Transportasi ke Chatuchack:
Naik MRT ke stasiun Chatuchak Park atau stasiun Kampang Phet. Jika naik BTS / SkyTrain, turun di Mo Chit Station dan jalan kaki ke Chatuchak.

HARI 2

Vimanmek Mansion – Dusit Zoo – Golden Mount – Giant Swing – Asiatique The Riverfront:

Istana lain yang wajib dikunjungi adalah Vimanmek Mansion yang ada di Ratchawithi Road, daerah Dusit. Merupakan bangunan istana dari kayu jati terbesar di dunia yang dibangun oleh Raja Chulalongkorn (Rama V).
Tiket masuk 100 Baht, atau gratis dengan menggunakan tiket masuk ke Grand Palace (berlaku 1 minggu sejak tanggal pembelian).
Jam Buka: 09.30-16.00

Transportasi ke Vimanmek Mansion:
Naik BTS / SkyTrain ke Victory Monument BTS Station (N3), Exit 3, dari Rajavithee Road, naik taksi, tuk tuk atau bus No. 28, 108, 515 dan 539 (semua melalui Vimanmek).

Dusit Zoo – Jika wisata bersama keluarga, jangan lupa untuk singgah ke kebun binatang Bangkok ini, yang letaknya tidak jauh dari Vimanmek Mansion (bisa jalan kaki). Kebun binatang yang bersih dan terawat ini memiliki berbagai koleksi satwa yang menarik.
Tiket Masuk: 100 Baht (Dewasa), 50 Baht (Anak-anak).
Jam Buka: 08.00-18.00

Setelah itu bisa melanjutkan dengan taksi atau tuk tuk ke Golden Mount (Phu Khao Thong) dan Wat Saket. Kedua tempat ini berada dalam satu kompleks, dimana Wat Saket berada di bagian bawah dan Golden Mount adalah pagoda yang menjadi ikon kota Bangkok. Kita bisa naik ke bagian atas pagoda setinggi 78 meter dan menikmati pemandangan seluruh kota Bangkok.
Alamat: Boriphat Road, Old City (dekat Ratchadamnoen Road dan Democracy Monument)
Tiket Masuk: Gratis, bisa berikan sumbangan sukarela di kotak sumbangan yang tersedia di dalam kuil.
Jam Buka: 08.00-17.00

Dari sini bisa berjalan kaki ke Wat Suthat dan Giant Swing (Sao Ching Cha). Setelah keluar dari kompleks Golden Mount belok kiri menyusuri Thanon Boriphat dan kemudian belok kanan menyusuri Thanon Bamrung Muang sekitar 10-15 menit sampai melihat Giant Swing / ayunan raksasa yang berwarna merah. Kuil Wat Suthat ada di seberang Giant Swing, di dalamnya terdapat patung Buddha yang terbuat dari perunggu setinggi 8 meter.
Alamat: Perempatan Ti Tiong Road dan Kanlaya Namit Road
Tiket Masuk: 20 baht
Jam Buka: 08.30-21.00

Pada malam harinya kamu bisa lanjut belanja atau bersantap malam di Asiatique The Riverfront. Setelah Suan Lum Night Bazaar di Lumphini Park ditutup pada tahun 2010 lalu, sepertinya masyarakat Bangkok kehilangan tempat hang out di malam hari. Untungnya kini ada Asiatique yang jauh lebih luas dan permanen dibandingkan Suan Lum. Berbagai butik dari perancang lokal Thailand, busana, asesoris, peralatan rumah tangga dan furniture, benda seni, kerajinan tangan hingga souvenir, semua lengkap ada di sini. Belum lagi berbagai kuliner khat Thailand maupun mancanegara juga bisa kamu nikmati disini. Asiatique sekarang juga telah dilengkapi dengan sebuah ferris wheel, Bangkok Eye, dimana kamu bisa menikmati keindahan Bangkok dari kincir raksasa di halaman mall open air yang berada di tepi sungai Chao Phraya ini.

Transportasi ke Asiatique The Riverfront:
Naik BTS ke Saphan Taksin BTS Station, kemudian turun ke dermaga di bawahnya dan naik shuttle boat gratis Asiatique, yang beroperasi dari pukul 16.00 – 00.00 (setiap 15 menit sekali).

HARI 3

Madame Tussauds Wax Museum – Belanja di Seputar Siam & Pratunam – Khao San Road:

Madame Tussauds Wax Museum adalah satu tempat yang menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara. Disini kamu bisa temukan patung lilin dari para artis mancanegara dan tokoh-tokoh dunia. Dari Madonna, Leonardo DiCaprio, Justin Bieber, sampai Presiden Obama dan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, ada di museum ini. Jangan lupa untuk pesan tiket secara online, karena ada diskon 50% jika masuk ke museum ini sebelum jam 12 siang.
Alamat: Siam Discovery Center, Lantai 6
Tiket Masuk: 800 Baht (pesan online dan masuk sebelum jam 12 siang, harga tiket 400 Baht)
Jam Buka: 10.00-21.00

Setelah puas melihat-lihat para bintang dan tokoh dunia di museum Madame Tussauds, kamu bisa melanjutkan berjalan kaki dan siap-siap berbelanja dan beli oleh-oleh ke berbagai mall dan tempat belanja di seputar daerah Siam dan Pratunam, diantaranya:
* MBK Shopping Centre
* Siam Paragon (di mal ini juga terdapat Siam Ocean World)
* CentralWorld
* Gaysorn Shopping Centre
* Pratunam Market
* Platinum Fashion Mall

Dan menjelang malam kamu bisa melanjutkan untuk berwisata ke satu jalan yang paling populer di Bangkok, yaitu Khao San Road. Dari daerah Siam atau Pratunam tidak ada MRT / BTS ke Khao San, pilihannya adalah naik tuk tuk atau taxi. Berbagai barang yang biasa kita lihat di pasar malam atau night market dapat ditemukan disini, mulai busana, asesoris sampai souvenir. Sepanjang Khao San Road juga banyak kafe, restoran dan bar yang membuat suasana jalan ini semakin meriah dan tidak pernah sepi sepanjang malam. Ada tempat pijat refleksi, tempat tattoo, travel agent dan juga street food! Ya, berbagai jajanan khas Thailand. Sangat pas untuk melewati malam di Khao San Road.

Demikianlah kurang lebih itinerary untuk sekitar 4 hari saat kamu berada di Bangkok. Tentu semua jadwal di atas bisa di mix & match, disesuaikan mana yang paling pas untuk waktu kamu selama berkunjung ke Bangkok. Selamat merencanakan perjalanan kamu!

Follow [email protected] @travelawan ( termasuk @ ) untuk update harga tiket promo, hotel dan tour!


Follow Instagram saya

Something is wrong.
Instagram token error.

10 comments

  1. Mas maaf mau nanya, saya mo nginep di hotel livotel kaset nawamin bangkok. Kl dari bandara don Mueang naik apa ya mas? Bis apa taxi

    1. Halo kak Dahyati,

      Saran saya kalo baru pertama kali ke Bangkok dan tidak tau daerahnya, sebaiknya naik taxi resmi bandara (Dari DMK antre di Exit 8) atau naik Grab. Jangan lupa kalo pesan hotel lewat Agoda atau situs pemesanan lainnya alamatnya di-print, lebih bagus kalo ada yang dalam tulisan Thai. Dan juga nomer telpon penginapannya. Biasanya taxi sana kalo dia ngga paham alamatnya, mereka nanti telpon nanya ke hotelnya.

      Salam,
      Awan

  2. Hi Mas Awan..
    Saya mau minta pendapat mas Awan.. Saya rencana mau ke Phuket, Pattaya & Bangkok selama 6 hari 5 malam. Menurut mas Awan lebaih baik urutannya kemana dulu ya mas? Kalau rencana saya : Jakarta – Phuket, Phuket – Pattaya, Pattaya – Bangkok, Bangkok – Jakarta. Menurut mas Awan gimana? Thanks before.. 🙂

    1. Halo kak Dyna,

      Yang pasti gampangan cari penerbangan Phuket – Bangkok, nanti dari bangkok baru naik bus ke Pattaya. Tapi kalo emang dapat penerbangan yang ke airport Pattaya (U-Tapau Airport) sih ngga masalah. Tapi kalo boleh jujur, kalo cuma punya waktu 6 hari 5 malam saya akan skip Pattaya, hehehe… Karena Pattaya ngga ada apa2nya dibandingin Phuket. Jadi leboh baik fokus dan puas2in jalan2 di Phuket dan Bangkok.

      Salam,
      Awan

    1. Hai kak Susan,

      Kalo mau naik kendaraan umum paling murah, dari Wat Arun tinggal naik boat yang menuju ke Central Pier (Sathorn Pier), dari sini jalan ke stasiun BTS Saphan Taksin – beli tiket BTS tujuan Mo Chit. Nanti di stasiun Siam turun dan tinggal ganti kereta aja (ganti jalur kereta – dan ngga keluar stasiun) yang ke arah Mo Chit. Turun di stasiun Mo Chit dan lanjut jalan kaki, ikuti yang lainnya menuju ke pasar Chatuchak ya.

      Salam,
      Awan

  3. Dear Mas Awan,

    Thank you postingannya sangat membantu. Btw, boleh tanya ngga? Saya tanggal 23-26 Agustus nanti ke Bangkok. Dari kemarin agak bingung untuk nentuin itenary-nya. Fyi, saya baru tiba di Bangkok hari rabu sore jam 5 dan tempat menginap saya di Siam Privi Residences. Yang ingin saya tanyakan, saya bingung nih hari rabu itu mau dipake kemana dulu, antara Khao San Road/Chinatown. Sementara beberapa destinasi yang ingin saya kunjungi adalah Wat Pho, Wat Arun, Asiatique, Kawasan CBD (MBK, Siam, Pratunam Market, dan Chatuchak di Jumat sore. Mohon infonya ya Mas Awan. Atau mungkin Mas Awan ada alternatif lain. Thank you.

    Salam,
    Dita

    1. Halo mbak Dita,

      Sorry baru bisa balas… berarti berangkat sore ini ya?
      Kalo mau seru sih sore/malam bisa ke Khao San Road atau Asiatique.
      Ke Chinatown bisa setelah itu kalo masih mau jalan. Karena Chinatown biasanya untuk wisata kuliner aja.
      Selamat jalan2 ya 🙂

      Salam,
      Awan

  4. Hallo Mas, mau nanya nih, apakah Chatuchak weekend markend cuma buka sabtu minggu aja ya? Saya baca ada yang bilang mulai jumat malam sudah buka. Agak ngambang informasinya sih. Mudah-mudahan Mas Awan bisa kasi info. Dan apakah beda Chatuchak market dan Chatuchak weekend market? waktu search di google bisa muncul dua gitu.

    1. Halo mas Hendry,

      Maaf baru bisa balas ya. Semoga belum telat/pergi ke Bangkok.
      Chatuchak Weekend Market itu adalah pasar yang kios2nya cuma buka di Sabtu dan Minggu aja.

      Ada lagi Chatuchak Night Market, bukanya Jumat dan Sabtu (sore ke tengah malam), nah ini ada di lokasi pasar Chatuchak, tapi di pinggir2 jalan dalam area pasar. Jadi yang buka dari Jumat malam itu cuma yang gelar di pinggir jalan. Sementara kios2 utamanya tutup.
      Semoga cukup jelas ya.

      Salam,
      Awan

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.